Metode Penelitian, Curriculum : 2014


Courser in EnglishRESEARCH METHOD
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS3 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran meliputi: perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, kegiatan observasi di lapangan untuk belajar mengidentifikasi masalah dan praktek membuat pra proposal. Mata kuliah ini diberikan dengan komposisi  yang berimbang antara teori dan praktek. Evaluasi dilakukan melalui tes tertulis, tugas-tugas terstruktur dan partisipasi mahasiswa dalam kelas.

Learning Outcomes

Melakukan penelitian tentang pendidikan anak usia dini

References

Sukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Sumanto, 1990, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran meliputi: perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, kegiatan observasi di lapangan untuk belajar mengidentifikasi masalah dan praktek membuat pra proposal. Mata kuliah ini diberikan dengan komposisi  yang berimbang antara teori dan praktek. Evaluasi dilakukan melalui tes tertulis, tugas-tugas terstruktur dan partisipasi mahasiswa dalam kelas.

Learning Outcomes

Melakukan penelitian tentang pendidikan anak usia dini

References

Sukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Sumanto, 1990, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.


Details ...