Pendidikan Agama Islam , Curriculum : 2018


Courser in EnglishISLAM RELIGION EDUCATION
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS116 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :

Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam

Learning Outcomes

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

 

Sikap (S)

 

S1.

 

S2.

 

S5.

 

S8.

Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya

Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

Pengetahuan (P)

 

P1.

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu  secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam, serta mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural.

Keterampilan Umum (KU)

KU1.

 

 

 

KU2.

KU5.

 

KU8.

Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

Keterampilan Khusus (KK)

KK1.

 

 

 

KK2.

 

KK3.

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi.

Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri  dan kelompok.

Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK 1

Memahami dan menganalisis tentang konsep manusia, agama dan filsafat ketuhanan dalam Islam serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 2

Memahami dan menganalisis tentang Konsep Iman, Islam, dan Ihsan dalam membentuk insan kamil serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 3

Memahami, menganalisis, merancang penelitian dan mempresentasikan tentang Etika, Moral, dan Akhlak dalam Islam serta mengidentifikasi perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 4

Menjelaskan dan menganalisis peran Islam di Indonesia sebagai upaya membangun persatuan dalam keberagaman

CPMK 5

Menjelaskan dan menganalisis kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban dunia serta menjawab tantangan modernisasi

CPMK 6

Mengamati, mengeksplorasi dan menganalisis perspektif Islam tentang Demokrasi, HAM, Politik dan Hukum Islam

References

Utama

 

  1. Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahaiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, 2016, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.
  2. Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
  3. Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja       Grafindo Perkasa, 2000
  4. Al Qur’an dan Terjemahannya.
  5. Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
  6. Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
  7. Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.

Pendukung

 

  1. Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.
  2. Rahardjo, M Dawam, 1999, Masyarakat Madani. Jakarta : LP3ES dan LSAF.
  3. Shihab, M. Quraish, 1999, Wawasan Alqur’an, Bandung: Mizan.
  4. Syarbini, Amirulloh. Dkk. 2011. Al-Qur’an dan Kerukunan Hidup Umat Beragama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo


Details ...
Course Descriptions

Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :

Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam

Learning Outcomes

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

 

Sikap (S)

 

S1.

 

S2.

 

S5.

 

S8.

Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya

Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

Pengetahuan (P)

 

P1.

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu  secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam, serta mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural.

Keterampilan Umum (KU)

KU1.

 

 

 

KU2.

KU5.

 

KU8.

Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

Keterampilan Khusus (KK)

KK1.

 

 

 

KK2.

 

KK3.

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi.

Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri  dan kelompok.

Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK 1

Memahami dan menganalisis tentang konsep manusia, agama dan filsafat ketuhanan dalam Islam serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 2

Memahami dan menganalisis tentang Konsep Iman, Islam, dan Ihsan dalam membentuk insan kamil serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 3

Memahami, menganalisis, merancang penelitian dan mempresentasikan tentang Etika, Moral, dan Akhlak dalam Islam serta mengidentifikasi perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 4

Menjelaskan dan menganalisis peran Islam di Indonesia sebagai upaya membangun persatuan dalam keberagaman

CPMK 5

Menjelaskan dan menganalisis kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban dunia serta menjawab tantangan modernisasi

CPMK 6

Mengamati, mengeksplorasi dan menganalisis perspektif Islam tentang Demokrasi, HAM, Politik dan Hukum Islam

References

Utama

 

  1. Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahaiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, 2016, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.
  2. Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
  3. Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja       Grafindo Perkasa, 2000
  4. Al Qur’an dan Terjemahannya.
  5. Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
  6. Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
  7. Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.

Pendukung

 

  1. Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.
  2. Rahardjo, M Dawam, 1999, Masyarakat Madani. Jakarta : LP3ES dan LSAF.
  3. Shihab, M. Quraish, 1999, Wawasan Alqur’an, Bandung: Mizan.
  4. Syarbini, Amirulloh. Dkk. 2011. Al-Qur’an dan Kerukunan Hidup Umat Beragama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo


Details ...
Course Descriptions

Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :

Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam

Learning Outcomes

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

 

Sikap (S)

 

S1.

 

S2.

 

S5.

 

S8.

Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya

Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

Pengetahuan (P)

 

P1.

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu  secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam, serta mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural.

Keterampilan Umum (KU)

KU1.

 

 

 

KU2.

KU5.

 

KU8.

Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

Keterampilan Khusus (KK)

KK1.

 

 

 

KK2.

 

KK3.

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi.

Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri  dan kelompok.

Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK 1

Memahami dan menganalisis tentang konsep manusia, agama dan filsafat ketuhanan dalam Islam serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 2

Memahami dan menganalisis tentang Konsep Iman, Islam, dan Ihsan dalam membentuk insan kamil serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 3

Memahami, menganalisis, merancang penelitian dan mempresentasikan tentang Etika, Moral, dan Akhlak dalam Islam serta mengidentifikasi perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 4

Menjelaskan dan menganalisis peran Islam di Indonesia sebagai upaya membangun persatuan dalam keberagaman

CPMK 5

Menjelaskan dan menganalisis kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban dunia serta menjawab tantangan modernisasi

CPMK 6

Mengamati, mengeksplorasi dan menganalisis perspektif Islam tentang Demokrasi, HAM, Politik dan Hukum Islam

References

Utama

 

  1. Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahaiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, 2016, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.
  2. Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
  3. Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja       Grafindo Perkasa, 2000
  4. Al Qur’an dan Terjemahannya.
  5. Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
  6. Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
  7. Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.

Pendukung

 

  1. Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.
  2. Rahardjo, M Dawam, 1999, Masyarakat Madani. Jakarta : LP3ES dan LSAF.
  3. Shihab, M. Quraish, 1999, Wawasan Alqur’an, Bandung: Mizan.
  4. Syarbini, Amirulloh. Dkk. 2011. Al-Qur’an dan Kerukunan Hidup Umat Beragama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo


Details ...
Course Descriptions

Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :

Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam

Learning Outcomes

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

 

Sikap (S)

 

S1.

 

S2.

 

S5.

 

S8.

Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya

Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

Pengetahuan (P)

 

P1.

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu  secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam, serta mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural.

Keterampilan Umum (KU)

KU1.

 

 

 

KU2.

KU5.

 

KU8.

Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

Keterampilan Khusus (KK)

KK1.

 

 

 

KK2.

 

KK3.

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi.

Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri  dan kelompok.

Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK 1

Memahami dan menganalisis tentang konsep manusia, agama dan filsafat ketuhanan dalam Islam serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 2

Memahami dan menganalisis tentang Konsep Iman, Islam, dan Ihsan dalam membentuk insan kamil serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 3

Memahami, menganalisis, merancang penelitian dan mempresentasikan tentang Etika, Moral, dan Akhlak dalam Islam serta mengidentifikasi perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 4

Menjelaskan dan menganalisis peran Islam di Indonesia sebagai upaya membangun persatuan dalam keberagaman

CPMK 5

Menjelaskan dan menganalisis kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban dunia serta menjawab tantangan modernisasi

CPMK 6

Mengamati, mengeksplorasi dan menganalisis perspektif Islam tentang Demokrasi, HAM, Politik dan Hukum Islam

References

Utama

 

  1. Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahaiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, 2016, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.
  2. Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
  3. Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja       Grafindo Perkasa, 2000
  4. Al Qur’an dan Terjemahannya.
  5. Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
  6. Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
  7. Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.

Pendukung

 

  1. Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.
  2. Rahardjo, M Dawam, 1999, Masyarakat Madani. Jakarta : LP3ES dan LSAF.
  3. Shihab, M. Quraish, 1999, Wawasan Alqur’an, Bandung: Mizan.
  4. Syarbini, Amirulloh. Dkk. 2011. Al-Qur’an dan Kerukunan Hidup Umat Beragama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo


Details ...
Course Descriptions

Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :

Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam

Learning Outcomes

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

 

Sikap (S)

 

S1.

 

S2.

 

S5.

 

S8.

Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya

Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

Pengetahuan (P)

 

P1.

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu  secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam, serta mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural.

Keterampilan Umum (KU)

KU1.

 

 

 

KU2.

KU5.

 

KU8.

Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

Keterampilan Khusus (KK)

KK1.

 

 

 

KK2.

 

KK3.

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi.

Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri  dan kelompok.

Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK 1

Memahami dan menganalisis tentang konsep manusia, agama dan filsafat ketuhanan dalam Islam serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 2

Memahami dan menganalisis tentang Konsep Iman, Islam, dan Ihsan dalam membentuk insan kamil serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 3

Memahami, menganalisis, merancang penelitian dan mempresentasikan tentang Etika, Moral, dan Akhlak dalam Islam serta mengidentifikasi perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 4

Menjelaskan dan menganalisis peran Islam di Indonesia sebagai upaya membangun persatuan dalam keberagaman

CPMK 5

Menjelaskan dan menganalisis kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban dunia serta menjawab tantangan modernisasi

CPMK 6

Mengamati, mengeksplorasi dan menganalisis perspektif Islam tentang Demokrasi, HAM, Politik dan Hukum Islam

References

Utama

 

  1. Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahaiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, 2016, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.
  2. Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
  3. Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja       Grafindo Perkasa, 2000
  4. Al Qur’an dan Terjemahannya.
  5. Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
  6. Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
  7. Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.

Pendukung

 

  1. Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.
  2. Rahardjo, M Dawam, 1999, Masyarakat Madani. Jakarta : LP3ES dan LSAF.
  3. Shihab, M. Quraish, 1999, Wawasan Alqur’an, Bandung: Mizan.
  4. Syarbini, Amirulloh. Dkk. 2011. Al-Qur’an dan Kerukunan Hidup Umat Beragama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo


Details ...
Course Descriptions

Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :

Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam

Learning Outcomes

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

 

Sikap (S)

 

S1.

 

S2.

 

S5.

 

S8.

Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya

Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

Pengetahuan (P)

 

P1.

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu  secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam, serta mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural.

Keterampilan Umum (KU)

KU1.

 

 

 

KU2.

KU5.

 

KU8.

Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

Keterampilan Khusus (KK)

KK1.

 

 

 

KK2.

 

KK3.

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi.

Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri  dan kelompok.

Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK 1

Memahami dan menganalisis tentang konsep manusia, agama dan filsafat ketuhanan dalam Islam serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 2

Memahami dan menganalisis tentang Konsep Iman, Islam, dan Ihsan dalam membentuk insan kamil serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 3

Memahami, menganalisis, merancang penelitian dan mempresentasikan tentang Etika, Moral, dan Akhlak dalam Islam serta mengidentifikasi perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 4

Menjelaskan dan menganalisis peran Islam di Indonesia sebagai upaya membangun persatuan dalam keberagaman

CPMK 5

Menjelaskan dan menganalisis kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban dunia serta menjawab tantangan modernisasi

CPMK 6

Mengamati, mengeksplorasi dan menganalisis perspektif Islam tentang Demokrasi, HAM, Politik dan Hukum Islam

References

Utama

 

  1. Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahaiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, 2016, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.
  2. Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
  3. Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja       Grafindo Perkasa, 2000
  4. Al Qur’an dan Terjemahannya.
  5. Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
  6. Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
  7. Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.

Pendukung

 

  1. Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.
  2. Rahardjo, M Dawam, 1999, Masyarakat Madani. Jakarta : LP3ES dan LSAF.
  3. Shihab, M. Quraish, 1999, Wawasan Alqur’an, Bandung: Mizan.
  4. Syarbini, Amirulloh. Dkk. 2011. Al-Qur’an dan Kerukunan Hidup Umat Beragama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo


Details ...
Course Descriptions

Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :

Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam

Learning Outcomes

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

 

Sikap (S)

 

S1.

 

S2.

 

S5.

 

S8.

Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya

Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

Pengetahuan (P)

 

P1.

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu  secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam, serta mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural.

Keterampilan Umum (KU)

KU1.

 

 

 

KU2.

KU5.

 

KU8.

Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

Keterampilan Khusus (KK)

KK1.

 

 

 

KK2.

 

KK3.

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi.

Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri  dan kelompok.

Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK 1

Memahami dan menganalisis tentang konsep manusia, agama dan filsafat ketuhanan dalam Islam serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 2

Memahami dan menganalisis tentang Konsep Iman, Islam, dan Ihsan dalam membentuk insan kamil serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 3

Memahami, menganalisis, merancang penelitian dan mempresentasikan tentang Etika, Moral, dan Akhlak dalam Islam serta mengidentifikasi perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 4

Menjelaskan dan menganalisis peran Islam di Indonesia sebagai upaya membangun persatuan dalam keberagaman

CPMK 5

Menjelaskan dan menganalisis kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban dunia serta menjawab tantangan modernisasi

CPMK 6

Mengamati, mengeksplorasi dan menganalisis perspektif Islam tentang Demokrasi, HAM, Politik dan Hukum Islam

References

Utama

 

  1. Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahaiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, 2016, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.
  2. Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
  3. Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja       Grafindo Perkasa, 2000
  4. Al Qur’an dan Terjemahannya.
  5. Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
  6. Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
  7. Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.

Pendukung

 

  1. Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.
  2. Rahardjo, M Dawam, 1999, Masyarakat Madani. Jakarta : LP3ES dan LSAF.
  3. Shihab, M. Quraish, 1999, Wawasan Alqur’an, Bandung: Mizan.
  4. Syarbini, Amirulloh. Dkk. 2011. Al-Qur’an dan Kerukunan Hidup Umat Beragama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo


Details ...
Course Descriptions

Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :

Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam

Learning Outcomes

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

 

Sikap (S)

 

S1.

 

S2.

 

S5.

 

S8.

Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya

Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

Pengetahuan (P)

 

P1.

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu  secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam, serta mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural.

Keterampilan Umum (KU)

KU1.

 

 

 

KU2.

KU5.

 

KU8.

Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

Keterampilan Khusus (KK)

KK1.

 

 

 

KK2.

 

KK3.

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi.

Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri  dan kelompok.

Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK 1

Memahami dan menganalisis tentang konsep manusia, agama dan filsafat ketuhanan dalam Islam serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 2

Memahami dan menganalisis tentang Konsep Iman, Islam, dan Ihsan dalam membentuk insan kamil serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 3

Memahami, menganalisis, merancang penelitian dan mempresentasikan tentang Etika, Moral, dan Akhlak dalam Islam serta mengidentifikasi perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 4

Menjelaskan dan menganalisis peran Islam di Indonesia sebagai upaya membangun persatuan dalam keberagaman

CPMK 5

Menjelaskan dan menganalisis kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban dunia serta menjawab tantangan modernisasi

CPMK 6

Mengamati, mengeksplorasi dan menganalisis perspektif Islam tentang Demokrasi, HAM, Politik dan Hukum Islam

References

Utama

 

  1. Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahaiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, 2016, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.
  2. Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
  3. Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja       Grafindo Perkasa, 2000
  4. Al Qur’an dan Terjemahannya.
  5. Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
  6. Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
  7. Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.

Pendukung

 

  1. Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.
  2. Rahardjo, M Dawam, 1999, Masyarakat Madani. Jakarta : LP3ES dan LSAF.
  3. Shihab, M. Quraish, 1999, Wawasan Alqur’an, Bandung: Mizan.
  4. Syarbini, Amirulloh. Dkk. 2011. Al-Qur’an dan Kerukunan Hidup Umat Beragama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo


Details ...
Course Descriptions

Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :

Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam

Learning Outcomes

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

 

Sikap (S)

 

S1.

 

S2.

 

S5.

 

S8.

Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya

Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

Pengetahuan (P)

 

P1.

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu  secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam, serta mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural.

Keterampilan Umum (KU)

KU1.

 

 

 

KU2.

KU5.

 

KU8.

Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

Keterampilan Khusus (KK)

KK1.

 

 

 

KK2.

 

KK3.

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi.

Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri  dan kelompok.

Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK 1

Memahami dan menganalisis tentang konsep manusia, agama dan filsafat ketuhanan dalam Islam serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 2

Memahami dan menganalisis tentang Konsep Iman, Islam, dan Ihsan dalam membentuk insan kamil serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 3

Memahami, menganalisis, merancang penelitian dan mempresentasikan tentang Etika, Moral, dan Akhlak dalam Islam serta mengidentifikasi perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 4

Menjelaskan dan menganalisis peran Islam di Indonesia sebagai upaya membangun persatuan dalam keberagaman

CPMK 5

Menjelaskan dan menganalisis kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban dunia serta menjawab tantangan modernisasi

CPMK 6

Mengamati, mengeksplorasi dan menganalisis perspektif Islam tentang Demokrasi, HAM, Politik dan Hukum Islam

References

Utama

 

  1. Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahaiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, 2016, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.
  2. Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
  3. Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja       Grafindo Perkasa, 2000
  4. Al Qur’an dan Terjemahannya.
  5. Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
  6. Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
  7. Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.

Pendukung

 

  1. Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.
  2. Rahardjo, M Dawam, 1999, Masyarakat Madani. Jakarta : LP3ES dan LSAF.
  3. Shihab, M. Quraish, 1999, Wawasan Alqur’an, Bandung: Mizan.
  4. Syarbini, Amirulloh. Dkk. 2011. Al-Qur’an dan Kerukunan Hidup Umat Beragama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo


Details ...
Course Descriptions

Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :

Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam

Learning Outcomes

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

 

Sikap (S)

 

S1.

 

S2.

 

S5.

 

S8.

Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya

Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

Pengetahuan (P)

 

P1.

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu  secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam, serta mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural.

Keterampilan Umum (KU)

KU1.

 

 

 

KU2.

KU5.

 

KU8.

Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

Keterampilan Khusus (KK)

KK1.

 

 

 

KK2.

 

KK3.

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi.

Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri  dan kelompok.

Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK 1

Memahami dan menganalisis tentang konsep manusia, agama dan filsafat ketuhanan dalam Islam serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 2

Memahami dan menganalisis tentang Konsep Iman, Islam, dan Ihsan dalam membentuk insan kamil serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 3

Memahami, menganalisis, merancang penelitian dan mempresentasikan tentang Etika, Moral, dan Akhlak dalam Islam serta mengidentifikasi perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 4

Menjelaskan dan menganalisis peran Islam di Indonesia sebagai upaya membangun persatuan dalam keberagaman

CPMK 5

Menjelaskan dan menganalisis kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban dunia serta menjawab tantangan modernisasi

CPMK 6

Mengamati, mengeksplorasi dan menganalisis perspektif Islam tentang Demokrasi, HAM, Politik dan Hukum Islam

References

Utama

 

  1. Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahaiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, 2016, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.
  2. Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
  3. Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja       Grafindo Perkasa, 2000
  4. Al Qur’an dan Terjemahannya.
  5. Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
  6. Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
  7. Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.

Pendukung

 

  1. Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.
  2. Rahardjo, M Dawam, 1999, Masyarakat Madani. Jakarta : LP3ES dan LSAF.
  3. Shihab, M. Quraish, 1999, Wawasan Alqur’an, Bandung: Mizan.
  4. Syarbini, Amirulloh. Dkk. 2011. Al-Qur’an dan Kerukunan Hidup Umat Beragama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo


Details ...
Course Descriptions

Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :

Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam

Learning Outcomes

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

 

Sikap (S)

 

S1.

 

S2.

 

S5.

 

S8.

Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya

Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

Pengetahuan (P)

 

P1.

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu  secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam, serta mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural.

Keterampilan Umum (KU)

KU1.

 

 

 

KU2.

KU5.

 

KU8.

Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

Keterampilan Khusus (KK)

KK1.

 

 

 

KK2.

 

KK3.

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi.

Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri  dan kelompok.

Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK 1

Memahami dan menganalisis tentang konsep manusia, agama dan filsafat ketuhanan dalam Islam serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 2

Memahami dan menganalisis tentang Konsep Iman, Islam, dan Ihsan dalam membentuk insan kamil serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 3

Memahami, menganalisis, merancang penelitian dan mempresentasikan tentang Etika, Moral, dan Akhlak dalam Islam serta mengidentifikasi perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari

CPMK 4

Menjelaskan dan menganalisis peran Islam di Indonesia sebagai upaya membangun persatuan dalam keberagaman

CPMK 5

Menjelaskan dan menganalisis kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban dunia serta menjawab tantangan modernisasi

CPMK 6

Mengamati, mengeksplorasi dan menganalisis perspektif Islam tentang Demokrasi, HAM, Politik dan Hukum Islam

References

Utama

 

  1. Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahaiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, 2016, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.
  2. Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
  3. Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja       Grafindo Perkasa, 2000
  4. Al Qur’an dan Terjemahannya.
  5. Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
  6. Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
  7. Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.

Pendukung

 

  1. Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.
  2. Rahardjo, M Dawam, 1999, Masyarakat Madani. Jakarta : LP3ES dan LSAF.
  3. Shihab, M. Quraish, 1999, Wawasan Alqur’an, Bandung: Mizan.
  4. Syarbini, Amirulloh. Dkk. 2011. Al-Qur’an dan Kerukunan Hidup Umat Beragama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo


Details ...
Course Descriptions

Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :

Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam

Learning Outcomes

Sikap (S)

 

S1.

 

S2.

 

S5.

 

S8.

Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya

Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

Pengetahuan (P)

 

P1.

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu  secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam, serta mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural.

Keterampilan Umum (KU)

KU1.

 

 

 

KU2.

KU5.

 

KU8.

Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

Keterampilan Khusus (KK)

KK1.

 

 

 

KK2.

 

KK3.

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi.

Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri  dan kelompok.

Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

References

Utama

 

  1. Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahaiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, 2016, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.
  2. Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
  3. Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja       Grafindo Perkasa, 2000
  4. Al Qur’an dan Terjemahannya.
  5. Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
  6. Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
  7. Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.

Pendukung

 

  1. Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.
  2. Rahardjo, M Dawam, 1999, Masyarakat Madani. Jakarta : LP3ES dan LSAF.
  3. Shihab, M. Quraish, 1999, Wawasan Alqur’an, Bandung: Mizan.
  4. Syarbini, Amirulloh. Dkk. 2011. Al-Qur’an dan Kerukunan Hidup Umat Beragama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo


Details ...