Courser in English | EDUCATIONAL EVALUATION |
Program | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
SKS | 3 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang teknik dan prosedur dalam melakukan penilaian dan evaluasi hasil pembelajaran. Kajian materi yang diberikan adalah pengertian dan tujuan penilaian, sasaran penilaian, jenis-jenis alat evaluasi, memiliki keterampilan dalam penyusunan dan pengembangan tes hasil belajar PPKn, analisis butir soal, validitas dan realibilitas, administrasi hasil tes, dan laporan hasil evaluasi.
Learning OutcomesMahasiswa memiliki pemahaman mendalam tentang pengertian dan tujuan penilaian, sasaran penilaian, jenis-jenis alat evaluasi, memiliki keterampilan dalam penyusunan dan pengembangan tes hasil belajar PPKn, analisis butir soal, validitas dan realibilitas, administrasi hasil tes, dan laporan hasil evaluasi.
References- Arikunto, S. 2008. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Arikunto, S. 2011. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
- Kemendikbud. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta.
- Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
- Saifudin, Azwar. 2005. Tes Prestasi: Fungsi Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Sumarna, Surapranata. 2004. Analisis Validitas, Reliabilitas, dan Interprestasi Hasil Tes. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang teknik dan prosedur dalam melakukan penilaian dan evaluasi hasil pembelajaran. Kajian materi yang diberikan adalah pengertian dan tujuan penilaian, sasaran penilaian, jenis-jenis alat evaluasi, memiliki keterampilan dalam penyusunan dan pengembangan tes hasil belajar PPKn, analisis butir soal, validitas dan realibilitas, administrasi hasil tes, dan laporan hasil evaluasi.
Learning OutcomesMahasiswa memiliki pemahaman mendalam tentang pengertian dan tujuan penilaian, sasaran penilaian, jenis-jenis alat evaluasi, memiliki keterampilan dalam penyusunan dan pengembangan tes hasil belajar PPKn, analisis butir soal, validitas dan realibilitas, administrasi hasil tes, dan laporan hasil evaluasi.
References- Arikunto, S. 2008. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Arikunto, S. 2011. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
- Kemendikbud. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta.
- Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
- Saifudin, Azwar. 2005. Tes Prestasi: Fungsi Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Sumarna, Surapranata. 2004. Analisis Validitas, Reliabilitas, dan Interprestasi Hasil Tes. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...