Courser in English | - |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 3 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Berbicara merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa semester I program studi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa memperoleh keterampilan untuk berbicara secara individu dan kelompok. Topik bahasan dalam mata kuliah ini diawali konsep dasar berbicara, aspek berbicara, tujuan berbicara, faktor keefektifan berbicara individu, metode dalam berbicara, perencanaan pembicaraan, dan bentuk berbicara. Selain itu, mata kuliah ini juga mengarahkan mahasiswa memperoleh keterampilan untuk berbicara dalam lingkup publik. Mata kuliah ini membahas tentang konsep, teknik, prinsip, tujuan, kode etik, dan jenis berbicara kelompok. Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam praktik berbagai jenis berbicara kelompok.
Learning Outcomes1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab, berani dan percaya diri dalam mempraktikan keterampilan berbicara secara mandiri. (S9)
2. Menunjukkan rasa percaya diri yang tinggi, sikap etis dan estetis serta komunikatif dalam berbicara kelompok di forum resmi maupun tidak resmi. (S11)
3. Menunjukan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (KU2)
4. Mahasiswa mampu mempraktikan keterampilan berbicara individu. (KK1)
5. Mampu mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan berbicara kelompok dalam forum resmi maupun tidak resmi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, secara kualitas dan terukur. (KK8)
6. Menguasai konsep dasar, faktor, jenis, dan perencanaan dalam pengembangan keterampilan berbicara individu. (P1)
7. Memiliki pengetahuan dan keterampilan berbicara kelompok dalam forum resmi maupun tidak resmi yang memadai. (P3)
ReferencesArsjad, Maidar G. dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga Enrich,
Eugane etc. 2013. Karisma Sang Pembicara. Semarang: Dahara Prize.
Hendrikus, Dori Wuwur. 1991. Retorika. Yogyakarta: Kanisius
Khayyirah,Balqis. 2013. Cara Pintar Berbicara Cerdas di Depan Publik. Jogjakarta: Diva Press.
King, Larry, Bill Gilbert. 2013. Seni Berbicara kepada Siapa Saja, Kapan Saja, di Mana Saja. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Rahkmat, Jalaludin. 1996. Retorika Modern: Pendekatan Praktis. Bandung:Remaja Rosdakarya
Maggio, Rosalie. 2007. Sukses Berbicara dengan Siapa Saja. 2007. Gramedia Pustaka Utama.
Masdar, Arsyad 1987. Pembinaan Kemahiran Berbicara. Malang: Rineka Cipta.
McCormark, Mark H. 1997. Berkomunikasi Utama. Jakarta: Anggota IKAPI.
Moeliono, Anton M. 1991. Santun Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rakhmat, Jalaludin. 1992. Retorika Modern: Pendekatan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Salam, Burhanuddin. 1997. Etka Sosial. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Strickland, Dorothy S., Lee Galda, & Bernice E. Culihan. 2007. Language Arts: Learning and Teaching. Singapore, Victoria, Mexico, Canada, london, Madrid: Thomson Wadsword
Supriyanto, Henri. 1986. Pengantar Praktik Kewartawanan Pers Khusus, Pers Kampus dan Majalah Sekolah. Malang: Warta Kasih.
Tarigan, Djago. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. 1980. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H.G. 1994. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Widya Amartaya, A. 1989. Kreatif Berwicara. Yogyakarta: Kanisius
Details ...
Mata kuliah Berbicara merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa semester I program studi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa memperoleh keterampilan untuk berbicara secara individu dan kelompok. Topik bahasan dalam mata kuliah ini diawali konsep dasar berbicara, aspek berbicara, tujuan berbicara, faktor keefektifan berbicara individu, metode dalam berbicara, perencanaan pembicaraan, dan bentuk berbicara. Selain itu, mata kuliah ini juga mengarahkan mahasiswa memperoleh keterampilan untuk berbicara dalam lingkup publik. Mata kuliah ini membahas tentang konsep, teknik, prinsip, tujuan, kode etik, dan jenis berbicara kelompok. Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam praktik berbagai jenis berbicara kelompok.
Learning Outcomes1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab, berani dan percaya diri dalam mempraktikan keterampilan berbicara secara mandiri. (S9)
2. Menunjukkan rasa percaya diri yang tinggi, sikap etis dan estetis serta komunikatif dalam berbicara kelompok di forum resmi maupun tidak resmi. (S11)
3. Menunjukan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (KU2)
4. Mahasiswa mampu mempraktikan keterampilan berbicara individu. (KK1)
5. Mampu mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan berbicara kelompok dalam forum resmi maupun tidak resmi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, secara kualitas dan terukur. (KK8)
6. Menguasai konsep dasar, faktor, jenis, dan perencanaan dalam pengembangan keterampilan berbicara individu. (P1)
7. Memiliki pengetahuan dan keterampilan berbicara kelompok dalam forum resmi maupun tidak resmi yang memadai. (P3)
ReferencesArsjad, Maidar G. dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga Enrich,
Eugane etc. 2013. Karisma Sang Pembicara. Semarang: Dahara Prize.
Hendrikus, Dori Wuwur. 1991. Retorika. Yogyakarta: Kanisius
Khayyirah,Balqis. 2013. Cara Pintar Berbicara Cerdas di Depan Publik. Jogjakarta: Diva Press.
King, Larry, Bill Gilbert. 2013. Seni Berbicara kepada Siapa Saja, Kapan Saja, di Mana Saja. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Rahkmat, Jalaludin. 1996. Retorika Modern: Pendekatan Praktis. Bandung:Remaja Rosdakarya
Maggio, Rosalie. 2007. Sukses Berbicara dengan Siapa Saja. 2007. Gramedia Pustaka Utama.
Masdar, Arsyad 1987. Pembinaan Kemahiran Berbicara. Malang: Rineka Cipta.
McCormark, Mark H. 1997. Berkomunikasi Utama. Jakarta: Anggota IKAPI.
Moeliono, Anton M. 1991. Santun Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rakhmat, Jalaludin. 1992. Retorika Modern: Pendekatan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Salam, Burhanuddin. 1997. Etka Sosial. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Strickland, Dorothy S., Lee Galda, & Bernice E. Culihan. 2007. Language Arts: Learning and Teaching. Singapore, Victoria, Mexico, Canada, london, Madrid: Thomson Wadsword
Supriyanto, Henri. 1986. Pengantar Praktik Kewartawanan Pers Khusus, Pers Kampus dan Majalah Sekolah. Malang: Warta Kasih.
Tarigan, Djago. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. 1980. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H.G. 1994. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Widya Amartaya, A. 1989. Kreatif Berwicara. Yogyakarta: Kanisius
Details ...
Mata kuliah Berbicara merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa semester I program studi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa memperoleh keterampilan untuk berbicara secara individu dan kelompok. Topik bahasan dalam mata kuliah ini diawali konsep dasar berbicara, aspek berbicara, tujuan berbicara, faktor keefektifan berbicara individu, metode dalam berbicara, perencanaan pembicaraan, dan bentuk berbicara. Selain itu, mata kuliah ini juga mengarahkan mahasiswa memperoleh keterampilan untuk berbicara dalam lingkup publik. Mata kuliah ini membahas tentang konsep, teknik, prinsip, tujuan, kode etik, dan jenis berbicara kelompok. Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam praktik berbagai jenis berbicara kelompok.
Learning Outcomes1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab, berani dan percaya diri dalam mempraktikan keterampilan berbicara secara mandiri. (S9)
2. Menunjukkan rasa percaya diri yang tinggi, sikap etis dan estetis serta komunikatif dalam berbicara kelompok di forum resmi maupun tidak resmi. (S11)
3. Menunjukan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (KU2)
4. Mahasiswa mampu mempraktikan keterampilan berbicara individu. (KK1)
5. Mampu mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan berbicara kelompok dalam forum resmi maupun tidak resmi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, secara kualitas dan terukur. (KK8)
6. Menguasai konsep dasar, faktor, jenis, dan perencanaan dalam pengembangan keterampilan berbicara individu. (P1)
7. Memiliki pengetahuan dan keterampilan berbicara kelompok dalam forum resmi maupun tidak resmi yang memadai. (P3)
ReferencesArsjad, Maidar G. dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga Enrich,
Eugane etc. 2013. Karisma Sang Pembicara. Semarang: Dahara Prize.
Hendrikus, Dori Wuwur. 1991. Retorika. Yogyakarta: Kanisius
Khayyirah,Balqis. 2013. Cara Pintar Berbicara Cerdas di Depan Publik. Jogjakarta: Diva Press.
King, Larry, Bill Gilbert. 2013. Seni Berbicara kepada Siapa Saja, Kapan Saja, di Mana Saja. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Rahkmat, Jalaludin. 1996. Retorika Modern: Pendekatan Praktis. Bandung:Remaja Rosdakarya
Maggio, Rosalie. 2007. Sukses Berbicara dengan Siapa Saja. 2007. Gramedia Pustaka Utama.
Masdar, Arsyad 1987. Pembinaan Kemahiran Berbicara. Malang: Rineka Cipta.
McCormark, Mark H. 1997. Berkomunikasi Utama. Jakarta: Anggota IKAPI.
Moeliono, Anton M. 1991. Santun Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rakhmat, Jalaludin. 1992. Retorika Modern: Pendekatan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Salam, Burhanuddin. 1997. Etka Sosial. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Strickland, Dorothy S., Lee Galda, & Bernice E. Culihan. 2007. Language Arts: Learning and Teaching. Singapore, Victoria, Mexico, Canada, london, Madrid: Thomson Wadsword
Supriyanto, Henri. 1986. Pengantar Praktik Kewartawanan Pers Khusus, Pers Kampus dan Majalah Sekolah. Malang: Warta Kasih.
Tarigan, Djago. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. 1980. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H.G. 1994. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Widya Amartaya, A. 1989. Kreatif Berwicara. Yogyakarta: Kanisius
Details ...