Courser in English | RESEARCH METHOD |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 3 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran meliputi: perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, kegiatan observasi di lapangan untuk belajar mengidentifikasi masalah dan praktek membuat pra proposal. Mata kuliah ini diberikan dengan komposisi yang berimbang antara teori dan praktek. Evaluasi dilakukan melalui tes tertulis, tugas-tugas terstruktur dan partisipasi mahasiswa dalam kelas.
Learning OutcomesMelakukan penelitian tentang pendidikan anak usia dini
ReferencesSukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Sumanto, 1990, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.
Details ...
Mata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran meliputi: perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, kegiatan observasi di lapangan untuk belajar mengidentifikasi masalah dan praktek membuat pra proposal. Mata kuliah ini diberikan dengan komposisi yang berimbang antara teori dan praktek. Evaluasi dilakukan melalui tes tertulis, tugas-tugas terstruktur dan partisipasi mahasiswa dalam kelas.
Learning OutcomesMelakukan penelitian tentang pendidikan anak usia dini
ReferencesSukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Sumanto, 1990, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.
Details ...