Courser in English | CONCEPTS AND LEARNING OF ELEMENTARY SCHOOL'S INDONESIAN LANGUAGE |
Program | Pendidikan Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 4 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini berisi pendalaman tentang hubungan antara pengetahuan bahasa Indonesia, keterampilan berbahasa Indonesia dan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia pada pendidikan dasar, serta segala aspek yang ditimbulkannya. Topik yang dibahas meliputi (1) Hakikat, Fungsi, kedudukan dan ragam bahasa (2) Linguistik Bahasa Indonesia (3) Semantik Bahasa Indonesia, (4) Keterampilan Berbahasa Indonesia reseptif, (5)Keterampilan Berbahasa Indonesia Produktif, (6) Pemerolehan Bahasa Anak, (7) Sastra Anak Indonesia, dan (8) Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar.
Learning Outcomes
Menguasai pengetahuan bahasa dan keterampilan berbahasa untuk menghasilkan karya akademik orisinal bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesian Pendidikan Dasar di tingkat nasional |
Mampu melaksanakan pendidikan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada satuan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar yang diakui di tingkat lokal, nasional, dan atau internasional |
Doman, Glenn dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.
Ismawati, Esti dan Faraz Umya. 2016. Belajar Bahasa Kelas Awal. Yogyakarta:Ombak
Kurniawan, Heru. 2013. Sastra Anak dalam Kajian Strukturlisme, Sosiologi, Semiotiks, hingga Penulisan Kreatif. Yogjakarta: Graha Ilmu.
Mar’at, Samsunuwiyati.2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.
Mulyati, Yeti. 2014. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Universitas Terbuka.
Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi Aksara.
Ratumanen, T.G. 2015. Inovasi Pembelajaran: Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik secara Optimal. Yogjakarya. Ombak.
Resmini, Novi, Dadan Djuanda, dan Dian Indihati. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.
Saddhono, Kundharu dan Slamet. 2014. Pembelajran Ketermpilan Berbahasa Indonesia. Yogjakarta. Graha Ilmu.
Santosa, dkk. 2009. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional: Universitas Terbuka.
Solchan, T.W.dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional: Universitas Terbuka.
Sugihastuti.2015. Sastra Anak: Teori dn Apresiasi. Yogjakarta. Ombak.
Sugihastuti.2015. Sastra Anak: Teori dn Apresiasi. Yogjakarta. Ombak.
Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka
Winarni, Retno. 2014. Kajian Sastra Anak. Yogjakarta. Graha Ilmu.
Details ...
Mata kuliah ini berisi pendalaman tentang hubungan antara pengetahuan bahasa Indonesia, keterampilan berbahasa Indonesia dan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia pada pendidikan dasar, serta segala aspek yang ditimbulkannya. Topik yang dibahas meliputi (1) Hakikat, Fungsi, kedudukan dan ragam bahasa (2) Linguistik Bahasa Indonesia (3) Semantik Bahasa Indonesia, (4) Keterampilan Berbahasa Indonesia reseptif, (5)Keterampilan Berbahasa Indonesia Produktif, (6) Pemerolehan Bahasa Anak, (7) Sastra Anak Indonesia, dan (8) Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar.
Learning Outcomes
Menguasai pengetahuan bahasa dan keterampilan berbahasa untuk menghasilkan karya akademik orisinal bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesian Pendidikan Dasar di tingkat nasional |
Mampu melaksanakan pendidikan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada satuan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar yang diakui di tingkat lokal, nasional, dan atau internasional |
Doman, Glenn dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.
Ismawati, Esti dan Faraz Umya. 2016. Belajar Bahasa Kelas Awal. Yogyakarta:Ombak
Kurniawan, Heru. 2013. Sastra Anak dalam Kajian Strukturlisme, Sosiologi, Semiotiks, hingga Penulisan Kreatif. Yogjakarta: Graha Ilmu.
Mar’at, Samsunuwiyati.2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.
Mulyati, Yeti. 2014. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Universitas Terbuka.
Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi Aksara.
Ratumanen, T.G. 2015. Inovasi Pembelajaran: Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik secara Optimal. Yogjakarya. Ombak.
Resmini, Novi, Dadan Djuanda, dan Dian Indihati. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.
Saddhono, Kundharu dan Slamet. 2014. Pembelajran Ketermpilan Berbahasa Indonesia. Yogjakarta. Graha Ilmu.
Santosa, dkk. 2009. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional: Universitas Terbuka.
Solchan, T.W.dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional: Universitas Terbuka.
Sugihastuti.2015. Sastra Anak: Teori dn Apresiasi. Yogjakarta. Ombak.
Sugihastuti.2015. Sastra Anak: Teori dn Apresiasi. Yogjakarta. Ombak.
Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka
Winarni, Retno. 2014. Kajian Sastra Anak. Yogjakarta. Graha Ilmu.
Details ...
Mata kuliah ini berisi pendalaman tentang hubungan antara pengetahuan bahasa Indonesia, keterampilan berbahasa Indonesia dan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia pada pendidikan dasar, serta segala aspek yang ditimbulkannya. Topik yang dibahas meliputi (1) Hakikat, Fungsi, kedudukan dan ragam bahasa (2) Linguistik Bahasa Indonesia (3) Semantik Bahasa Indonesia, (4) Keterampilan Berbahasa Indonesia reseptif, (5)Keterampilan Berbahasa Indonesia Produktif, (6) Pemerolehan Bahasa Anak, (7) Sastra Anak Indonesia, dan (8) Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar.
Learning Outcomes
Menguasai pengetahuan bahasa dan keterampilan berbahasa untuk menghasilkan karya akademik orisinal bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesian Pendidikan Dasar di tingkat nasional |
Mampu melaksanakan pendidikan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada satuan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar yang diakui di tingkat lokal, nasional, dan atau internasional |
Doman, Glenn dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.
Ismawati, Esti dan Faraz Umya. 2016. Belajar Bahasa Kelas Awal. Yogyakarta:Ombak
Kurniawan, Heru. 2013. Sastra Anak dalam Kajian Strukturlisme, Sosiologi, Semiotiks, hingga Penulisan Kreatif. Yogjakarta: Graha Ilmu.
Mar’at, Samsunuwiyati.2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.
Mulyati, Yeti. 2014. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Universitas Terbuka.
Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi Aksara.
Ratumanen, T.G. 2015. Inovasi Pembelajaran: Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik secara Optimal. Yogjakarya. Ombak.
Resmini, Novi, Dadan Djuanda, dan Dian Indihati. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.
Saddhono, Kundharu dan Slamet. 2014. Pembelajran Ketermpilan Berbahasa Indonesia. Yogjakarta. Graha Ilmu.
Santosa, dkk. 2009. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional: Universitas Terbuka.
Solchan, T.W.dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional: Universitas Terbuka.
Sugihastuti.2015. Sastra Anak: Teori dn Apresiasi. Yogjakarta. Ombak.
Sugihastuti.2015. Sastra Anak: Teori dn Apresiasi. Yogjakarta. Ombak.
Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka
Winarni, Retno. 2014. Kajian Sastra Anak. Yogjakarta. Graha Ilmu.
Details ...
Mata kuliah ini berisi pendalaman tentang hubungan antara pengetahuan bahasa Indonesia, keterampilan berbahasa Indonesia dan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia pada pendidikan dasar, serta segala aspek yang ditimbulkannya. Topik yang dibahas meliputi (1) Hakikat, Fungsi, kedudukan dan ragam bahasa (2) Linguistik Bahasa Indonesia (3) Semantik Bahasa Indonesia, (4) Keterampilan Berbahasa Indonesia reseptif, (5)Keterampilan Berbahasa Indonesia Produktif, (6) Pemerolehan Bahasa Anak, (7) Sastra Anak Indonesia, dan (8) Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar.
Learning Outcomes
Menguasai pengetahuan bahasa dan keterampilan berbahasa untuk menghasilkan karya akademik orisinal bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesian Pendidikan Dasar di tingkat nasional |
Mampu melaksanakan pendidikan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada satuan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar yang diakui di tingkat lokal, nasional, dan atau internasional |
Doman, Glenn dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.
Ismawati, Esti dan Faraz Umya. 2016. Belajar Bahasa Kelas Awal. Yogyakarta:Ombak
Kurniawan, Heru. 2013. Sastra Anak dalam Kajian Strukturlisme, Sosiologi, Semiotiks, hingga Penulisan Kreatif. Yogjakarta: Graha Ilmu.
Mar’at, Samsunuwiyati.2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.
Mulyati, Yeti. 2014. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Universitas Terbuka.
Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi Aksara.
Ratumanen, T.G. 2015. Inovasi Pembelajaran: Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik secara Optimal. Yogjakarya. Ombak.
Resmini, Novi, Dadan Djuanda, dan Dian Indihati. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.
Saddhono, Kundharu dan Slamet. 2014. Pembelajran Ketermpilan Berbahasa Indonesia. Yogjakarta. Graha Ilmu.
Santosa, dkk. 2009. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional: Universitas Terbuka.
Solchan, T.W.dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional: Universitas Terbuka.
Sugihastuti.2015. Sastra Anak: Teori dn Apresiasi. Yogjakarta. Ombak.
Sugihastuti.2015. Sastra Anak: Teori dn Apresiasi. Yogjakarta. Ombak.
Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka
Winarni, Retno. 2014. Kajian Sastra Anak. Yogjakarta. Graha Ilmu.
Details ...