Courser in English | - |
Program | Pendidikan Fisika |
SKS | 3 SKS |
RPS | 1 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Matakuliah ini membahas tentang metode dan model pembelajaran untuk mengembangkan, memperbaiki dan mengelola proses pembelajaran yang berkualitas. Perkuliahan dilaksanakan dengan cara blended learning. Penilaian dilakukan dengan cara tanya jawab, penugasan, dan tes tertulis.
Learning OutcomesSikap:
Mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan untuk peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa,bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila dan keanekaragaman dalam menjalankan tugas
Pengetahuan:
Mampu menguasai pengetahuan tentang teori penerapan program pendidikan, konsep umum pengembangan kurikulum, pembelajaran, sumber belajar, riset dan pengembangan teknologi pendidikan/pembelajaran yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan.
Keterampilan umum:
Mampu mengembangkan pemikiran logis, etis, kritis, sistematis, dan kreatif yang meliputi disain, pengembangan(penciptaan), pengelolaan, pemanfaatan dan evaluasi dalam sistem pendidikan dan pembelajaran dalam bidang ilmupengetahuan, teknologi dan seni melalui perencanaan, proses, evaluasi dan desiminasi berdasarkan kaidah, tatacara, dan etika ilmiah
Keterampilan khusus:
Mampu menyelesaikan permasalahan pendidikan melalui kajian teknologi pendidikan/ pembelajaran dengan memperhatikan faktor ekonomi, sosial kultural, teknologi informasi
ReferencesHamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis Dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta
Details ...