Courser in English | CIVICS EDUCATION |
Program | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 44 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pengembangan kepribadian yang melatih mahasiswa memiliki keterampilan untuk menganalisis masalah kontekstual dengan mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang berkaitan dengan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi berkeadaban dan kesadaran hukum. Dalam mata kuliah ini akan membahas materi identitas nasional dan Integrasi nasional Indonesia, Negara dan konstitusi, Hak dan Kewajiban warga negara, demokrasi dan pendidikan demokrasi, Negara Hukum dan HAM, Geopolitik Indonesia, otonomi daerah dan geostrategi Indonesia
Learning Outcomescapaian pembelajaran mata kuliah ini diharapkan 1. Mahasiswa mampu memahami Konsep dasar PKn . 2. Mahasiswa mampu menelaah Identitas nasional 3. Mahasiswa mampu menelaah Integrasi Nasional 4. Mahasiswa mampu menelaah negara dan Konstitusi 5. Mahasiswa mampu menerapkan hak dan kewajiban Warga Negara 6. Mahasiswa mampu menganalisis demokrasi dan Pendidikan Demokrasi 7. Mahasiswa mampu menelaah negara hukum dan HAM 8. Mahasiswa mampu menelaah Geopolitik Indonesia 9. Mahasiswa mampu menelaah Otonomi daerah 10. Mahasiswa mampu menelaah Geostrategi Indonesia
ReferencesKemenristekdikti. 2016. Modul Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Dirjen Belmawa Kemenristekdikti Pendukung: Supporting: 1. Armaidy Armawi, Geostrategi Indonesia, Jakarta, Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi, 2006 2. Azyumardi Azra, paradigma Baru Pendidikan Nasional dan Rekrontruksi dan Demokratisasi, Penerbit Kompas, Jakarta, 2002 3. Bahar, Dr. Saefrodin, “Konteks Kenegaraan, Hak Asasi Manusia, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 2000. 4. Kaelan, Pendidikan Kewarganegaraan, UGM Press, Yogyakarta 2005. 5. Slamet Soemiarno, Geopolitik Indonesia, Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2006
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pengembangan kepribadian yang melatih mahasiswa memiliki keterampilan untuk menganalisis masalah kontekstual dengan mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang berkaitan dengan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi berkeadaban dan kesadaran hukum. Dalam mata kuliah ini akan membahas materi identitas nasional dan Integrasi nasional Indonesia, Negara dan konstitusi, Hak dan Kewajiban warga negara, demokrasi dan pendidikan demokrasi, Negara Hukum dan HAM, Geopolitik Indonesia, otonomi daerah dan geostrategi Indonesia
Learning Outcomescapaian pembelajaran mata kuliah ini diharapkan 1. Mahasiswa mampu memahami Konsep dasar PKn . 2. Mahasiswa mampu menelaah Identitas nasional 3. Mahasiswa mampu menelaah Integrasi Nasional 4. Mahasiswa mampu menelaah negara dan Konstitusi 5. Mahasiswa mampu menerapkan hak dan kewajiban Warga Negara 6. Mahasiswa mampu menganalisis demokrasi dan Pendidikan Demokrasi 7. Mahasiswa mampu menelaah negara hukum dan HAM 8. Mahasiswa mampu menelaah Geopolitik Indonesia 9. Mahasiswa mampu menelaah Otonomi daerah 10. Mahasiswa mampu menelaah Geostrategi Indonesia
ReferencesKemenristekdikti. 2016. Modul Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Dirjen Belmawa Kemenristekdikti Pendukung: Supporting: 1. Armaidy Armawi, Geostrategi Indonesia, Jakarta, Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi, 2006 2. Azyumardi Azra, paradigma Baru Pendidikan Nasional dan Rekrontruksi dan Demokratisasi, Penerbit Kompas, Jakarta, 2002 3. Bahar, Dr. Saefrodin, “Konteks Kenegaraan, Hak Asasi Manusia, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 2000. 4. Kaelan, Pendidikan Kewarganegaraan, UGM Press, Yogyakarta 2005. 5. Slamet Soemiarno, Geopolitik Indonesia, Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2006
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pengembangan kepribadian yang melatih mahasiswa memiliki keterampilan untuk menganalisis masalah kontekstual dengan mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang berkaitan dengan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi berkeadaban dan kesadaran hukum. Dalam mata kuliah ini akan membahas materi identitas nasional dan Integrasi nasional Indonesia, Negara dan konstitusi, Hak dan Kewajiban warga negara, demokrasi dan pendidikan demokrasi, Negara Hukum dan HAM, Geopolitik Indonesia, otonomi daerah dan geostrategi Indonesia
Learning Outcomescapaian pembelajaran mata kuliah ini diharapkan 1. Mahasiswa mampu memahami Konsep dasar PKn . 2. Mahasiswa mampu menelaah Identitas nasional 3. Mahasiswa mampu menelaah Integrasi Nasional 4. Mahasiswa mampu menelaah negara dan Konstitusi 5. Mahasiswa mampu menerapkan hak dan kewajiban Warga Negara 6. Mahasiswa mampu menganalisis demokrasi dan Pendidikan Demokrasi 7. Mahasiswa mampu menelaah negara hukum dan HAM 8. Mahasiswa mampu menelaah Geopolitik Indonesia 9. Mahasiswa mampu menelaah Otonomi daerah 10. Mahasiswa mampu menelaah Geostrategi Indonesia
ReferencesKemenristekdikti. 2016. Modul Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Dirjen Belmawa Kemenristekdikti Pendukung: Supporting: 1. Armaidy Armawi, Geostrategi Indonesia, Jakarta, Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi, 2006 2. Azyumardi Azra, paradigma Baru Pendidikan Nasional dan Rekrontruksi dan Demokratisasi, Penerbit Kompas, Jakarta, 2002 3. Bahar, Dr. Saefrodin, “Konteks Kenegaraan, Hak Asasi Manusia, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 2000. 4. Kaelan, Pendidikan Kewarganegaraan, UGM Press, Yogyakarta 2005. 5. Slamet Soemiarno, Geopolitik Indonesia, Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2006
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pengembangan kepribadian yang melatih mahasiswa memiliki keterampilan untuk menganalisis masalah kontekstual dengan mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang berkaitan dengan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi berkeadaban dan kesadaran hukum. Dalam mata kuliah ini akan membahas materi identitas nasional dan Integrasi nasional Indonesia, Negara dan konstitusi, Hak dan Kewajiban warga negara, demokrasi dan pendidikan demokrasi, Negara Hukum dan HAM, Geopolitik Indonesia, otonomi daerah dan geostrategi Indonesia
Learning Outcomescapaian pembelajaran mata kuliah ini diharapkan 1. Mahasiswa mampu memahami Konsep dasar PKn . 2. Mahasiswa mampu menelaah Identitas nasional 3. Mahasiswa mampu menelaah Integrasi Nasional 4. Mahasiswa mampu menelaah negara dan Konstitusi 5. Mahasiswa mampu menerapkan hak dan kewajiban Warga Negara 6. Mahasiswa mampu menganalisis demokrasi dan Pendidikan Demokrasi 7. Mahasiswa mampu menelaah negara hukum dan HAM 8. Mahasiswa mampu menelaah Geopolitik Indonesia 9. Mahasiswa mampu menelaah Otonomi daerah 10. Mahasiswa mampu menelaah Geostrategi Indonesia
ReferencesKemenristekdikti. 2016. Modul Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Dirjen Belmawa Kemenristekdikti Pendukung: Supporting: 1. Armaidy Armawi, Geostrategi Indonesia, Jakarta, Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi, 2006 2. Azyumardi Azra, paradigma Baru Pendidikan Nasional dan Rekrontruksi dan Demokratisasi, Penerbit Kompas, Jakarta, 2002 3. Bahar, Dr. Saefrodin, “Konteks Kenegaraan, Hak Asasi Manusia, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 2000. 4. Kaelan, Pendidikan Kewarganegaraan, UGM Press, Yogyakarta 2005. 5. Slamet Soemiarno, Geopolitik Indonesia, Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2006
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pengembangan kepribadian yang melatih mahasiswa memiliki keterampilan untuk menganalisis masalah kontekstual dengan mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang berkaitan dengan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi berkeadaban dan kesadaran hukum. Dalam mata kuliah ini akan membahas materi identitas nasional dan Integrasi nasional Indonesia, Negara dan konstitusi, Hak dan Kewajiban warga negara, demokrasi dan pendidikan demokrasi, Negara Hukum dan HAM, Geopolitik Indonesia, otonomi daerah dan geostrategi Indonesia
Learning Outcomescapaian pembelajaran mata kuliah ini diharapkan 1. Mahasiswa mampu memahami Konsep dasar PKn . 2. Mahasiswa mampu menelaah Identitas nasional 3. Mahasiswa mampu menelaah Integrasi Nasional 4. Mahasiswa mampu menelaah negara dan Konstitusi 5. Mahasiswa mampu menerapkan hak dan kewajiban Warga Negara 6. Mahasiswa mampu menganalisis demokrasi dan Pendidikan Demokrasi 7. Mahasiswa mampu menelaah negara hukum dan HAM 8. Mahasiswa mampu menelaah Geopolitik Indonesia 9. Mahasiswa mampu menelaah Otonomi daerah 10. Mahasiswa mampu menelaah Geostrategi Indonesia
ReferencesKemenristekdikti. 2016. Modul Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Dirjen Belmawa Kemenristekdikti Pendukung: Supporting: 1. Armaidy Armawi, Geostrategi Indonesia, Jakarta, Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi, 2006 2. Azyumardi Azra, paradigma Baru Pendidikan Nasional dan Rekrontruksi dan Demokratisasi, Penerbit Kompas, Jakarta, 2002 3. Bahar, Dr. Saefrodin, “Konteks Kenegaraan, Hak Asasi Manusia, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 2000. 4. Kaelan, Pendidikan Kewarganegaraan, UGM Press, Yogyakarta 2005. 5. Slamet Soemiarno, Geopolitik Indonesia, Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2006
Details ...
Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara
Learning Outcomes
Mahasiswa mampu memahami pembelajaran, penilaian, pada mata kuliah PKn
References1. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
2. Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma.
3. Ahmad, Maskur.2003. Pendidikan Kewaganegaraan Dalam Metode Praktis. Palembang
4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
5. Budimansyah, D. & Suryadi, K. (2008).Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural.Bandung : Program Studi PendidikanKewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008).Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung : Civicus Edisi Juni.
8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta
Details ...
Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara
Learning Outcomes
Mahasiswa mampu memahami pembelajaran, penilaian, pada mata kuliah PKn
References1. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
2. Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma.
3. Ahmad, Maskur.2003. Pendidikan Kewaganegaraan Dalam Metode Praktis. Palembang
4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
5. Budimansyah, D. & Suryadi, K. (2008).Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural.Bandung : Program Studi PendidikanKewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008).Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung : Civicus Edisi Juni.
8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta
Details ...
Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara
Learning Outcomes
Mahasiswa mampu memahami pembelajaran, penilaian, pada mata kuliah PKn
References1. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
2. Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma.
3. Ahmad, Maskur.2003. Pendidikan Kewaganegaraan Dalam Metode Praktis. Palembang
4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
5. Budimansyah, D. & Suryadi, K. (2008).Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural.Bandung : Program Studi PendidikanKewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008).Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung : Civicus Edisi Juni.
8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta
Details ...
Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara
Learning Outcomes
Mahasiswa mampu memahami pembelajaran, penilaian, pada mata kuliah PKn
References1. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
2. Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma.
3. Ahmad, Maskur.2003. Pendidikan Kewaganegaraan Dalam Metode Praktis. Palembang
4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
5. Budimansyah, D. & Suryadi, K. (2008).Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural.Bandung : Program Studi PendidikanKewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008).Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung : Civicus Edisi Juni.
8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta
Details ...