Assesmen ABK, Curriculum : 2015


Courser in EnglishASSESSMENT OF CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS3 SKS
RPS9 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Assessmen ABK PAUD merupakan mata kuliah pilihan rogram studi yang ditempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 PGPAUD  dengan  bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji hakikat  assessmen ABK, macam-macam ABK berdasarkan karakteristiknya, penyebab adanya macam-macam ABK, Jenis-jenis ABK yaitu Tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa, autism, ADHD, tuna grahita, down sindrown, dan anak berkesulitan belajar , Cara menassessmen macam-macam ABK

Learning Outcomes

Menganalisis hakikat, prinsip pembelajaran Assesmen ABK,  penyebabnya terjadi ABK, perkembangan penelitian tentang ABK secara logis dan kritis dalam rangka peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3), (P1), (KU5), (KU7), (KK4), (KK5), (KK16)

menjelaskan pengertian asesmenberbagai macam ABK; menjelaskan penyebab jenis-jenis ABK; cara menassessmen jenis-jenis ABK dalam rangka berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3), (P3), (KU8), (KK7), (KK8)

menjelaskan konsep assessmen ABK; menjelaskan karakteristik ABK berdasarkan jenisnya yang tepat secara bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9), (P3), (KU9), (KK4), (KK16)

Menjelaskan pengertian cara menassessmen ABK yang benar, dengan menerapkan karakteristik ABK dengan tepat dalam rangka berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3), (P1), (KU5), (KK3), (KK5), (KK7)

Menjelaskan pengertian dan karakteristik assessmen ABK secara bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9), (P3), (KU9), (KK4), (KK16)

References

  1. Mangungsong, Frieda. (2008). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 1. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) , Fakultas Psikologi UI
  2. Mangungsong, Frieda. (2008). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 2. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) , Fakultas Psikologi UI


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Assessmen ABK PAUD merupakan mata kuliah pilihan rogram studi yang ditempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 PGPAUD  dengan  bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji hakikat  assessmen ABK, macam-macam ABK berdasarkan karakteristiknya, penyebab adanya macam-macam ABK, Jenis-jenis ABK yaitu Tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa, autism, ADHD, tuna grahita, down sindrown, dan anak berkesulitan belajar , Cara menassessmen macam-macam ABK

Learning Outcomes

Menganalisis hakikat, prinsip pembelajaran Assesmen ABK,  penyebabnya terjadi ABK, perkembangan penelitian tentang ABK secara logis dan kritis dalam rangka peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3), (P1), (KU5), (KU7), (KK4), (KK5), (KK16)

menjelaskan pengertian asesmenberbagai macam ABK; menjelaskan penyebab jenis-jenis ABK; cara menassessmen jenis-jenis ABK dalam rangka berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3), (P3), (KU8), (KK7), (KK8)

menjelaskan konsep assessmen ABK; menjelaskan karakteristik ABK berdasarkan jenisnya yang tepat secara bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9), (P3), (KU9), (KK4), (KK16)

Menjelaskan pengertian cara menassessmen ABK yang benar, dengan menerapkan karakteristik ABK dengan tepat dalam rangka berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3), (P1), (KU5), (KK3), (KK5), (KK7)

Menjelaskan pengertian dan karakteristik assessmen ABK secara bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9), (P3), (KU9), (KK4), (KK16)

References

  1. Mangungsong, Frieda. (2008). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 1. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) , Fakultas Psikologi UI
  2. Mangungsong, Frieda. (2008). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 2. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) , Fakultas Psikologi UI


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Assessmen ABK PAUD merupakan mata kuliah pilihan rogram studi yang ditempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 PGPAUD  dengan  bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji hakikat  assessmen ABK, macam-macam ABK berdasarkan karakteristiknya, penyebab adanya macam-macam ABK, Jenis-jenis ABK yaitu Tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa, autism, ADHD, tuna grahita, down sindrown, dan anak berkesulitan belajar , Cara menassessmen macam-macam ABK

Learning Outcomes

Menganalisis hakikat, prinsip pembelajaran Assesmen ABK,  penyebabnya terjadi ABK, perkembangan penelitian tentang ABK secara logis dan kritis dalam rangka peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

 

menjelaskan pengertian asesmenberbagai macam ABK; menjelaskan penyebab jenis-jenis ABK; cara menassessmen jenis-jenis ABK dalam rangka berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

menjelaskan konsep assessmen ABK; menjelaskan karakteristik ABK berdasarkan jenisnya yang tepat secara bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

 

Menjelaskan pengertian cara menassessmen ABK yang benar, dengan menerapkan karakteristik ABK dengan tepat dalam rangka berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

Menjelaskan pengertian dan karakteristik assessmen ABK secara bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

References

  1. Mangungsong, Frieda. (2008). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 1. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) , Fakultas Psikologi UI
  2. Mangungsong, Frieda. (2008). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 2. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) , Fakultas Psikologi UI


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Assessmen ABK PAUD merupakan mata kuliah pilihan rogram studi yang ditempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 PGPAUD  dengan  bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji hakikat  assessmen ABK, macam-macam ABK berdasarkan karakteristiknya, penyebab adanya macam-macam ABK, Jenis-jenis ABK yaitu Tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa, autism, ADHD, tuna grahita, down sindrown, dan anak berkesulitan belajar , Cara menassessmen macam-macam ABK

Learning Outcomes

Menganalisis hakikat, prinsip pembelajaran Assesmen ABK,  penyebabnya terjadi ABK, perkembangan penelitian tentang ABK secara logis dan kritis dalam rangka peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

 

menjelaskan pengertian asesmenberbagai macam ABK; menjelaskan penyebab jenis-jenis ABK; cara menassessmen jenis-jenis ABK dalam rangka berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

menjelaskan konsep assessmen ABK; menjelaskan karakteristik ABK berdasarkan jenisnya yang tepat secara bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

 

Menjelaskan pengertian cara menassessmen ABK yang benar, dengan menerapkan karakteristik ABK dengan tepat dalam rangka berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

Menjelaskan pengertian dan karakteristik assessmen ABK secara bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

References

  1. Mangungsong, Frieda. (2008). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 1. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) , Fakultas Psikologi UI
  2. Mangungsong, Frieda. (2008). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 2. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) , Fakultas Psikologi UI


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Assessmen ABK PAUD merupakan mata kuliah pilihan rogram studi yang ditempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 PGPAUD  dengan  bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji hakikat  assessmen ABK, macam-macam ABK berdasarkan karakteristiknya, penyebab adanya macam-macam ABK, Jenis-jenis ABK yaitu Tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa, autism, ADHD, tuna grahita, down sindrown, dan anak berkesulitan belajar , Cara menassessmen macam-macam ABK

Learning Outcomes

Menganalisis hakikat, prinsip pembelajaran Assesmen ABK,  penyebabnya terjadi ABK, perkembangan penelitian tentang ABK secara logis dan kritis dalam rangka peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

 

menjelaskan pengertian asesmenberbagai macam ABK; menjelaskan penyebab jenis-jenis ABK; cara menassessmen jenis-jenis ABK dalam rangka berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

menjelaskan konsep assessmen ABK; menjelaskan karakteristik ABK berdasarkan jenisnya yang tepat secara bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

 

Menjelaskan pengertian cara menassessmen ABK yang benar, dengan menerapkan karakteristik ABK dengan tepat dalam rangka berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

Menjelaskan pengertian dan karakteristik assessmen ABK secara bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

References

  1. Mangungsong, Frieda. (2008). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 1. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) , Fakultas Psikologi UI
  2. Mangungsong, Frieda. (2008). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 2. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) , Fakultas Psikologi UI


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Assessmen ABK PAUD merupakan mata kuliah pilihan rogram studi yang ditempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 PGPAUD  dengan  bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji hakikat  assessmen ABK, macam-macam ABK berdasarkan karakteristiknya, penyebab adanya macam-macam ABK, Jenis-jenis ABK yaitu Tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa, autism, ADHD, tuna grahita, down sindrown, dan anak berkesulitan belajar , Cara menassessmen macam-macam ABK

Learning Outcomes

Menganalisis hakikat, prinsip pembelajaran Assesmen ABK,  penyebabnya terjadi ABK, perkembangan penelitian tentang ABK secara logis dan kritis dalam rangka peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

 

menjelaskan pengertian asesmenberbagai macam ABK; menjelaskan penyebab jenis-jenis ABK; cara menassessmen jenis-jenis ABK dalam rangka berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

menjelaskan konsep assessmen ABK; menjelaskan karakteristik ABK berdasarkan jenisnya yang tepat secara bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

 

Menjelaskan pengertian cara menassessmen ABK yang benar, dengan menerapkan karakteristik ABK dengan tepat dalam rangka berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

Menjelaskan pengertian dan karakteristik assessmen ABK secara bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

References

  1. Mangungsong, Frieda. (2008). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 1. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) , Fakultas Psikologi UI
  2. Mangungsong, Frieda. (2008). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 2. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) , Fakultas Psikologi UI


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Assessmen ABK PAUD merupakan mata kuliah pilihan rogram studi yang ditempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 PGPAUD  dengan  bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji hakikat  assessmen ABK, macam-macam ABK berdasarkan karakteristiknya, penyebab adanya macam-macam ABK, Jenis-jenis ABK yaitu Tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa, autism, ADHD, tuna grahita, down sindrown, dan anak berkesulitan belajar , Cara menassessmen macam-macam ABK

Learning Outcomes

Menganalisis hakikat, prinsip pembelajaran Assesmen ABK,  penyebabnya terjadi ABK, perkembangan penelitian tentang ABK secara logis dan kritis dalam rangka peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

 

menjelaskan pengertian asesmenberbagai macam ABK; menjelaskan penyebab jenis-jenis ABK; cara menassessmen jenis-jenis ABK dalam rangka berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

menjelaskan konsep assessmen ABK; menjelaskan karakteristik ABK berdasarkan jenisnya yang tepat secara bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

 

Menjelaskan pengertian cara menassessmen ABK yang benar, dengan menerapkan karakteristik ABK dengan tepat dalam rangka berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

Menjelaskan pengertian dan karakteristik assessmen ABK secara bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

References

  1. Mangungsong, Frieda. (2008). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 1. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) , Fakultas Psikologi UI
  2. Mangungsong, Frieda. (2008). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 2. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) , Fakultas Psikologi UI


Details ...
Course Descriptions

Konsep dasar asesmen & Ruang lingkup asesmen, Prosedur pengembangan instrumen asesmen, Prosedur pelaksanaan Asesmen, Asesmen Perkembangan Motorik, S osial-Emosi, Bahasa, persepsi, Asesmen Akademik Membaca, menulis, dan matematika, serta praktek pelaksanaan asesmen, serta analisis hasil asesmen.

Learning Outcomes

Setelah selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memahami konsep dasar asesmen, mengembangkan, melaksanakan, dan menganalisis hasil instrumen asesmen perkembangan dan akademik

References

Abdurahman,M (1995) Program Pendidikan Individual, Jakarta: Depdikbud.

 Airaisian, Peter,W (1991) Classroom Assessment, New York: McGraw-Hill,Inc.

Kenneth & Rita (1978) Teaching Student trough Their Individual Learning Styles, A Practica l Approach, Virginia: Prentice Hall McLoughlin,

James,A & Lewis, B. Rena (1986) Assessing Special Student, USA: Merrill Publishing Company

 Mercer & Mercer (1989) Teaching Student with Learning Problems, USA: Merrill Publishing Company

Rochyadi & Alimin (2005) Pengembangan Program pembelaj aran Individual bagi Anak Tunagrahita, Jakarta: Depdiknas

Yusuf,M (2005) Asesmen Perkembangan pada Anak Tunagrahita , Jakarta: Depdiknas.


Details ...
Course Descriptions

Konsep dasar asesmen & Ruang lingkup asesmen, Prosedur pengembangan instrumen asesmen, Prosedur pelaksanaan Asesmen, Asesmen Perkembangan Motorik, S osial-Emosi, Bahasa, persepsi, Asesmen Akademik Membaca, menulis, dan matematika, serta praktek pelaksanaan asesmen, serta analisis hasil asesmen.

Learning Outcomes

Setelah selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memahami konsep dasar asesmen, mengembangkan, melaksanakan, dan menganalisis hasil instrumen asesmen perkembangan dan akademik

References

Abdurahman,M (1995) Program Pendidikan Individual, Jakarta: Depdikbud.

 Airaisian, Peter,W (1991) Classroom Assessment, New York: McGraw-Hill,Inc.

Kenneth & Rita (1978) Teaching Student trough Their Individual Learning Styles, A Practica l Approach, Virginia: Prentice Hall McLoughlin,

James,A & Lewis, B. Rena (1986) Assessing Special Student, USA: Merrill Publishing Company

 Mercer & Mercer (1989) Teaching Student with Learning Problems, USA: Merrill Publishing Company

Rochyadi & Alimin (2005) Pengembangan Program pembelaj aran Individual bagi Anak Tunagrahita, Jakarta: Depdiknas

Yusuf,M (2005) Asesmen Perkembangan pada Anak Tunagrahita , Jakarta: Depdiknas.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari tentang cara penilaian ABK dan akan diketahui kelemahan/ kesulitan anak dalam hal kekuatan/potensi/kemampuan dan kelebihan anak, serta kebutuhan layanan khusus yang diperlukan untuk mengatasinya. Kegiatan penilaian ini lebih ditekankan pada upaya: penilaian akademik, penilaian sensorik dan motorik, penilaian pribadi dan sosial, dan penilaian lain yang dianggap perlu.

Learning Outcomes

Mahasiswa mengetahui : a. cara penilaian ABK , b. kelemahan dan kesulitan dalam hal kekuatan dalam kelebihan anak,c. Layaanan khusus yang diperlukan untuk mengatasi masalah ABK

 

 

References

1.     Hadis, F.A. (1996). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta : Proyek Pendidikan Tenaga Guru Ditjen Dikti Depdikbud.

2..     Helms, D. B & Turner, J.S. (1983). Exploring Child Behavior. New York : Holt Rinehartand Winston.

3.   Hurlock, Elizabeth. B. (1978). Child Development, Sixth Edition.New York : Mc. Graw Hill, Inc.

4..   Abdurrahman, Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta : Rineka Cipta, 2003

5.   Sutjihati Somantri , Evaluasi Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus, Jakarta : Depdikbud, 2007

6.   Bagaskorowati, Anak Beresiko : Indentifikasi, Asesmen dan Intervensi Dini, Jakarta : Depdikbud, 2007

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari tentang cara penilaian ABK dan akan diketahui kelemahan/ kesulitan anak dalam hal kekuatan/potensi/kemampuan dan kelebihan anak, serta kebutuhan layanan khusus yang diperlukan untuk mengatasinya. Kegiatan penilaian ini lebih ditekankan pada upaya: penilaian akademik, penilaian sensorik dan motorik, penilaian pribadi dan sosial, dan penilaian lain yang dianggap perlu.

Learning Outcomes

Mahasiswa mengetahui : a. cara penilaian ABK , b. kelemahan dan kesulitan dalam hal kekuatan dalam kelebihan anak,c. Layaanan khusus yang diperlukan untuk mengatasi masalah ABK

 

 

References

1.     Hadis, F.A. (1996). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta : Proyek Pendidikan Tenaga Guru Ditjen Dikti Depdikbud.

2..     Helms, D. B & Turner, J.S. (1983). Exploring Child Behavior. New York : Holt Rinehartand Winston.

3.   Hurlock, Elizabeth. B. (1978). Child Development, Sixth Edition.New York : Mc. Graw Hill, Inc.

4..   Abdurrahman, Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta : Rineka Cipta, 2003

5.   Sutjihati Somantri , Evaluasi Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus, Jakarta : Depdikbud, 2007

6.   Bagaskorowati, Anak Beresiko : Indentifikasi, Asesmen dan Intervensi Dini, Jakarta : Depdikbud, 2007

 


Details ...