Kepenyiaran, Curriculum : 2021


Courser in EnglishBroadcasting
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS3 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Kepenyiaran merupakan mata kuliah dasar yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia semester 7 dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa keterampilan dasar sebagai penyiar. Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan mempelajari sejarah dan konsep kepenyiaran (pengertian, ruang lingkup, kebijakan, karakter, tugas, dan tanggung jawab penyiar), karakteristik berbagai jenis media penyiaran, bahasa penyiar, teknik produksi siaran, hingga praktik siaran yang dipublikasikan dalam berbagai media penyiaran.

Learning Outcomes

  1. Menguraikan konsep kepenyiaran dengan pemikiran yang logis, kritis, sistematis, dan  inovatif  (S11, KU1, P10, KK9, KK10)
  2. Mengimplementasikan konsep kepenyiaran dalam mengidentifikasi karakteristik berbagai jenis media penyiaran dengan penuh  tanggung jawab (S9, KU1, P10, KK9, KK10)
  3. Mengembangkan program dan skenario siaran dalam rangka praktik siaran  melalui media audio dengan penuh kesungguhan dan tanggung jawab (S9, KU1, P10, KK9, KK10)
  4. Memproduksi siaran berbasis media audio sesuai dengan rancangan program dan skenario dengan mengedepankan sikap etis, estetis, komunikatif, dan apresiatif  (S11, KU1, P10, KK8, KK9, KK10)
  5. Mengembangkan program dan skenario siaran dalam rangka praktik siaran  melalui media audio visual dengan penuh tanggung jawab (S9, KU1, P10, KK9, KK10)
  6. Memproduksi siaran berbasis media audio sesuai dengan rancangan program dan skenario dengan mengedepankan sikap etis, estetis, komunikatif, dan apresiatif (S11, KU1, P10, KK8, KK9, KK10)

References

  1. Arsjad, Maidar G. dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga
  2. Hendrikus, Dori wuwur. 1991. Retorika. Yogyakarta: Kanisius
  3. King, Larry. 2009. Seni  Berbicara : Kepada Siapa Saja, Kapan Saja, di Mana Saja.  Jakarta: Gramedia.
  4. Rahkmat, Jalaludin. 1996. Retorika Modern: Pendekatan Praktis. Bandung:Remaja Rosdakarya
  5. Tarigan, Djago. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
  6. Tarigan, H.G. 1994. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Sumber lainnya.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Kepenyiaran merupakan mata kuliah dasar yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia semester 7 dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa keterampilan dasar sebagai penyiar. Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan mempelajari sejarah dan konsep kepenyiaran (pengertian, ruang lingkup, kebijakan, karakter, tugas, dan tanggung jawab penyiar), karakteristik berbagai jenis media penyiaran, bahasa penyiar, teknik produksi siaran, hingga praktik siaran yang dipublikasikan dalam berbagai media penyiaran.

Learning Outcomes

  1. Menguraikan konsep kepenyiaran dengan pemikiran yang logis, kritis, sistematis, dan  inovatif  (S11, KU1, P10, KK9, KK10)
  2. Mengimplementasikan konsep kepenyiaran dalam mengidentifikasi karakteristik berbagai jenis media penyiaran dengan penuh  tanggung jawab (S9, KU1, P10, KK9, KK10)
  3. Mengembangkan program dan skenario siaran dalam rangka praktik siaran  melalui media audio dengan penuh kesungguhan dan tanggung jawab (S9, KU1, P10, KK9, KK10)
  4. Memproduksi siaran berbasis media audio sesuai dengan rancangan program dan skenario dengan mengedepankan sikap etis, estetis, komunikatif, dan apresiatif  (S11, KU1, P10, KK8, KK9, KK10)
  5. Mengembangkan program dan skenario siaran dalam rangka praktik siaran  melalui media audio visual dengan penuh tanggung jawab (S9, KU1, P10, KK9, KK10)
  6. Memproduksi siaran berbasis media audio sesuai dengan rancangan program dan skenario dengan mengedepankan sikap etis, estetis, komunikatif, dan apresiatif (S11, KU1, P10, KK8, KK9, KK10)

References

  1. Arsjad, Maidar G. dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga
  2. Hendrikus, Dori wuwur. 1991. Retorika. Yogyakarta: Kanisius
  3. King, Larry. 2009. Seni  Berbicara : Kepada Siapa Saja, Kapan Saja, di Mana Saja.  Jakarta: Gramedia.
  4. Rahkmat, Jalaludin. 1996. Retorika Modern: Pendekatan Praktis. Bandung:Remaja Rosdakarya
  5. Tarigan, Djago. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
  6. Tarigan, H.G. 1994. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Sumber lainnya.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Kepenyiaran merupakan mata kuliah dasar yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia semester 7 dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa keterampilan dasar sebagai penyiar. Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan mempelajari sejarah dan konsep kepenyiaran (pengertian, ruang lingkup, kebijakan, karakter, tugas, dan tanggung jawab penyiar), karakteristik berbagai jenis media penyiaran, bahasa penyiar, teknik produksi siaran, hingga praktik siaran yang dipublikasikan dalam berbagai media penyiaran.

Learning Outcomes

  1. Menguraikan konsep kepenyiaran dengan pemikiran yang logis, kritis, sistematis, dan  inovatif  (S11, KU1, P10, KK9, KK10)
  2. Mengimplementasikan konsep kepenyiaran dalam mengidentifikasi karakteristik berbagai jenis media penyiaran dengan penuh  tanggung jawab (S9, KU1, P10, KK9, KK10)
  3. Mengembangkan program dan skenario siaran dalam rangka praktik siaran  melalui media audio dengan penuh kesungguhan dan tanggung jawab (S9, KU1, P10, KK9, KK10)
  4. Memproduksi siaran berbasis media audio sesuai dengan rancangan program dan skenario dengan mengedepankan sikap etis, estetis, komunikatif, dan apresiatif  (S11, KU1, P10, KK8, KK9, KK10)
  5. Mengembangkan program dan skenario siaran dalam rangka praktik siaran  melalui media audio visual dengan penuh tanggung jawab (S9, KU1, P10, KK9, KK10)
  6. Memproduksi siaran berbasis media audio sesuai dengan rancangan program dan skenario dengan mengedepankan sikap etis, estetis, komunikatif, dan apresiatif (S11, KU1, P10, KK8, KK9, KK10)

References

  1. Arsjad, Maidar G. dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga
  2. Hendrikus, Dori wuwur. 1991. Retorika. Yogyakarta: Kanisius
  3. King, Larry. 2009. Seni  Berbicara : Kepada Siapa Saja, Kapan Saja, di Mana Saja.  Jakarta: Gramedia.
  4. Rahkmat, Jalaludin. 1996. Retorika Modern: Pendekatan Praktis. Bandung:Remaja Rosdakarya
  5. Tarigan, Djago. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
  6. Tarigan, H.G. 1994. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Sumber lainnya.


Details ...