Manajemen Pemasaran, Curriculum : 2022


Courser in English-
ProgramPendidikan Ekonomi
SKS2 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah manajemen pemasaran membahas konsep dan prinsip pemasaran modern yang berorientasi pada konsumen, meliputi perencanaan dan strategi pemasaran, mengumpulkan wawasan/informasi pemasaran, memahami pentingnya hubungan konsumen, serta membangun merek yang kuat untuk memenangkan persaingan.

Learning Outcomes

  1. Memahami pemasaran dalam realita baru
  2. Mengumpulkan data/wawasan pemasaran, merencanakan, dan melakukan riset pemasaran
  3. Pemasaran sasaran
  4. Berhubungan dengan konsumen
  5. Membangun merek yang kuat dan memenangkan persaingan

        6. Prinsip-prinsip pemasaran

References

Kotler, P. and Keler, K.L. 2016, Marketing Management 15th edition. Pearson Prentice Hall, New Jersey

Kotler, P and Amstrong, G. 2018, Principles of Marketing, 17th edition, International Edition, Prentice Hall, New Jersey

 

 

Kotler, P. and Amstrong, G. 2003, Marketing, An Introduction 6th edition, Prentice Hall Kartajaya, H. 2011. Hermawan Kartajaya on Marketing, Gramedia, Jakarta

Maholtra, N. and Birks, D. 2007, Marketing Research: An Applied Orientation 3rd edition, Pearson Education

Academic Journal, koran, majalah, website dan blog, serta sumber lainnya yang relevan dengan Manajemen Pemasaran


Details ...
Course Descriptions

Menjelaskan konsep-konsep pemasaran mulai dari sistem informasi pemasaran, pasar konsumen dan perilaku pembelian konsumen, Pasar Industri dan Perilaku Pembeli di Pasar Industri, Bagaimana mensegmentasi, membidik dan melakukan positioning di pasar guna mendapatkan keunggulan bersaing,   Pemasaran langsung dan on line, Pemasaran Satu Per Satu (One To One Marketing), Strategi Persaingan, Menarik serta Mempertahankan dan Menumbuhkan Pelanggan, Pasar Global, Pemasaran Dan Masyarakat:Tanggung Jawab Sosial dan Etika Pemasaran hingga  Analisis Terhadap Pesaing.

Learning Outcomes

Mampu mengidentifikasikan dan memecahkan problem di bidang penjualan dan pemasaran, serta dapat menggunakan  strategi pemasaran yang tepat dengan kemampuan yang lebih baik dalam memotivasi dan mempersuasi pelanggan agar meraih transaksi bisnis yang menguntungkan.

References

manajemen Pemasaran, Philip Kotler, Edisi 11, jilid 1, 2003

manajemen Pemasaran, Philip Kotler, Edisi 11, jilid 2, 2003

Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Buchory Alma, Ikapi, 2002


Details ...