Courser in English | RESEARCH METHODOLOGY IN EDUCATION |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S2 |
SKS | 2 SKS |
RPS | 9 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Persyaratan masalah penelitian, latar belakang masalah penelitian, permasalahan dan peruusan masalah penelitian, tujuan penelitian, kajian teori tentang variabel penelitian, kerangka berpikir an hipotesis penelitian, metodologi penelitian disesuaikan dengan jenis penelitian, ,
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Mata kuliah mengenai prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah, sebagai pengantar dasar dalam menulis tesis. Cakupan materi meliputi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan gabungan keduanya serta penelitian pengembangan. Topik yang dibahas dalam penelitian kuantitatif meliputi: pemilihan dan perumusan masalah, penelusuran kepustakaan, perumusan hipotesis, variabel dan instrumen pengukuran, rancangan penelitian, teknik analisis data, dan penyusunan usulan dan laporan penelitian. Topik yang dibahas pada penelitian kualitatif meliputi: landasan teoretik dan filosofik, rancangan, dan data penelitian kualitatif, kerja lapangan (field work), analisis data serta penulisan laporan penelitian kualitatif. Disamping itu ditambah dengan penelitian gabungan kuantitatif dan kualitatif, serta penelitian dan pengembangan. Topik yang dibahas ilmu dan metode il-miah, serta penelitian ilmiah, proses dan masalah penelitian, kerangka pemikiran, hipotesis, pengukuran dan sampling, jenis-jenis penelitian, instrumen pengumpulan data, pengenalan jenis data, analisis data, pengujian hipotesis, dan penarikan kesimpulan, metode penelitian kualitatif, memilih setting,subyek penel, proses pengumpulan data, rumusan masalah, desain penelitian dan alat pengumpul data kualitatif, analisis data, trianggulasi, menyusun teori, kesimpulan¸ mixed methodology, dan research & development, penulisan laporan penelitian dan usulan penelitian
Learning OutcomesMampu merencana, mengembangkan, dan mengevaluasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan dasar dan mengaplikasikannya dalan tesis dengan dasar metode penelitian pendidikan pada satuan pendidikan formal jenjang pendidikan dasar dan menengah, serta non formal.
References-
Details ...
Mata kuliah mengenai prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah, sebagai pengantar dasar dalam menulis tesis. Cakupan materi meliputi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan gabungan keduanya serta penelitian pengembangan. Topik yang dibahas dalam penelitian kuantitatif meliputi: pemilihan dan perumusan masalah, penelusuran kepustakaan, perumusan hipotesis, variabel dan instrumen pengukuran, rancangan penelitian, teknik analisis data, dan penyusunan usulan dan laporan penelitian. Topik yang dibahas pada penelitian kualitatif meliputi: landasan teoretik dan filosofik, rancangan, dan data penelitian kualitatif, kerja lapangan (field work), analisis data serta penulisan laporan penelitian kualitatif. Disamping itu ditambah dengan penelitian gabungan kuantitatif dan kualitatif, serta penelitian dan pengembangan. Topik yang dibahas ilmu dan metode il-miah, serta penelitian ilmiah, proses dan masalah penelitian, kerangka pemikiran, hipotesis, pengukuran dan sampling, jenis-jenis penelitian, instrumen pengumpulan data, pengenalan jenis data, analisis data, pengujian hipotesis, dan penarikan kesimpulan, metode penelitian kualitatif, memilih setting,subyek penel, proses pengumpulan data, rumusan masalah, desain penelitian dan alat pengumpul data kualitatif, analisis data, trianggulasi, menyusun teori, kesimpulan¸ mixed methodology, dan research & development, penulisan laporan penelitian dan usulan penelitian
Learning OutcomesMampu merencana, mengembangkan, dan mengevaluasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan dasar dan mengaplikasikannya dalan tesis dengan dasar metode penelitian pendidikan pada satuan pendidikan formal jenjang pendidikan dasar dan menengah, serta non formal
Menguasai konsep dan penerapan metode penelitian pendidikan untuk menghasilkan penelitian dalam bentuk tesis dan disajikan dalam seminar pendidikan.
References-
Details ...
Mata kuliah mengenai prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah, sebagai pengantar dasar dalam menulis tesis. Cakupan materi meliputi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan gabungan keduanya serta penelitian pengembangan. Topik yang dibahas dalam penelitian kuantitatif meliputi: pemilihan dan perumusan masalah, penelusuran kepustakaan, perumusan hipotesis, variabel dan instrumen pengukuran, rancangan penelitian, teknik analisis data, dan penyusunan usulan dan laporan penelitian. Topik yang dibahas pada penelitian kualitatif meliputi: landasan teoretik dan filosofik, rancangan, dan data penelitian kualitatif, kerja lapangan (field work), analisis data serta penulisan laporan penelitian kualitatif. Disamping itu ditambah dengan penelitian gabungan kuantitatif dan kualitatif, serta penelitian dan pengembangan. Topik yang dibahas ilmu dan metode il-miah, serta penelitian ilmiah, proses dan masalah penelitian, kerangka pemikiran, hipotesis, pengukuran dan sampling, jenis-jenis penelitian, instrumen pengumpulan data, pengenalan jenis data, analisis data, pengujian hipotesis, dan penarikan kesimpulan, metode penelitian kualitatif, memilih setting,subyek penel, proses pengumpulan data, rumusan masalah, desain penelitian dan alat pengumpul data kualitatif, analisis data, trianggulasi, menyusun teori, kesimpulan¸ mixed methodology, dan research & development, penulisan laporan penelitian dan usulan penelitian
Learning OutcomesMampu merencana, mengembangkan, dan mengevaluasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan dasar dan mengaplikasikannya dalan tesis dengan dasar metode penelitian pendidikan pada satuan pendidikan formal jenjang pendidikan dasar dan menengah, serta non formal.
ReferencesBabbie, Earl. (2004). The Practice of Social Research. Victoria: Thomson Wadworth.
Kerlinger, Fred N. (2006?). Asas-asas Penelitian Bevioral. Yogyakarta: UGM Press.
Ary, Donald Ary; Jacob, Lucy Cheser; Razavieh, Asghar. (1985). Introduction to Researh in Education. Third Edition, New York: Holt, Rinehart and Winston.
Krathwohl, David R. (1986).. Methods of Educational & Social Science Research. New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Wiersma, William. (1986). Research Methods in Education an Introduction. Fourth Edition.. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
Details ...
Mata kuliah mengenai prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah, sebagai pengantar dasar dalam menulis tesis. Cakupan materi meliputi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan gabungan keduanya serta penelitian pengembangan. Topik yang dibahas dalam penelitian kuantitatif meliputi: pemilihan dan perumusan masalah, penelusuran kepustakaan, perumusan hipotesis, variabel dan instrumen pengukuran, rancangan penelitian, teknik analisis data, dan penyusunan usulan dan laporan penelitian. Topik yang dibahas pada penelitian kualitatif meliputi: landasan teoretik dan filosofik, rancangan, dan data penelitian kualitatif, kerja lapangan (field work), analisis data serta penulisan laporan penelitian kualitatif. Disamping itu ditambah dengan penelitian gabungan kuantitatif dan kualitatif, serta penelitian dan pengembangan. Topik yang dibahas ilmu dan metode il-miah, serta penelitian ilmiah, proses dan masalah penelitian, kerangka pemikiran, hipotesis, pengukuran dan sampling, jenis-jenis penelitian, instrumen pengumpulan data, pengenalan jenis data, analisis data, pengujian hipotesis, dan penarikan kesimpulan, metode penelitian kualitatif, memilih setting,subyek penel, proses pengumpulan data, rumusan masalah, desain penelitian dan alat pengumpul data kualitatif, analisis data, trianggulasi, menyusun teori, kesimpulan¸ mixed methodology, dan research & development, penulisan laporan penelitian dan usulan penelitian
Learning OutcomesMampu merencana, mengembangkan, dan mengevaluasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan dasar dan mengaplikasikannya dalan tesis dengan dasar metode penelitian pendidikan pada satuan pendidikan formal jenjang pendidikan dasar dan menengah, serta non formal.
References-
Details ...
Mata kuliah mengenai prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah, sebagai pengantar dasar dalam menulis tesis. Cakupan materi meliputi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan gabungan keduanya serta penelitian pengembangan. Topik yang dibahas dalam penelitian kuantitatif meliputi: pemilihan dan perumusan masalah, penelusuran kepustakaan, perumusan hipotesis, variabel dan instrumen pengukuran, rancangan penelitian, teknik analisis data, dan penyusunan usulan dan laporan penelitian. Topik yang dibahas pada penelitian kualitatif meliputi: landasan teoretik dan filosofik, rancangan, dan data penelitian kualitatif, kerja lapangan (field work), analisis data serta penulisan laporan penelitian kualitatif. Disamping itu ditambah dengan penelitian gabungan kuantitatif dan kualitatif, serta penelitian dan pengembangan. Topik yang dibahas ilmu dan metode il-miah, serta penelitian ilmiah, proses dan masalah penelitian, kerangka pemikiran, hipotesis, pengukuran dan sampling, jenis-jenis penelitian, instrumen pengumpulan data, pengenalan jenis data, analisis data, pengujian hipotesis, dan penarikan kesimpulan, metode penelitian kualitatif, memilih setting,subyek penel, proses pengumpulan data, rumusan masalah, desain penelitian dan alat pengumpul data kualitatif, analisis data, trianggulasi, menyusun teori, kesimpulan¸ mixed methodology, dan research & development, penulisan laporan penelitian dan usulan penelitian
Learning OutcomesMampu merencana, mengembangkan, dan mengevaluasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan dasar dan mengaplikasikannya dalan tesis dengan dasar metode penelitian pendidikan pada satuan pendidikan formal jenjang pendidikan dasar dan menengah, serta non formal.
References-
Details ...
Mata kuliah mengenai prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah, sebagai pengantar dasar dalam menulis tesis. Cakupan materi meliputi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan gabungan keduanya serta penelitian pengembangan. Topik yang dibahas dalam penelitian kuantitatif meliputi: pemilihan dan perumusan masalah, penelusuran kepustakaan, perumusan hipotesis, variabel dan instrumen pengukuran, rancangan penelitian, teknik analisis data, dan penyusunan usulan dan laporan penelitian. Topik yang dibahas pada penelitian kualitatif meliputi: landasan teoretik dan filosofik, rancangan, dan data penelitian kualitatif, kerja lapangan (field work), analisis data serta penulisan laporan penelitian kualitatif. Disamping itu ditambah dengan penelitian gabungan kuantitatif dan kualitatif, serta penelitian dan pengembangan. Topik yang dibahas ilmu dan metode il-miah, serta penelitian ilmiah, proses dan masalah penelitian, kerangka pemikiran, hipotesis, pengukuran dan sampling, jenis-jenis penelitian, instrumen pengumpulan data, pengenalan jenis data, analisis data, pengujian hipotesis, dan penarikan kesimpulan, metode penelitian kualitatif, memilih setting,subyek penel, proses pengumpulan data, rumusan masalah, desain penelitian dan alat pengumpul data kualitatif, analisis data, trianggulasi, menyusun teori, kesimpulan¸ mixed methodology, dan research & development, penulisan laporan penelitian dan usulan penelitian
Learning OutcomesMampu merencana, mengembangkan, dan mengevaluasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan dasar dan mengaplikasikannya dalan tesis dengan dasar metode penelitian pendidikan pada satuan pendidikan formal jenjang pendidikan dasar dan menengah, serta non formal
References-
Details ...
Mata kuliah mengenai prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah, sebagai pengantar dasar dalam menulis tesis. Cakupan materi meliputi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan gabungan keduanya serta penelitian pengembangan. Topik yang dibahas dalam penelitian kuantitatif meliputi: pemilihan dan perumusan masalah, penelusuran kepustakaan, perumusan hipotesis, variabel dan instrumen pengukuran, rancangan penelitian, teknik analisis data, dan penyusunan usulan dan laporan penelitian. Topik yang dibahas pada penelitian kualitatif meliputi: landasan teoretik dan filosofik, rancangan, dan data penelitian kualitatif, kerja lapangan (field work), analisis data serta penulisan laporan penelitian kualitatif. Disamping itu ditambah dengan penelitian gabungan kuantitatif dan kualitatif, serta penelitian dan pengembangan. Topik yang dibahas ilmu dan metode il-miah, serta penelitian ilmiah, proses dan masalah penelitian, kerangka pemikiran, hipotesis, pengukuran dan sampling, jenis-jenis penelitian, instrumen pengumpulan data, pengenalan jenis data, analisis data, pengujian hipotesis, dan penarikan kesimpulan, metode penelitian kualitatif, memilih setting,subyek penel, proses pengumpulan data, rumusan masalah, desain penelitian dan alat pengumpul data kualitatif, analisis data, trianggulasi, menyusun teori, kesimpulan¸ mixed methodology, dan research & development, penulisan laporan penelitian dan usulan penelitian
Learning OutcomesMampu merencana, mengembangkan, dan mengevaluasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan dasar dan mengaplikasikannya dalan tesis dengan dasar metode penelitian pendidikan pada satuan pendidikan formal jenjang pendidikan dasar dan menengah, serta non formal
References-
Details ...
Mata kuliah mengenai prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah, sebagai pengantar dasar dalam menulis tesis. Cakupan materi meliputi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan gabungan keduanya serta penelitian pengembangan. Topik yang dibahas dalam penelitian kuantitatif meliputi: pemilihan dan perumusan masalah, penelusuran kepustakaan, perumusan hipotesis, variabel dan instrumen pengukuran, rancangan penelitian, teknik analisis data, dan penyusunan usulan dan laporan penelitian. Topik yang dibahas pada penelitian kualitatif meliputi: landasan teoretik dan filosofik, rancangan, dan data penelitian kualitatif, kerja lapangan (field work), analisis data serta penulisan laporan penelitian kualitatif. Disamping itu ditambah dengan penelitian gabungan kuantitatif dan kualitatif, serta penelitian dan pengembangan. Topik yang dibahas ilmu dan metode il-miah, serta penelitian ilmiah, proses dan masalah penelitian, kerangka pemikiran, hipotesis, pengukuran dan sampling, jenis-jenis penelitian, instrumen pengumpulan data, pengenalan jenis data, analisis data, pengujian hipotesis, dan penarikan kesimpulan, metode penelitian kualitatif, memilih setting,subyek penel, proses pengumpulan data, rumusan masalah, desain penelitian dan alat pengumpul data kualitatif, analisis data, trianggulasi, menyusun teori, kesimpulan¸ mixed methodology, dan research & development, penulisan laporan penelitian dan usulan penelitian
Learning OutcomesMampu merencana, mengembangkan, dan mengevaluasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan dasar dan mengaplikasikannya dalan tesis dengan dasar metode penelitian pendidikan pada satuan pendidikan formal jenjang pendidikan dasar dan menengah, serta non formal.
References-
Details ...