Courser in English | ADAPTIVE PHYSICAL EDUCATION |
Program | Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 11 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Pendidikan Jasmani Adaptif yang disesuaikan ini bersifat wajib tempuh, berbobot 2 sks. Matakuliah ini membahas tentang filosofi Pendidikan Jasmani Adaptif yang disesuaikan/olahraga adapted, perencanaan program pembelajaran pendidikan jasmani adaptif untuk tujuan preventif, promotif dan korektif bagi anak berkebutuhan khusus serta manajemen dan organesasinya. Kegiatan kuliah meliputi teori, praktek, tugas dan observasi lapangan
Learning OutcomesMahasiswa memiliki kemampuan merancang program pembelajaran untuk pendidikan jasmani adaptif yang disesuaikan dan mengaplikasikan untuk anak berkebutuhan khusus dengan menggunakan berbagai aktivitas fisik atau olahraga yang dimodivikasi dengan tujuan untuk preventif, promotif dan korektif.
References1. Pattie Rouse, (2004). Adapted Game &Activities. Champaign, IL: Human Kinetics
2. Sharkey, J. (2003 ). Kebugaran Kesehatan. ( terjemahan Fitness and Health) Jakarta: PT Raja Grafindo
3. Sumaryanti. ( 2004). Aktivitas Terapi. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa.
4. Nurhasan. ( 2004). Aktivitas Kebugaran. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa.
5. David Auxter ( 2001) Principles and Methods Of Adapted Physical education and Recreation. Boston: IL Dubuque
6. Walter C. (1981). Adapted Physical Education and Rekreation. United States: CV Mosby Campany
7. Yudy Hendrawan. (2007). Pendidikan Jasmani dan Olahraga Adaptif. Criced: University of Tsukuba
Details ...
Mata kuliah Pendidikan Jasmani Adaptif yang disesuaikan ini bersifat wajib tempuh, berbobot 2 sks. Matakuliah ini membahas tentang filosofi Pendidikan Jasmani Adaptif yang disesuaikan/olahraga adapted, perencanaan program pembelajaran pendidikan jasmani adaptif untuk tujuan preventif, promotif dan korektif bagi anak berkebutuhan khusus serta manajemen dan organesasinya. Kegiatan kuliah meliputi teori, praktek, tugas dan observasi lapangan
Learning OutcomesMahasiswa memiliki kemampuan merancang program pembelajaran untuk pendidikan jasmani adaptif yang disesuaikan dan mengaplikasikan untuk anak berkebutuhan khusus dengan menggunakan berbagai aktivitas fisik atau olahraga yang dimodivikasi dengan tujuan untuk preventif, promotif dan korektif.
References1. Pattie Rouse, (2004). Adapted Game &Activities. Champaign, IL: Human Kinetics
2. Sharkey, J. (2003 ). Kebugaran Kesehatan. ( terjemahan Fitness and Health) Jakarta: PT Raja Grafindo
3. Sumaryanti. ( 2004). Aktivitas Terapi. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa.
4. Nurhasan. ( 2004). Aktivitas Kebugaran. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa.
5. David Auxter ( 2001) Principles and Methods Of Adapted Physical education and Recreation. Boston: IL Dubuque
6. Walter C. (1981). Adapted Physical Education and Rekreation. United States: CV Mosby Campany
7. Yudy Hendrawan. (2007). Pendidikan Jasmani dan Olahraga Adaptif. Criced: University of Tsukuba
Details ...
Mata kuliah Pendidikan Jasmani Adaptif yang disesuaikan ini bersifat wajib tempuh, berbobot 2 sks. Matakuliah ini membahas tentang filosofi Pendidikan Jasmani Adaptif yang disesuaikan/olahraga adapted, perencanaan program pembelajaran pendidikan jasmani adaptif untuk tujuan preventif, promotif dan korektif bagi anak berkebutuhan khusus serta manajemen dan organesasinya. Kegiatan kuliah meliputi teori, praktek, tugas dan observasi lapangan
Learning OutcomesMahasiswa memiliki kemampuan merancang program pembelajaran untuk pendidikan jasmani adaptif yang disesuaikan dan mengaplikasikan untuk anak berkebutuhan khusus dengan menggunakan berbagai aktivitas fisik atau olahraga yang dimodivikasi dengan tujuan untuk preventif, promotif dan korektif.
References1. Pattie Rouse, (2004). Adapted Game &Activities. Champaign, IL: Human Kinetics
2. Sharkey, J. (2003 ). Kebugaran Kesehatan. ( terjemahan Fitness and Health) Jakarta: PT Raja Grafindo
3. Sumaryanti. ( 2004). Aktivitas Terapi. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa.
4. Nurhasan. ( 2004). Aktivitas Kebugaran. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa.
5. David Auxter ( 2001) Principles and Methods Of Adapted Physical education and Recreation. Boston: IL Dubuque
6. Walter C. (1981). Adapted Physical Education and Rekreation. United States: CV Mosby Campany
7. Yudy Hendrawan. (2007). Pendidikan Jasmani dan Olahraga Adaptif. Criced: University of Tsukuba
Details ...
Penjas adaptif memberikan dasar-dasar pengetahuan dan ketrampilan dasar kepada mahasiswa tentang jenis-jenis anak berkebutuhan khusus dan pembelajaranya.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkulihan ini, diharapkan mahasiswa mengatahui dan mampu menganalisa ilmu tentang penjas adaptif serta memiliki keterampilan yang memadai tentang perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran penjas bagi anak berkebutuhan khusus.
ReferencesDetails ...
Penjas adaptif memberikan dasar-dasar pengetahuan dan ketrampilan dasar kepada mahasiswa tentang jenis-jenis anak berkebutuhan khusus dan pembelajaranya.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkulihan ini, diharapkan mahasiswa mengatahui dan mampu menganalisa ilmu tentang penjas adaptif serta memiliki keterampilan yang memadai tentang perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran penjas bagi anak berkebutuhan khusus.
ReferencesDetails ...
Penjas adaptif memberikan dasar-dasar pengetahuan dan ketrampilan dasar kepada mahasiswa tentang jenis-jenis anak berkebutuhan khusus dan pembelajaranya.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkulihan ini, diharapkan mahasiswa mengatahui dan mampu menganalisa ilmu tentang penjas adaptif serta memiliki keterampilan yang memadai tentang perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran penjas bagi anak berkebutuhan khusus.
ReferencesDetails ...
Penjas adaptif memberikan dasar-dasar pengetahuan dan ketrampilan dasar kepada mahasiswa tentang jenis-jenis anak berkebutuhan khusus dan pembelajaranya.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkulihan ini, diharapkan mahasiswa mengatahui dan mampu menganalisa ilmu tentang penjas adaptif serta memiliki keterampilan yang memadai tentang perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran penjas bagi anak berkebutuhan khusus.
ReferencesDetails ...
Penjas adaptif memberikan dasar-dasar pengetahuan dan ketrampilan dasar kepada mahasiswa tentang jenis-jenis anak berkebutuhan khusus dan pembelajaranya.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkulihan ini, diharapkan mahasiswa mengatahui dan mampu menganalisa ilmu tentang penjas adaptif serta memiliki keterampilan yang memadai tentang perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran penjas bagi anak berkebutuhan khusus.
ReferencesDetails ...
Penjas adaptif memberikan dasar-dasar pengetahuan dan ketrampilan dasar kepada mahasiswa tentang jenis-jenis anak berkebutuhan khusus dan pembelajaranya.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkulihan ini, diharapkan mahasiswa mengatahui dan mampu menganalisa ilmu tentang penjas adaptif serta memiliki keterampilan yang memadai tentang perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran penjas bagi anak berkebutuhan khusus.
ReferencesDetails ...
Penjas adaptif memberikan dasar-dasar pengetahuan dan ketrampilan dasar kepada mahasiswa tentang jenis-jenis anak berkebutuhan khusus dan pembelajaranya.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkulihan ini, diharapkan mahasiswa mengatahui dan mampu menganalisa ilmu tentang penjas adaptif serta memiliki keterampilan yang memadai tentang perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran penjas bagi anak berkebutuhan khusus.
ReferencesDetails ...
Penjas adaptif memberikan dasar-dasar pengetahuan dan ketrampilan dasar kepada mahasiswa tentang jenis-jenis anak berkebutuhan khusus dan pembelajaranya.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkulihan ini, diharapkan mahasiswa mengatahui dan mampu menganalisa ilmu tentang penjas adaptif serta memiliki keterampilan yang memadai tentang perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran penjas bagi anak berkebutuhan khusus.
ReferencesDavid A., Jean P., (1985). Adapted Physical Education and Recreation, Times Mirror/ Mosby College Publishing, ST. Louis Toronto, St Clara.
Winick., Joseph P.,(1990). Adapted Physical Education and Sport, Human Kinetics Books, Champaign, Illinoise.
Tarigan, Beltasar.(2002). Pendidikan Jasmani Adaptif, FPOK UPI Bandung,
Widiyatmoko, FA. (2019). Penjas Adaptif. Sarnu Untung. Solo
Details ...
Penjas adaptif memberikan dasar-dasar pengetahuan dan ketrampilan dasar kepada mahasiswa tentang jenis-jenis anak berkebutuhan khusus dan pembelajaranya.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkulihan ini, diharapkan mahasiswa mengatahui dan mampu menganalisa ilmu tentang penjas adaptif serta memiliki keterampilan yang memadai tentang perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran penjas bagi anak berkebutuhan khusus.
ReferencesDavid A., Jean P., (1985). Adapted Physical Education and Recreation, Times Mirror/ Mosby College Publishing, ST. Louis Toronto, St Clara.
Winick., Joseph P.,(1990). Adapted Physical Education and Sport, Human Kinetics Books, Champaign, Illinoise.
Tarigan, Beltasar.(2002). Pendidikan Jasmani Adaptif, FPOK UPI Bandung,
Widiyatmoko, FA. (2019). Penjas Adaptif. Sarnu Untung. Solo
Details ...