Courser in English | TEACHING LEARNING STRATEGY OF PANCASILA & CIVICS EDUCATION |
Program | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 6 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini berisi tentang :
- Standar proses pembelajaran satuan pendidikan dasar dan menengah
- Hakekat strategi belajar mengajar
- Konsep CBSA
- Pendekatan scientific
- Strategi Pembelajaran Afektif (dalam PPKn)
- Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PPKn
- Sistem Among
- Model-Model Pembelajaran (terutama: Project Based Learning, problem Based learning, Inquiry)
- Pemilihan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran PPKn
- Interaksi Belajar Mengajar
Pengetahuan
Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan dapat:
- Menguasai isi Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pembelajaran pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Mendeskripsikan hakekat strategi belajar mengajar, Konsep CBSA, Strategi pembelajaran afektif (dalam PKn), Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PKn, Sistem Among, Model-Model Pembelajaran, Interaksi belajar mengajar (IBM).
Sikap
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Keterampilan : Memilih berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran PPKn
ReferencesSolihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.
Rustopo, Sutrisno. 1993. Strategi Belajar Mengajar (Bagian I), Kumpulan Bahan Kuliah,. Semarang: IKIP Semarang.
PERMENDIKBUD KURIKULUM 2013 (Terutama Standar Proses/Permendikbud No. 65/2013 dan Pedoman Pembelajaran/Permendikbud 81 A lampiran iv, sekarang No. 22 Tahun 2016)
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang :
- Standar proses pembelajaran satuan pendidikan dasar dan menengah
- Hakekat strategi belajar mengajar
- Konsep CBSA
- Pendekatan scientific
- Strategi Pembelajaran Afektif (dalam PPKn)
- Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PPKn
- Sistem Among
- Model-Model Pembelajaran (terutama: Project Based Learning, problem Based learning, Inquiry)
- Pemilihan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran PPKn
- Interaksi Belajar Mengajar
Pengetahuan
Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan dapat:
- Menguasai isi Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pembelajaran pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Mendeskripsikan hakekat strategi belajar mengajar, Konsep CBSA, Strategi pembelajaran afektif (dalam PKn), Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PKn, Sistem Among, Model-Model Pembelajaran, Interaksi belajar mengajar (IBM).
Sikap
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Keterampilan : Memilih berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran PPKn
ReferencesSolihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.
Rustopo, Sutrisno. 1993. Strategi Belajar Mengajar (Bagian I), Kumpulan Bahan Kuliah,. Semarang: IKIP Semarang.
PERMENDIKBUD KURIKULUM 2013 (Terutama Standar Proses/Permendikbud No. 65/2013 dan Pedoman Pembelajaran/Permendikbud 81 A lampiran iv, sekarang No. 22 Tahun 2016)
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang :
- Standar proses pembelajaran satuan pendidikan dasar dan menengah
- Hakekat strategi belajar mengajar
- Konsep CBSA
- Pendekatan scientific
- Strategi Pembelajaran Afektif (dalam PPKn)
- Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PPKn
- Sistem Among
- Model-Model Pembelajaran (terutama: Project Based Learning, problem Based learning, Inquiry)
- Pemilihan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran PPKn
- Interaksi Belajar Mengajar
Pengetahuan
Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan dapat:
- Menguasai isi Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pembelajaran pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Mendeskripsikan hakekat strategi belajar mengajar, Konsep CBSA, Strategi pembelajaran afektif (dalam PKn), Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PKn, Sistem Among, Model-Model Pembelajaran, Interaksi belajar mengajar (IBM).
Sikap
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Keterampilan : Memilih berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran PPKn
ReferencesReferensi
Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.
Rustopo, Sutrisno. 1993. Strategi Belajar Mengajar (Bagian I), Kumpulan Bahan Kuliah,. Semarang: IKIP Semarang.
PERMENDIKBUD KURIKULUM 2013 (Terutama Standar Proses/Permendikbud No. 65/2013 dan Pedoman Pembelajaran/Permendikbud 81 A lampiran iv, sekarang No. 22 Tahun 2016)
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang :
- Standar proses pembelajaran satuan pendidikan dasar dan menengah
- Hakekat strategi belajar mengajar
- Konsep CBSA
- Pendekatan scientific
- Strategi Pembelajaran Afektif (dalam PPKn)
- Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PPKn
- Sistem Among
- Model-Model Pembelajaran (terutama: Project Based Learning, problem Based learning, Inquiry)
- Pemilihan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran PPKn
- Interaksi Belajar Mengajar
Pengetahuan
Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan dapat:
- Menguasai isi Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pembelajaran pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Mendeskripsikan hakekat strategi belajar mengajar, Konsep CBSA, Strategi pembelajaran afektif (dalam PKn), Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PKn, Sistem Among, Model-Model Pembelajaran, Interaksi belajar mengajar (IBM).
Sikap
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Keterampilan : Memilih berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran PPKn
ReferencesReferensi
Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.
Rustopo, Sutrisno. 1993. Strategi Belajar Mengajar (Bagian I), Kumpulan Bahan Kuliah,. Semarang: IKIP Semarang.
PERMENDIKBUD KURIKULUM 2013 (Terutama Standar Proses/Permendikbud No. 65/2013 dan Pedoman Pembelajaran/Permendikbud 81 A lampiran iv, sekarang No. 22 Tahun 2016)
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang :
- Standar proses pembelajaran satuan pendidikan dasar dan menengah
- Hakekat strategi belajar mengajar
- Konsep CBSA
- Pendekatan scientific
- Strategi Pembelajaran Afektif (dalam PPKn)
- Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PPKn
- Sistem Among
- Model-Model Pembelajaran (terutama: Project Based Learning, problem Based learning, Inquiry)
- Pemilihan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran PPKn
- Interaksi Belajar Mengajar
Pengetahuan
Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan dapat:
- Menguasai isi Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pembelajaran pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Mendeskripsikan hakekat strategi belajar mengajar, Konsep CBSA, Strategi pembelajaran afektif (dalam PKn), Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PKn, Sistem Among, Model-Model Pembelajaran, Interaksi belajar mengajar (IBM).
Sikap
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Keterampilan : Memilih berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran PPKn
References
Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.
Rustopo, Sutrisno. 1993. Strategi Belajar Mengajar (Bagian I), Kumpulan Bahan Kuliah,. Semarang: IKIP Semarang.
Winataputra, Udin S. 2005. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.
Hasibuan, JJ. 2000. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.
Marno & M. Idris. 2009. Strategi & Metode Pengajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Permendikbud RI Nomor 81 A Tahun 2013
Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pembelajaran
Haryati, Titik.2016. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Semarang: Kopertis VI Jateng Kemetenterian Riset Teknologi dan Pendidikan TinggiSe
Details ...
Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang standar proses pembelajaran di Pendidikan Dasar dan Menengah, Hakikat Strategi Belajar Mengajar, Konsep CBSA, Pendekatan saitifik, Strategi Pembelajaran Aktif (dalam PPKn), Asas dan prinsip SBM afektif dalam pembelajaran PPKn, Sistem among, Model-model Pembelajaran, dan Interaksi Belajar Mengajar (IBM)
Learning OutcomesMengenal Standar Proses Pembelajaran pada satuan pendidikan dasar dan menengah, dan mendeskripsikan hakekat strategi belajar mengajar, Konsep CBSA, Strategi pembelajaran afektif (dalam PKn), Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PKn, Sistem Among, Model-Model Pembelajaran, Interaksi belajar mengajar (IBM).
References- Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.
- Rustopo, Sutrisno. 1993. Strategi Belajar Mengajar (Bagian I), Kumpulan Bahan Kuliah,. Semarang: IKIP Semarang.
- Winataputra, Udin S. 2005. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.
- Hasibuan, JJ. 2000. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.
- Marno & M. Idris. 2009. Strategi & Metode Pengajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- PERMENDIKNAS RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru di Indonesia
- PERMENDIKBUD RI No.22,Tahun 2016.
- PERMENDIKBUD RI No. 20,21, 23, 24 Tahun 2016.
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang Standar Proses Pembelajaran di Pendidikan Dasar dan Menengah, Hakekat Strategi Belajar Mengajar, Konsep CBSA & Pendekatan Saintifik, Strategi Pembelajaran Afektif (dalam PPKn), Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam Pembelajaran PPKn, Sistem Among, Model-Model Pembelajaran, dan Interaksi Belajar Mengajar (IBM).
Learning OutcomesPengetahuan:
Mengenal Standar Proses Pembelajaran pada satuan pendidikan dasar dan menengah, dan mendeskripsikan hakekat strategi belajar mengajar, Konsep CBSA, Strategi pembelajaran afektif (dalam PKn), Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PKn, Sistem Among, Model-Model Pembelajaran, Interaksi belajar mengajar (IBM).
Sikap:
1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
Keterampilan:
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
References
Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.
Rustopo, Sutrisno. 1993. Strategi Belajar Mengajar (Bagian I), Kumpulan Bahan Kuliah,. Semarang: IKIP Semarang.
Winataputra, Udin S. 2005. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.
Hasibuan, JJ. 2000. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.
Marno & M. Idris. 2009. Strategi & Metode Pengajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
PERMENDIKNAS RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru di Indonesia
PERMENDIKBUD RI No.22,Tahun 2016.
PERMENDIKBUD RI No. 20,21, 23, 24 Tahun 2016.
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang Standar Proses Pembelajaran di Pendidikan Dasar dan Menengah, Hakekat Strategi Belajar Mengajar, Konsep CBSA & Pendekatan Saintifik, Strategi Pembelajaran Afektif (dalam PPKn), Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam Pembelajaran PPKn, Sistem Among, Model-Model Pembelajaran, dan Interaksi Belajar Mengajar (IBM).
Learning OutcomesPengetahuan:
Mengenal Standar Proses Pembelajaran pada satuan pendidikan dasar dan menengah, dan mendeskripsikan hakekat strategi belajar mengajar, Konsep CBSA, Strategi pembelajaran afektif (dalam PKn), Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PKn, Sistem Among, Model-Model Pembelajaran, Interaksi belajar mengajar (IBM).
Sikap:
1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
Keterampilan:
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
References
Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.
Rustopo, Sutrisno. 1993. Strategi Belajar Mengajar (Bagian I), Kumpulan Bahan Kuliah,. Semarang: IKIP Semarang.
Winataputra, Udin S. 2005. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.
Hasibuan, JJ. 2000. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.
Marno & M. Idris. 2009. Strategi & Metode Pengajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
PERMENDIKNAS RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru di Indonesia
PERMENDIKBUD RI No.22,Tahun 2016.
PERMENDIKBUD RI No. 20,21, 23, 24 Tahun 2016.
Details ...