Pendidikan Kewarganegaraan, Curriculum : 2018


Courser in EnglishCIVICS EDUCATION
ProgramPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
SKS2 SKS
RPS52 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan Indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

 

CPMK 1

Mampu berfikir analitik masalah yang berhubungan dengan kewarganegaraan, mengembangkan sikap yang  baik  dan  positif  serta  menampilkan  sikap  dan  perilaku  yang  mendukung  terciptanya  suasana semangat kebangsaan dan adanya gerakan untuk mencintai tanah airnya. (S1, S4, P2, KU3, KU6, KK1, KK5)

 

CPMK 2

Mahasiswa mampu menampilkan perilaku yang mendukung terciptanya demokrasi yang santun dan berkeadaban. (S4, S7, P1, KU6, KK5)

 

CPMK 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis masalah konstektual kewarganegaraan, mengembangkan dan menampilkan perilaku yang mendukung keragaman, serta adanya pemikiran taat terhadap Hukum (Kesadarahukum) (S1, S4, S8, P1, P2, KU6, KK1, KK5)

 

References

Utama

 

 

  1. Kaelan MS. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma.
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

 

Pendukung

 

 

  1. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  2. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  3. Budimansyah,  Dasim  dan  Suryadi,  K.  (2008).  Pendidikan  Kewarganegaraan  dan  Masyarakat  Multikultural.

Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI

  1. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  2. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  3. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press. 
  4. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta
  5. Suwarno, dkk. Paradigma Terbaru Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mahasiswa. Bandung: Alfabeta
  6. Wahyu Widodo. (2015) Pendidikan KewaganegaraanPengantar Teori. CV Andi Offset. Yogyakarta

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan Indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

 

CPMK 1

Mampu berfikir analitik masalah yang berhubungan dengan kewarganegaraan, mengembangkan sikap yang  baik  dan  positif  serta  menampilkan  sikap  dan  perilaku  yang  mendukung  terciptanya  suasana semangat kebangsaan dan adanya gerakan untuk mencintai tanah airnya. (S1, S4, P2, KU3, KU6, KK1, KK5)

 

CPMK 2

Mahasiswa mampu menampilkan perilaku yang mendukung terciptanya demokrasi yang santun dan berkeadaban. (S4, S7, P1, KU6, KK5)

 

CPMK 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis masalah konstektual kewarganegaraan, mengembangkan dan menampilkan perilaku yang mendukung keragaman, serta adanya pemikiran taat terhadap Hukum (Kesadarahukum) (S1, S4, S8, P1, P2, KU6, KK1, KK5)

 

References

Utama

 

 

  1. Kaelan MS. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma.
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

 

Pendukung

 

 

  1. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  2. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  3. Budimansyah,  Dasim  dan  Suryadi,  K.  (2008).  Pendidikan  Kewarganegaraan  dan  Masyarakat  Multikultural.

Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI

  1. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  2. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  3. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press. 
  4. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta
  5. Suwarno, dkk. Paradigma Terbaru Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mahasiswa. Bandung: Alfabeta
  6. Wahyu Widodo. (2015) Pendidikan KewaganegaraanPengantar Teori. CV Andi Offset. Yogyakarta

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan Indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

 

CPMK 1

Mampu berfikir analitik masalah yang berhubungan dengan kewarganegaraan, mengembangkan sikap yang  baik  dan  positif  serta  menampilkan  sikap  dan  perilaku  yang  mendukung  terciptanya  suasana semangat kebangsaan dan adanya gerakan untuk mencintai tanah airnya. (S1, S4, P2, KU3, KU6, KK1, KK5)

 

CPMK 2

Mahasiswa mampu menampilkan perilaku yang mendukung terciptanya demokrasi yang santun dan berkeadaban. (S4, S7, P1, KU6, KK5)

 

CPMK 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis masalah konstektual kewarganegaraan, mengembangkan dan menampilkan perilaku yang mendukung keragaman, serta adanya pemikiran taat terhadap Hukum (Kesadarahukum) (S1, S4, S8, P1, P2, KU6, KK1, KK5)

 

References

Utama

 

 

  1. Kaelan MS. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma.
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

 

Pendukung

 

 

  1. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  2. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  3. Budimansyah,  Dasim  dan  Suryadi,  K.  (2008).  Pendidikan  Kewarganegaraan  dan  Masyarakat  Multikultural.

Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI

  1. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  2. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  3. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press. 
  4. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta
  5. Suwarno, dkk. Paradigma Terbaru Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mahasiswa. Bandung: Alfabeta
  6. Wahyu Widodo. (2015) Pendidikan KewaganegaraanPengantar Teori. CV Andi Offset. Yogyakarta

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan Indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

 

CPMK 1

Mampu berfikir analitik masalah yang berhubungan dengan kewarganegaraan, mengembangkan sikap yang  baik  dan  positif  serta  menampilkan  sikap  dan  perilaku  yang  mendukung  terciptanya  suasana semangat kebangsaan dan adanya gerakan untuk mencintai tanah airnya. (S1, S4, P2, KU3, KU6, KK1, KK5)

 

CPMK 2

Mahasiswa mampu menampilkan perilaku yang mendukung terciptanya demokrasi yang santun dan berkeadaban. (S4, S7, P1, KU6, KK5)

 

CPMK 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis masalah konstektual kewarganegaraan, mengembangkan dan menampilkan perilaku yang mendukung keragaman, serta adanya pemikiran taat terhadap Hukum (Kesadarahukum) (S1, S4, S8, P1, P2, KU6, KK1, KK5)

 

References

Utama

 

 

  1. Kaelan MS. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma.
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

 

Pendukung

 

 

  1. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  2. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  3. Budimansyah,  Dasim  dan  Suryadi,  K.  (2008).  Pendidikan  Kewarganegaraan  dan  Masyarakat  Multikultural.

Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI

  1. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  2. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  3. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press. 
  4. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta
  5. Suwarno, dkk. Paradigma Terbaru Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mahasiswa. Bandung: Alfabeta
  6. Wahyu Widodo. (2015) Pendidikan KewaganegaraanPengantar Teori. CV Andi Offset. Yogyakarta

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan Indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

 

CPMK 1

Mampu berfikir analitik masalah yang berhubungan dengan kewarganegaraan, mengembangkan sikap yang  baik  dan  positif  serta  menampilkan  sikap  dan  perilaku  yang  mendukung  terciptanya  suasana semangat kebangsaan dan adanya gerakan untuk mencintai tanah airnya. (S1, S4, P2, KU3, KU6, KK1, KK5)

 

CPMK 2

Mahasiswa mampu menampilkan perilaku yang mendukung terciptanya demokrasi yang santun dan berkeadaban. (S4, S7, P1, KU6, KK5)

 

CPMK 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis masalah konstektual kewarganegaraan, mengembangkan dan menampilkan perilaku yang mendukung keragaman, serta adanya pemikiran taat terhadap Hukum (Kesadarahukum) (S1, S4, S8, P1, P2, KU6, KK1, KK5)

 

References

Utama

 

 

  1. Kaelan MS. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma.
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

 

Pendukung

 

 

  1. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  2. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  3. Budimansyah,  Dasim  dan  Suryadi,  K.  (2008).  Pendidikan  Kewarganegaraan  dan  Masyarakat  Multikultural.

Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI

  1. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  2. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  3. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press. 
  4. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta
  5. Suwarno, dkk. Paradigma Terbaru Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mahasiswa. Bandung: Alfabeta
  6. Wahyu Widodo. (2015) Pendidikan KewaganegaraanPengantar Teori. CV Andi Offset. Yogyakarta

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan Indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

 

CPMK 1

Mampu berfikir analitik masalah yang berhubungan dengan kewarganegaraan, mengembangkan sikap yang  baik  dan  positif  serta  menampilkan  sikap  dan  perilaku  yang  mendukung  terciptanya  suasana semangat kebangsaan dan adanya gerakan untuk mencintai tanah airnya. (S1, S4, P2, KU3, KU6, KK1, KK5)

 

CPMK 2

Mahasiswa mampu menampilkan perilaku yang mendukung terciptanya demokrasi yang santun dan berkeadaban. (S4, S7, P1, KU6, KK5)

 

CPMK 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis masalah konstektual kewarganegaraan, mengembangkan dan menampilkan perilaku yang mendukung keragaman, serta adanya pemikiran taat terhadap Hukum (Kesadarahukum) (S1, S4, S8, P1, P2, KU6, KK1, KK5)

 

References

Utama

 

 

  1. Kaelan MS. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma.
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

 

Pendukung

 

 

  1. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  2. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  3. Budimansyah,  Dasim  dan  Suryadi,  K.  (2008).  Pendidikan  Kewarganegaraan  dan  Masyarakat  Multikultural.

Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI

  1. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  2. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  3. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press. 
  4. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta
  5. Suwarno, dkk. Paradigma Terbaru Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mahasiswa. Bandung: Alfabeta
  6. Wahyu Widodo. (2015) Pendidikan KewaganegaraanPengantar Teori. CV Andi Offset. Yogyakarta

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan Indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

 

CPMK 1

Mampu berfikir analitik masalah yang berhubungan dengan kewarganegaraan, mengembangkan sikap yang  baik  dan  positif  serta  menampilkan  sikap  dan  perilaku  yang  mendukung  terciptanya  suasana semangat kebangsaan dan adanya gerakan untuk mencintai tanah airnya. (S1, S4, P2, KU3, KU6, KK1, KK5)

 

CPMK 2

Mahasiswa mampu menampilkan perilaku yang mendukung terciptanya demokrasi yang santun dan berkeadaban. (S4, S7, P1, KU6, KK5)

 

CPMK 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis masalah konstektual kewarganegaraan, mengembangkan dan menampilkan perilaku yang mendukung keragaman, serta adanya pemikiran taat terhadap Hukum (Kesadarahukum) (S1, S4, S8, P1, P2, KU6, KK1, KK5)

 

References

Utama

 

 

  1. Kaelan MS. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma.
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

 

Pendukung

 

 

  1. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  2. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  3. Budimansyah,  Dasim  dan  Suryadi,  K.  (2008).  Pendidikan  Kewarganegaraan  dan  Masyarakat  Multikultural.

Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI

  1. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  2. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  3. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press. 
  4. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta
  5. Suwarno, dkk. Paradigma Terbaru Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mahasiswa. Bandung: Alfabeta
  6. Wahyu Widodo. (2015) Pendidikan KewaganegaraanPengantar Teori. CV Andi Offset. Yogyakarta

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan Indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

 

CPMK 1

Mampu berfikir analitik masalah yang berhubungan dengan kewarganegaraan, mengembangkan sikap yang  baik  dan  positif  serta  menampilkan  sikap  dan  perilaku  yang  mendukung  terciptanya  suasana semangat kebangsaan dan adanya gerakan untuk mencintai tanah airnya. (S1, S4, P2, KU3, KU6, KK1, KK5)

 

CPMK 2

Mahasiswa mampu menampilkan perilaku yang mendukung terciptanya demokrasi yang santun dan berkeadaban. (S4, S7, P1, KU6, KK5)

 

CPMK 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis masalah konstektual kewarganegaraan, mengembangkan dan menampilkan perilaku yang mendukung keragaman, serta adanya pemikiran taat terhadap Hukum (Kesadarahukum) (S1, S4, S8, P1, P2, KU6, KK1, KK5)

 

References

Utama

 

 

  1. Kaelan MS. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma.
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

 

Pendukung

 

 

  1. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  2. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  3. Budimansyah,  Dasim  dan  Suryadi,  K.  (2008).  Pendidikan  Kewarganegaraan  dan  Masyarakat  Multikultural.

Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI

  1. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  2. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  3. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press. 
  4. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta
  5. Suwarno, dkk. Paradigma Terbaru Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mahasiswa. Bandung: Alfabeta
  6. Wahyu Widodo. (2015) Pendidikan KewaganegaraanPengantar Teori. CV Andi Offset. Yogyakarta

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pengembangan kepribadian yang melatih mahasiswa memiliki keterampilan untuk menganalisis masalah kontekstual dengan mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang berkaitan dengan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi berkeadaban dan kesadaran hukum. Dalam mata kuliah ini akan membahas materi identitas nasional dan Integrasi nasional Indonesia, Negara dan konstitusi, Hak dan Kewajiban warga negara, demokrasi dan pendidikan demokrasi, Negara Hukum dan HAM, Geopolitik Indonesia, otonomi daerah dan geostrategi Indonesia

Learning Outcomes

capaian pembelajaran mata kuliah ini diharapkan 1. Mahasiswa mampu memahami Konsep dasar PKn . 2. Mahasiswa mampu menelaah Identitas nasional 3. Mahasiswa mampu menelaah Integrasi Nasional 4. Mahasiswa mampu menelaah negara dan Konstitusi 5. Mahasiswa mampu menerapkan hak dan kewajiban Warga Negara 6. Mahasiswa mampu menganalisis demokrasi dan Pendidikan Demokrasi 7. Mahasiswa mampu menelaah negara hukum dan HAM 8. Mahasiswa mampu menelaah Geopolitik Indonesia 9. Mahasiswa mampu menelaah Otonomi daerah 10. Mahasiswa mampu menelaah Geostrategi Indonesia

References

Kemenristekdikti. 2016. Modul Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Dirjen Belmawa Kemenristekdikti Pendukung: Supporting: 1. Armaidy Armawi, Geostrategi Indonesia, Jakarta, Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi, 2006 2. Azyumardi Azra, paradigma Baru Pendidikan Nasional dan Rekrontruksi dan Demokratisasi, Penerbit Kompas, Jakarta, 2002 3. Bahar, Dr. Saefrodin, “Konteks Kenegaraan, Hak Asasi Manusia, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 2000. 4. Kaelan, Pendidikan Kewarganegaraan, UGM Press, Yogyakarta 2005. 5. Slamet Soemiarno, Geopolitik Indonesia, Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2006


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pengembangan kepribadian yang melatih mahasiswa memiliki keterampilan untuk menganalisis masalah kontekstual dengan mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang berkaitan dengan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi berkeadaban dan kesadaran hukum. Dalam mata kuliah ini akan membahas materi identitas nasional dan Integrasi nasional Indonesia, Negara dan konstitusi, Hak dan Kewajiban warga negara, demokrasi dan pendidikan demokrasi, Negara Hukum dan HAM, Geopolitik Indonesia, otonomi daerah dan geostrategi Indonesia

Learning Outcomes

capaian pembelajaran mata kuliah ini diharapkan 1. Mahasiswa mampu memahami Konsep dasar PKn . 2. Mahasiswa mampu menelaah Identitas nasional 3. Mahasiswa mampu menelaah Integrasi Nasional 4. Mahasiswa mampu menelaah negara dan Konstitusi 5. Mahasiswa mampu menerapkan hak dan kewajiban Warga Negara 6. Mahasiswa mampu menganalisis demokrasi dan Pendidikan Demokrasi 7. Mahasiswa mampu menelaah negara hukum dan HAM 8. Mahasiswa mampu menelaah Geopolitik Indonesia 9. Mahasiswa mampu menelaah Otonomi daerah 10. Mahasiswa mampu menelaah Geostrategi Indonesia

References

Kemenristekdikti. 2016. Modul Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Dirjen Belmawa Kemenristekdikti Pendukung: Supporting: 1. Armaidy Armawi, Geostrategi Indonesia, Jakarta, Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi, 2006 2. Azyumardi Azra, paradigma Baru Pendidikan Nasional dan Rekrontruksi dan Demokratisasi, Penerbit Kompas, Jakarta, 2002 3. Bahar, Dr. Saefrodin, “Konteks Kenegaraan, Hak Asasi Manusia, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 2000. 4. Kaelan, Pendidikan Kewarganegaraan, UGM Press, Yogyakarta 2005. 5. Slamet Soemiarno, Geopolitik Indonesia, Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2006


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pengembangan kepribadian yang melatih mahasiswa memiliki keterampilan untuk menganalisis masalah kontekstual dengan mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang berkaitan dengan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi berkeadaban dan kesadaran hukum. Dalam mata kuliah ini akan membahas materi identitas nasional dan Integrasi nasional Indonesia, Negara dan konstitusi, Hak dan Kewajiban warga negara, demokrasi dan pendidikan demokrasi, Negara Hukum dan HAM, Geopolitik Indonesia, otonomi daerah dan geostrategi Indonesia

Learning Outcomes

capaian pembelajaran mata kuliah ini diharapkan 1. Mahasiswa mampu memahami Konsep dasar PKn . 2. Mahasiswa mampu menelaah Identitas nasional 3. Mahasiswa mampu menelaah Integrasi Nasional 4. Mahasiswa mampu menelaah negara dan Konstitusi 5. Mahasiswa mampu menerapkan hak dan kewajiban Warga Negara 6. Mahasiswa mampu menganalisis demokrasi dan Pendidikan Demokrasi 7. Mahasiswa mampu menelaah negara hukum dan HAM 8. Mahasiswa mampu menelaah Geopolitik Indonesia 9. Mahasiswa mampu menelaah Otonomi daerah 10. Mahasiswa mampu menelaah Geostrategi Indonesia

References

Kemenristekdikti. 2016. Modul Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Dirjen Belmawa Kemenristekdikti Pendukung: Supporting: 1. Armaidy Armawi, Geostrategi Indonesia, Jakarta, Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi, 2006 2. Azyumardi Azra, paradigma Baru Pendidikan Nasional dan Rekrontruksi dan Demokratisasi, Penerbit Kompas, Jakarta, 2002 3. Bahar, Dr. Saefrodin, “Konteks Kenegaraan, Hak Asasi Manusia, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 2000. 4. Kaelan, Pendidikan Kewarganegaraan, UGM Press, Yogyakarta 2005. 5. Slamet Soemiarno, Geopolitik Indonesia, Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2006


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pengembangan kepribadian yang melatih mahasiswa memiliki keterampilan untuk menganalisis masalah kontekstual dengan mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang berkaitan dengan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi berkeadaban dan kesadaran hukum. Dalam mata kuliah ini akan membahas materi identitas nasional dan Integrasi nasional Indonesia, Negara dan konstitusi, Hak dan Kewajiban warga negara, demokrasi dan pendidikan demokrasi, Negara Hukum dan HAM, Geopolitik Indonesia, otonomi daerah dan geostrategi Indonesia

Learning Outcomes

capaian pembelajaran mata kuliah ini diharapkan 1. Mahasiswa mampu memahami Konsep dasar PKn . 2. Mahasiswa mampu menelaah Identitas nasional 3. Mahasiswa mampu menelaah Integrasi Nasional 4. Mahasiswa mampu menelaah negara dan Konstitusi 5. Mahasiswa mampu menerapkan hak dan kewajiban Warga Negara 6. Mahasiswa mampu menganalisis demokrasi dan Pendidikan Demokrasi 7. Mahasiswa mampu menelaah negara hukum dan HAM 8. Mahasiswa mampu menelaah Geopolitik Indonesia 9. Mahasiswa mampu menelaah Otonomi daerah 10. Mahasiswa mampu menelaah Geostrategi Indonesia

References

Kemenristekdikti. 2016. Modul Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Dirjen Belmawa Kemenristekdikti Pendukung: Supporting: 1. Armaidy Armawi, Geostrategi Indonesia, Jakarta, Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi, 2006 2. Azyumardi Azra, paradigma Baru Pendidikan Nasional dan Rekrontruksi dan Demokratisasi, Penerbit Kompas, Jakarta, 2002 3. Bahar, Dr. Saefrodin, “Konteks Kenegaraan, Hak Asasi Manusia, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 2000. 4. Kaelan, Pendidikan Kewarganegaraan, UGM Press, Yogyakarta 2005. 5. Slamet Soemiarno, Geopolitik Indonesia, Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2006


Details ...