Bahasa Inggris, Curriculum : 2015


Courser in EnglishENGLISH LANGUAGE
ProgramPendidikan Teknologi Informasi
SKS2 SKS
RPS4 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Sebagai alat komunikasi internasional, Bahasa Inggris dipelajari dan digunakan untuk dapat memahami materi ilmu/teknologi/seni dalam bidang akademik/profesi/ vokasi yang dipelajari yang dikomunikasikan dalam Bahasa Inggris. Di perguruan tinggi, mata kuliah Bahasa Inggris sebagai mata kuliah umum yang diikuti oleh seluruh peserta didik terutama difokuskan pada pengembangan keterampilan dalam pemahaman materi yang disajikan dalam Bahasa Inggris. Mata kuliah ini diambil oleh peserta didik pada semester lima dengan harapan kompetensi yang diperoleh dari mata kuliah ini dapat menunjang kelancaran dan keberhasilan peserta didik pada semester-semester berikutnya sepanjang masa studi.


Matakuliah ini merupakan  usaha peningkatan kemampuan membaca (reading), dengan pembahasan kosa kata dan tata bahasa tingkat lanjut. Bahan bacaan lebih ditingkatkan baik dalam jumlah kata maupun tingkat kesulitan (dengan memperbanyak latihan dari bahasa pendukung). Melatih menulis, menelaah dan mendiskusikan karya tulis tentang masalah teknologi informasi dalam bahasa inggris. latihan ini meliputi: membaca, menulis, dan berdiskusi mengenai masalah teknologi informasi.


Mata kuliah ini memberikan latihan membaca (reading) teks-teks dalam bahasa Inggris untuk meningkatkan penguasaan kosa kata (vocabulary) dan tata bahasa (grammar/structure) yang lazim dipergunakan dalam bidang teknologi informasi. Latihan mendengar (listening), berbicara (speaking) dan menulis (writing) kemampuan membaca. Pembahasan tata bahasa sebagian merupakan “review” tata bahasa di semester 1

Learning Outcomes

Tujuan dari mata kuliah ini yaitu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi baik secara tertulis maupun berbicara dalam bahasa Inggris. Adapun materi yang dipelajari yaitu kemampuan dalam berbahasa Inggris (mendengarkan, membaca, berbicara dan menulis) sebagai praktek grammar dalam konteks teknologi informasi. Mengajarkan teknik umum berbahasa Inggris dalam memecahkan permasalahan teknologi informasi, berpresentasi, membaca dan mendengarkan; Kemampuan mahasiswa untuk teknik menulis soal yang berhubungan dengan teknologi informasi, membaca, memahami serta merangkum artikel dalam jurnal teknologi informasi internasional.

Kegiatan perkuliahan berupa latihan membaca, memahami dan meningkatkan kosa kata dari naskah-naskah dan buku teks teknologi informasi, serta latihan mengungkapkan kembali atau mengkomunikasikan isi bacaan atau gagasan-gagasan terkait dengan bidang teknologi informasi baik secara tertulis maupun lisan

References

Gibilisco, S. (2004). Everyday Math Demystified. USA: The McGraw-Hill Co., Inc
Courant, R. & Robbins. (1996). What is Mathematics. New York: Oxford University Press, Inc


Details ...
Course Descriptions

Sebagai alat komunikasi internasional, Bahasa Inggris dipelajari dan digunakan untuk dapat memahami materi ilmu/teknologi/seni dalam bidang akademik/profesi/ vokasi yang dipelajari yang dikomunikasikan dalam Bahasa Inggris. Di perguruan tinggi, mata kuliah Bahasa Inggris sebagai mata kuliah umum yang diikuti oleh seluruh peserta didik terutama difokuskan pada pengembangan keterampilan dalam pemahaman materi yang disajikan dalam Bahasa Inggris. Mata kuliah ini diambil oleh peserta didik pada semester lima dengan harapan kompetensi yang diperoleh dari mata kuliah ini dapat menunjang kelancaran dan keberhasilan peserta didik pada semester-semester berikutnya sepanjang masa studi.


Matakuliah ini merupakan  usaha peningkatan kemampuan membaca (reading), dengan pembahasan kosa kata dan tata bahasa tingkat lanjut. Bahan bacaan lebih ditingkatkan baik dalam jumlah kata maupun tingkat kesulitan (dengan memperbanyak latihan dari bahasa pendukung). Melatih menulis, menelaah dan mendiskusikan karya tulis tentang masalah teknologi informasi dalam bahasa inggris. latihan ini meliputi: membaca, menulis, dan berdiskusi mengenai masalah teknologi informasi.


Mata kuliah ini memberikan latihan membaca (reading) teks-teks dalam bahasa Inggris untuk meningkatkan penguasaan kosa kata (vocabulary) dan tata bahasa (grammar/structure) yang lazim dipergunakan dalam bidang teknologi informasi. Latihan mendengar (listening), berbicara (speaking) dan menulis (writing) kemampuan membaca. Pembahasan tata bahasa sebagian merupakan “review” tata bahasa di semester 1

Learning Outcomes

Tujuan dari mata kuliah ini yaitu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi baik secara tertulis maupun berbicara dalam bahasa Inggris. Adapun materi yang dipelajari yaitu kemampuan dalam berbahasa Inggris (mendengarkan, membaca, berbicara dan menulis) sebagai praktek grammar dalam konteks teknologi informasi. Mengajarkan teknik umum berbahasa Inggris dalam memecahkan permasalahan teknologi informasi, berpresentasi, membaca dan mendengarkan; Kemampuan mahasiswa untuk teknik menulis soal yang berhubungan dengan teknologi informasi, membaca, memahami serta merangkum artikel dalam jurnal teknologi informasi internasional.

Kegiatan perkuliahan berupa latihan membaca, memahami dan meningkatkan kosa kata dari naskah-naskah dan buku teks teknologi informasi, serta latihan mengungkapkan kembali atau mengkomunikasikan isi bacaan atau gagasan-gagasan terkait dengan bidang teknologi informasi baik secara tertulis maupun lisan

References

Gibilisco, S. (2004). Everyday Math Demystified. USA: The McGraw-Hill Co., Inc
Courant, R. & Robbins. (1996). What is Mathematics. New York: Oxford University Press, Inc


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah umum yang wajib diambil oleh setiap mahasiswa di prodi PTI pada semester 1.  Materi-materi yang disampaikan dalam perkuliahan English meliputi kegiatan pemberian materi teori dan praktik berisi materi umum ke-bahasa inggris-an yang bersifat sangat dasar (basic consept), meliputi materi tenses dasar (bentuk simple past, present, dan future tenses), kalimat aktif dan pasif, mendeskripsikan suatu benda, orang, dan sebagainya yang bertujuan membiasakan mereka untuk mampu dan percaya diri untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik lisan maupun tertulis.

Learning Outcomes

Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu untuk

  1. Berkomunikasi secara lisan (spoken language) dan tertulis (written language) yang didapat dari pengalaman panjang menempuhi jenjang keterampilan menyimak (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing).
  2. Menyiapkan setiap mahasiswa sebagai ahli IT yang mampu berkomunikasi aktif menggunakan Bahasa Inggris.

References

Agustien, Helena I.R.  2004.  Ungkapan-ungkapan Bahasa Inggris untuk Pengajaran.  Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Echols, John M. and Hassan Shadily.  2000.  Kamus Indonesia-Inggris. Jakarta: Gramedia

________. Kamus Inggris-Indonesia. _______

Gibran, Kahlil.  1989.  The Prophet.  New York: Alfred A. Knoff

Herera, Mario and Diane Pinkley.  2006.  Backpack 5.  England:  Pearson Education

Macmillan, Collier. 1978. New English 900.  London: Macmillan Publishing Co., Inc

Manser, Martin H.  1995.  Oxford Learner’s Pocket Dictionary.  New York:  Oxford University Press

McGrew II, Glenn. 2008. Fearless Public Speaking. Semarang: LP-SDGI

Nurtjahyo, Gampang. 2008. Business Presentations and Public Speaking in English. Semarang: LP-SDGI

Osborne, Mary Pope.  1941.  My Secret War.  New York: Scholastic Inc.

Pigeaud, Theodore G. TH.  1967.  Literature of Java.  Leiden (Holand):  Koninklijk Intituut

Pyle, Michael A and Mary Ellen Munoz.  2002. Cliffs TOEFL Preparation Guide.  Delhi: Nice Printing Press

Riyanto, Slamet.  2007. The Student’s Choice TOEFL: Test Strategy for Structure and Written Expression.  Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Sumardiyani, Listyaning and Zulfa Sakhiyya. 2008. Speaking for Academic Purpose. Semarang: IKIP PGRI Press

English Tim Instruktur Bahasa Inggris.  1998.  Window on The World English for SMA Book 2.  Jakarta: Erlangga

Warriner E., John.  1958. English Grammar and Composition.  New York: Harcourt, Brace & World, Inc

www.greanpeace.com, retrieved on 12th June 2008

http://personal.ecu.edu/southands/jobapp.htm, retrieved on 12th June 2008

http://www.livescience.com/globalwarming/, retrieved on 12th June 2008

http://longdistancerelationship.org/, retrieved on 19th September 2011


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah umum yang wajib diambil oleh setiap mahasiswa di prodi PTI pada semester 1.  Materi-materi yang disampaikan dalam perkuliahan English meliputi kegiatan pemberian materi teori dan praktik berisi materi umum ke-bahasa inggris-an yang bersifat sangat dasar (basic consept), meliputi materi tenses dasar (bentuk simple past, present, dan future tenses), kalimat aktif dan pasif, mendeskripsikan suatu benda, orang, dan sebagainya yang bertujuan membiasakan mereka untuk mampu dan percaya diri untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik lisan maupun tertulis.

Learning Outcomes

Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu untuk

  1. Berkomunikasi secara lisan (spoken language) dan tertulis (written language) yang didapat dari pengalaman panjang menempuhi jenjang keterampilan menyimak (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing).
  2. Menyiapkan setiap mahasiswa sebagai ahli IT yang mampu berkomunikasi aktif menggunakan Bahasa Inggris.

References

Agustien, Helena I.R.  2004.  Ungkapan-ungkapan Bahasa Inggris untuk Pengajaran.  Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Echols, John M. and Hassan Shadily.  2000.  Kamus Indonesia-Inggris. Jakarta: Gramedia

________. Kamus Inggris-Indonesia. _______

Gibran, Kahlil.  1989.  The Prophet.  New York: Alfred A. Knoff

Herera, Mario and Diane Pinkley.  2006.  Backpack 5.  England:  Pearson Education

Macmillan, Collier. 1978. New English 900.  London: Macmillan Publishing Co., Inc

Manser, Martin H.  1995.  Oxford Learner’s Pocket Dictionary.  New York:  Oxford University Press

McGrew II, Glenn. 2008. Fearless Public Speaking. Semarang: LP-SDGI

Nurtjahyo, Gampang. 2008. Business Presentations and Public Speaking in English. Semarang: LP-SDGI

Osborne, Mary Pope.  1941.  My Secret War.  New York: Scholastic Inc.

Pigeaud, Theodore G. TH.  1967.  Literature of Java.  Leiden (Holand):  Koninklijk Intituut

Pyle, Michael A and Mary Ellen Munoz.  2002. Cliffs TOEFL Preparation Guide.  Delhi: Nice Printing Press

Riyanto, Slamet.  2007. The Student’s Choice TOEFL: Test Strategy for Structure and Written Expression.  Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Sumardiyani, Listyaning and Zulfa Sakhiyya. 2008. Speaking for Academic Purpose. Semarang: IKIP PGRI Press

English Tim Instruktur Bahasa Inggris.  1998.  Window on The World English for SMA Book 2.  Jakarta: Erlangga

Warriner E., John.  1958. English Grammar and Composition.  New York: Harcourt, Brace & World, Inc

www.greanpeace.com, retrieved on 12th June 2008

http://personal.ecu.edu/southands/jobapp.htm, retrieved on 12th June 2008

http://www.livescience.com/globalwarming/, retrieved on 12th June 2008

http://longdistancerelationship.org/, retrieved on 19th September 2011


Details ...