Konsep Dasar Moral Agama & Sosial emosional, Curriculum : 2020


Courser in English-
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS3 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang tahap perkembangan moral anak usia dini; berbagai pendekatan pengembangan moral dan agama anak usia dini; pengembangan nilai-nilai keagamaan anak-anak usia dini; ruang lingkup pengembangan nilai-nilai agama anak usia dini; staretgi dan perencanaan pengembangan keagamaa pada anak usia dini; serta instrumen penilaian pengembangan keagamaan anak usia dini.mata kuliah ini juga mengkaji pengembangan sosial emosi pada anak usia dini dengan bahasan : perkembangan emosi dan perkembangan sosial anak; karakteristik perkembangan sosial emosi anak usia dini; faktor dan kondisi yang mempengaruhi sosial emosi anak usia dini; pentingnya pengembangan sosial emosi pada anak usia dini; cara terpadu pengembangan sosial emosi anak usia dini; strategi pengembangan sosial emosi pada anak usia dini; dan evaluasi pengembangan sosial emosi pada anak usia dini

Learning Outcomes

1. S. 1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.

2. S. 3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

3. S. 6 Bekerjasama dan memilikikepekaansosialsertakepedulianterhadapmasyarakat dan lingkungan

4. P.1 Memahami landasan agama, filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;

5. P.5 Menguasai konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang kajian; pendidikan anak usia dini;

6. KU. 2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.   

7. KU. 3 Mampu mengkajii mplikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

8. KK. 1 Mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural untuk kepentingan pembelajaran;

9. KK. 9 mengembangkan kurikulum PAUD sesuai dengan bidang tugas  

References

    1.  Nugraha, & Rachmawati. 2006. Metode Pengembangan Sosial dan Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka
    2. Fauziddin,  M.  (2016).  Pembelajaran  AgamaIslam Melalui Bermain pada Anak UsiaDini (Studi Kasus di TKIT Nurul Islam Pare Kebupaten Kediri Jawa Timur). JURNAL PAUD TAMBUSAI, 2(2), 8–17.
    3. Kementrian    Pendidikan    Nasional.    (2012).Pedoman   Pendidikan   Karakter   pada Pendidikan anak Usia Dini, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak  Usia  Dini Direktorat   Jenderal   Pendidikan   Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal. Jakarta: Kemendiknas.
    4. Kohlberg, L. (1995). Tahap – Tahap Perkembangan Moral (Alih bahasa John de Santo dan Agus Cremers SVD). Yogyakarta: Kanisius
    5. Kurnia,       Y.       (2015).       Pengembangan Kemampuan  Nilai-nilai  Agama  dan Moral di TK. Bandung: PPPPTK TK dan PLB. 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang tahap perkembangan moral anak usia dini; berbagai pendekatan pengembangan moral dan agama anak usia dini; pengembangan nilai-nilai keagamaan anak-anak usia dini; ruang lingkup pengembangan nilai-nilai agama anak usia dini; staretgi dan perencanaan pengembangan keagamaa pada anak usia dini; serta instrumen penilaian pengembangan keagamaan anak usia dini.mata kuliah ini juga mengkaji pengembangan sosial emosi pada anak usia dini dengan bahasan : perkembangan emosi dan perkembangan sosial anak; karakteristik perkembangan sosial emosi anak usia dini; faktor dan kondisi yang mempengaruhi sosial emosi anak usia dini; pentingnya pengembangan sosial emosi pada anak usia dini; cara terpadu pengembangan sosial emosi anak usia dini; strategi pengembangan sosial emosi pada anak usia dini; dan evaluasi pengembangan sosial emosi pada anak usia dini

Learning Outcomes

1. S. 1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.

2. S. 3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

3. S. 6 Bekerjasama dan memilikikepekaansosialsertakepedulianterhadapmasyarakat dan lingkungan

4. P.1 Memahami landasan agama, filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;

5. P.5 Menguasai konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang kajian; pendidikan anak usia dini;

6. KU. 2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.   

7. KU. 3 Mampu mengkajii mplikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

8. KK. 1 Mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural untuk kepentingan pembelajaran;

9. KK. 9 mengembangkan kurikulum PAUD sesuai dengan bidang tugas  

References

    1.  Nugraha, & Rachmawati. 2006. Metode Pengembangan Sosial dan Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka
    2. Fauziddin,  M.  (2016).  Pembelajaran  AgamaIslam Melalui Bermain pada Anak UsiaDini (Studi Kasus di TKIT Nurul Islam Pare Kebupaten Kediri Jawa Timur). JURNAL PAUD TAMBUSAI, 2(2), 8–17.
    3. Kementrian    Pendidikan    Nasional.    (2012).Pedoman   Pendidikan   Karakter   pada Pendidikan anak Usia Dini, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak  Usia  Dini Direktorat   Jenderal   Pendidikan   Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal. Jakarta: Kemendiknas.
    4. Kohlberg, L. (1995). Tahap – Tahap Perkembangan Moral (Alih bahasa John de Santo dan Agus Cremers SVD). Yogyakarta: Kanisius
    5. Kurnia,       Y.       (2015).       Pengembangan Kemampuan  Nilai-nilai  Agama  dan Moral di TK. Bandung: PPPPTK TK dan PLB. 


Details ...