Courser in English | CAPITA OF VOCATIONAL SCHOOL II |
Program | Pendidikan Teknologi Informasi |
SKS | 3 SKS |
RPS | 7 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah pengolahan data elektronik ini merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini untuk membekali mahasiswa sebagai calon guru untuk memahami dan menguasai wawasan tentang hakekat pendidikan, peranan LPTK dalam pengembangan SDM untuk menyongsong era industri, diklat kejuruan, pendidikan sebagai suatu sistem, hubungan sekolah dan masyarakat, supervisi sekolah dan sistem pembelajaran e-learning
Learning Outcomes1. Menganalisis hakikat, prinsip, dan kedudukan kapita SMK 2 di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh kesungguhan
2. Mengimplementasikan konsep kapita SMK 2 dalam pembelajaran untuk mengidentifikasi karakteristik penilaian berbasis kompetensi dengan dilandasi nilai-nilai akademik
3. Mengembangkan instrumen pada berbagai jenis asesemen test yang sesuai dengan komponen penilaian dalam proses pembelajaran kapita SMK 2 dengan penuh tanggungjawab
4. Mengembangkan instrumen pada berbagai jenis nontest sesuai dengan hasil belajar siswa yang harus dinilai dengan penuh tanggungjawab
5. Mengevaluasi pencapaian hasil belajar sesuai dengan prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar secara bertanggung jawab
6. Merumuskan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) pada pembelajaran kapita SMK 2 dengan pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis
References- Dimyati dan Mudjiono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
- Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Memgajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
- Syaefudin, S. 2004. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV. Alfabeta
- Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
- Sumber lainnya.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah untuk membekali mahasiswa calon guru untuk memahami dan menguasai dasar-dasar pembelajaran SMK menguasai tentang wawasan tentang hakekat pendidikan, peranan LPTK dalam engembangan Sumber Daya Manusia untuk menyongsong era industri, diklat kejuruan, pendidikan sebagai suatu sistem, hubungan sekolah dan masyarakat, supervisi sekolah
Learning OutcomesTujuan yang ingin dicapai dalam mempelajari kapita SMK adalah agar mahasiswa dapat memahami dasar-dasar pembelajaran SMK yang lebih banyak menekankan praktek kerja lapangan yang mempunyai rumpun bidang keahlian sesuai dengan kurikulum yang ada di SMK sehingga dapat digunakan untuk memperlancar dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen sehingga mahasiswa mempunyai pengetahuan yang memadai dalam menguasai tentang wawasan tentang hakekat pendidikan, peranan LPTK dalam engembangan Sumber Daya Manusia untuk menyongsong era industri, diklat kejuruan, pendidikan sebagai suatu sistem, hubungan sekolah dan masyarakat, supervisi sekolah
ReferencesDimyati dan Mudjiono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Syaefuddin. 2004. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV. Alfabeta
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Satmoko, Retno Sriningsih. 2000. Landasan Kependidikan. Semarang: CV.IKIP Semarang Press
Details ...
Mata kuliah kapita SMK 2 ini bertujuan untuk membekali mahasiswa calon guru untuk memahami dan menguasai sistem pendidikan, pendidikan dan pelatihan, kewirausahaan, mengenal ICT serta menyusun Rencana Pembelajaran Satu Semester untuk rumpun keahlian Multimedia, Rekayasa perangkat Lunak dan Teknik Komputer dan Jaringan pada SMK
Learning OutcomesTujuan yang inguin dicapai dalam mempelajari buku ini adalah agar mahasiswa dapat memaham dasar-dasar pembelajaran SMK yang lebih banyak menekankan praktek kerja lapangan yang mempunyai rumpun bidang keahlian Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknik Komputer dan Jaringan, sehingga nantinya dapat digunakan untuk kelancaran dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen.
ReferencesDimyati dan Mudjiono. (2000). Belajar dan Permbelajaran. Jakarta; Rineka Cipta
Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Syaefudin, S. (2004). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV. Alfabeta
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Details ...
Mata kuliah kapita SMK 2 ini bertujuan untuk membekali mahasiswa calon guru untuk memahami dan menguasai sistem pendidikan, pendidikan dan pelatihan, kewirausahaan, mengenal ICT serta menyusun Rencana Pembelajaran Satu Semester untuk rumpun keahlian Multimedia, Rekayasa perangkat Lunak dan Teknik Komputer dan Jaringan pada SMK
Learning OutcomesTujuan yang inguin dicapai dalam mempelajari buku ini adalah agar mahasiswa dapat memaham dasar-dasar pembelajaran SMK yang lebih banyak menekankan praktek kerja lapangan yang mempunyai rumpun bidang keahlian Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknik Komputer dan Jaringan, sehingga nantinya dapat digunakan untuk kelancaran dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen.
ReferencesDimyati dan Mudjiono. (2000). Belajar dan Permbelajaran. Jakarta; Rineka Cipta
Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Syaefudin, S. (2004). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV. Alfabeta
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Details ...
Pembelajaran Kapita SMK ini membahas tentang 1) konsep belajar dan pembelajaran pelatihan pendidikan dan pengajaran, 2) teori belajar dan pembelajaran, 3) gaya belajar dan kesulitan belajar, 4) metoda mengajar, 5) ketrampilan mengajar, 6) observasi PBM di sekolah, 7) kompetensi guru dalam pembelajaran, 8) sikap guru dalam pembelajaran, 9) penguasaan manajemen kantor di SMK, 10) pembelajaran pada SMK.
Learning OutcomesMata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa calon guru untuk memahami dan menguasai dasar-dasar belajar dan pembelajaran, mempelajari konsep belajar dan pembelajaran, teori belajar dan proses belajar, gaya belajar dan kesulitan belajar, metode mengajar, keterampilan mengajar, kompetensi guru, pembelajaran dengan modul, dan proses pembelajaran pada SMK
References- Campbell Neil A., Mitchell and Reece (1999). Biology, concepts & connections.California: the Benyamin Cummings Publishing Company. Campbell Neil A.,
- Biologi, Jilid 1,2 dan 3, edisi terjemahan oleh Siti Soetarmi dan Nawangsari, Jakarta : Erlangga.
- Nelson,G.E and Gerald G. Robinson (1982). Fundamental Concept of Biology.New York : John Wiley & Son
Details ...
Pembelajaran Kapita SMK ini membahas tentang 1) konsep belajar dan pembelajaran pelatihan pendidikan dan pengajaran, 2) teori belajar dan pembelajaran, 3) gaya belajar dan kesulitan belajar, 4) metoda mengajar, 5) ketrampilan mengajar, 6) observasi PBM di sekolah, 7) kompetensi guru dalam pembelajaran, 8) sikap guru dalam pembelajaran, 9) penguasaan manajemen kantor di SMK, 10) pembelajaran pada SMK.
Learning OutcomesMata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa calon guru untuk memahami dan menguasai dasar-dasar belajar dan pembelajaran, mempelajari konsep belajar dan pembelajaran, teori belajar dan proses belajar, gaya belajar dan kesulitan belajar, metode mengajar, keterampilan mengajar, kompetensi guru, pembelajaran dengan modul, dan proses pembelajaran pada SMK
References- Campbell Neil A., Mitchell and Reece (1999). Biology, concepts & connections.California: the Benyamin Cummings Publishing Company. Campbell Neil A.,
- Biologi, Jilid 1,2 dan 3, edisi terjemahan oleh Siti Soetarmi dan Nawangsari, Jakarta : Erlangga.
- Nelson,G.E and Gerald G. Robinson (1982). Fundamental Concept of Biology.New York : John Wiley & Son
Details ...
Mata kuliah kapita SMK 2 ini merupakan mata kuliah bersifat wajib ditempuh mahasiswa pendidikan program studi S1 pendidikan teknologi informasi dengan bobot 3 sks. mata kuliah ini untuk membekali mahasiswa sehingga mahasiswa sebagai calon guru dapat mampu memahami dan menguasai wawasan tentang hakekat pendidikan peranan LPTK dalam pengembangan SDM untuk menyongsong era industri , diklat kejuruan, pendidikan sebagai suatu sistem, hubungan sekolah dan masyarakat, supervisi sekolah dan sistem pembelajaran e-learning
Learning Outcomes1. Menganalisis hakikat, prinsip, dan kedudukan kapita SMK 2 di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh kesungguhan
2. Mengimplementasikan konsep kapita SMK 2 dalam pembelajaran untuk mengidentifikasi karakteristik penilaian berbasis kompetensi dengan dilandasi nilai-nilai akademik
3. Mengembangkan instrumen pada berbagai jenis asesemen test yang sesuai dengan komponen penilaian dalam proses pembelajaran kapita SMK 2 dengan penuh tanggungjawab
4. Mengembangkan instrumen pada berbagai jenis nontest sesuai dengan hasil belajar siswa yang harus dinilai dengan penuh tanggungjawab
5. Mengevaluasi pencapaian hasil belajar sesuai dengan prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar secara bertanggung jawab
6. Merumuskan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) pada pembelajaran kapita SMK 2 dengan pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis
ReferencesReferensi
1. Dimyati dan Mudjiono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
2. Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara
3. Syaefudin, S. 2004. Pengembangan Profesi Guru. Bandung : CV. Alfabeta
4. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
5. Sumber lainnya :
Details ...