Courser in English | Academic Writing |
Program | Pendidikan Bahasa Inggris |
SKS | 3 SKS |
RPS | 5 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
This course prepares students to emphasize paragraph development in academic, text-based essay assignments. The course guides students through the writing process, which requires critical thinking and decision-making in the use of evidence, sources, and rhetorical modes for effective paragraphs and essays.
Learning Outcomes1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian
ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi
yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya,
menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah
dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan
tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di
jurnal internasional (KU1)
2. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab
dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada
masyarakat akademik dan masyarakat luas (KU 3).
3. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan
memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan
interdisiplin atau multidisiplin (KU4).
4. Memiliki wawasan penelitian dan evaluasi pendidikan, pembelajaran lanjut, dan penguasaan
teknologi informasi dan komunikasi (TIK), dan kesadaran akan keberagaman, pemerataan
pendidikan dan perspektif lokal, nasional, maupun internasional (KK2).
5. Mampu memperluas dan memperdalam bidang ilmu yang menaungi subtansi dan
pembelajaran bahasa Inggris melalui penelitian dan praktik pembelajaran (KK3).
6. Mampu meneliti, menganalisis, melakukan validasi data, menggunakan perangkat lunak
pendukung penelitian, dan mengusulkan ide-ide penelitian baru di dunia pendidikan
dengan menyajikan hasil riset yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah (KK6).
7. Memiliki keterampilan literasi yang diterapkan dalam kegiatan pendidikan dan pengelitian
untuk mengidentifikasi research gap dalam penelitian bidang pendidikan (KK7).
8. Mampu menghasilkan karya ilmiah yang ditulis dari penellitian yang sahih dan berintegritas,
memperhatikan kode etik penelitian sehingga mampu melakukan ide-ide penelitian baru
yang dibutuhkan untuk kemajuan bidang pendidikan (KK8).
9. Menyebarkan hasil-hasil penelitian melalui publikasi karya ilmiah di jurnal-jurnal nasional
maupun internasional (KK9).
10. Mampu menggunakan bahasa Inggris secara lisan dan tertulis setara tingkat lanjut dalam
konteks pendidikan dan penelitian untuk menyampaikan pemikiran kepada pelaku dan
pemangku kepentingan pendidikan bahasa Inggris di dalam dan di luar negeri (PP1)
11. Mampu mempraktikkan tata cara melaksanakan penelitian, pengumpulan dan penyimpanan
data, pengolahan dan analisis data yang patuh kode etik penelitian, transparan, dan
berintegritas (PP2).
12. Mampu berpikir kritis dan menghasilkan pemikiran yang memperhatikan nilai humaniora
berdasarkan data yang valid (PP3).
13. Mampu menggunakan teknologi informasi dan menggunakannya dalam kegiatan
pendidikan, penelitian dan evaluasi (PP4).
14. Mampu menyampaikan hasil penelitian untuk diseminasi ilmu kepada pemangku
kepentingan pendidikan dan menerbitkan hasil penelitian ke jurnal nasional atau
internasional (PP5).
15. Mampu mengikuti perkembangan teknologi pendidikan dan menggunakannya dalam
kegiatan pendidikan, penelitian, dan perancangan kurikulum (PP12).
1. American Psychological Association. (2010). Publication manual of the American Psychological
Association (6th ed.). Washington, DC: Author.
2. Bailey, S. (2018) Academic Writing: A Handbook for International Students (5th edition). New York: Routledge.
3. Boardman, C. A. & Frydenberg. (2002) Writing to Communicate (2nd edition). New York: Pearson
Education.
4. Stephen B. Heard The Scientist’s Guide to Writing
5. Richard Dawkins The Oxford Book of Modern Science Writing
6. Diana Hacker Rules for Writers
7. Michael Alley The Craft of Scientific Writing
8. Angelika Hofmann Scientific Writing and Communication
9. Stephen Bailey Academic Writing: A Handbook for International Students
10. Hilary Glasman-Deal Science research writing for non-native speakers of English
11. Fowler & Aaron The little Brown Handbook
12. Janice R. Matthews Successful scientific writing A step-by-step guide for the biological and medical
sciences
13. Jean-Luc Lebrun Scientific Writing A Reader and Writer's Guide
Details ...
This course prepares students to emphasize paragraph development in academic, text-based essay assignments. The course guides students through the writing process, which requires critical thinking and decision-making in the use of evidence, sources, and rhetorical modes for effective paragraphs and essays.
Learning Outcomes- Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional (KU1)
- Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas (KU 3).
- Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (KU4).
- Memiliki wawasan penelitian dan evaluasi pendidikan, pembelajaran lanjut, dan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), dan kesadaran akan keberagaman, pemerataan pendidikan dan perspektif lokal, nasional, maupun internasional (KK2).
- Mampu memperluas dan memperdalam bidang ilmu yang menaungi subtansi dan pembelajaran bahasa Inggris melalui penelitian dan praktik pembelajaran (KK3).
- Mampu meneliti, menganalisis, melakukan validasi data, menggunakan perangkat lunak pendukung penelitian, dan mengusulkan ide-ide penelitian baru di dunia pendidikan dengan menyajikan hasil riset yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah (KK6).
- Memiliki keterampilan literasi yang diterapkan dalam kegiatan pendidikan dan pengelitian untuk mengidentifikasi research gap dalam penelitian bidang pendidikan (KK7).
- Mampu menghasilkan karya ilmiah yang ditulis dari penellitian yang sahih dan berintegritas, memperhatikan kode etik penelitian sehingga mampu melakukan ide-ide penelitian baru yang dibutuhkan untuk kemajuan bidang pendidikan (KK8).
- Menyebarkan hasil-hasil penelitian melalui publikasi karya ilmiah di jurnal-jurnal nasional maupun internasional (KK9).
- Mampu menggunakan bahasa Inggris secara lisan dan tertulis setara tingkat lanjut dalam konteks pendidikan dan penelitian untuk menyampaikan pemikiran kepada pelaku dan pemangku kepentingan pendidikan bahasa Inggris di dalam dan di luar negeri (PP1)
- Mampu mempraktikkan tata cara melaksanakan penelitian, pengumpulan dan penyimpanan
- data, pengolahan dan analisis data yang patuh kode etik penelitian, transparan, dan berintegritas (PP2).
- Mampu berpikir kritis dan menghasilkan pemikiran yang memperhatikan nilai humaniora berdasarkan data yang valid (PP3).
- Mampu menggunakan teknologi informasi dan menggunakannya dalam kegiatan pendidikan, penelitian dan evaluasi (PP4).
- Mampu menyampaikan hasil penelitian untuk diseminasi ilmu kepada pemangku kepentingan pendidikan dan menerbitkan hasil penelitian ke jurnal nasional atau internasional (PP5).
- Mampu mengikuti perkembangan teknologi pendidikan dan menggunakannya dalam
- kegiatan pendidikan, penelitian, dan perancangan kurikulum (PP12).
- American Psychological Association. (2010). Publication manual of the American Psychological Association (6th ed.). Washington, DC: Author.
- Bailey, S. (2018) Academic Writing: A Handbook for International Students (5th edition). New York: Routledge.
- Boardman, C. A. & Frydenberg. (2002) Writing to Communicate (2nd edition). New York: Pearson Education.
- Stephen B. Heard The Scientist’s Guide to Writing
- Richard Dawkins The Oxford Book of Modern Science Writing
- Diana Hacker Rules for Writers
- Michael Alley The Craft of Scientific Writing
- Angelika Hofmann Scientific Writing and Communication
- Stephen Bailey Academic Writing: A Handbook for International Students
- Hilary Glasman-Deal Science research writing for non-native speakers of English
- Fowler & Aaron The little Brown Handbook
- Janice R. Matthews Successful scientific writing A step-by-step guide for the biological and medical sciences
- Jean-Luc Lebrun Scientific Writing A Reader and Writer's Guide
Details ...
This course prepares students to emphasize paragraph development in academic, text-based essay assignments. The course guides students through the writing process, which requires critical thinking and decision-making in the use of evidence, sources, and rhetorical modes for effective paragraphs and essays |
1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya,
menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di
jurnal internasional (KU1)
2. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas (KU 3).
3. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (KU4).
4. Memiliki wawasan penelitian dan evaluasi pendidikan, pembelajaran lanjut, dan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), dan kesadaran akan keberagaman, pemerataan pendidikan dan perspektif lokal, nasional, maupun internasional (KK2).
5. Mampu memperluas dan memperdalam bidang ilmu yang menaungi subtansi dan pembelajaran bahasa Inggris melalui penelitian dan praktik pembelajaran (KK3).
6. Mampu meneliti, menganalisis, melakukan validasi data, menggunakan perangkat lunak pendukung penelitian, dan mengusulkan ide-ide penelitian baru di dunia pendidikan dengan menyajikan hasil riset yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah (KK6).
7. Memiliki keterampilan literasi yang diterapkan dalam kegiatan pendidikan dan pengelitian untuk mengidentifikasi research gap dalam penelitian bidang pendidikan (KK7).
8. Mampu menghasilkan karya ilmiah yang ditulis dari penellitian yang sahih dan berintegritas, memperhatikan kode etik penelitian sehingga mampu melakukan ide-ide penelitian baru yang dibutuhkan untuk kemajuan bidang pendidikan (KK8).
9. Menyebarkan hasil-hasil penelitian melalui publikasi karya ilmiah di jurnal-jurnal nasional maupun internasional (KK9).
10. Mampu menggunakan bahasa Inggris secara lisan dan tertulis setara tingkat lanjut dalam konteks pendidikan dan penelitian untuk menyampaikan pemikiran kepada pelaku dan pemangku kepentingan pendidikan bahasa Inggris di dalam dan di luar negeri (PP1)
11. Mampu mempraktikkan tata cara melaksanakan penelitian, pengumpulan dan penyimpanan data, pengolahan dan analisis data yang patuh kode etik penelitian, transparan, dan berintegritas (PP2).
12. Mampu berpikir kritis dan menghasilkan pemikiran yang memperhatikan nilai humaniora berdasarkan data yang valid (PP3).
13. Mampu menggunakan teknologi informasi dan menggunakannya dalam kegiatan pendidikan, penelitian dan evaluasi (PP4).
14. Mampu menyampaikan hasil penelitian untuk diseminasi ilmu kepada pemangku kepentingan pendidikan dan menerbitkan hasil penelitian ke jurnal nasional atau internasional (PP5).
15. Mampu mengikuti perkembangan teknologi pendidikan dan menggunakannya dalam kegiatan pendidikan, penelitian, dan perancangan kurikulum (PP12).
1. American Psychological Association. (2010). Publication manual of the American Psychological Association (6th ed.). Washington, DC: Author.
2. Bailey, S. (2018) Academic Writing: A Handbook for International Students (5th edition). New York: Routledge.
3. Boardman, C. A. & Frydenberg. (2002) Writing to Communicate (2nd edition). New York: Pearson Education.
4. Stephen B. Heard The Scientist’s Guide to Writing
5. Richard Dawkins The Oxford Book of Modern Science Writing
6. Diana Hacker Rules for Writers
7. Michael Alley The Craft of Scientific Writing
8. Angelika Hofmann Scientific Writing and Communication
9. Stephen Bailey Academic Writing: A Handbook for International Students
10. Hilary Glasman-Deal Science research writing for non-native speakers of English
11. Fowler & Aaron The little Brown Handbook
12. Janice R. Matthews Successful scientific writing A step-by-step guide for the biological and medical sciences
13. Jean-Luc Lebrun Scientific Writing A Reader and Writer's Guide
Details ...
This course prepares students to emphasize paragraph development in academic, text-based essay assignments. The course guides students through the writing process, which requires critical thinking and decision-making in the use of evidence, sources, and rhetorical modes for effective paragraphs and essays |
1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya,
menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di
jurnal internasional (KU1)
2. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas (KU 3).
3. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (KU4).
4. Memiliki wawasan penelitian dan evaluasi pendidikan, pembelajaran lanjut, dan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), dan kesadaran akan keberagaman, pemerataan pendidikan dan perspektif lokal, nasional, maupun internasional (KK2).
5. Mampu memperluas dan memperdalam bidang ilmu yang menaungi subtansi dan pembelajaran bahasa Inggris melalui penelitian dan praktik pembelajaran (KK3).
6. Mampu meneliti, menganalisis, melakukan validasi data, menggunakan perangkat lunak pendukung penelitian, dan mengusulkan ide-ide penelitian baru di dunia pendidikan dengan menyajikan hasil riset yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah (KK6).
7. Memiliki keterampilan literasi yang diterapkan dalam kegiatan pendidikan dan pengelitian untuk mengidentifikasi research gap dalam penelitian bidang pendidikan (KK7).
8. Mampu menghasilkan karya ilmiah yang ditulis dari penellitian yang sahih dan berintegritas, memperhatikan kode etik penelitian sehingga mampu melakukan ide-ide penelitian baru yang dibutuhkan untuk kemajuan bidang pendidikan (KK8).
9. Menyebarkan hasil-hasil penelitian melalui publikasi karya ilmiah di jurnal-jurnal nasional maupun internasional (KK9).
10. Mampu menggunakan bahasa Inggris secara lisan dan tertulis setara tingkat lanjut dalam konteks pendidikan dan penelitian untuk menyampaikan pemikiran kepada pelaku dan pemangku kepentingan pendidikan bahasa Inggris di dalam dan di luar negeri (PP1)
11. Mampu mempraktikkan tata cara melaksanakan penelitian, pengumpulan dan penyimpanan data, pengolahan dan analisis data yang patuh kode etik penelitian, transparan, dan berintegritas (PP2).
12. Mampu berpikir kritis dan menghasilkan pemikiran yang memperhatikan nilai humaniora berdasarkan data yang valid (PP3).
13. Mampu menggunakan teknologi informasi dan menggunakannya dalam kegiatan pendidikan, penelitian dan evaluasi (PP4).
14. Mampu menyampaikan hasil penelitian untuk diseminasi ilmu kepada pemangku kepentingan pendidikan dan menerbitkan hasil penelitian ke jurnal nasional atau internasional (PP5).
15. Mampu mengikuti perkembangan teknologi pendidikan dan menggunakannya dalam kegiatan pendidikan, penelitian, dan perancangan kurikulum (PP12).
1. American Psychological Association. (2010). Publication manual of the American Psychological Association (6th ed.). Washington, DC: Author.
2. Bailey, S. (2018) Academic Writing: A Handbook for International Students (5th edition). New York: Routledge.
3. Boardman, C. A. & Frydenberg. (2002) Writing to Communicate (2nd edition). New York: Pearson Education.
4. Stephen B. Heard The Scientist’s Guide to Writing
5. Richard Dawkins The Oxford Book of Modern Science Writing
6. Diana Hacker Rules for Writers
7. Michael Alley The Craft of Scientific Writing
8. Angelika Hofmann Scientific Writing and Communication
9. Stephen Bailey Academic Writing: A Handbook for International Students
10. Hilary Glasman-Deal Science research writing for non-native speakers of English
11. Fowler & Aaron The little Brown Handbook
12. Janice R. Matthews Successful scientific writing A step-by-step guide for the biological and medical sciences
13. Jean-Luc Lebrun Scientific Writing A Reader and Writer's Guide
Details ...
The course is leading to the efforts to develop students’ competence in writing correct, meaningful, and intelligible Academic writing. It is aimed at assisting students to write English Academic writing. This course covers the lectures on theories covering basic knowledge of academic English text and creating academic writing. Classroom activities are focused on lecturing, discussions, writing practices. |
CPMK1 |
|
CPMK2 |
|
CPMK3 |
|
CPMK4 |
|
CPMK5 |
|
CPMK6 |
|
CPMK7 |
|
CPMK8 |
|
CPMK9 |
|
CPMK10 |
|
|
Details ...