Courser in English | E-LEARNING |
Program | Pendidikan Fisika |
SKS | 3 SKS |
RPS | 4 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah membahas tentang kosep dasar e-learning, pengelolaan pengetahuan melalui e-learning (knowlwdge management), LMS, setting dan editing e-learning, rancangan pembelajaran fisika melalui e-learning, pelaksanaan pembelajaran fisika melalui e-learning, dan penilaian pada e-learning
Learning OutcomesSikap: Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
Pengetahuan: Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya. Menguasai pengetahuan faktual fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan fisika
Keterampilan Khusus: Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar.
Keterampilan Umum: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika.
ReferencesDian Wahyuningsih, Rahmat Makmur. (2017) E-Learning Teori dan Aplikasi. Bandung: Informatika
Rosenberg, M.J. (2001). E-learning: Strategies for delivering knowledge in the digital age. New York: McGraw-Hill
Kukuh Setyo Prakoso.(2005). Membangun e-learning dengan Moodle. Yogyakarta: Andi Offset
Reni Darmawan. (2016). Pengembangan E-Learning - Teori dan Desain. Bandung: Rosdakarya
Details ...
Mata kuliah membahas tentang kosep dasar e-learning, pengelolaan pengetahuan melalui e-learning (knowlwdge management), LMS, setting dan editing e-learning, rancangan pembelajaran fisika melalui e-learning, pelaksanaan pembelajaran fisika melalui e-learning, dan penilaian pada e-learning
Learning Outcomes
Sikap |
: |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. |
Pengetahuan |
: |
Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya. Menguasai pengetahuan faktual fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan fisika |
Keterampilan Khusus |
: |
Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar. |
Keterampilan Umum |
: |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika. |
Rosenberg, M.J. (2001). E-learning: Strategies for delivering knowledge in the digital age. New York: McGraw-Hill
Kukuh Setyo Prakoso.(2005). Membangun e-learning dengan Moodle. Yogyakarta: Andi Offset
Details ...
Mata kuliah ini memberikan penguasaan konsep kepada mahasiswa dalam penyusunan e-learning. Dalam kuliah ini dibahas: (1) konsep dasar e learning, (2) sejarah perkembangan e-learning dan model penerapan e-learning, (3) Karakteristik e-learning: kelebihan dan manfaat e-learning, (4) Prosedur pengembangan e-learning, (5) e-learning tools, (6) Perencanaan program: struktur e-learning, (7) Mengenal beberapa model Learning Management System, (8) Aplikasi Edmodo.
Learning OutcomesSikap:
(1) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain.
(2) Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri.
Penguasaan Pengetahuan:
(1) Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya
(2) Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan penilaian pembelajaran
(3) Menguasai pengetahuan faktual fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan fisika
Keterampilan Khusus:
(1) Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar.
(2) Mampu mengaplikasikan keterampilan proses sains dalam pembelajaran fisika
(3) Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, fasilitas laboratorium, bengkel, atau lingkungan untuk belajar fisika
Keterampilan Umum:
(1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika.
(2) Mengelola pembelajaran fisika secara mandiri, bermutu dan terukur.
(3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sesuai dengan pembelajaran fisika berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
References
Micro, A. (2011). Elearning dengan Moodle, Panduan Instalasi dan Konfigurasi, Online
Prakoso K.S. (2005). Membangun e-learning dengan Moodle. Yogyakarta: Andi Offset
Rosenberg, M.J. (2001). E-learning: Strategies for delivering knowledge in the digital age. New York: McGraw-Hill
Details ...
Mata kuliah ini membahas kosep dasar e-Learning, pengelolaan pengetahuan melalui e-learning (knowlwdge management), apresiasi e-learning, instal LMS, setting dan editing e-learning, penilaian dan diskusi pada e-learning
Learning OutcomesMahasiswa memahami prinsip dasar pembuatan e-learning serta mampu mengembangkan dan menjalankan e-laerning berbasis Moodle untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah pembelajaran fisika dengan teliti, kritis, kreatif, dan disertai kepercayaan diri yang tinggi terhadap hasil pekerjaannya sendiri.
References- Rosenberg, M.J. 2001 E-learning: Strategies for delivering knowledge in the digital age. New York: McGraw-Hill
- Prakoso, K.S. 2005. Membangun e-learning dengan Moodle. Yogyakarta: Andi Offset
- Ghislandi, P. 2012. elearning – Theories, Design, Software And Applications. Rijeka: InTech.
- Surjono, H.D. 2013. Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle. Yogyakarta: UNY Press.
Details ...