Courser in English | ASSESSMENT OF CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 3 SKS |
RPS | 9 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Assessmen ABK PAUD merupakan mata kuliah pilihan rogram studi yang ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGPAUD dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji hakikat assessmen ABK, macam-macam ABK berdasarkan karakteristiknya, penyebab adanya macam-macam ABK, Jenis-jenis ABK yaitu Tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa, autism, ADHD, tuna grahita, down sindrown, dan anak berkesulitan belajar , Cara menassessmen macam-macam ABK |
Menganalisis hakikat, prinsip pembelajaran Assesmen ABK, penyebabnya terjadi ABK, perkembangan penelitian tentang ABK secara logis dan kritis dalam rangka peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3), (P1), (KU5), (KU7), (KK4), (KK5), (KK16) |
menjelaskan pengertian asesmenberbagai macam ABK; menjelaskan penyebab jenis-jenis ABK; cara menassessmen jenis-jenis ABK dalam rangka berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3), (P3), (KU8), (KK7), (KK8) |
menjelaskan konsep assessmen ABK; menjelaskan karakteristik ABK berdasarkan jenisnya yang tepat secara bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9), (P3), (KU9), (KK4), (KK16) |
Menjelaskan pengertian cara menassessmen ABK yang benar, dengan menerapkan karakteristik ABK dengan tepat dalam rangka berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3), (P1), (KU5), (KK3), (KK5), (KK7) |
Menjelaskan pengertian dan karakteristik assessmen ABK secara bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9), (P3), (KU9), (KK4), (KK16) |
- Mangungsong, Frieda. (2008). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 1. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) , Fakultas Psikologi UI
- Mangungsong, Frieda. (2008). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 2. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) , Fakultas Psikologi UI
Details ...
Mata kuliah Assessmen ABK PAUD merupakan mata kuliah pilihan rogram studi yang ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGPAUD dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji hakikat assessmen ABK, macam-macam ABK berdasarkan karakteristiknya, penyebab adanya macam-macam ABK, Jenis-jenis ABK yaitu Tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa, autism, ADHD, tuna grahita, down sindrown, dan anak berkesulitan belajar , Cara menassessmen macam-macam ABK |
Menganalisis hakikat, prinsip pembelajaran Assesmen ABK, penyebabnya terjadi ABK, perkembangan penelitian tentang ABK secara logis dan kritis dalam rangka peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3), (P1), (KU5), (KU7), (KK4), (KK5), (KK16) |
menjelaskan pengertian asesmenberbagai macam ABK; menjelaskan penyebab jenis-jenis ABK; cara menassessmen jenis-jenis ABK dalam rangka berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3), (P3), (KU8), (KK7), (KK8) |
menjelaskan konsep assessmen ABK; menjelaskan karakteristik ABK berdasarkan jenisnya yang tepat secara bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9), (P3), (KU9), (KK4), (KK16) |
Menjelaskan pengertian cara menassessmen ABK yang benar, dengan menerapkan karakteristik ABK dengan tepat dalam rangka berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3), (P1), (KU5), (KK3), (KK5), (KK7) |
Menjelaskan pengertian dan karakteristik assessmen ABK secara bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9), (P3), (KU9), (KK4), (KK16) |
- Mangungsong, Frieda. (2008). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 1. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) , Fakultas Psikologi UI
- Mangungsong, Frieda. (2008). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 2. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) , Fakultas Psikologi UI
Details ...
Mata kuliah Assessmen ABK PAUD merupakan mata kuliah pilihan rogram studi yang ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGPAUD dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji hakikat assessmen ABK, macam-macam ABK berdasarkan karakteristiknya, penyebab adanya macam-macam ABK, Jenis-jenis ABK yaitu Tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa, autism, ADHD, tuna grahita, down sindrown, dan anak berkesulitan belajar , Cara menassessmen macam-macam ABK
Learning OutcomesMenganalisis hakikat, prinsip pembelajaran Assesmen ABK, penyebabnya terjadi ABK, perkembangan penelitian tentang ABK secara logis dan kritis dalam rangka peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
menjelaskan pengertian asesmenberbagai macam ABK; menjelaskan penyebab jenis-jenis ABK; cara menassessmen jenis-jenis ABK dalam rangka berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
menjelaskan konsep assessmen ABK; menjelaskan karakteristik ABK berdasarkan jenisnya yang tepat secara bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Menjelaskan pengertian cara menassessmen ABK yang benar, dengan menerapkan karakteristik ABK dengan tepat dalam rangka berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
Menjelaskan pengertian dan karakteristik assessmen ABK secara bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
References- Mangungsong, Frieda. (2008). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 1. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) , Fakultas Psikologi UI
- Mangungsong, Frieda. (2008). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 2. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) , Fakultas Psikologi UI
Details ...
Mata kuliah Assessmen ABK PAUD merupakan mata kuliah pilihan rogram studi yang ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGPAUD dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji hakikat assessmen ABK, macam-macam ABK berdasarkan karakteristiknya, penyebab adanya macam-macam ABK, Jenis-jenis ABK yaitu Tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa, autism, ADHD, tuna grahita, down sindrown, dan anak berkesulitan belajar , Cara menassessmen macam-macam ABK
Learning OutcomesMenganalisis hakikat, prinsip pembelajaran Assesmen ABK, penyebabnya terjadi ABK, perkembangan penelitian tentang ABK secara logis dan kritis dalam rangka peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
menjelaskan pengertian asesmenberbagai macam ABK; menjelaskan penyebab jenis-jenis ABK; cara menassessmen jenis-jenis ABK dalam rangka berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
menjelaskan konsep assessmen ABK; menjelaskan karakteristik ABK berdasarkan jenisnya yang tepat secara bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Menjelaskan pengertian cara menassessmen ABK yang benar, dengan menerapkan karakteristik ABK dengan tepat dalam rangka berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
Menjelaskan pengertian dan karakteristik assessmen ABK secara bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
References- Mangungsong, Frieda. (2008). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 1. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) , Fakultas Psikologi UI
- Mangungsong, Frieda. (2008). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 2. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) , Fakultas Psikologi UI
Details ...
Mata kuliah Assessmen ABK PAUD merupakan mata kuliah pilihan rogram studi yang ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGPAUD dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji hakikat assessmen ABK, macam-macam ABK berdasarkan karakteristiknya, penyebab adanya macam-macam ABK, Jenis-jenis ABK yaitu Tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa, autism, ADHD, tuna grahita, down sindrown, dan anak berkesulitan belajar , Cara menassessmen macam-macam ABK
Learning OutcomesMenganalisis hakikat, prinsip pembelajaran Assesmen ABK, penyebabnya terjadi ABK, perkembangan penelitian tentang ABK secara logis dan kritis dalam rangka peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
menjelaskan pengertian asesmenberbagai macam ABK; menjelaskan penyebab jenis-jenis ABK; cara menassessmen jenis-jenis ABK dalam rangka berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
menjelaskan konsep assessmen ABK; menjelaskan karakteristik ABK berdasarkan jenisnya yang tepat secara bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Menjelaskan pengertian cara menassessmen ABK yang benar, dengan menerapkan karakteristik ABK dengan tepat dalam rangka berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
Menjelaskan pengertian dan karakteristik assessmen ABK secara bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
References- Mangungsong, Frieda. (2008). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 1. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) , Fakultas Psikologi UI
- Mangungsong, Frieda. (2008). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 2. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) , Fakultas Psikologi UI
Details ...
Mata kuliah Assessmen ABK PAUD merupakan mata kuliah pilihan rogram studi yang ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGPAUD dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji hakikat assessmen ABK, macam-macam ABK berdasarkan karakteristiknya, penyebab adanya macam-macam ABK, Jenis-jenis ABK yaitu Tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa, autism, ADHD, tuna grahita, down sindrown, dan anak berkesulitan belajar , Cara menassessmen macam-macam ABK
Learning OutcomesMenganalisis hakikat, prinsip pembelajaran Assesmen ABK, penyebabnya terjadi ABK, perkembangan penelitian tentang ABK secara logis dan kritis dalam rangka peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
menjelaskan pengertian asesmenberbagai macam ABK; menjelaskan penyebab jenis-jenis ABK; cara menassessmen jenis-jenis ABK dalam rangka berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
menjelaskan konsep assessmen ABK; menjelaskan karakteristik ABK berdasarkan jenisnya yang tepat secara bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Menjelaskan pengertian cara menassessmen ABK yang benar, dengan menerapkan karakteristik ABK dengan tepat dalam rangka berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
Menjelaskan pengertian dan karakteristik assessmen ABK secara bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
References- Mangungsong, Frieda. (2008). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 1. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) , Fakultas Psikologi UI
- Mangungsong, Frieda. (2008). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 2. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) , Fakultas Psikologi UI
Details ...
Mata kuliah Assessmen ABK PAUD merupakan mata kuliah pilihan rogram studi yang ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGPAUD dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji hakikat assessmen ABK, macam-macam ABK berdasarkan karakteristiknya, penyebab adanya macam-macam ABK, Jenis-jenis ABK yaitu Tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa, autism, ADHD, tuna grahita, down sindrown, dan anak berkesulitan belajar , Cara menassessmen macam-macam ABK
Learning OutcomesMenganalisis hakikat, prinsip pembelajaran Assesmen ABK, penyebabnya terjadi ABK, perkembangan penelitian tentang ABK secara logis dan kritis dalam rangka peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
menjelaskan pengertian asesmenberbagai macam ABK; menjelaskan penyebab jenis-jenis ABK; cara menassessmen jenis-jenis ABK dalam rangka berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
menjelaskan konsep assessmen ABK; menjelaskan karakteristik ABK berdasarkan jenisnya yang tepat secara bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Menjelaskan pengertian cara menassessmen ABK yang benar, dengan menerapkan karakteristik ABK dengan tepat dalam rangka berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
Menjelaskan pengertian dan karakteristik assessmen ABK secara bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
References- Mangungsong, Frieda. (2008). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 1. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) , Fakultas Psikologi UI
- Mangungsong, Frieda. (2008). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 2. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) , Fakultas Psikologi UI
Details ...
Konsep dasar asesmen & Ruang lingkup asesmen, Prosedur pengembangan instrumen asesmen, Prosedur pelaksanaan Asesmen, Asesmen Perkembangan Motorik, S osial-Emosi, Bahasa, persepsi, Asesmen Akademik Membaca, menulis, dan matematika, serta praktek pelaksanaan asesmen, serta analisis hasil asesmen.
Learning OutcomesSetelah selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memahami konsep dasar asesmen, mengembangkan, melaksanakan, dan menganalisis hasil instrumen asesmen perkembangan dan akademik
ReferencesAbdurahman,M (1995) Program Pendidikan Individual, Jakarta: Depdikbud.
Airaisian, Peter,W (1991) Classroom Assessment, New York: McGraw-Hill,Inc.
Kenneth & Rita (1978) Teaching Student trough Their Individual Learning Styles, A Practica l Approach, Virginia: Prentice Hall McLoughlin,
James,A & Lewis, B. Rena (1986) Assessing Special Student, USA: Merrill Publishing Company
Mercer & Mercer (1989) Teaching Student with Learning Problems, USA: Merrill Publishing Company
Rochyadi & Alimin (2005) Pengembangan Program pembelaj aran Individual bagi Anak Tunagrahita, Jakarta: Depdiknas
Yusuf,M (2005) Asesmen Perkembangan pada Anak Tunagrahita , Jakarta: Depdiknas.
Details ...
Konsep dasar asesmen & Ruang lingkup asesmen, Prosedur pengembangan instrumen asesmen, Prosedur pelaksanaan Asesmen, Asesmen Perkembangan Motorik, S osial-Emosi, Bahasa, persepsi, Asesmen Akademik Membaca, menulis, dan matematika, serta praktek pelaksanaan asesmen, serta analisis hasil asesmen.
Learning OutcomesSetelah selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memahami konsep dasar asesmen, mengembangkan, melaksanakan, dan menganalisis hasil instrumen asesmen perkembangan dan akademik
ReferencesAbdurahman,M (1995) Program Pendidikan Individual, Jakarta: Depdikbud.
Airaisian, Peter,W (1991) Classroom Assessment, New York: McGraw-Hill,Inc.
Kenneth & Rita (1978) Teaching Student trough Their Individual Learning Styles, A Practica l Approach, Virginia: Prentice Hall McLoughlin,
James,A & Lewis, B. Rena (1986) Assessing Special Student, USA: Merrill Publishing Company
Mercer & Mercer (1989) Teaching Student with Learning Problems, USA: Merrill Publishing Company
Rochyadi & Alimin (2005) Pengembangan Program pembelaj aran Individual bagi Anak Tunagrahita, Jakarta: Depdiknas
Yusuf,M (2005) Asesmen Perkembangan pada Anak Tunagrahita , Jakarta: Depdiknas.
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari tentang cara penilaian ABK dan akan diketahui kelemahan/ kesulitan anak dalam hal kekuatan/potensi/kemampuan dan kelebihan anak, serta kebutuhan layanan khusus yang diperlukan untuk mengatasinya. Kegiatan penilaian ini lebih ditekankan pada upaya: penilaian akademik, penilaian sensorik dan motorik, penilaian pribadi dan sosial, dan penilaian lain yang dianggap perlu.
Learning OutcomesMahasiswa mengetahui : a. cara penilaian ABK , b. kelemahan dan kesulitan dalam hal kekuatan dalam kelebihan anak,c. Layaanan khusus yang diperlukan untuk mengatasi masalah ABK
References
1. Hadis, F.A. (1996). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta : Proyek Pendidikan Tenaga Guru Ditjen Dikti Depdikbud.
2.. Helms, D. B & Turner, J.S. (1983). Exploring Child Behavior. New York : Holt Rinehartand Winston.
3. Hurlock, Elizabeth. B. (1978). Child Development, Sixth Edition.New York : Mc. Graw Hill, Inc.
4.. Abdurrahman, Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta : Rineka Cipta, 2003
5. Sutjihati Somantri , Evaluasi Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus, Jakarta : Depdikbud, 2007
6. Bagaskorowati, Anak Beresiko : Indentifikasi, Asesmen dan Intervensi Dini, Jakarta : Depdikbud, 2007
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari tentang cara penilaian ABK dan akan diketahui kelemahan/ kesulitan anak dalam hal kekuatan/potensi/kemampuan dan kelebihan anak, serta kebutuhan layanan khusus yang diperlukan untuk mengatasinya. Kegiatan penilaian ini lebih ditekankan pada upaya: penilaian akademik, penilaian sensorik dan motorik, penilaian pribadi dan sosial, dan penilaian lain yang dianggap perlu.
Learning OutcomesMahasiswa mengetahui : a. cara penilaian ABK , b. kelemahan dan kesulitan dalam hal kekuatan dalam kelebihan anak,c. Layaanan khusus yang diperlukan untuk mengatasi masalah ABK
References
1. Hadis, F.A. (1996). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta : Proyek Pendidikan Tenaga Guru Ditjen Dikti Depdikbud.
2.. Helms, D. B & Turner, J.S. (1983). Exploring Child Behavior. New York : Holt Rinehartand Winston.
3. Hurlock, Elizabeth. B. (1978). Child Development, Sixth Edition.New York : Mc. Graw Hill, Inc.
4.. Abdurrahman, Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta : Rineka Cipta, 2003
5. Sutjihati Somantri , Evaluasi Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus, Jakarta : Depdikbud, 2007
6. Bagaskorowati, Anak Beresiko : Indentifikasi, Asesmen dan Intervensi Dini, Jakarta : Depdikbud, 2007
Details ...