Courser in English | MANAGEMENT OF CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 3 SKS |
RPS | 12 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Penanganan ABK membahas secara mendalam penanganan yang tepat dan efektif pada anak usia dini yang berkebutuhan khusus. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) pengertian dan hakikat ABK, (2) stimulasi dan intervensi pada ABK, (3) perlakuan dan pendampingan pada ABK, (4) teknik-teknik yang dilakukan saat penanganan ABK, (5) teknik mencegah dan menanggulangi hambatan atau gangguan pada ABK.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus, mahasiswa mampu memahami penanganan ABK, meliputi stimulus dan intervensi, yang merupakan upaya pemberian perlakuan dan pendampingan agar hambatan atau gangguan pada ABK dapat dicegah dan ditanggulangi.
References
|
Details ...
Mata kuliah Penanganan ABK membahas secara mendalam penanganan yang tepat dan efektif pada anak usia dini yang berkebutuhan khusus. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) pengertian dan hakikat ABK, (2) stimulasi dan intervensi pada ABK, (3) perlakuan dan pendampingan pada ABK, (4) teknik-teknik yang dilakukan saat penanganan ABK, (5) teknik mencegah dan menanggulangi hambatan atau gangguan pada ABK.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus, mahasiswa mampu memahami penanganan ABK, meliputi stimulus dan intervensi, yang merupakan upaya pemberian perlakuan dan pendampingan agar hambatan atau gangguan pada ABK dapat dicegah dan ditanggulangi.
References
|
Details ...
- Mata kuliah Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru – Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dengan bobot 3 SKS.
- Mata kuliah ini mengkaji (a) Latar Belakang ABK, Dasar Hukum, Tujuan & Sasaran; (b) Batasan ABK; (c) Konsep Penanganan ABK; (d) Cara Menangani ABK; (e) Disabilitasi Penglihatan; (f) Disabilitasi Pendengaran; (g) Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas; (h) Gangguan Spektrum Autisma; (i) Gangguan Ganda; (j) Lamban Belajar; (k) Kesulitan Belajar Khusus, (l) Gangguan Komunikasi Wicara; dan (m) Kecerdasan dan Bakat Istimewa.
- Luaran dari mata kuliah ini adalah Bahan Ajar Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus.
CPMK-1
Mengidentifikasi Latar Belakang ABK, Dasar Hukum, Tujuan & Sasaran; Batasan ABK; Konsep Penanganan ABK, serta menjelaskan materi secara jelas (S-2, S-5, S-6; P-6, P-7, P-9; KU-5, KU-8, KU-9; KK-1, KK-2, KK-7, KK-14).
CPMK- 2
Mengemukakan Cara Menangani ABK; Disabilitasi Penglihata; Disabilitasi Penglihatan; Disabilitasi Pendengaran, serta membedakan secara tepat (S-2, S-6, S-9; P-8, P-9; KU-1, K-3, K-8, KU-9; KK-1, KK-5, KK-8, KK-5, KK-6).
CPMK- 3
Menganalisis Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas, serta menemukan contoh secara tepat (S-2, S-5; S-6; P-8, P-9; KU-1, KU-3; KK-1, KK-2, KK-19).
CPMK- 4
Mengklasifikasikan Gangguan Spektrum Autisma; Gangguan Ganda, serta menemukan contoh secara tepat (S-6, S-9; P-8, P-9; KU-1, KU-9; KK-2, KK-14, KK-19).
CPMK- 5
Membedakan Lamban Belajar; Kesulitan Belajar Khusus, serta memberikan contoh secara benar (S-5; S-8; P-8, P-9; KU-1, KU-3; KU-8, KU-9; KK-8, KK-14, KK-19).
CPMK- 6
Menguraikan Gangguan Komunikasi Wicara; Kecerdasan dan Bakat Istimewa, serta memberikan contoh dengan penuh tanggung jawab (S-8, S-9; P-8, P-9; KU-1, KU-8; KU-9; KK-1, KK-2, KK-5, KK-14, KK-19).
ReferencesUTAMA
Mangunsong, F. (2014). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus: Jilid Kesatu. Depok: LPSP3 UI
PENDUKUNG
- Alimin, Z. (2004). Reorientasi Pemahaman Konsep Pendidikan Khusus Pendidikan Kebutuhan Khusus dan Implikasinya terhadap Layanan Pendidikan. Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus. Vol.3 No 1 (52-63).
- Brown, Etta, K. (2008). Learning Disabilities: Understanding the Problem and Managing The Challenges. North America: Langon Street Press.
- Chamidah, A. N., Pertiwi, K. R. (2017). Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: UNY Press.
- Ginanjar, A. S. (2008). Panduan Praktis Mendidik Anak Autis: Menjadi Orangtua Istimewa. Jakarta: Dian Rakyat.
- Hidayat, D. S., Wawan. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunalaras”. Jakarta: Luxima.
- Hidayat, A. AS., Suwandi, A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunanetra”. Jakarta: Luxima.
- Kemis, R. A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunagrahita”. Jakarta: Luxima.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2008 Tentang Standar Proses Pendidikan Khusus Tunanetra, Tunarungu, Tunagrahita, Tunadaksa, dan Tunalaras. 2008. Jakarta: Republik Indonesia.
- Putranto, B. (2015). Tips Menangani Siswa Yang Membutuhkan Perhatian Khsusus: Ragam Sifat dan Karakter Siswa “Spesial” dan Cara Menanganinya. Yogyakarta: Diva Press.
- Rashid, N. (2012). Assessment of Stress and Coping of Parents of Disabled Children: Parental Stress and Coping of Children with Disabilities. Germany: Lambert Academic Publishing.
- Sunardi. (1997). Kecenderungan dalam Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Dikjed Dikti.
Details ...
- Mata kuliah Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru – Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dengan bobot 3 SKS.
- Mata kuliah ini mengkaji (a) Latar Belakang ABK, Dasar Hukum, Tujuan & Sasaran; (b) Batasan ABK; (c) Konsep Penanganan ABK; (d) Cara Menangani ABK; (e) Disabilitasi Penglihatan; (f) Disabilitasi Pendengaran; (g) Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas; (h) Gangguan Spektrum Autisma; (i) Gangguan Ganda; (j) Lamban Belajar; (k) Kesulitan Belajar Khusus, (l) Gangguan Komunikasi Wicara; (m) Kecerdasan dan Bakat Istimewa.
- Luaran dari mata kuliah ini adalah Bahan Ajar Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus.
CPMK |
|
Setelah menempuh mata kuliah Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus, mahasiswa diharapkan mampu: |
|
CPMK-1 |
Mengidentifikasi Latar Belakang ABK, Dasar Hukum, Tujuan & Sasaran; Batasan ABK; Konsep Penanganan ABK, serta menjelaskan materi secara jelas (S-2, S-5, S-6; P-6, P-7, P-9; KU-5, KU-8, KU-9; KK-1, KK-2, KK-7, KK-14). |
CPMK-2 |
Mengemukakan Cara Menangani ABK; Disabilitasi Penglihatan; Disabilitasi Pendengaran, serta membedakan secara tepat (S-2, S-6, S-9; P-8, P-9; KU-1, K-3, K-8, KU-9; KK-1, KK-5, KK-8, KK-5, KK-6). |
CPMK-3 |
Menganalisis Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas, serta menemukan contoh secara tepat (S-2, S-5; S-6; P-8, P-9; KU-1, KU-3; KK-1, KK-2, KK-19). |
CPMK-4 |
Mengklasifikasikan Gangguan Spektrum Autisma; Gangguan Ganda, serta menemukan contoh secara tepat (S-6, S-9; P-8, P-9; KU-1, KU-9; KK-2, KK-14, KK-19). |
CPMK-5 |
Membedakan Lamban Belajar; Kesulitan Belajar Khusus, serta memberikan contoh secara benar (S-5; S-8; P-8, P-9; KU-1, KU-3; KU-8, KU-9; KK-8, KK-14, KK-19). |
CPMK-6 |
Menguraikan Gangguan Komunikasi Wicara; Kecerdasan dan Bakat Istimewa, serta memberikan contoh dengan penuh tanggung jawab (S-8, S-9; P-8, P-9; KU-1, KU-8; KU-9; KK-1, KK-2, KK-5, KK-14, KK-19). |
- Alimin, Z. 2004. Reorientasi Pemahaman Konsep Pendidikan Khusus Pendidikan Kebutuhan Khusus dan Implikasinya terhadap Layanan Pendidikan. Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus. Vol. 3 No 1 (52-63)
- Brown, Etta, K. 2008. Learning Disabilities: Understanding The Problem and Managing The Challenges. North America: Langon Street Press.
- Chamidah, Atien Nur., Pertiwi, Kartika, Ratna. 2017. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: UNY Press.
- Ginanjar, Adriana, S. 2008. Panduan Praktis Mendidik Anak Autis: Menjadi Orangtua Istimewa. Jakarta: Dian Rakyat.
- Hidayat, Deden Saeful., Wawan. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunalaras”. Jakarta: Luxima .
- Hidayat, Asep AS., Suwandi, Ate. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunanetra”. Jakarta: Luxima.
- Kemis., Rosnawati, Ati. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunagrahita”. Jakarta: Luxima.
- BUKU UTAMA DLM SEMESTER INI (Mangunsong, Frieda. 2014. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus: Jilid Kesatu. Depok: LPSP3 UI).
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2008 Tentang Standar Proses Pendidikan Khusus Tunanetra, Tunarungu, Tunagrahita, Tunadaksa, dan Tunalaras. 2008. Jakarta: Republik Indonesia.
- Putranto, Bambang. 2015. Tips Menangani Siswa Yang Membutuhkan Perhatian Khsusus: Ragam Sifat dan Karakter Siswa “Spesial“ dan Cara Menanganinya. Yogyakarta: Diva Press.
- Rashid, Naila. 2012. Assessment of Stress and Coping of Parents of Disabled Children: Parental Stress and Coping of Children With Disabilities. Germany: Lambert Academic Publishing.
- Sunardi. (1997). Kecenderungan dalam Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Dikjed Dikti.
Details ...
- Mata kuliah Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru – Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dengan bobot 3 SKS.
- Mata kuliah ini mengkaji (a) Latar Belakang ABK, Dasar Hukum, Tujuan & Sasaran; (b) Batasan ABK; (c) Konsep Penanganan ABK; (d) Cara Menangani ABK; (e) Disabilitasi Penglihatan; (f) Disabilitasi Pendengaran; (g) Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas; (h) Gangguan Spektrum Autisma; (i) Gangguan Ganda; (j) Lamban Belajar; (k) Kesulitan Belajar Khusus, (l) Gangguan Komunikasi Wicara; (m) Kecerdasan dan Bakat Istimewa.
- Luaran dari mata kuliah ini adalah Bahan Ajar Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus.
CPMK |
|
Setelah menempuh mata kuliah Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus, mahasiswa diharapkan mampu: |
|
CPMK-1 |
Mengidentifikasi Latar Belakang ABK, Dasar Hukum, Tujuan & Sasaran; Batasan ABK; Konsep Penanganan ABK, serta menjelaskan materi secara jelas (S-2, S-5, S-6; P-6, P-7, P-9; KU-5, KU-8, KU-9; KK-1, KK-2, KK-7, KK-14). |
CPMK-2 |
Mengemukakan Cara Menangani ABK; Disabilitasi Penglihatan; Disabilitasi Pendengaran, serta membedakan secara tepat (S-2, S-6, S-9; P-8, P-9; KU-1, K-3, K-8, KU-9; KK-1, KK-5, KK-8, KK-5, KK-6). |
CPMK-3 |
Menganalisis Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas, serta menemukan contoh secara tepat (S-2, S-5; S-6; P-8, P-9; KU-1, KU-3; KK-1, KK-2, KK-19). |
CPMK-4 |
Mengklasifikasikan Gangguan Spektrum Autisma; Gangguan Ganda, serta menemukan contoh secara tepat (S-6, S-9; P-8, P-9; KU-1, KU-9; KK-2, KK-14, KK-19). |
CPMK-5 |
Membedakan Lamban Belajar; Kesulitan Belajar Khusus, serta memberikan contoh secara benar (S-5; S-8; P-8, P-9; KU-1, KU-3; KU-8, KU-9; KK-8, KK-14, KK-19). |
CPMK-6 |
Menguraikan Gangguan Komunikasi Wicara; Kecerdasan dan Bakat Istimewa, serta memberikan contoh dengan penuh tanggung jawab (S-8, S-9; P-8, P-9; KU-1, KU-8; KU-9; KK-1, KK-2, KK-5, KK-14, KK-19). |
- Alimin, Z. 2004. Reorientasi Pemahaman Konsep Pendidikan Khusus Pendidikan Kebutuhan Khusus dan Implikasinya terhadap Layanan Pendidikan. Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus. Vol. 3 No 1 (52-63)
- Brown, Etta, K. 2008. Learning Disabilities: Understanding The Problem and Managing The Challenges. North America: Langon Street Press.
- Chamidah, Atien Nur., Pertiwi, Kartika, Ratna. 2017. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: UNY Press.
- Ginanjar, Adriana, S. 2008. Panduan Praktis Mendidik Anak Autis: Menjadi Orangtua Istimewa. Jakarta: Dian Rakyat.
- Hidayat, Deden Saeful., Wawan. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunalaras”. Jakarta: Luxima .
- Hidayat, Asep AS., Suwandi, Ate. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunanetra”. Jakarta: Luxima.
- Kemis., Rosnawati, Ati. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunagrahita”. Jakarta: Luxima.
- BUKU UTAMA DLM SEMESTER INI (Mangunsong, Frieda. 2014. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus: Jilid Kesatu. Depok: LPSP3 UI).
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2008 Tentang Standar Proses Pendidikan Khusus Tunanetra, Tunarungu, Tunagrahita, Tunadaksa, dan Tunalaras. 2008. Jakarta: Republik Indonesia.
- Putranto, Bambang. 2015. Tips Menangani Siswa Yang Membutuhkan Perhatian Khsusus: Ragam Sifat dan Karakter Siswa “Spesial“ dan Cara Menanganinya. Yogyakarta: Diva Press.
- Rashid, Naila. 2012. Assessment of Stress and Coping of Parents of Disabled Children: Parental Stress and Coping of Children With Disabilities. Germany: Lambert Academic Publishing.
- Sunardi. (1997). Kecenderungan dalam Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Dikjed Dikti.
Details ...
- Mata kuliah Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru – Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dengan bobot 3 SKS.
- Mata kuliah ini mengkaji (a) Latar Belakang ABK, Dasar Hukum, Tujuan & Sasaran; (b) Batasan ABK; (c) Konsep Penanganan ABK; (d) Cara Menangani ABK; (e) Disabilitasi Penglihatan; (f) Disabilitasi Pendengaran; (g) Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas; (h) Gangguan Spektrum Autisma; (i) Gangguan Ganda; (j) Lamban Belajar; (k) Kesulitan Belajar Khusus, (l) Gangguan Komunikasi Wicara; (m) Kecerdasan dan Bakat Istimewa.
- Luaran dari mata kuliah ini adalah Bahan Ajar Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus.
CPMK |
|
Setelah menempuh mata kuliah Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus, mahasiswa diharapkan mampu: |
|
CPMK-1 |
Mengidentifikasi Latar Belakang ABK, Dasar Hukum, Tujuan & Sasaran; Batasan ABK; Konsep Penanganan ABK, serta menjelaskan materi secara jelas (S-2, S-5, S-6; P-6, P-7, P-9; KU-5, KU-8, KU-9; KK-1, KK-2, KK-7, KK-14). |
CPMK-2 |
Mengemukakan Cara Menangani ABK; Disabilitasi Penglihatan; Disabilitasi Pendengaran, serta membedakan secara tepat (S-2, S-6, S-9; P-8, P-9; KU-1, K-3, K-8, KU-9; KK-1, KK-5, KK-8, KK-5, KK-6). |
CPMK-3 |
Menganalisis Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas, serta menemukan contoh secara tepat (S-2, S-5; S-6; P-8, P-9; KU-1, KU-3; KK-1, KK-2, KK-19). |
CPMK-4 |
Mengklasifikasikan Gangguan Spektrum Autisma; Gangguan Ganda, serta menemukan contoh secara tepat (S-6, S-9; P-8, P-9; KU-1, KU-9; KK-2, KK-14, KK-19). |
CPMK-5 |
Membedakan Lamban Belajar; Kesulitan Belajar Khusus, serta memberikan contoh secara benar (S-5; S-8; P-8, P-9; KU-1, KU-3; KU-8, KU-9; KK-8, KK-14, KK-19). |
CPMK-6 |
Menguraikan Gangguan Komunikasi Wicara; Kecerdasan dan Bakat Istimewa, serta memberikan contoh dengan penuh tanggung jawab (S-8, S-9; P-8, P-9; KU-1, KU-8; KU-9; KK-1, KK-2, KK-5, KK-14, KK-19). |
- Alimin, Z. 2004. Reorientasi Pemahaman Konsep Pendidikan Khusus Pendidikan Kebutuhan Khusus dan Implikasinya terhadap Layanan Pendidikan. Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus. Vol. 3 No 1 (52-63)
- Brown, Etta, K. 2008. Learning Disabilities: Understanding The Problem and Managing The Challenges. North America: Langon Street Press.
- Chamidah, Atien Nur., Pertiwi, Kartika, Ratna. 2017. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: UNY Press.
- Ginanjar, Adriana, S. 2008. Panduan Praktis Mendidik Anak Autis: Menjadi Orangtua Istimewa. Jakarta: Dian Rakyat.
- Hidayat, Deden Saeful., Wawan. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunalaras”. Jakarta: Luxima .
- Hidayat, Asep AS., Suwandi, Ate. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunanetra”. Jakarta: Luxima.
- Kemis., Rosnawati, Ati. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunagrahita”. Jakarta: Luxima.
- BUKU UTAMA DLM SEMESTER INI (Mangunsong, Frieda. 2014. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus: Jilid Kesatu. Depok: LPSP3 UI).
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2008 Tentang Standar Proses Pendidikan Khusus Tunanetra, Tunarungu, Tunagrahita, Tunadaksa, dan Tunalaras. 2008. Jakarta: Republik Indonesia.
- Putranto, Bambang. 2015. Tips Menangani Siswa Yang Membutuhkan Perhatian Khsusus: Ragam Sifat dan Karakter Siswa “Spesial“ dan Cara Menanganinya. Yogyakarta: Diva Press.
- Rashid, Naila. 2012. Assessment of Stress and Coping of Parents of Disabled Children: Parental Stress and Coping of Children With Disabilities. Germany: Lambert Academic Publishing.
- Sunardi. (1997). Kecenderungan dalam Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Dikjed Dikti.
Details ...
- Mata kuliah Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru – Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dengan bobot 3 SKS.
- Mata kuliah ini mengkaji (a) Latar Belakang ABK, Dasar Hukum, Tujuan & Sasaran; (b) Batasan ABK; (c) Konsep Penanganan ABK; (d) Cara Menangani ABK; (e) Disabilitasi Penglihatan; (f) Disabilitasi Pendengaran; (g) Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas; (h) Gangguan Spektrum Autisma; (i) Gangguan Ganda; (j) Lamban Belajar; (k) Kesulitan Belajar Khusus, (l) Gangguan Komunikasi Wicara; (m) Kecerdasan dan Bakat Istimewa.
- Luaran dari mata kuliah ini adalah Bahan Ajar Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus.
CPMK |
|
Setelah menempuh mata kuliah Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus, mahasiswa diharapkan mampu: |
|
CPMK-1 |
Mengidentifikasi Latar Belakang ABK, Dasar Hukum, Tujuan & Sasaran; Batasan ABK; Konsep Penanganan ABK, serta menjelaskan materi secara jelas (S-2, S-5, S-6; P-6, P-7, P-9; KU-5, KU-8, KU-9; KK-1, KK-2, KK-7, KK-14). |
CPMK-2 |
Mengemukakan Cara Menangani ABK; Disabilitasi Penglihatan; Disabilitasi Pendengaran, serta membedakan secara tepat (S-2, S-6, S-9; P-8, P-9; KU-1, K-3, K-8, KU-9; KK-1, KK-5, KK-8, KK-5, KK-6). |
CPMK-3 |
Menganalisis Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas, serta menemukan contoh secara tepat (S-2, S-5; S-6; P-8, P-9; KU-1, KU-3; KK-1, KK-2, KK-19). |
CPMK-4 |
Mengklasifikasikan Gangguan Spektrum Autisma; Gangguan Ganda, serta menemukan contoh secara tepat (S-6, S-9; P-8, P-9; KU-1, KU-9; KK-2, KK-14, KK-19). |
CPMK-5 |
Membedakan Lamban Belajar; Kesulitan Belajar Khusus, serta memberikan contoh secara benar (S-5; S-8; P-8, P-9; KU-1, KU-3; KU-8, KU-9; KK-8, KK-14, KK-19). |
CPMK-6 |
Menguraikan Gangguan Komunikasi Wicara; Kecerdasan dan Bakat Istimewa, serta memberikan contoh dengan penuh tanggung jawab (S-8, S-9; P-8, P-9; KU-1, KU-8; KU-9; KK-1, KK-2, KK-5, KK-14, KK-19). |
- Alimin, Z. 2004. Reorientasi Pemahaman Konsep Pendidikan Khusus Pendidikan Kebutuhan Khusus dan Implikasinya terhadap Layanan Pendidikan. Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus. Vol. 3 No 1 (52-63)
- Brown, Etta, K. 2008. Learning Disabilities: Understanding The Problem and Managing The Challenges. North America: Langon Street Press.
- Chamidah, Atien Nur., Pertiwi, Kartika, Ratna. 2017. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: UNY Press.
- Ginanjar, Adriana, S. 2008. Panduan Praktis Mendidik Anak Autis: Menjadi Orangtua Istimewa. Jakarta: Dian Rakyat.
- Hidayat, Deden Saeful., Wawan. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunalaras”. Jakarta: Luxima .
- Hidayat, Asep AS., Suwandi, Ate. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunanetra”. Jakarta: Luxima.
- Kemis., Rosnawati, Ati. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunagrahita”. Jakarta: Luxima.
- BUKU UTAMA DLM SEMESTER INI (Mangunsong, Frieda. 2014. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus: Jilid Kesatu. Depok: LPSP3 UI).
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2008 Tentang Standar Proses Pendidikan Khusus Tunanetra, Tunarungu, Tunagrahita, Tunadaksa, dan Tunalaras. 2008. Jakarta: Republik Indonesia.
- Putranto, Bambang. 2015. Tips Menangani Siswa Yang Membutuhkan Perhatian Khsusus: Ragam Sifat dan Karakter Siswa “Spesial“ dan Cara Menanganinya. Yogyakarta: Diva Press.
- Rashid, Naila. 2012. Assessment of Stress and Coping of Parents of Disabled Children: Parental Stress and Coping of Children With Disabilities. Germany: Lambert Academic Publishing.
- Sunardi. (1997). Kecenderungan dalam Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Dikjed Dikti.
Details ...
- Mata kuliah Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru – Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dengan bobot 3 SKS.
- Mata kuliah ini mengkaji (a) Latar Belakang ABK, Dasar Hukum, Tujuan & Sasaran; (b) Batasan ABK; (c) Konsep Penanganan ABK; (d) Cara Menangani ABK; (e) Disabilitasi Penglihatan; (f) Disabilitasi Pendengaran; (g) Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas; (h) Gangguan Spektrum Autisma; (i) Gangguan Ganda; (j) Lamban Belajar; (k) Kesulitan Belajar Khusus, (l) Gangguan Komunikasi Wicara; (m) Kecerdasan dan Bakat Istimewa.
- Luaran dari mata kuliah ini adalah Bahan Ajar Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus.
CPMK |
|
Setelah menempuh mata kuliah Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus, mahasiswa diharapkan mampu: |
|
CPMK-1 |
Mengidentifikasi Latar Belakang ABK, Dasar Hukum, Tujuan & Sasaran; Batasan ABK; Konsep Penanganan ABK, serta menjelaskan materi secara jelas (S-2, S-5, S-6; P-6, P-7, P-9; KU-5, KU-8, KU-9; KK-1, KK-2, KK-7, KK-14). |
CPMK-2 |
Mengemukakan Cara Menangani ABK; Disabilitasi Penglihatan; Disabilitasi Pendengaran, serta membedakan secara tepat (S-2, S-6, S-9; P-8, P-9; KU-1, K-3, K-8, KU-9; KK-1, KK-5, KK-8, KK-5, KK-6). |
CPMK-3 |
Menganalisis Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas, serta menemukan contoh secara tepat (S-2, S-5; S-6; P-8, P-9; KU-1, KU-3; KK-1, KK-2, KK-19). |
CPMK-4 |
Mengklasifikasikan Gangguan Spektrum Autisma; Gangguan Ganda, serta menemukan contoh secara tepat (S-6, S-9; P-8, P-9; KU-1, KU-9; KK-2, KK-14, KK-19). |
CPMK-5 |
Membedakan Lamban Belajar; Kesulitan Belajar Khusus, serta memberikan contoh secara benar (S-5; S-8; P-8, P-9; KU-1, KU-3; KU-8, KU-9; KK-8, KK-14, KK-19). |
CPMK-6 |
Menguraikan Gangguan Komunikasi Wicara; Kecerdasan dan Bakat Istimewa, serta memberikan contoh dengan penuh tanggung jawab (S-8, S-9; P-8, P-9; KU-1, KU-8; KU-9; KK-1, KK-2, KK-5, KK-14, KK-19). |
- Alimin, Z. 2004. Reorientasi Pemahaman Konsep Pendidikan Khusus Pendidikan Kebutuhan Khusus dan Implikasinya terhadap Layanan Pendidikan. Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus. Vol. 3 No 1 (52-63)
- Brown, Etta, K. 2008. Learning Disabilities: Understanding The Problem and Managing The Challenges. North America: Langon Street Press.
- Chamidah, Atien Nur., Pertiwi, Kartika, Ratna. 2017. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: UNY Press.
- Ginanjar, Adriana, S. 2008. Panduan Praktis Mendidik Anak Autis: Menjadi Orangtua Istimewa. Jakarta: Dian Rakyat.
- Hidayat, Deden Saeful., Wawan. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunalaras”. Jakarta: Luxima .
- Hidayat, Asep AS., Suwandi, Ate. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunanetra”. Jakarta: Luxima.
- Kemis., Rosnawati, Ati. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunagrahita”. Jakarta: Luxima.
- BUKU UTAMA DLM SEMESTER INI (Mangunsong, Frieda. 2014. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus: Jilid Kesatu. Depok: LPSP3 UI).
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2008 Tentang Standar Proses Pendidikan Khusus Tunanetra, Tunarungu, Tunagrahita, Tunadaksa, dan Tunalaras. 2008. Jakarta: Republik Indonesia.
- Putranto, Bambang. 2015. Tips Menangani Siswa Yang Membutuhkan Perhatian Khsusus: Ragam Sifat dan Karakter Siswa “Spesial“ dan Cara Menanganinya. Yogyakarta: Diva Press.
- Rashid, Naila. 2012. Assessment of Stress and Coping of Parents of Disabled Children: Parental Stress and Coping of Children With Disabilities. Germany: Lambert Academic Publishing.
- Sunardi. (1997). Kecenderungan dalam Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Dikjed Dikti.
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang Latar belakang ABK, Dasar Hukum, Tujuan dan Sasaran; Batasan ABK; Konsep Penanganan ABK; Cara Menangani ABK; Anak Disabilitas Penglihatan; Anak Disabilitas Pendengaran; Anak dengan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas; Anak dengan Gangguan Spektrum Autisma; Anak dengan Gangguan Ganda; Anak Lamban Belajar; Anak dengan Kesulitan Belajar Khusus; Anak dengan Gangguan Komunikasi (Wicara); Anak dengan Kecerdasan dan Bakat Istimewa.
Learning OutcomesMahasiswa dapat menerapkan dan mengimplementasikan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus ke dalam Rencana Pembelajaran PAUD.
References- Alimin, Z. 2004. Reorientasi Pemahaman Konsep Pendidikan Khusus Pendidikan Kebutuhan Khusus dan Implikasinya terhadap Layanan Pendidikan. Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus. Vol.3 No 1 (52-63)
- Brown, Etta, K. 2008. Learning Disabilities: Understanding The Problem and Managing The Challenges. North America: Langon Street Press.
- Chamidah, Atien Nur., Pertiwi, Kartika, Ratna. 2017. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: UNY Press.
- Ginanjar, Adriana, S. 2008. Panduan Praktis Mendidik Anak Autis: Menjadi Orangtua Istimewa. Jakarta: Dian Rakyat.
- Hidayat, Deden Saeful., Wawan. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunalaras”. Jakarta: Luxima .
- Hidayat, Asep AS., Suwandi, Ate. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunanetra”. Jakarta: Luxima.
- Kemis., Rosnawati, Ati. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunagrahita”. Jakarta: Luxima.
- Mangunsong, Frieda. 2014. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus: Jilid Kesatu. Depok: LPSP3 UI.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2008 Tentang Standar Proses Pendidikan Khusus Tunanetra, Tunarungu, Tunagrahita, Tunadaksa, dan Tunalaras. 2008. Jakarta: Republik Indonesia.
- Putranto, Bambang. 2015. Tips Menangani Siswa Yang Membutuhkan Perhatian Khsusus: Ragam Sifat dan Karakter Siswa “Spesial“ dan Cara Menanganinya. Yogyakarta: Diva Press.
- Rashid, Naila. 2012. Assessment of Stress and Coping of Parents of Disabled Children: Parental Stress and Coping of Children With Disabilities. Germany: Lambert Academic Publishing.
- Sunardi. (1997). Kecenderungan dalam Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Dikjed Dikti.
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang Latar belakang ABK, Dasar Hukum, Tujuan dan Sasaran; Batasan ABK; Konsep Penanganan ABK; Cara Menangani ABK; Anak Disabilitas Penglihatan; Anak Disabilitas Pendengaran; Anak dengan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas; Anak dengan Gangguan Spektrum Autisma; Anak dengan Gangguan Ganda; Anak Lamban Belajar; Anak dengan Kesulitan Belajar Khusus; Anak dengan Gangguan Komunikasi (Wicara); Anak dengan Kecerdasan dan Bakat Istimewa.
Learning OutcomesMahasiswa dapat menerapkan dan mengimplementasikan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus ke dalam Rencana Pembelajaran PAUD.
References- Alimin, Z. 2004. Reorientasi Pemahaman Konsep Pendidikan Khusus Pendidikan Kebutuhan Khusus dan Implikasinya terhadap Layanan Pendidikan. Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus. Vol.3 No 1 (52-63)
- Brown, Etta, K. 2008. Learning Disabilities: Understanding The Problem and Managing The Challenges. North America: Langon Street Press.
- Chamidah, Atien Nur., Pertiwi, Kartika, Ratna. 2017. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: UNY Press.
- Ginanjar, Adriana, S. 2008. Panduan Praktis Mendidik Anak Autis: Menjadi Orangtua Istimewa. Jakarta: Dian Rakyat.
- Hidayat, Deden Saeful., Wawan. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunalaras”. Jakarta: Luxima .
- Hidayat, Asep AS., Suwandi, Ate. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunanetra”. Jakarta: Luxima.
- Kemis., Rosnawati, Ati. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunagrahita”. Jakarta: Luxima.
- Mangunsong, Frieda. 2014. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus: Jilid Kesatu. Depok: LPSP3 UI.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2008 Tentang Standar Proses Pendidikan Khusus Tunanetra, Tunarungu, Tunagrahita, Tunadaksa, dan Tunalaras. 2008. Jakarta: Republik Indonesia.
- Putranto, Bambang. 2015. Tips Menangani Siswa Yang Membutuhkan Perhatian Khsusus: Ragam Sifat dan Karakter Siswa “Spesial“ dan Cara Menanganinya. Yogyakarta: Diva Press.
- Rashid, Naila. 2012. Assessment of Stress and Coping of Parents of Disabled Children: Parental Stress and Coping of Children With Disabilities. Germany: Lambert Academic Publishing.
- Sunardi. (1997). Kecenderungan dalam Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Dikjed Dikti.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep Dasar pendidikan anak berkebutuhan khusus,Hak,Kewajiban dan kebbutuhan ABK, Klasifikasi ABK, Karakteristik ABK, Model Pendidikan bagi ABK dan Penanganan ABK di Sekolah dasar.
Learning OutcomesSetelah selesai mengikuti perkuliahan ini ,mahasiswa diharapkan memahami Konsep bimbingan anak berkebutuhan khusus.
ReferencesBalckhurst, A. E & Berdine, HW (1981), An introduction to Special Education, Boston : Little, Brown & Co.
Hallahan, DP & Kauffman, JM (1998), Exceptional Children, introduction to spesial education, 4 th edition, New Jersey: Prentice-Hall,inc.
Johnson, BH & Skjorten, D Miriam (2004), Pendidikan kebutuhan khusus, Sebuah pengantar , terjemahan, Bandung: Program Pascasarjana UPI
Kirk , Samuel A & Gallagher (1986), Educating Exceptional Children, Boston:Houghton mifflin company
Learner, JW (1985) Learning Disabilities, Theories, Diagnosis, and TeachingStrategies, 4.th edition , Boston : Houghton miflin company
Moh Amin (1985), Ortopedagogik Anak Tunagrahita, Jakarta : Departemen Penddikan Dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Mulyono Abdurachman.(1994). Pendidikan Luar Biasa Umum, Jakarat: DEPDIKNAS
Stubbs, Sue. (2002). Inclusive Education Where there are a few Resource. Atlas Alliance.Oslo
UNESCO. (1999). Open file on inclusion (UNESCO). Paris. UNESCO publisher
UNESCO. (2003). Understanding and Responding to children’s Needs in Inclusive Classroom. Paris. UNESCO Publisher
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep Dasar pendidikan anak berkebutuhan khusus,Hak,Kewajiban dan kebbutuhan ABK, Klasifikasi ABK, Karakteristik ABK, Model Pendidikan bagi ABK dan Penanganan ABK di Sekolah dasar.
Learning OutcomesSetelah selesai mengikuti perkuliahan ini ,mahasiswa diharapkan memahami Konsep bimbingan anak berkebutuhan khusus.
ReferencesBalckhurst, A. E & Berdine, HW (1981), An introduction to Special Education, Boston : Little, Brown & Co.
Hallahan, DP & Kauffman, JM (1998), Exceptional Children, introduction to spesial education, 4 th edition, New Jersey: Prentice-Hall,inc.
Johnson, BH & Skjorten, D Miriam (2004), Pendidikan kebutuhan khusus, Sebuah pengantar , terjemahan, Bandung: Program Pascasarjana UPI
Kirk , Samuel A & Gallagher (1986), Educating Exceptional Children, Boston:Houghton mifflin company
Learner, JW (1985) Learning Disabilities, Theories, Diagnosis, and TeachingStrategies, 4.th edition , Boston : Houghton miflin company
Moh Amin (1985), Ortopedagogik Anak Tunagrahita, Jakarta : Departemen Penddikan Dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Mulyono Abdurachman.(1994). Pendidikan Luar Biasa Umum, Jakarat: DEPDIKNAS
Stubbs, Sue. (2002). Inclusive Education Where there are a few Resource. Atlas Alliance.Oslo
UNESCO. (1999). Open file on inclusion (UNESCO). Paris. UNESCO publisher
UNESCO. (2003). Understanding and Responding to children’s Needs in Inclusive Classroom. Paris. UNESCO Publisher
Details ...