Komunikasi Pengasuhan Anak, Curriculum : 2022


Courser in English-
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang Landasan Teori Komunikasi, Hakikat Komunikasi, Perkembangan Bahasa Anak, Pengaruh Biologis dan Lingkungan, Lingkungan Keluarga dan Perkembangan Bahasa, Komunikasi efektif, , Komunikasi Efektif dalam Pengasuhan, Teknik Berkomunikasi sesuai Tahapan Usia Anak, Permasalahan dalam Komunikasi dan Pemecahannya Pengasuhan dalam Keluarga, Pengasuhan sesuai Perkembangan anak dan karakteristik keluarga , Peran Orang Tua dalam Keluarga, Pola Asuh Orang Tua, Permasalahan pengasuhan dalam keluarga dan solusinya  

Learning Outcomes

CPMK 1

menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika, dan menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinil orang lain, tentang komunikasi dan pengasuhan.

CPMK 2

memahami kajian bidang ilmu pendidikan anak usia dini, kurikulum, psikologi perkembangan, psikologi pendidikan, neurosains dan neurolinguistik terkait komunikasi dan pengasuhan.

CPMK 3

mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dalam bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data. Tentang komunikasi dan pengasuhan

CPMK 4

mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural untuk kepentingan pembelajaran, dan melakukan komunikasi efektif dengan anak, orang tua, dan rekan sejawat

References

  1. Borden, Marian Edelman. 2001. Smart Start. Bandung : Kaifa.
  2. Bursteln, A Joseph. 1990. Petunjuk Lengkap Mendidik Anak. Jakarta : Mitra Utama.
  3. Dr.Sivia Rimm. 2003. Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anak Prasekolah. Jakarta. PT.Gramedia Pustaka Utama.
  4. Griffin, EM. 2006. A First Look At Communication Theory. New York: McGraw-Hill Education.
  5. Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 1, Terjemahan. Jakarta: Penerbit  Erlangga.
  6. Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 2, Terjemahan. Jakarta : Penerbit  Erlangga.
  7. Kemendikbud, Dirjen PAUD, Nonformal dan Informal, Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD, Nonformal dan Informal. 2013. Komunikasi dalam Pengasuhan. Jakarta.
  8. Le Poire, Beth A. 2006. Family Communication “Nurturing and Control in a Changing World”. Sage Publications,Inc.
  9. Maccoby, E.1980. Social Development: Psychological Growth and the Parent Child Relationship. New York: Harcourt Brace Jovanovich,Inc.
  10. Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak Jilid 1, Terjemahan. Jakarta : Penerbit Erlangga.
  11. Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak Jilid 2, Terjemahan. Jakarta : Penerbit Erlangga.
  12. Soendjojo, Rahmitha P, Dra Psi. 2005. Membangun Komunikasi yang efektif dalam keluarga. Jakarta.
  13. Thomas Gordon. 2009. Menjadi Orang tua Efektif. Jakarta : PT.Gramedia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang Landasan Teori Komunikasi, Hakikat Komunikasi, Perkembangan Bahasa Anak, Pengaruh Biologis dan Lingkungan, Lingkungan Keluarga dan Perkembangan Bahasa, Komunikasi efektif, , Komunikasi Efektif dalam Pengasuhan, Teknik Berkomunikasi sesuai Tahapan Usia Anak, Permasalahan dalam Komunikasi dan Pemecahannya Pengasuhan dalam Keluarga, Pengasuhan sesuai Perkembangan anak dan karakteristik keluarga , Peran Orang Tua dalam Keluarga, Pola Asuh Orang Tua, Permasalahan pengasuhan dalam keluarga dan solusinya  

Learning Outcomes

CPMK 1

menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika, dan menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinil orang lain, tentang komunikasi dan pengasuhan.

CPMK 2

memahami kajian bidang ilmu pendidikan anak usia dini, kurikulum, psikologi perkembangan, psikologi pendidikan, neurosains dan neurolinguistik terkait komunikasi dan pengasuhan.

CPMK 3

mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dalam bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data. Tentang komunikasi dan pengasuhan

CPMK 4

mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural untuk kepentingan pembelajaran, dan melakukan komunikasi efektif dengan anak, orang tua, dan rekan sejawat

References

  1. Borden, Marian Edelman. 2001. Smart Start. Bandung : Kaifa.
  2. Bursteln, A Joseph. 1990. Petunjuk Lengkap Mendidik Anak. Jakarta : Mitra Utama.
  3. Dr.Sivia Rimm. 2003. Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anak Prasekolah. Jakarta. PT.Gramedia Pustaka Utama.
  4. Griffin, EM. 2006. A First Look At Communication Theory. New York: McGraw-Hill Education.
  5. Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 1, Terjemahan. Jakarta: Penerbit  Erlangga.
  6. Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 2, Terjemahan. Jakarta : Penerbit  Erlangga.
  7. Kemendikbud, Dirjen PAUD, Nonformal dan Informal, Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD, Nonformal dan Informal. 2013. Komunikasi dalam Pengasuhan. Jakarta.
  8. Le Poire, Beth A. 2006. Family Communication “Nurturing and Control in a Changing World”. Sage Publications,Inc.
  9. Maccoby, E.1980. Social Development: Psychological Growth and the Parent Child Relationship. New York: Harcourt Brace Jovanovich,Inc.
  10. Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak Jilid 1, Terjemahan. Jakarta : Penerbit Erlangga.
  11. Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak Jilid 2, Terjemahan. Jakarta : Penerbit Erlangga.
  12. Soendjojo, Rahmitha P, Dra Psi. 2005. Membangun Komunikasi yang efektif dalam keluarga. Jakarta.
  13. Thomas Gordon. 2009. Menjadi Orang tua Efektif. Jakarta : PT.Gramedia.


Details ...