Strategi Belajar Mengajar PPKn, Curriculum : 2015


Courser in EnglishTEACHING LEARNING STRATEGY OF PANCASILA & CIVICS EDUCATION
ProgramPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
SKS2 SKS
RPS6 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang :

  • Standar proses pembelajaran satuan pendidikan dasar dan menengah
  • Hakekat strategi belajar mengajar
  • Konsep CBSA
  • Pendekatan scientific
  • Strategi Pembelajaran Afektif (dalam PPKn)
  • Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PPKn
  • Sistem Among
  • Model-Model Pembelajaran (terutama: Project Based Learning, problem Based learning, Inquiry)
  • Pemilihan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran PPKn
  • Interaksi Belajar Mengajar

Learning Outcomes

Pengetahuan

Setelah mengikuti  mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan dapat:

  1. Menguasai  isi Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pembelajaran pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  2. Mendeskripsikan hakekat strategi belajar mengajar, Konsep CBSA, Strategi pembelajaran afektif (dalam PKn), Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PKn, Sistem Among, Model-Model Pembelajaran, Interaksi belajar mengajar (IBM).

Sikap

  1.  menginternalisasi nilai, norma, dan etika  akademik;
  2. menunjukkan   sikap   bertanggungjawab  atas   pekerjaan   di   bidang keahliannya  secara mandiri

Keterampilan : Memilih berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran PPKn

References

Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.

Rustopo, Sutrisno. 1993. Strategi Belajar Mengajar (Bagian I), Kumpulan Bahan Kuliah,. Semarang: IKIP Semarang.

PERMENDIKBUD KURIKULUM 2013 (Terutama Standar Proses/Permendikbud No. 65/2013 dan Pedoman Pembelajaran/Permendikbud 81 A lampiran iv, sekarang No. 22 Tahun 2016)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang :

  • Standar proses pembelajaran satuan pendidikan dasar dan menengah
  • Hakekat strategi belajar mengajar
  • Konsep CBSA
  • Pendekatan scientific
  • Strategi Pembelajaran Afektif (dalam PPKn)
  • Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PPKn
  • Sistem Among
  • Model-Model Pembelajaran (terutama: Project Based Learning, problem Based learning, Inquiry)
  • Pemilihan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran PPKn
  • Interaksi Belajar Mengajar

Learning Outcomes

Pengetahuan

Setelah mengikuti  mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan dapat:

  1. Menguasai  isi Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pembelajaran pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  2. Mendeskripsikan hakekat strategi belajar mengajar, Konsep CBSA, Strategi pembelajaran afektif (dalam PKn), Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PKn, Sistem Among, Model-Model Pembelajaran, Interaksi belajar mengajar (IBM).

Sikap

  1.  menginternalisasi nilai, norma, dan etika  akademik;
  2. menunjukkan   sikap   bertanggungjawab  atas   pekerjaan   di   bidang keahliannya  secara mandiri

Keterampilan : Memilih berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran PPKn

References

Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.

Rustopo, Sutrisno. 1993. Strategi Belajar Mengajar (Bagian I), Kumpulan Bahan Kuliah,. Semarang: IKIP Semarang.

PERMENDIKBUD KURIKULUM 2013 (Terutama Standar Proses/Permendikbud No. 65/2013 dan Pedoman Pembelajaran/Permendikbud 81 A lampiran iv, sekarang No. 22 Tahun 2016)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang :

  • Standar proses pembelajaran satuan pendidikan dasar dan menengah
  • Hakekat strategi belajar mengajar
  • Konsep CBSA
  • Pendekatan scientific
  • Strategi Pembelajaran Afektif (dalam PPKn)
  • Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PPKn
  • Sistem Among
  • Model-Model Pembelajaran (terutama: Project Based Learning, problem Based learning, Inquiry)
  • Pemilihan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran PPKn
  • Interaksi Belajar Mengajar

Learning Outcomes

Pengetahuan

Setelah mengikuti  mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan dapat:

  1. Menguasai  isi Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pembelajaran pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  2. Mendeskripsikan hakekat strategi belajar mengajar, Konsep CBSA, Strategi pembelajaran afektif (dalam PKn), Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PKn, Sistem Among, Model-Model Pembelajaran, Interaksi belajar mengajar (IBM).

Sikap

  1.  menginternalisasi nilai, norma, dan etika  akademik;
  2. menunjukkan   sikap   bertanggungjawab  atas   pekerjaan   di   bidang keahliannya  secara mandiri

Keterampilan : Memilih berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran PPKn

References

Referensi

 

Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.

Rustopo, Sutrisno. 1993. Strategi Belajar Mengajar (Bagian I), Kumpulan Bahan Kuliah,. Semarang: IKIP Semarang.

PERMENDIKBUD KURIKULUM 2013 (Terutama Standar Proses/Permendikbud No. 65/2013 dan Pedoman Pembelajaran/Permendikbud 81 A lampiran iv, sekarang No. 22 Tahun 2016)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang :

  • Standar proses pembelajaran satuan pendidikan dasar dan menengah
  • Hakekat strategi belajar mengajar
  • Konsep CBSA
  • Pendekatan scientific
  • Strategi Pembelajaran Afektif (dalam PPKn)
  • Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PPKn
  • Sistem Among
  • Model-Model Pembelajaran (terutama: Project Based Learning, problem Based learning, Inquiry)
  • Pemilihan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran PPKn
  • Interaksi Belajar Mengajar

Learning Outcomes

Pengetahuan

Setelah mengikuti  mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan dapat:

  1. Menguasai  isi Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pembelajaran pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  2. Mendeskripsikan hakekat strategi belajar mengajar, Konsep CBSA, Strategi pembelajaran afektif (dalam PKn), Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PKn, Sistem Among, Model-Model Pembelajaran, Interaksi belajar mengajar (IBM).

Sikap

  1.  menginternalisasi nilai, norma, dan etika  akademik;
  2. menunjukkan   sikap   bertanggungjawab  atas   pekerjaan   di   bidang keahliannya  secara mandiri

Keterampilan : Memilih berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran PPKn

References

Referensi

 

Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.

Rustopo, Sutrisno. 1993. Strategi Belajar Mengajar (Bagian I), Kumpulan Bahan Kuliah,. Semarang: IKIP Semarang.

PERMENDIKBUD KURIKULUM 2013 (Terutama Standar Proses/Permendikbud No. 65/2013 dan Pedoman Pembelajaran/Permendikbud 81 A lampiran iv, sekarang No. 22 Tahun 2016)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang :

  • Standar proses pembelajaran satuan pendidikan dasar dan menengah
  • Hakekat strategi belajar mengajar
  • Konsep CBSA
  • Pendekatan scientific
  • Strategi Pembelajaran Afektif (dalam PPKn)
  • Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PPKn
  • Sistem Among
  • Model-Model Pembelajaran (terutama: Project Based Learning, problem Based learning, Inquiry)
  • Pemilihan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran PPKn
  • Interaksi Belajar Mengajar

Learning Outcomes

Pengetahuan

Setelah mengikuti  mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan dapat:

  1. Menguasai  isi Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pembelajaran pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  2. Mendeskripsikan hakekat strategi belajar mengajar, Konsep CBSA, Strategi pembelajaran afektif (dalam PKn), Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PKn, Sistem Among, Model-Model Pembelajaran, Interaksi belajar mengajar (IBM).

Sikap

  1.  menginternalisasi nilai, norma, dan etika     akademik;
  2. menunjukkan   sikap   bertanggungjawab       atas   pekerjaan   di   bidang keahliannya  secara mandiri

Keterampilan : Memilih berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran PPKn

 

References

Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.

Rustopo, Sutrisno. 1993. Strategi Belajar Mengajar (Bagian I), Kumpulan Bahan Kuliah,. Semarang: IKIP Semarang.

Winataputra, Udin S.  2005. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.

Hasibuan, JJ. 2000. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.

Marno & M. Idris. 2009. Strategi & Metode Pengajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Permendikbud RI Nomor 81 A Tahun 2013

Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pembelajaran

Haryati, Titik.2016. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Semarang: Kopertis VI Jateng Kemetenterian Riset Teknologi dan Pendidikan TinggiSe


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang standar proses pembelajaran di Pendidikan Dasar dan Menengah, Hakikat Strategi Belajar Mengajar, Konsep CBSA, Pendekatan saitifik, Strategi Pembelajaran Aktif (dalam PPKn), Asas dan prinsip SBM afektif dalam pembelajaran PPKn, Sistem among, Model-model Pembelajaran, dan Interaksi Belajar Mengajar (IBM)

Learning Outcomes

Mengenal Standar Proses Pembelajaran pada satuan pendidikan dasar dan menengah, dan mendeskripsikan hakekat strategi belajar mengajar, Konsep CBSA, Strategi pembelajaran afektif (dalam PKn), Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PKn, Sistem Among, Model-Model Pembelajaran, Interaksi belajar mengajar (IBM).

References

  1. Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Rustopo, Sutrisno. 1993. Strategi Belajar Mengajar (Bagian I), Kumpulan Bahan Kuliah,. Semarang: IKIP Semarang.
  3. Winataputra, Udin S. 2005. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.
  4. Hasibuan, JJ. 2000. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.
  5. Marno & M. Idris. 2009. Strategi & Metode Pengajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  6. PERMENDIKNAS RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru di Indonesia
  7. PERMENDIKBUD RI No.22,Tahun 2016.
  8. PERMENDIKBUD RI No. 20,21, 23, 24 Tahun 2016.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang Standar Proses Pembelajaran di Pendidikan Dasar dan Menengah, Hakekat Strategi Belajar Mengajar, Konsep CBSA & Pendekatan Saintifik, Strategi Pembelajaran Afektif (dalam PPKn), Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam Pembelajaran PPKn, Sistem Among, Model-Model Pembelajaran, dan Interaksi Belajar Mengajar (IBM).

Learning Outcomes

Pengetahuan:

Mengenal Standar Proses Pembelajaran pada satuan pendidikan dasar dan menengah, dan mendeskripsikan hakekat strategi belajar mengajar, Konsep CBSA, Strategi pembelajaran afektif (dalam PKn), Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PKn, Sistem Among, Model-Model Pembelajaran, Interaksi belajar mengajar (IBM). 

Sikap:

1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

2. Menunjukkan   sikap   bertanggungjawab   atas   pekerjaan   di   bidang keahliannya secara mandiri;

Keterampilan:

Mampu   menunjukkan   kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

 

 

References

Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.

Rustopo, Sutrisno. 1993. Strategi Belajar Mengajar (Bagian I), Kumpulan Bahan Kuliah,. Semarang: IKIP Semarang.

Winataputra, Udin S.  2005. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.

Hasibuan, JJ. 2000. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.

Marno & M. Idris. 2009. Strategi & Metode Pengajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

PERMENDIKNAS RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi  Guru di Indonesia 

PERMENDIKBUD RI No.22,Tahun 2016. 

PERMENDIKBUD RI No. 20,21, 23, 24 Tahun 2016. 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang Standar Proses Pembelajaran di Pendidikan Dasar dan Menengah, Hakekat Strategi Belajar Mengajar, Konsep CBSA & Pendekatan Saintifik, Strategi Pembelajaran Afektif (dalam PPKn), Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam Pembelajaran PPKn, Sistem Among, Model-Model Pembelajaran, dan Interaksi Belajar Mengajar (IBM).

Learning Outcomes

Pengetahuan:

Mengenal Standar Proses Pembelajaran pada satuan pendidikan dasar dan menengah, dan mendeskripsikan hakekat strategi belajar mengajar, Konsep CBSA, Strategi pembelajaran afektif (dalam PKn), Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PKn, Sistem Among, Model-Model Pembelajaran, Interaksi belajar mengajar (IBM). 

Sikap:

1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

2. Menunjukkan   sikap   bertanggungjawab   atas   pekerjaan   di   bidang keahliannya secara mandiri;

Keterampilan:

Mampu   menunjukkan   kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

 

 

References

Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.

Rustopo, Sutrisno. 1993. Strategi Belajar Mengajar (Bagian I), Kumpulan Bahan Kuliah,. Semarang: IKIP Semarang.

Winataputra, Udin S.  2005. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.

Hasibuan, JJ. 2000. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.

Marno & M. Idris. 2009. Strategi & Metode Pengajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

PERMENDIKNAS RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi  Guru di Indonesia 

PERMENDIKBUD RI No.22,Tahun 2016. 

PERMENDIKBUD RI No. 20,21, 23, 24 Tahun 2016. 


Details ...