Pendidikan Agama Islam, Curriculum : 2015


Courser in EnglishReligion Studies
ProgramPendidikan Bahasa Inggris
SKS2 SKS
RPS3 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Pendidikan Agama Islam membahas tentang: Tuhan Yang Maha Esa dan ketuhanan, manusia, masyarakat, hukum, moral, budaya, ilmu pengetahuan teknologi dan seni, serta politik dan kerukunan antarumat beragama ditinjau dari agama Islam.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan (Mata Kuliah)     :

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral dan etika
  3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  4. Mampumenganalisis konsep teori tentang nilai-nilai ajaran islam yang meliputi akidah, syari’ah maupun akhlak
  5. Mampu menerapkan nilai-nilai ajaran islam yang meliputi akidah, syari’ah maupun akhlak dalam kehidupan sehari-hari

References

  1. Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
  2. Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja       Grafindo Perkasa, 2000
  3. Al Qur’an dan Terjemahannya.
  4. Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
  5. Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
  6. Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
  7. Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.
  8. Rahardjo, M Dawam, 1999, Masyarakat Madani. Jakarta : LP3ES dan LSAF.
  9. Shihab, M. Quraish, 1999, Wawasan Alqur’an, Bandung: Mizan.
  10. Syarbini, Amirulloh. Dkk. 2011. Al-Qur’an dan Kerukunan Hidup Umat Beragama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pendidikan Agama Islam membahas tentang: Tuhan Yang Maha Esa dan ketuhanan, manusia, masyarakat, hukum, moral, budaya, ilmu pengetahuan teknologi dan seni, serta politik dan kerukunan antarumat beragama ditinjau dari agama Islam.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan (Mata Kuliah)     :

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral dan etika
  3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  4. Mampumenganalisis konsep teori tentang nilai-nilai ajaran islam yang meliputi akidah, syari’ah maupun akhlak
  5. Mampu menerapkan nilai-nilai ajaran islam yang meliputi akidah, syari’ah maupun akhlak dalam kehidupan sehari-hari

References

  1. Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
  2. Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja       Grafindo Perkasa, 2000
  3. Al Qur’an dan Terjemahannya.
  4. Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
  5. Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
  6. Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
  7. Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.
  8. Rahardjo, M Dawam, 1999, Masyarakat Madani. Jakarta : LP3ES dan LSAF.
  9. Shihab, M. Quraish, 1999, Wawasan Alqur’an, Bandung: Mizan.
  10. Syarbini, Amirulloh. Dkk. 2011. Al-Qur’an dan Kerukunan Hidup Umat Beragama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo


Details ...