Courser in English | Technical Reading and Comprehension |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 14 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Membaca Teknik dan Pemahaman mendukung kompetensi utama untuk menjadi guru mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah lanjutan yang dapat menguasai pengetahuan tentang keterampilan membaca sampai pemahaman bacaan. Mata kuliah ini merupakan pengetahuan dasar tentang keterampilan membaca dan menjadi dasar bagi mata kuliah lanjutannya yaitu Membaca Komprehensif. Mata kuliah berikut minimal, meliputi: pengertian, jenis-jenis membaca, teknik membaca, faktor-faktor penunjang dan penghambat, pemahaman bacaan, dan cara mengajarkan keterampilan membaca pada siswa.
Learning OutcomesSikap:
Memiliki sikap etis dan estetis, tentang membaca teknik dan pemahaman secara komunikatif, adaptif, dan apresiatif.
Keterampilan Umum:
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif tentang membaca teknik dan pemahaman dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Keterampilan Khusus:
Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia tentang membaca teknik dan pemahaman dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
Penguasaan Pengetahuan:
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra tentang membaca teknik dan pemahaman, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia.
ReferencesIhromi. 1968. Belajar Membaca dan Mengajar. Jakarta:Balai Pustaka.
Lubis, Mochtar. 1960. Teknik Mengarang. Jakarta: Balai Pustaka.
Tarigan, Henry Guntur. 1977. Linguistik Kontrastif. Bandung: FKSS IKIP.
Tarigan, Henry Guntur. 1978. Prinsip-Prinsip Dasar Fiksi. Bandung: FKSS IKIP.
Tarigan, Henry Guntur. 1979. Membaca: sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Details ...
Mata kuliah Membaca Teknik dan Pemahaman mendukung kompetensi utama untuk menjadi guru mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah lanjutan yang dapat menguasai pengetahuan tentang keterampilan membaca sampai pemahaman bacaan. Mata kuliah ini merupakan pengetahuan dasar tentang keterampilan membaca dan menjadi dasar bagi mata kuliah lanjutannya yaitu Membaca Komprehensif. Mata kuliah berikut minimal, meliputi: pengertian, jenis-jenis membaca, teknik membaca, faktor-faktor penunjang dan penghambat, pemahaman bacaan, dan cara mengajarkan keterampilan membaca pada siswa.
Learning OutcomesSikap:
Memiliki sikap etis dan estetis, tentang membaca teknik dan pemahaman secara komunikatif, adaptif, dan apresiatif.
Keterampilan Umum:
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif tentang membaca teknik dan pemahaman dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Keterampilan Khusus:
Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia tentang membaca teknik dan pemahaman dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
Penguasaan Pengetahuan:
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra tentang membaca teknik dan pemahaman, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia.
ReferencesIhromi. 1968. Belajar Membaca dan Mengajar. Jakarta:Balai Pustaka.
Lubis, Mochtar. 1960. Teknik Mengarang. Jakarta: Balai Pustaka.
Tarigan, Henry Guntur. 1977. Linguistik Kontrastif. Bandung: FKSS IKIP.
Tarigan, Henry Guntur. 1978. Prinsip-Prinsip Dasar Fiksi. Bandung: FKSS IKIP.
Tarigan, Henry Guntur. 1979. Membaca: sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Details ...
Mata kuliah Membaca Teknik dan Pemahaman mendukung kompetensi utama untuk menjadi guru mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah lanjutan yang dapat menguasai pengetahuan tentang keterampilan membaca sampai pemahaman bacaan. Mata kuliah ini merupakan pengetahuan dasar tentang keterampilan membaca dan menjadi dasar bagi mata kuliah lanjutannya yaitu Membaca Komprehensif. Mata kuliah berikut minimal, meliputi: pengertian, jenis-jenis membaca, teknik membaca, faktor-faktor penunjang dan penghambat, pemahaman bacaan, dan cara mengajarkan keterampilan membaca pada siswa.
Learning OutcomesSikap:
Memiliki sikap etis dan estetis, tentang membaca teknik dan pemahaman secara komunikatif, adaptif, dan apresiatif.
Keterampilan Umum:
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif tentang membaca teknik dan pemahaman dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Keterampilan Khusus:
Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia tentang membaca teknik dan pemahaman dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
Penguasaan Pengetahuan:
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra tentang membaca teknik dan pemahaman, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia.
ReferencesIhromi. 1968. Belajar Membaca dan Mengajar. Jakarta:Balai Pustaka.
Lubis, Mochtar. 1960. Teknik Mengarang. Jakarta: Balai Pustaka.
Tarigan, Henry Guntur. 1977. Linguistik Kontrastif. Bandung: FKSS IKIP.
Tarigan, Henry Guntur. 1978. Prinsip-Prinsip Dasar Fiksi. Bandung: FKSS IKIP.
Tarigan, Henry Guntur. 1979. Membaca: sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Details ...
Mata kuliah Membaca Teknik dan Pemahaman mendukung kompetensi utama untuk menjadi guru mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah lanjutan yang dapat menguasai pengetahuan tentang keterampilan membaca sampai pemahaman bacaan. Mata kuliah ini merupakan pengetahuan dasar tentang keterampilan membaca dan menjadi dasar bagi mata kuliah lanjutannya yaitu Membaca Komprehensif. Mata kuliah berikut minimal, meliputi: pengertian, jenis-jenis membaca, teknik membaca, faktor-faktor penunjang dan penghambat, pemahaman bacaan, dan cara mengajarkan keterampilan membaca pada siswa.
Learning OutcomesSikap:
Memiliki sikap etis dan estetis, tentang membaca teknik dan pemahaman secara komunikatif, adaptif, dan apresiatif.
Keterampilan Umum:
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif tentang membaca teknik dan pemahaman dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Keterampilan Khusus:
Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia tentang membaca teknik dan pemahaman dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
Penguasaan Pengetahuan:
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra tentang membaca teknik dan pemahaman, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia.
ReferencesIhromi. 1968. Belajar Membaca dan Mengajar. Jakarta:Balai Pustaka.
Lubis, Mochtar. 1960. Teknik Mengarang. Jakarta: Balai Pustaka.
Tarigan, Henry Guntur. 1977. Linguistik Kontrastif. Bandung: FKSS IKIP.
Tarigan, Henry Guntur. 1978. Prinsip-Prinsip Dasar Fiksi. Bandung: FKSS IKIP.
Tarigan, Henry Guntur. 1979. Membaca: sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Details ...
Mata kuliah Membaca Teknik dan Pemahaman mendukung kompetensi utama untuk menjadi guru mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah lanjutan yang dapat menguasai pengetahuan tentang keterampilan membaca sampai pemahaman bacaan. Mata kuliah ini merupakan pengetahuan dasar tentang keterampilan membaca dan menjadi dasar bagi mata kuliah lanjutannya yaitu Membaca Komprehensif. Mata kuliah berikut minimal, meliputi: pengertian, jenis-jenis membaca, teknik membaca, faktor-faktor penunjang dan penghambat, pemahaman bacaan, dan cara mengajarkan keterampilan membaca pada siswa.
Learning OutcomesSikap:
Memiliki sikap etis dan estetis, tentang membaca teknik dan pemahaman secara komunikatif, adaptif, dan apresiatif.
Keterampilan Umum:
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif tentang membaca teknik dan pemahaman dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Keterampilan Khusus:
Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia tentang membaca teknik dan pemahaman dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
Penguasaan Pengetahuan:
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra tentang membaca teknik dan pemahaman, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia.
ReferencesIhromi. 1968. Belajar Membaca dan Mengajar. Jakarta:Balai Pustaka.
Lubis, Mochtar. 1960. Teknik Mengarang. Jakarta: Balai Pustaka.
Tarigan, Henry Guntur. 1977. Linguistik Kontrastif. Bandung: FKSS IKIP.
Tarigan, Henry Guntur. 1978. Prinsip-Prinsip Dasar Fiksi. Bandung: FKSS IKIP.
Tarigan, Henry Guntur. 1979. Membaca: sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Details ...
Mata kuliah Membaca Teknik dan Pemahaman mendukung kompetensi utama untuk menjadi guru mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah lanjutan yang dapat menguasai pengetahuan tentang keterampilan membaca sampai pemahaman bacaan. Mata kuliah ini merupakan pengetahuan dasar tentang keterampilan membaca dan menjadi dasar bagi mata kuliah lanjutannya yaitu Membaca Komprehensif. Mata kuliah berikut minimal, meliputi: pengertian, jenis-jenis membaca, teknik membaca, faktor-faktor penunjang dan penghambat, pemahaman bacaan, dan cara mengajarkan keterampilan membaca pada siswa.
Learning OutcomesSikap:
Memiliki sikap etis dan estetis, tentang membaca teknik dan pemahaman secara komunikatif, adaptif, dan apresiatif.
Keterampilan Umum:
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif tentang membaca teknik dan pemahaman dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Keterampilan Khusus:
Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia tentang membaca teknik dan pemahaman dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
Penguasaan Pengetahuan:
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra tentang membaca teknik dan pemahaman, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia.
ReferencesIhromi. 1968. Belajar Membaca dan Mengajar. Jakarta:Balai Pustaka.
Lubis, Mochtar. 1960. Teknik Mengarang. Jakarta: Balai Pustaka.
Tarigan, Henry Guntur. 1977. Linguistik Kontrastif. Bandung: FKSS IKIP.
Tarigan, Henry Guntur. 1978. Prinsip-Prinsip Dasar Fiksi. Bandung: FKSS IKIP.
Tarigan, Henry Guntur. 1979. Membaca: sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Details ...
Mata kuliah Membaca Teknik dan Pemahaman mendukung kompetensi utama untuk menjadi guru mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah lanjutan yang dapat menguasai pengetahuan tentang keterampilan membaca sampai pemahaman bacaan. Mata kuliah ini merupakan pengetahuan dasar tentang keterampilan membaca dan menjadi dasar bagi mata kuliah lanjutannya yaitu Membaca Komprehensif. Mata kuliah berikut minimal, meliputi: pengertian, jenis-jenis membaca, teknik membaca, faktor-faktor penunjang dan penghambat, pemahaman bacaan, dan cara mengajarkan keterampilan membaca pada siswa.
Learning OutcomesSikap:
Memiliki sikap etis dan estetis, tentang membaca teknik dan pemahaman secara komunikatif, adaptif, dan apresiatif.
Keterampilan Umum:
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif tentang membaca teknik dan pemahaman dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Keterampilan Khusus:
Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia tentang membaca teknik dan pemahaman dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
Penguasaan Pengetahuan:
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra tentang membaca teknik dan pemahaman, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia.
ReferencesIhromi. 1968. Belajar Membaca dan Mengajar. Jakarta:Balai Pustaka.
Lubis, Mochtar. 1960. Teknik Mengarang. Jakarta: Balai Pustaka.
Tarigan, Henry Guntur. 1977. Linguistik Kontrastif. Bandung: FKSS IKIP.
Tarigan, Henry Guntur. 1978. Prinsip-Prinsip Dasar Fiksi. Bandung: FKSS IKIP.
Tarigan, Henry Guntur. 1979. Membaca: sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Details ...
Mata kuliah Membaca Teknik dan Pemahaman mendukung kompetensi utama untuk menjadi guru mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah lanjutan yang dapat menguasai pengetahuan tentang keterampilan membaca sampai pemahaman bacaan. Mata kuliah ini merupakan pengetahuan dasar tentang keterampilan membaca dan menjadi dasar bagi mata kuliah lanjutannya yaitu Membaca Komprehensif. Mata kuliah berikut minimal, meliputi: pengertian, jenis-jenis membaca, teknik membaca, faktor-faktor penunjang dan penghambat, pemahaman bacaan, dan cara mengajarkan keterampilan membaca pada siswa.Mata kuliah Membaca Teknik dan Pemahaman mendukung kompetensi utama untuk menjadi guru mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah lanjutan yang dapat menguasai pengetahuan tentang keterampilan membaca sampai pemahaman bacaan. Mata kuliah ini merupakan pengetahuan dasar tentang keterampilan membaca dan menjadi dasar bagi mata kuliah lanjutannya yaitu Membaca Komprehensif. Mata kuliah berikut minimal, meliputi: pengertian, jenis-jenis membaca, teknik membaca, faktor-faktor penunjang dan penghambat, pemahaman bacaan, dan cara mengajarkan keterampilan membaca pada siswa.
Learning OutcomesSikap:
Memiliki sikap etis dan estetis, tentang membaca teknik dan pemahaman secara komunikatif, adaptif, dan apresiatif.
Keterampilan Umum:
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif tentang membaca teknik dan pemahaman dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Keterampilan Khusus:
Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia tentang membaca teknik dan pemahaman dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
Penguasaan Pengetahuan:
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra tentang membaca teknik dan pemahaman, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia.
References
Ihromi. 1968. Belajar Membaca dan Mengajar. Jakarta:Balai Pustaka.
Lubis, Mochtar. 1960. Teknik Mengarang. Jakarta: Balai Pustaka.
Tarigan, Henry Guntur. 1977. Linguistik Kontrastif. Bandung: FKSS IKIP.
Tarigan, Henry Guntur. 1978. Prinsip-Prinsip Dasar Fiksi. Bandung: FKSS IKIP.
Tarigan, Henry Guntur. 1979. Membaca: sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Details ...
Mata kuliah Membaca Teknik dan Pemahaman mendukung kompetensi utama untuk menjadi guru mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah lanjutan yang dapat menguasai pengetahuan tentang keterampilan membaca sampai pemahaman bacaan. Mata kuliah ini merupakan pengetahuan dasar tentang keterampilan membaca dan menjadi dasar bagi mata kuliah lanjutannya yaitu Membaca Komprehensif. Mata kuliah berikut minimal, meliputi: pengertian, jenis-jenis membaca, teknik membaca, faktor-faktor penunjang dan penghambat, pemahaman bacaan, dan cara mengajarkan keterampilan membaca pada siswa.Mata kuliah Membaca Teknik dan Pemahaman mendukung kompetensi utama untuk menjadi guru mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah lanjutan yang dapat menguasai pengetahuan tentang keterampilan membaca sampai pemahaman bacaan. Mata kuliah ini merupakan pengetahuan dasar tentang keterampilan membaca dan menjadi dasar bagi mata kuliah lanjutannya yaitu Membaca Komprehensif. Mata kuliah berikut minimal, meliputi: pengertian, jenis-jenis membaca, teknik membaca, faktor-faktor penunjang dan penghambat, pemahaman bacaan, dan cara mengajarkan keterampilan membaca pada siswa.
Learning OutcomesSikap:
Memiliki sikap etis dan estetis, tentang membaca teknik dan pemahaman secara komunikatif, adaptif, dan apresiatif.
Keterampilan Umum:
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif tentang membaca teknik dan pemahaman dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Keterampilan Khusus:
Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia tentang membaca teknik dan pemahaman dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
Penguasaan Pengetahuan:
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra tentang membaca teknik dan pemahaman, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia.
References
Ihromi. 1968. Belajar Membaca dan Mengajar. Jakarta:Balai Pustaka.
Lubis, Mochtar. 1960. Teknik Mengarang. Jakarta: Balai Pustaka.
Tarigan, Henry Guntur. 1977. Linguistik Kontrastif. Bandung: FKSS IKIP.
Tarigan, Henry Guntur. 1978. Prinsip-Prinsip Dasar Fiksi. Bandung: FKSS IKIP.
Tarigan, Henry Guntur. 1979. Membaca: sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Details ...
Mata kuliah Membaca Teknik dan Pemahaman mendukung kompetensi utama untuk menjadi guru mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah lanjutan yang dapat menguasai pengetahuan tentang keterampilan membaca sampai pemahaman bacaan. Mata kuliah ini merupakan pengetahuan dasar tentang keterampilan membaca dan menjadi dasar bagi mata kuliah lanjutannya yaitu Membaca Komprehensif. Mata kuliah berikut minimal, meliputi: pengertian, jenis-jenis membaca, teknik membaca, faktor-faktor penunjang dan penghambat, pemahaman bacaan, dan cara mengajarkan keterampilan membaca pada siswa.
Learning OutcomesSikap:
Memiliki sikap etis dan estetis, tentang membaca teknik dan pemahaman secara komunikatif, adaptif, dan apresiatif.
Keterampilan Umum:
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif tentang membaca teknik dan pemahaman dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Keterampilan Khusus:
Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia tentang membaca teknik dan pemahaman dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
Penguasaan Pengetahuan:
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra tentang membaca teknik dan pemahaman, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia.
ReferencesIhromi. 1968. Belajar Membaca dan Mengajar. Jakarta:Balai Pustaka.
Lubis, Mochtar. 1960. Teknik Mengarang. Jakarta: Balai Pustaka.
Tarigan, Henry Guntur. 1977. Linguistik Kontrastif. Bandung: FKSS IKIP.
Tarigan, Henry Guntur. 1978. Prinsip-Prinsip Dasar Fiksi. Bandung: FKSS IKIP.
Tarigan, Henry Guntur. 1979. Membaca: sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Details ...
Mata kuliah Membaca Teknik dan Pemahaman mendukung kompetensi utama untuk menjadi guru mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah lanjutan yang dapat menguasai pengetahuan tentang keterampilan membaca sampai pemahaman bacaan. Mata kuliah ini merupakan pengetahuan dasar tentang keterampilan membaca dan menjadi dasar bagi mata kuliah lanjutannya yaitu Membaca Komprehensif. Mata kuliah berikut minimal, meliputi: pengertian, jenis-jenis membaca, teknik membaca, faktor-faktor penunjang dan penghambat, pemahaman bacaan, dan cara mengajarkan keterampilan membaca pada siswa.
Learning OutcomesSikap:
Memiliki sikap etis dan estetis, tentang membaca teknik dan pemahaman secara komunikatif, adaptif, dan apresiatif.
Keterampilan Umum:
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif tentang membaca teknik dan pemahaman dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Keterampilan Khusus:
Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia tentang membaca teknik dan pemahaman dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
Penguasaan Pengetahuan:
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra tentang membaca teknik dan pemahaman, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia.
ReferencesIhromi. 1968. Belajar Membaca dan Mengajar. Jakarta:Balai Pustaka.
Lubis, Mochtar. 1960. Teknik Mengarang. Jakarta: Balai Pustaka.
Tarigan, Henry Guntur. 1977. Linguistik Kontrastif. Bandung: FKSS IKIP.
Tarigan, Henry Guntur. 1978. Prinsip-Prinsip Dasar Fiksi. Bandung: FKSS IKIP.
Tarigan, Henry Guntur. 1979. Membaca: sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Details ...
Mata kuliah Membaca Teknik dan Pemahaman mendukung kompetensi utama untuk menjadi guru mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah lanjutan yang dapat menguasai pengetahuan tentang keterampilan membaca sampai pemahaman bacaan. Mata kuliah ini merupakan pengetahuan dasar tentang keterampilan membaca dan menjadi dasar bagi mata kuliah lanjutannya yaitu Membaca Komprehensif. Mata kuliah berikut minimal, meliputi: pengertian, jenis-jenis membaca, teknik membaca, faktor-faktor penunjang dan penghambat, pemahaman bacaan, dan cara mengajarkan keterampilan membaca pada siswa.
Learning OutcomesSikap:
Memiliki sikap etis dan estetis, tentang membaca teknik dan pemahaman secara komunikatif, adaptif, dan apresiatif.
Keterampilan Umum:
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif tentang membaca teknik dan pemahaman dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Keterampilan Khusus:
Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia tentang membaca teknik dan pemahaman dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
Penguasaan Pengetahuan:
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra tentang membaca teknik dan pemahaman, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia.
ReferencesIhromi. 1968. Belajar Membaca dan Mengajar. Jakarta:Balai Pustaka.
Lubis, Mochtar. 1960. Teknik Mengarang. Jakarta: Balai Pustaka.
Tarigan, Henry Guntur. 1977. Linguistik Kontrastif. Bandung: FKSS IKIP.
Tarigan, Henry Guntur. 1978. Prinsip-Prinsip Dasar Fiksi. Bandung: FKSS IKIP.
Tarigan, Henry Guntur. 1979. Membaca: sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Details ...