Courser in English | CHILD'S GROWTH AND DEVELOPMENT |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 3 SKS |
RPS | 4 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Perkembangan anak usia dini membahas tentang proses perkembangan anak, peran lingkungan dan pengalaman, yang bertujuan menemukan karakteristik perubahan pada tiap tahap perkembangan dalam bidang pengembangan kemampuan dasar yang meliputi pengertian, dimensi, tingkat pencapaian perkembangan dan capaian perkembangan dari lingkup pengembangan; kognitif (sains dan matematika), bahasa, fisik motorik (kasar dan halus) melalui aktivitas bermain sebagai cara belajar anak usia dini untuk mengembangakan kreativitasnya.
- Mahasiswa dapat menjelaskan tentang hakikat pertumbuhan perkembangan anak
- Mahasiswa dapat menjelaskan tentang prinsip-prinsip perkembangan anak
- Mahasiswa dapat menjelaskan tentang dasar-dasar pola perkembangan anak
- Mahasiswa dapat menguraikan tentang pengaruh kelahiran terhadap perkembangan anak
- Mahasiswa dapat menjelaskan tentang perkembangan fisik anak usia dini
- Mahasiswa dapat menjelaskan tentang perkembangan motorik anak
- Mahasiswa dapat menjelaskan tentang perkembangan kognitif anak usia dini
- Mahasiwa dapat menjelaskan tentang perkembangan sosial emosional anak usia dini
- mahasiswa dapat menjelaskan temtang perkembangan bahasa anak usia dini
- Mahasiswa dapat menjelaskan peranan keluarga dalam tumbh kembang anak
References
1. Diane F Papalia, dkk,2008, Human Development (Psikologi Perkembangan
2. Jhon Santrock, Perkembangan Anak jilid 1, 2007, Jakarta, Erlangga
3. Susan Feez, 2010,Montessory and Early Childhood, USA, Sage
4. Laura Berk,2003, Child Development, USA, Perason International Edition
5. Soetjiningsih. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : Penerbit Buku kedokteran, 2002
6. Aisyah. Siti, , Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini , Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2012
Details ...
Mata kuliah Perkembangan anak usia dini membahas tentang proses perkembangan anak, peran lingkungan dan pengalaman, yang bertujuan menemukan karakteristik perubahan pada tiap tahap perkembangan dalam bidang pengembangan kemampuan dasar yang meliputi pengertian, dimensi, tingkat pencapaian perkembangan dan capaian perkembangan dari lingkup pengembangan; kognitif (sains dan matematika), bahasa, fisik motorik (kasar dan halus) melalui aktivitas bermain sebagai cara belajar anak usia dini untuk mengembangakan kreativitasnya.
- Mahasiswa dapat menjelaskan tentang hakikat pertumbuhan perkembangan anak
- Mahasiswa dapat menjelaskan tentang prinsip-prinsip perkembangan anak
- Mahasiswa dapat menjelaskan tentang dasar-dasar pola perkembangan anak
- Mahasiswa dapat menguraikan tentang pengaruh kelahiran terhadap perkembangan anak
- Mahasiswa dapat menjelaskan tentang perkembangan fisik anak usia dini
- Mahasiswa dapat menjelaskan tentang perkembangan motorik anak
- Mahasiswa dapat menjelaskan tentang perkembangan kognitif anak usia dini
- Mahasiwa dapat menjelaskan tentang perkembangan sosial emosional anak usia dini
- mahasiswa dapat menjelaskan temtang perkembangan bahasa anak usia dini
- Mahasiswa dapat menjelaskan peranan keluarga dalam tumbh kembang anak
References
1. Diane F Papalia, dkk,2008, Human Development (Psikologi Perkembangan
2. Jhon Santrock, Perkembangan Anak jilid 1, 2007, Jakarta, Erlangga
3. Susan Feez, 2010,Montessory and Early Childhood, USA, Sage
4. Laura Berk,2003, Child Development, USA, Perason International Edition
5. Soetjiningsih. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : Penerbit Buku kedokteran, 2002
6. Aisyah. Siti, , Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini , Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2012
Details ...
Mata kuliah Perkembangan anak usia dini membahas tentang proses perkembangan anak, peran lingkungan dan pengalaman, yang bertujuan menemukan karakteristik perubahan pada tiap tahap perkembangan dalam bidang pengembangan kemampuan dasar yang meliputi pengertian, dimensi, tingkat pencapaian perkembangan dan capaian perkembangan dari lingkup pengembangan; kognitif (sains dan matematika), bahasa, fisik motorik (kasar dan halus) melalui aktivitas bermain sebagai cara belajar anak usia dini untuk mengembangakan kreativitasnya.
Learning Outcomes· Mengetahui tahap perkembangan anak
· Mengaplikasinya dalam melakukan kegiatan belajar di PAUD
· Memudahkan dalam melaukan stimulasi yang tepat sesuai dengan tahap perkembangan anak
References.
. Elizabeth B Hurlock, 1978. Psikologi Perkembangan. Jilid 1. Edisi keenam. Erlangga: Jakarta.
2. Elizabeth B Hurlock, 1991. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (diindonesiakan oleh Istiwidayanto). Jakarta: Erlangga.
3. Hurlock, Elizabeth B. 1999. Perkembangan Anak. Jilid 2. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.
4. Hadis, F.A. (1996). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta : Proyek Pendidikan Tenaga Guru Ditjen Dikti Depdikbud.
5. Helms, D. B & Turner, J.S. (1983). Exploring Child Behavior. New York : Holt Rinehartand Winston.
6. Hurlock, Elizabeth. B. (1978). Child Development, Sixth Edition.New York : Mc. Graw Hill, Inc.
Details ...
Mata kuliah Perkembangan anak usia dini membahas tentang proses perkembangan anak, peran lingkungan dan pengalaman, yang bertujuan menemukan karakteristik perubahan pada tiap tahap perkembangan dalam bidang pengembangan kemampuan dasar yang meliputi pengertian, dimensi, tingkat pencapaian perkembangan dan capaian perkembangan dari lingkup pengembangan; kognitif (sains dan matematika), bahasa, fisik motorik (kasar dan halus) melalui aktivitas bermain sebagai cara belajar anak usia dini untuk mengembangakan kreativitasnya.
Learning Outcomes· Mengetahui tahap perkembangan anak
· Mengaplikasinya dalam melakukan kegiatan belajar di PAUD
· Memudahkan dalam melaukan stimulasi yang tepat sesuai dengan tahap perkembangan anak
References.
. Elizabeth B Hurlock, 1978. Psikologi Perkembangan. Jilid 1. Edisi keenam. Erlangga: Jakarta.
2. Elizabeth B Hurlock, 1991. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (diindonesiakan oleh Istiwidayanto). Jakarta: Erlangga.
3. Hurlock, Elizabeth B. 1999. Perkembangan Anak. Jilid 2. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.
4. Hadis, F.A. (1996). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta : Proyek Pendidikan Tenaga Guru Ditjen Dikti Depdikbud.
5. Helms, D. B & Turner, J.S. (1983). Exploring Child Behavior. New York : Holt Rinehartand Winston.
6. Hurlock, Elizabeth. B. (1978). Child Development, Sixth Edition.New York : Mc. Graw Hill, Inc.
Details ...