Courser in English | ISLAM RELIGION EDUCATION |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 116 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :
Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
||
Sikap (S)
|
S1.
S2.
S5.
S8. |
Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
|
Pengetahuan (P)
|
P1. |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. |
|
Keterampilan Umum (KU) |
KU1.
KU2. KU5.
KU8. |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
|
Keterampilan Khusus (KK) |
KK1.
KK2.
KK3. |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. |
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
||
CPMK 1 |
Memahami dan menganalisis tentang konsep manusia, agama dan filsafat ketuhanan dalam Islam serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 2 |
Memahami dan menganalisis tentang Konsep Iman, Islam, dan Ihsan dalam membentuk insan kamil serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 3 |
Memahami, menganalisis, merancang penelitian dan mempresentasikan tentang Etika, Moral, dan Akhlak dalam Islam serta mengidentifikasi perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 4 |
Menjelaskan dan menganalisis peran Islam di Indonesia sebagai upaya membangun persatuan dalam keberagaman |
||
CPMK 5 |
Menjelaskan dan menganalisis kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban dunia serta menjawab tantangan modernisasi |
||
CPMK 6 |
Mengamati, mengeksplorasi dan menganalisis perspektif Islam tentang Demokrasi, HAM, Politik dan Hukum Islam |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :
Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
||
Sikap (S)
|
S1.
S2.
S5.
S8. |
Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
|
Pengetahuan (P)
|
P1. |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. |
|
Keterampilan Umum (KU) |
KU1.
KU2. KU5.
KU8. |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
|
Keterampilan Khusus (KK) |
KK1.
KK2.
KK3. |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. |
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
||
CPMK 1 |
Memahami dan menganalisis tentang konsep manusia, agama dan filsafat ketuhanan dalam Islam serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 2 |
Memahami dan menganalisis tentang Konsep Iman, Islam, dan Ihsan dalam membentuk insan kamil serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 3 |
Memahami, menganalisis, merancang penelitian dan mempresentasikan tentang Etika, Moral, dan Akhlak dalam Islam serta mengidentifikasi perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 4 |
Menjelaskan dan menganalisis peran Islam di Indonesia sebagai upaya membangun persatuan dalam keberagaman |
||
CPMK 5 |
Menjelaskan dan menganalisis kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban dunia serta menjawab tantangan modernisasi |
||
CPMK 6 |
Mengamati, mengeksplorasi dan menganalisis perspektif Islam tentang Demokrasi, HAM, Politik dan Hukum Islam |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :
Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
||
Sikap (S)
|
S1.
S2.
S5.
S8. |
Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
|
Pengetahuan (P)
|
P1. |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. |
|
Keterampilan Umum (KU) |
KU1.
KU2. KU5.
KU8. |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
|
Keterampilan Khusus (KK) |
KK1.
KK2.
KK3. |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. |
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
||
CPMK 1 |
Memahami dan menganalisis tentang konsep manusia, agama dan filsafat ketuhanan dalam Islam serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 2 |
Memahami dan menganalisis tentang Konsep Iman, Islam, dan Ihsan dalam membentuk insan kamil serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 3 |
Memahami, menganalisis, merancang penelitian dan mempresentasikan tentang Etika, Moral, dan Akhlak dalam Islam serta mengidentifikasi perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 4 |
Menjelaskan dan menganalisis peran Islam di Indonesia sebagai upaya membangun persatuan dalam keberagaman |
||
CPMK 5 |
Menjelaskan dan menganalisis kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban dunia serta menjawab tantangan modernisasi |
||
CPMK 6 |
Mengamati, mengeksplorasi dan menganalisis perspektif Islam tentang Demokrasi, HAM, Politik dan Hukum Islam |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :
Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
||
Sikap (S)
|
S1.
S2.
S5.
S8. |
Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
|
Pengetahuan (P)
|
P1. |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. |
|
Keterampilan Umum (KU) |
KU1.
KU2. KU5.
KU8. |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
|
Keterampilan Khusus (KK) |
KK1.
KK2.
KK3. |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. |
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
||
CPMK 1 |
Memahami dan menganalisis tentang konsep manusia, agama dan filsafat ketuhanan dalam Islam serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 2 |
Memahami dan menganalisis tentang Konsep Iman, Islam, dan Ihsan dalam membentuk insan kamil serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 3 |
Memahami, menganalisis, merancang penelitian dan mempresentasikan tentang Etika, Moral, dan Akhlak dalam Islam serta mengidentifikasi perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 4 |
Menjelaskan dan menganalisis peran Islam di Indonesia sebagai upaya membangun persatuan dalam keberagaman |
||
CPMK 5 |
Menjelaskan dan menganalisis kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban dunia serta menjawab tantangan modernisasi |
||
CPMK 6 |
Mengamati, mengeksplorasi dan menganalisis perspektif Islam tentang Demokrasi, HAM, Politik dan Hukum Islam |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :
Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
||
Sikap (S)
|
S1.
S2.
S5.
S8. |
Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
|
Pengetahuan (P)
|
P1. |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. |
|
Keterampilan Umum (KU) |
KU1.
KU2. KU5.
KU8. |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
|
Keterampilan Khusus (KK) |
KK1.
KK2.
KK3. |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. |
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
||
CPMK 1 |
Memahami dan menganalisis tentang konsep manusia, agama dan filsafat ketuhanan dalam Islam serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 2 |
Memahami dan menganalisis tentang Konsep Iman, Islam, dan Ihsan dalam membentuk insan kamil serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 3 |
Memahami, menganalisis, merancang penelitian dan mempresentasikan tentang Etika, Moral, dan Akhlak dalam Islam serta mengidentifikasi perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 4 |
Menjelaskan dan menganalisis peran Islam di Indonesia sebagai upaya membangun persatuan dalam keberagaman |
||
CPMK 5 |
Menjelaskan dan menganalisis kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban dunia serta menjawab tantangan modernisasi |
||
CPMK 6 |
Mengamati, mengeksplorasi dan menganalisis perspektif Islam tentang Demokrasi, HAM, Politik dan Hukum Islam |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :
Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
||
Sikap (S)
|
S1.
S2.
S5.
S8. |
Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
|
Pengetahuan (P)
|
P1. |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. |
|
Keterampilan Umum (KU) |
KU1.
KU2. KU5.
KU8. |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
|
Keterampilan Khusus (KK) |
KK1.
KK2.
KK3. |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. |
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
||
CPMK 1 |
Memahami dan menganalisis tentang konsep manusia, agama dan filsafat ketuhanan dalam Islam serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 2 |
Memahami dan menganalisis tentang Konsep Iman, Islam, dan Ihsan dalam membentuk insan kamil serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 3 |
Memahami, menganalisis, merancang penelitian dan mempresentasikan tentang Etika, Moral, dan Akhlak dalam Islam serta mengidentifikasi perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 4 |
Menjelaskan dan menganalisis peran Islam di Indonesia sebagai upaya membangun persatuan dalam keberagaman |
||
CPMK 5 |
Menjelaskan dan menganalisis kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban dunia serta menjawab tantangan modernisasi |
||
CPMK 6 |
Mengamati, mengeksplorasi dan menganalisis perspektif Islam tentang Demokrasi, HAM, Politik dan Hukum Islam |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :
Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
||
Sikap (S)
|
S1.
S2.
S5.
S8. |
Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
|
Pengetahuan (P)
|
P1. |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. |
|
Keterampilan Umum (KU) |
KU1.
KU2. KU5.
KU8. |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
|
Keterampilan Khusus (KK) |
KK1.
KK2.
KK3. |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. |
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
||
CPMK 1 |
Memahami dan menganalisis tentang konsep manusia, agama dan filsafat ketuhanan dalam Islam serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 2 |
Memahami dan menganalisis tentang Konsep Iman, Islam, dan Ihsan dalam membentuk insan kamil serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 3 |
Memahami, menganalisis, merancang penelitian dan mempresentasikan tentang Etika, Moral, dan Akhlak dalam Islam serta mengidentifikasi perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 4 |
Menjelaskan dan menganalisis peran Islam di Indonesia sebagai upaya membangun persatuan dalam keberagaman |
||
CPMK 5 |
Menjelaskan dan menganalisis kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban dunia serta menjawab tantangan modernisasi |
||
CPMK 6 |
Mengamati, mengeksplorasi dan menganalisis perspektif Islam tentang Demokrasi, HAM, Politik dan Hukum Islam |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :
Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
||
Sikap (S)
|
S1.
S2.
S5.
S8. |
Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
|
Pengetahuan (P)
|
P1. |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. |
|
Keterampilan Umum (KU) |
KU1.
KU2. KU5.
KU8. |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
|
Keterampilan Khusus (KK) |
KK1.
KK2.
KK3. |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. |
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
||
CPMK 1 |
Memahami dan menganalisis tentang konsep manusia, agama dan filsafat ketuhanan dalam Islam serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 2 |
Memahami dan menganalisis tentang Konsep Iman, Islam, dan Ihsan dalam membentuk insan kamil serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 3 |
Memahami, menganalisis, merancang penelitian dan mempresentasikan tentang Etika, Moral, dan Akhlak dalam Islam serta mengidentifikasi perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 4 |
Menjelaskan dan menganalisis peran Islam di Indonesia sebagai upaya membangun persatuan dalam keberagaman |
||
CPMK 5 |
Menjelaskan dan menganalisis kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban dunia serta menjawab tantangan modernisasi |
||
CPMK 6 |
Mengamati, mengeksplorasi dan menganalisis perspektif Islam tentang Demokrasi, HAM, Politik dan Hukum Islam |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :
Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
||
Sikap (S)
|
S1.
S2.
S5.
S8. |
Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
|
Pengetahuan (P)
|
P1. |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. |
|
Keterampilan Umum (KU) |
KU1.
KU2. KU5.
KU8. |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
|
Keterampilan Khusus (KK) |
KK1.
KK2.
KK3. |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. |
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
||
CPMK 1 |
Memahami dan menganalisis tentang konsep manusia, agama dan filsafat ketuhanan dalam Islam serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 2 |
Memahami dan menganalisis tentang Konsep Iman, Islam, dan Ihsan dalam membentuk insan kamil serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 3 |
Memahami, menganalisis, merancang penelitian dan mempresentasikan tentang Etika, Moral, dan Akhlak dalam Islam serta mengidentifikasi perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 4 |
Menjelaskan dan menganalisis peran Islam di Indonesia sebagai upaya membangun persatuan dalam keberagaman |
||
CPMK 5 |
Menjelaskan dan menganalisis kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban dunia serta menjawab tantangan modernisasi |
||
CPMK 6 |
Mengamati, mengeksplorasi dan menganalisis perspektif Islam tentang Demokrasi, HAM, Politik dan Hukum Islam |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :
Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
||
Sikap (S)
|
S1.
S2.
S5.
S8. |
Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
|
Pengetahuan (P)
|
P1. |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. |
|
Keterampilan Umum (KU) |
KU1.
KU2. KU5.
KU8. |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
|
Keterampilan Khusus (KK) |
KK1.
KK2.
KK3. |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. |
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
||
CPMK 1 |
Memahami dan menganalisis tentang konsep manusia, agama dan filsafat ketuhanan dalam Islam serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 2 |
Memahami dan menganalisis tentang Konsep Iman, Islam, dan Ihsan dalam membentuk insan kamil serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 3 |
Memahami, menganalisis, merancang penelitian dan mempresentasikan tentang Etika, Moral, dan Akhlak dalam Islam serta mengidentifikasi perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 4 |
Menjelaskan dan menganalisis peran Islam di Indonesia sebagai upaya membangun persatuan dalam keberagaman |
||
CPMK 5 |
Menjelaskan dan menganalisis kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban dunia serta menjawab tantangan modernisasi |
||
CPMK 6 |
Mengamati, mengeksplorasi dan menganalisis perspektif Islam tentang Demokrasi, HAM, Politik dan Hukum Islam |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :
Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
||
Sikap (S)
|
S1.
S2.
S5.
S8. |
Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
|
Pengetahuan (P)
|
P1. |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. |
|
Keterampilan Umum (KU) |
KU1.
KU2. KU5.
KU8. |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
|
Keterampilan Khusus (KK) |
KK1.
KK2.
KK3. |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. |
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
||
CPMK 1 |
Memahami dan menganalisis tentang konsep manusia, agama dan filsafat ketuhanan dalam Islam serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 2 |
Memahami dan menganalisis tentang Konsep Iman, Islam, dan Ihsan dalam membentuk insan kamil serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 3 |
Memahami, menganalisis, merancang penelitian dan mempresentasikan tentang Etika, Moral, dan Akhlak dalam Islam serta mengidentifikasi perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 4 |
Menjelaskan dan menganalisis peran Islam di Indonesia sebagai upaya membangun persatuan dalam keberagaman |
||
CPMK 5 |
Menjelaskan dan menganalisis kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban dunia serta menjawab tantangan modernisasi |
||
CPMK 6 |
Mengamati, mengeksplorasi dan menganalisis perspektif Islam tentang Demokrasi, HAM, Politik dan Hukum Islam |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi : Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam |
Sikap (S)
|
S1.
S2.
S5.
S8. |
Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
Pengetahuan (P)
|
P1. |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. |
Keterampilan Umum (KU) |
KU1.
KU2. KU5.
KU8. |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
Keterampilan Khusus (KK) |
KK1.
KK2.
KK3. |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...