E-learning, Curriculum : 2015


Courser in EnglishE-LEARNING
ProgramPendidikan Fisika
SKS3 SKS
RPS4 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah membahas tentang kosep dasar e-learning, pengelolaan pengetahuan melalui e-learning (knowlwdge management), LMS, setting dan editing e-learning, rancangan pembelajaran fisika melalui e-learning, pelaksanaan pembelajaran fisika melalui e-learning, dan penilaian pada e-learning

Learning Outcomes

Sikap: Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

Pengetahuan: Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya. Menguasai pengetahuan faktual fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan fisika

Keterampilan Khusus: Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar. 

Keterampilan Umum: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika.

References

Dian Wahyuningsih, Rahmat Makmur. (2017) E-Learning Teori dan Aplikasi. Bandung: Informatika

Rosenberg, M.J. (2001). E-learning: Strategies for delivering knowledge in the digital age. New York: McGraw-Hill

Kukuh Setyo Prakoso.(2005). Membangun e-learning dengan Moodle. Yogyakarta: Andi Offset

Reni Darmawan. (2016). Pengembangan E-Learning - Teori dan Desain. Bandung: Rosdakarya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah membahas tentang kosep dasar e-learning, pengelolaan pengetahuan melalui e-learning (knowlwdge management), LMS, setting dan editing e-learning, rancangan pembelajaran fisika melalui e-learning, pelaksanaan pembelajaran fisika melalui e-learning, dan penilaian pada e-learning

Learning Outcomes

Sikap

:

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

Pengetahuan

:

Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya.

Menguasai pengetahuan faktual fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan fisika

Keterampilan Khusus

:

Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar. 

Keterampilan Umum

:

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika.

References

Rosenberg, M.J. (2001). E-learning: Strategies for delivering knowledge in the digital age. New York: McGraw-Hill

Kukuh Setyo Prakoso.(2005). Membangun e-learning dengan Moodle. Yogyakarta: Andi Offset


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini  memberikan penguasaan konsep kepada mahasiswa dalam penyusunan e-learning. Dalam kuliah ini dibahas: (1) konsep dasar e learning, (2) sejarah perkembangan e-learning dan model penerapan e-learning, (3) Karakteristik e-learning: kelebihan dan manfaat e-learning, (4) Prosedur pengembangan e-learning, (5) e-learning tools, (6) Perencanaan program: struktur e-learning, (7) Mengenal beberapa model Learning Management System, (8) Aplikasi Edmodo.

Learning Outcomes

Sikap:

(1) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain.

(2) Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri.

 

Penguasaan Pengetahuan:

(1) Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya

(2) Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan penilaian pembelajaran

(3) Menguasai pengetahuan faktual fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan fisika

 

Keterampilan Khusus:

(1) Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar.

(2) Mampu mengaplikasikan keterampilan proses sains dalam pembelajaran fisika

(3) Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, fasilitas laboratorium, bengkel, atau lingkungan untuk belajar fisika

 

Keterampilan Umum:

(1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika.

(2) Mengelola pembelajaran fisika secara mandiri, bermutu dan terukur.

(3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sesuai dengan pembelajaran fisika berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

 

References

Micro, A. (2011). Elearning dengan Moodle, Panduan Instalasi dan Konfigurasi, Online

Prakoso K.S. (2005). Membangun e-learning dengan Moodle. Yogyakarta: Andi Offset

Rosenberg, M.J. (2001). E-learning: Strategies for delivering knowledge in the digital age. New York: McGraw-Hill


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas kosep dasar e-Learning, pengelolaan pengetahuan melalui e-learning (knowlwdge management), apresiasi e-learning, instal LMS, setting dan editing e-learning, penilaian dan diskusi pada e-learning

Learning Outcomes

Mahasiswa memahami prinsip dasar pembuatan e-learning serta mampu mengembangkan dan menjalankan e-laerning berbasis Moodle untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah pembelajaran fisika dengan teliti, kritis, kreatif, dan disertai kepercayaan diri yang tinggi terhadap hasil pekerjaannya sendiri.

References

  1. Rosenberg, M.J. 2001 E-learning: Strategies for delivering knowledge in the digital age. New York: McGraw-Hill
  2. Prakoso, K.S. 2005. Membangun e-learning dengan Moodle. Yogyakarta: Andi Offset
  3. Ghislandi, P. 2012. elearning – Theories, Design, Software And Applications. Rijeka: InTech.
  4. Surjono, H.D. 2013. Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle. Yogyakarta: UNY Press.


Details ...