Metodologi Pengembangan Fisik/Motorik, Curriculum : 2015


Courser in EnglishPHYSICAL/MOTORIC DEVELOPMENT METHODOLOGY
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS3 SKS
RPS10 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mendeskripsikan konsep dan keterampilan pengembangan fisik motorik anak usia dini, yang meliputi; konsep perkembangan dan pengembangan fisik motorik, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik AUD, model pengembangan fisik/motorik, metode pembelajaran yang mendukung pengembangan fisik/motorik, penanganan kesulitan belajar motorik dan terapi bermain, identifikasi/analisis sarana-prasarana pengembangan motorik, ragam kegiatan dan permainan anak usia dini, dan penilaian perkembangan fisik/motorik di lembaga PAUD.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat :

1. Memiliki pemahaman konseptual tentang perkembangan fisik-motorik anak usia dini (AUD)

2. Memiliki pemahaman konseptual tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik sebelum lahir (dalam kandungan) dan setelah lahir

3. Memiliki keterampilan mengembangkan fisik-motorik anak usia dini.

4. Memiliki keterampilan mengevaluasi perkembangan fisik-motorik anak usia dini dalam kegiatan pembelajaran

References

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dit. PPTK KPT, Ditjend. Dikti, Depdiknas

Husen, Ali, dkk. (2002). Model Pengembangan Motorik Anak Balita. Jakarta: Direktorat Olah Raga Masyarakat.

Iskandar, Beni. (2001). Metode Pengembangan Kemampuan Motorik. Bandung: P3G Tertulis Dikdasmen Depdiknas


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai perkembangan motorik anak dan metodenya yang mliputi hakikat perkembangan fisik motorik anak usia dini, pengembangan motorik anak, Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik motorik anak, tahap pertumbuhan dan perkembangan motorik halus, tahap perkembangan motorik kasar, model pengembangan ketrampilan motorik anak, metode pengembangan motorik anak, penanganan kesulitan belajar motorik anak , Permainan yang menstimulasi ketrampilan motorik anak dan penilaian pengembangan motorik anak.

Learning Outcomes

Diharapkan mahasiswa mengetahui dan mampu mengembangkan pengetahuan tentang hakikat fisik motorik anak, faktor yang berpengaruh pada pengembangan fisik motorik anak, pengembangan ketrampilan motorik anak, metode pengembangan motorik anak, permaianan yang menstimulasi motorik anak dan penilaian motorik anak.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai perkembangan motorik anak dan metodenya yang mliputi hakikat perkembangan fisik motorik anak usia dini, pengembangan motorik anak, Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik motorik anak, tahap pertumbuhan dan perkembangan motorik halus, tahap perkembangan motorik kasar, model pengembangan ketrampilan motorik anak, metode pengembangan motorik anak, penanganan kesulitan belajar motorik anak , Permainan yang menstimulasi ketrampilan motorik anak dan penilaian pengembangan motorik anak.

Learning Outcomes

Diharapkan mahasiswa mengetahui dan mampu mengembangkan pengetahuan tentang hakikat fisik motorik anak, faktor yang berpengaruh pada pengembangan fisik motorik anak, pengembangan ketrampilan motorik anak, metode pengembangan motorik anak, permaianan yang menstimulasi motorik anak dan penilaian motorik anak.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai perkembangan motorik anak dan metodenya yang mliputi hakikat perkembangan fisik motorik anak usia dini, pengembangan motorik anak, Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik motorik anak, tahap pertumbuhan dan perkembangan motorik halus, tahap perkembangan motorik kasar, model pengembangan ketrampilan motorik anak, metode pengembangan motorik anak, penanganan kesulitan belajar motorik anak , Permainan yang menstimulasi ketrampilan motorik anak dan penilaian pengembangan motorik anak.

Learning Outcomes

Diharapkan mahasiswa mengetahui dan mampu mengembangkan pengetahuan tentang hakikat fisik motorik anak, faktor yang berpengaruh pada pengembangan fisik motorik anak, pengembangan ketrampilan motorik anak, metode pengembangan motorik anak, permaianan yang menstimulasi motorik anak dan penilaian motorik anak.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai perkembangan motorik anak dan metodenya yang mliputi hakikat perkembangan fisik motorik anak usia dini, pengembangan motorik anak, Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik motorik anak, tahap pertumbuhan dan perkembangan motorik halus, tahap perkembangan motorik kasar, model pengembangan ketrampilan motorik anak, metode pengembangan motorik anak, penanganan kesulitan belajar motorik anak , Permainan yang menstimulasi ketrampilan motorik anak dan penilaian pengembangan motorik anak.

Learning Outcomes

Diharapkan mahasiswa mengetahui dan mampu mengembangkan pengetahuan tentang hakikat fisik motorik anak, faktor yang berpengaruh pada pengembangan fisik motorik anak, pengembangan ketrampilan motorik anak, metode pengembangan motorik anak, permaianan yang menstimulasi motorik anak dan penilaian motorik anak.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai perkembangan motorik anak dan metodenya yang mliputi hakikat perkembangan fisik motorik anak usia dini, pengembangan motorik anak, Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik motorik anak, tahap pertumbuhan dan perkembangan motorik halus, tahap perkembangan motorik kasar, model pengembangan ketrampilan motorik anak, metode pengembangan motorik anak, penanganan kesulitan belajar motorik anak , Permainan yang menstimulasi ketrampilan motorik anak dan penilaian pengembangan motorik anak.

Learning Outcomes

Diharapkan mahasiswa mengetahui dan mampu mengembangkan pengetahuan tentang hakikat fisik motorik anak, faktor yang berpengaruh pada pengembangan fisik motorik anak, pengembangan ketrampilan motorik anak, metode pengembangan motorik anak, permaianan yang menstimulasi motorik anak dan penilaian motorik anak.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai perkembangan motorik anak dan metodenya yang mliputi hakikat perkembangan fisik motorik anak usia dini, pengembangan motorik anak, Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik motorik anak, tahap pertumbuhan dan perkembangan motorik halus, tahap perkembangan motorik kasar, model pengembangan ketrampilan motorik anak, metode pengembangan motorik anak, penanganan kesulitan belajar motorik anak , Permainan yang menstimulasi ketrampilan motorik anak dan penilaian pengembangan motorik anak.

Learning Outcomes

Diharapkan mahasiswa mengetahui dan mampu mengembangkan pengetahuan tentang hakikat fisik motorik anak, faktor yang berpengaruh pada pengembangan fisik motorik anak, pengembangan ketrampilan motorik anak, metode pengembangan motorik anak, permaianan yang menstimulasi motorik anak dan penilaian motorik anak.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mendeskripsikan konsep dan keterampilan pengembangan fisik motorik anak usia dini, yang meliputi; konsep perkembangan dan
pengembangan fisik motorik, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik AUD, model pengembangan fisik/motorik, metode
pembelajaran yang mendukung pengembangan fisik/motorik, penanganan kesulitan belajar motorik dan terapi bermain, identifikasi/analisis
sarana-prasarana pengembangan motorik, ragam kegiatan dan permainan anak usia dini, dan penilaian perkembangan fisik/motorik di lembaga
PAUD.
 

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat :
Memiliki pemahaman konseptual tentang perkembangan fisik-motorik anak usia dini (AUD)
Memiliki pemahaman konseptual tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik sebelum lahir (dalam kandungan) dan
setelah lahir
Memiliki keterampilan mengembangkan fisik-motorik anak usia dini
Memiliki keterampilan mengevaluasi perkembangan fisik-motorik anak usia dini dalam kegiatan pembelajaran

References

Gallahue & Ozmun. (1998). Understanding Motor Development. Mc. Graw-Hill
Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dit. PPTK KPT, Ditjend. Dikti, Depdiknas
Husen, Ali, dkk. (2002). Model Pengembangan Motorik Anak Balita. Jakarta: Direktorat Olah Raga Masyarakat
Iskandar, Beni. (2001). Metode Pengembangan Kemampuan Motorik. Bandung: P3G Tertulis Dikdasmen Depdiknas


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai perkembangan motorik anak dan metodenya yang mliputi hakikat perkembangan fisik motorik anak usia dini, pengembangan motorik anak, Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik motorik anak, tahap pertumbuhan dan perkembangan motorik halus, tahap perkembangan motorik kasar, model pengembangan ketrampilan motorik anak, metode pengembangan motorik anak, penanganan kesulitan belajar motorik anak , Permainan yang menstimulasi ketrampilan motorik anak dan penilaian pengembangan motorik anak.

Learning Outcomes

Diharapkan mahasiswa mengetahui dan mampu mengembangkan pengetahuan tentang hakikat fisik motorik anak, faktor yang berpengaruh pada pengembangan fisik motorik anak, pengembangan ketrampilan motorik anak, metode pengembangan motorik anak, permaianan yang menstimulasi motorik anak dan penilaian motorik anak.

References

Mutiah, 2012, Psikologi Bermain Anak Usia Dini,  Jakarta : Kencana Perdana Media Group

Sujiono,Bambang, 2007, Metode Pengembangan Fisik, Jakarta : Universitas Terbuka

Seefelt, Carol, Wasi, 2008, Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta : Indeks


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mendiskripsikan konsep dan keterampilan pengembangan fisik motorik anak usia dini, yang meliputi; konsep perkembangan dan pengembangan fisik motorik, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik motorik AUD, model pengembangan fisik/motorik, metode pembelajaran yang mendukung pengembangan fisik/motorik, penanganan kesulitan belajar motorik dan terapi bermain, identifikasi/analisis sarana prasarana pengembangan motorik, ragam kegiatan dan permainan anak usia dini, dan penilaian perkembangan fisik/motorik di lembaga PAUD.
 

Learning Outcomes

setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat:

  1. memiliki pemahaman konseptual tentang perkembangan fisik motorik anak usia dini (AUD)
  2. memiliki pemahaman konseptual tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik motorik sebelum lahir (dalam kandungan) dan setelah lahir
  3. memiliki keterampilan mengembangkan fisik motorik anak usia dini
  4. memiliki keterampilan mengevaluasi perkembangan fisik motorik anak dini dalam kegiatan pembelajaran

References

Referensi

 

Agus Mahendra dan Amung Makmun. (1998). Teori Belajar dan Pembelajaran Motorik. Bandung: Andira

Corbin, Charles B. (1980). A Textbook of Motor Development, Iowa: Wmc Brown Company Publisher

Essa, Eva L. (2003). Early Childhood Education (Fourth Edition). Nevada : Thomson Learning

Husen, Ali, dkk. (2002). Model Pengembangan Motorik Anak Balita. Jakarta: Direktorat Olah Raga Masyarakat

Iskandar, Beni. (2001). Metode Pengembangan Kemampuan Motorik. Bandung: P3G Tertulis Dikdasmen Depdiknas

Rose, Debra J. (1997). Multiple Approach to The Study Motor Control and Learning. Boston : A Viacom Company

Gallahue & Ozmun. (1998). Understanding Motor Development. Mc. Graw-Hill

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dit. PPTK KPT, Ditjend. Dikti, Depdiknas

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mendiskripsikan konsep dan keterampilan pengembangan fisik motorik anak usia dini, yang meliputi; konsep perkembangan dan pengembangan fisik motorik, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik motorik AUD, model pengembangan fisik/motorik, metode pembelajaran yang mendukung pengembangan fisik/motorik, penanganan kesulitan belajar motorik dan terapi bermain, identifikasi/analisis sarana prasarana pengembangan motorik, ragam kegiatan dan permainan anak usia dini, dan penilaian perkembangan fisik/motorik di lembaga PAUD.
 

Learning Outcomes

setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat:

  1. memiliki pemahaman konseptual tentang perkembangan fisik motorik anak usia dini (AUD)
  2. memiliki pemahaman konseptual tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik motorik sebelum lahir (dalam kandungan) dan setelah lahir
  3. memiliki keterampilan mengembangkan fisik motorik anak usia dini
  4. memiliki keterampilan mengevaluasi perkembangan fisik motorik anak dini dalam kegiatan pembelajaran

References

Referensi

 

Agus Mahendra dan Amung Makmun. (1998). Teori Belajar dan Pembelajaran Motorik. Bandung: Andira

Corbin, Charles B. (1980). A Textbook of Motor Development, Iowa: Wmc Brown Company Publisher

Essa, Eva L. (2003). Early Childhood Education (Fourth Edition). Nevada : Thomson Learning

Husen, Ali, dkk. (2002). Model Pengembangan Motorik Anak Balita. Jakarta: Direktorat Olah Raga Masyarakat

Iskandar, Beni. (2001). Metode Pengembangan Kemampuan Motorik. Bandung: P3G Tertulis Dikdasmen Depdiknas

Rose, Debra J. (1997). Multiple Approach to The Study Motor Control and Learning. Boston : A Viacom Company

Gallahue & Ozmun. (1998). Understanding Motor Development. Mc. Graw-Hill

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dit. PPTK KPT, Ditjend. Dikti, Depdiknas

 


Details ...