Courser in English | Teaching And Learning of Early Childhood |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 2 SKS |
RPS | 4 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
mata kuliah ini membahas mengenai interaksi antara peserta didik dengan pendidik dalam ruang lingkup pendidikan usia dini dan pendidikan dasar. mahasiswa akan menganalisis konsep dan teori pembelajaran berdasarkan pengalaman dan pengamatannya di daerah masing-masing, kemudian mencoba untuk merancang sebuah praktik pembelajaran.
Learning Outcomessetelah menempuh perkuliahan ini mahasiswa diharapkan telah mempunyai kemampuan
- memahamikonsep belajar dan pembelajaran
- mampu menganalisis kondisi pembelajaran disekitar lingkungan masing-masing dengan menggunakan konsepbelajar dan pembelajaran.
- mampu mempunyai rancangan awal inovasi dalam praktik pembelajaran
References
REFERENSI
- Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
- Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 201 Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
- Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
- Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.
- Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
- Silberman, Melvin L. 2006. Active earning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia
Details ...
mata kuliah ini membahas mengenai interaksi antara peserta didik dengan pendidik dalam ruang lingkup pendidikan usia dini dan pendidikan dasar. mahasiswa akan menganalisis konsep dan teori pembelajaran berdasarkan pengalaman dan pengamatannya di daerah masing-masing, kemudian mencoba untuk merancang sebuah praktik pembelajaran.
Learning Outcomessetelah menempuh perkuliahan ini mahasiswa diharapkan telah mempunyai kemampuan
- memahamikonsep belajar dan pembelajaran
- mampu menganalisis kondisi pembelajaran disekitar lingkungan masing-masing dengan menggunakan konsepbelajar dan pembelajaran.
- mampu mempunyai rancangan awal inovasi dalam praktik pembelajaran
References
REFERENSI
- Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
- Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 201 Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
- Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
- Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.
- Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
- Silberman, Melvin L. 2006. Active earning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia
Details ...
Mata diklat ini mengkaji tentang konsep dan aplikasi pendidikan abad 21, konsep dan strategi pengembangan profesi guru, teori belajar dan pembelajaran, konsep dan aplikasi karateristik peserta didik, konsep dan aplikasi strategi pembelajaran, konsep dan aplikasi penilaian serta tindaklanjutnya.
Learning Outcomes- Menguasai teori Pembelajaran Abad 21 dan aplikasinya dalam pembelajaran,
- Menguasai teori Pengembangan Profesi Guru dan aplikasinya,
- Menguasai teori Teori Belajar dan Pembelajaran dan aplikasinya,,
- Menguasai teori karateristik Peserta Didik dan aplikasinya,
- Menguasai Strategi Pembelajaran dan aplikasinya,,
Menguasai Penilaian dan Tindak Lanjut
References1. Rose, C & Nicholl, MJ, (2002) Belajar Cepat Abad XXI , Bandung Yayasan Nuansa Adenia,
2. Wardani, AG.A.K (2000) . Penilaian Hasil Belajar melalui Pengalaman, Dalam cakrawala pendidikan
3. Arikunto, S (1986) , Pengelolaan Kelas dan Siswa, Jakarta, Rajawali
4. Warkitri, Dkk, (1991), Program Layanan Bimbingan Belajar, Jakarta, Karunika
Details ...
Mata diklat ini mengkaji tentang konsep dan aplikasi pendidikan abad 21, konsep dan strategi pengembangan profesi guru, teori belajar dan pembelajaran, konsep dan aplikasi karateristik peserta didik, konsep dan aplikasi strategi pembelajaran, konsep dan aplikasi penilaian serta tindaklanjutnya.
Learning Outcomes- Menguasai teori Pembelajaran Abad 21 dan aplikasinya dalam pembelajaran,
- Menguasai teori Pengembangan Profesi Guru dan aplikasinya,
- Menguasai teori Teori Belajar dan Pembelajaran dan aplikasinya,,
- Menguasai teori karateristik Peserta Didik dan aplikasinya,
- Menguasai Strategi Pembelajaran dan aplikasinya,,
Menguasai Penilaian dan Tindak Lanjut
References1. Rose, C & Nicholl, MJ, (2002) Belajar Cepat Abad XXI , Bandung Yayasan Nuansa Adenia,
2. Wardani, AG.A.K (2000) . Penilaian Hasil Belajar melalui Pengalaman, Dalam cakrawala pendidikan
3. Arikunto, S (1986) , Pengelolaan Kelas dan Siswa, Jakarta, Rajawali
4. Warkitri, Dkk, (1991), Program Layanan Bimbingan Belajar, Jakarta, Karunika
Details ...