Courser in English | LESSON PLANNING |
Program | Pendidikan Ekonomi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 4 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Interaksi antara siswa dengan guru, siswa dengan siswa dan siswa dengan lingkungan pembelajaran dipengaruhi oleh berbagai faktor. Kurangnya perhatian terhadap berbagai faktor tersebut akan membawa dampak pada penurunan efisiensi dan efektivitas sumberdaya sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai secara optimal. Salah satu cara yang dapat digunakan oleh guru (desainer instruksional) untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah membuat desain instruksional atau perencanaan pembelajaran.
Learning OutcomesPengetahuan yang diajarkan pada mata kuliah ini mencakup (1) pemeriksaan terhadap situasi pembelajaran yaitu, melakukan analisis terhadap kebutuhan, tugas dan siswa yang terlibat dalam pembelajaran, (2) pembuatan perencanaan yang dibagi menjadi 4 proses yaitu, perencanaan, dan menerapkan intervensi, serta (3) melakukan evaluasi yaitu menentukan dampak yang ditimbulkan oleh intervensi guru dalam pembelajaran. Apabila diringkas, proses tersebut mliputi, (1) pengembangan tujuan pembelajaran, (2) perencanaan aktivitas pembelajaran, serta (3) pengembangan instrument asesmen. Melalui pengetahuan dan keterampilan tersebut, mahasiswa diharapkan dapat menjadi guru profesional.
ReferencesA. H. Brown &T.D. Green (2016). The Essentials of Instructional Design, Connecting Fundamental Principles with Process and Practice. New York&London : Routledge Taylor&France Group
David Firna Setiawan. 2020. Desain instruksional. Modul.
Details ...
Interaksi antara siswa dengan guru, siswa dengan siswa dan siswa dengan lingkungan pembelajaran dipengaruhi oleh berbagai faktor. Kurangnya perhatian terhadap berbagai faktor tersebut akan membawa dampak pada penurunan efisiensi dan efektivitas sumberdaya sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai secara optimal. Salah satu cara yang dapat digunakan oleh guru (desainer instruksional) untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah membuat desain instruksional atau perencanaan pembelajaran.
Learning OutcomesPengetahuan yang diajarkan pada mata kuliah ini mencakup (1) pemeriksaan terhadap situasi pembelajaran yaitu, melakukan analisis terhadap kebutuhan, tugas dan siswa yang terlibat dalam pembelajaran, (2) pembuatan perencanaan yang dibagi menjadi 4 proses yaitu, perencanaan, dan menerapkan intervensi, serta (3) melakukan evaluasi yaitu menentukan dampak yang ditimbulkan oleh intervensi guru dalam pembelajaran. Apabila diringkas, proses tersebut mliputi, (1) pengembangan tujuan pembelajaran, (2) perencanaan aktivitas pembelajaran, serta (3) pengembangan instrument asesmen. Melalui pengetahuan dan keterampilan tersebut, mahasiswa diharapkan dapat menjadi guru profesional.
ReferencesA. H. Brown &T.D. Green (2016). The Essentials of Instructional Design, Connecting Fundamental Principles with Process and Practice. New York&London : Routledge Taylor&France Group
David Firna Setiawan. 2020. Desain instruksional. Modul.
Details ...
Interaksi antara siswa dengan guru, siswa dengan siswa dan siswa dengan lingkungan pembelajaran dipengaruhi oleh berbagai faktor. Kurangnya perhatian terhadap berbagai faktor tersebut akan membawa dampak pada penurunan efisiensi dan efektivitas sumberdaya sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai secara optimal. Salah satu cara yang dapat digunakan oleh guru (desainer instruksional) untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah membuat desain instruksional atau perencanaan pembelajaran. Mata kuliah desain instruksional ini berisi pengetahuan mengenai (1) Melakukan pemeriksaan terhadap situasi pembelajaran yaitu, melakukan analisis terhadap kebutuhan, tugas dan siswa yang terlibat dalam pembelajaran, (2) Membuat perencanaan yang dibagi menjadi 4 proses yaitu, perencanaan, merancang dan menerapkan intervensi, (3) melakukan evaluasi yaitu menentukan dampak yang ditimbulkan oleh intervensi guru dalam pembelajaran (Brown & Green, 2006).
Learning OutcomesMahasiswa diharapkan dapat memiliki kemampuan dalam membuat perencanaan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
ReferencesA. H. Brown &T.D. Green (2016). The Essentials of Instructional Design, Connecting Fundamental Principles with Process and Practice. New York&London : Routledge Taylor&France Group
David Firna Setiawan. 2020. Desain instruksional. Modul
Details ...
Interaksi antara siswa dengan guru, siswa dengan siswa dan siswa dengan lingkungan pembelajaran dipengaruhi oleh berbagai faktor. Kurangnya perhatian terhadap berbagai faktor tersebut akan membawa dampak pada penurunan efisiensi dan efektivitas sumberdaya sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai secara optimal. Salah satu cara yang dapat digunakan oleh guru (desainer instruksional) untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah membuat desain instruksional atau perencanaan pembelajaran. Mata kuliah desain instruksional ini berisi pengetahuan mengenai (1) Melakukan pemeriksaan terhadap situasi pembelajaran yaitu, melakukan analisis terhadap kebutuhan, tugas dan siswa yang terlibat dalam pembelajaran, (2) Membuat perencanaan yang dibagi menjadi 4 proses yaitu, perencanaan, merancang dan menerapkan intervensi, (3) melakukan evaluasi yaitu menentukan dampak yang ditimbulkan oleh intervensi guru dalam pembelajaran (Brown & Green, 2006).
Learning OutcomesMahasiswa diharapkan dapat memiliki kemampuan dalam membuat perencanaan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
ReferencesA. H. Brown &T.D. Green (2016). The Essentials of Instructional Design, Connecting Fundamental Principles with Process and Practice. New York&London : Routledge Taylor&France Group
David Firna Setiawan. 2020. Desain instruksional. Modul
Details ...