Landasan Kependidikan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishEducational Foundation
ProgramPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
SKS2 SKS
RPS7 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini secara konstruktif memberikan pengalaman belajar, mengkondisikan untuk melakukan pengkajian dan tindakan terbimbing dalam upaya pemilikan wawasan dasar kependidikan yang dapat dijadikan titik pijak dalam melaksanakan aktifitas pendidikan. Ruang lingkup matakuliah ini meliputi:  konsep pendidikan, konsep ilmu pendidikan, keterkaitan manusia dengan pendidikan, landasan, azas dan prinsip-prinsip pendidikan, perjalanan sejarah pendidikan di indonesia, serta permasalahan pendidikan dalam praktek pendidikan.

Learning Outcomes

  1. Mendeskripsikan konsep pendidikan, dalam kaitannya dengan pengembangan manusia; 
  2. Memiliki penalaran yang sistematis dalam konteks pendidikan sebagai suatu ilmu;
  3. Menghasilkan kajian ilmiah tentang penerapan landasan dan asas pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan;
  4. Memiliki pemahaman praksis dasar dalam pelaksanakan pendidikan;
  5. Memetakan berbagai permasalahan pelaksanaan pendidikan dikaitkan dengan konsep, teori, landasan dan prinsip-prinsip pendidikan;
  6. Merumuskan gagasan strategi pemecahan masalah terhadap masalah-masalah yang terjadi dalam implementasi konsep, teori, landasan dan prinsip-prinsip pendidikan.
  7. Merumuskan perjalanan sejarah pendidikan di indonesia dalam konteks pendidikan kekinian.

References

  1. B. Suryosubroto. Beberapa Aspek Dasar-Dasar Kependidikan. Rineka Cipta, Jakarta, 2010
  2. Hamdani, Dasar-Dasar Kependidikan, Pustaka Setia, Bandung, 2011
  3. Husnan Bey Fananie. Pedoman Pendidikan Modern, Tinta Medina, 2011
  4. M. Fuad Ihsan.   Dasar-Dasar Kependidikan.  Rineka Cipta, 2011
  5. M. Suardi,Pengantar Pendidikan Teori dan Aplikasi, PT Indeks, Jakarta, 2012
  6. M. Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung, 2007
  7. Redja Mudyahardjo, Pengantar Pendidikan. Sebuah Studi awal tentang dasar-dasar pendidikan. Grafindo, Jakarta, 2014.
  8. Sudarwan Danim. Pengantar Kependidikan, Alfabeta, Bandung, 2010
  9. Sutirta dan Samsudin Asep 2015. Landasan Kependidikan, Bandung: Refika Aditama
  10. Tatang S. Ilmu Pendidikan, Pustaka Setia, Bandung 2012
  11. Thalib Kasan, Dasar-Dasar Pendidikan, Studia Pres, Jakarta, 2009
  12. Umar Tirtarahardja dan S.L. La Sulo, Pengantar Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 2008
  13. Undang-undang No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional serta peraturan terkait lainnya.
  14. Waini Rasyidin, pedagogik teoritis dan praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
  15. Zahara Idris dan Lisma Jamal. Pengantar pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia,


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini secara konstruktif memberikan pengalaman belajar, mengkondisikan untuk melakukan pengkajian dan tindakan terbimbing dalam upaya pemilikan wawasan dasar kependidikan yang dapat dijadikan titik pijak dalam melaksanakan aktifitas pendidikan. Ruang lingkup matakuliah ini meliputi:  konsep pendidikan, konsep ilmu pendidikan, keterkaitan manusia dengan pendidikan, landasan, azas dan prinsip-prinsip pendidikan, perjalanan sejarah pendidikan di indonesia, serta permasalahan pendidikan dalam praktek pendidikan

Learning Outcomes

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami, menjelaskan, membedakan, memberikan contoh, menganalisis serta, mengkritisi konsep pendidikan, dan mengkaitkannya dengan realitas pendidikan sehari-hari.

 

References

  1. . Suryosubroto. Beberapa Aspek Dasar-Dasar Kependidikan. Rineka Cipta, Jakarta, 2010
  2. Hamdani, Dasar-Dasar Kependidikan, Pustaka Setia, Bandung, 2011
  3. Husnan Bey Fananie. Pedoman Pendidikan Modern, Tinta Medina, 2011
  4. M. Fuad Ihsan.   Dasar-Dasar Kependidikan.  Rineka Cipta, 2011
  5. M. Suardi,Pengantar Pendidikan Teori dan Aplikasi, PT Indeks, Jakarta, 2012
  6. M. Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung, 2007
  7. Redja Mudyahardjo, Pengantar Pendidikan. Sebuah Studi awal tentang dasar-dasar pendidikan. Grafindo, Jakarta, 2014.
  8. Sudarwan Danim. Pengantar Kependidikan, Alfabeta, Bandung, 2010
  9. Sutirta dan Samsudin Asep 2015. Landasan Kependidikan, Bandung: Refika Aditama
  10. Tatang S. Ilmu Pendidikan, Pustaka Setia, Bandung 2012
  11. Thalib Kasan, Dasar-Dasar Pendidikan, Studia Pres, Jakarta, 2009
  12. Umar Tirtarahardja dan S.L. La Sulo, Pengantar Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 2008
  13. Undang-undang No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional serta peraturan terkait lainnya.
  14. Waini Rasyidin, pedagogik teoritis dan praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
  15. Zahara Idris dan Lisma Jamal. Pengantar pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia,


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini secara konstruktif memberikan pengalaman belajar, mengkondisikan untuk melakukan pengkajian dan tindakan terbimbing dalam upaya pemilikan wawasan dasar kependidikan yang dapat dijadikan titik pijak dalam melaksanakan aktifitas pendidikan. Ruang lingkup matakuliah ini meliputi:  konsep pendidikan, konsep ilmu pendidikan, keterkaitan manusia dengan pendidikan, landasan, azas dan prinsip-prinsip pendidikan, perjalanan sejarah pendidikan di indonesia, serta permasalahan pendidikan dalam praktek pendidikan.

Learning Outcomes

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami, menjelaskan, membedakan, memberikan contoh, menganalisis serta, mengkritisi konsep pendidikan, dan mengkaitkannya dengan realitas pendidikan sehari-hari.

References

  1. B. Suryosubroto. Beberapa Aspek Dasar-Dasar Kependidikan. Rineka Cipta, Jakarta, 2010
  2. Hamdani, Dasar-Dasar Kependidikan, Pustaka Setia, Bandung, 2011
  3. Husnan Bey Fananie. Pedoman Pendidikan Modern, Tinta Medina, 2011
  4. M. Fuad Ihsan.   Dasar-Dasar Kependidikan.  Rineka Cipta, 2011
  5. M. Suardi,Pengantar Pendidikan Teori dan Aplikasi, PT Indeks, Jakarta, 2012
  6. M. Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung, 2007
  7. Redja Mudyahardjo, Pengantar Pendidikan. Sebuah Studi awal tentang dasar-dasar pendidikan. Grafindo, Jakarta, 2014.
  8. Sudarwan Danim. Pengantar Kependidikan, Alfabeta, Bandung, 2010
  9. Sutirta dan Samsudin Asep 2015. Landasan Kependidikan, Bandung: Refika Aditama
  10. Tatang S. Ilmu Pendidikan, Pustaka Setia, Bandung 2012
  11. Thalib Kasan, Dasar-Dasar Pendidikan, Studia Pres, Jakarta, 2009
  12. Umar Tirtarahardja dan S.L. La Sulo, Pengantar Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 2008
  13. Undang-undang No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional serta peraturan terkait lainnya.
  14. Waini Rasyidin, pedagogik teoritis dan praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
  15. Zahara Idris dan Lisma Jamal. Pengantar pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia,


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini secara konstruktif memberikan pengalaman belajar, mengkondisikan untuk melakukan pengkajian dan tindakan terbimbing dalam upaya pemilikan wawasan dasar kependidikan yang dapat dijadikan titik pijak dalam melaksanakan aktifitas pendidikan. Ruang lingkup matakuliah ini meliputi:  konsep pendidikan, konsep ilmu pendidikan, keterkaitan manusia dengan pendidikan, landasan, azas dan prinsip-prinsip pendidikan, perjalanan sejarah pendidikan di indonesia, serta permasalahan pendidikan dalam praktek pendidikan.

Learning Outcomes

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami, menjelaskan, membedakan, memberikan contoh, menganalisis serta, mengkritisi konsep pendidikan, dan mengkaitkannya dengan realitas pendidikan sehari-hari.

References

  1. B. Suryosubroto. Beberapa Aspek Dasar-Dasar Kependidikan. Rineka Cipta, Jakarta, 2010
  2. Hamdani, Dasar-Dasar Kependidikan, Pustaka Setia, Bandung, 2011
  3. Husnan Bey Fananie. Pedoman Pendidikan Modern, Tinta Medina, 2011
  4. M. Fuad Ihsan.   Dasar-Dasar Kependidikan.  Rineka Cipta, 2011
  5. M. Suardi,Pengantar Pendidikan Teori dan Aplikasi, PT Indeks, Jakarta, 2012
  6. M. Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung, 2007
  7. Redja Mudyahardjo, Pengantar Pendidikan. Sebuah Studi awal tentang dasar-dasar pendidikan. Grafindo, Jakarta, 2014.
  8. Sudarwan Danim. Pengantar Kependidikan, Alfabeta, Bandung, 2010
  9. Sutirta dan Samsudin Asep 2015. Landasan Kependidikan, Bandung: Refika Aditama
  10. Tatang S. Ilmu Pendidikan, Pustaka Setia, Bandung 2012
  11. Thalib Kasan, Dasar-Dasar Pendidikan, Studia Pres, Jakarta, 2009
  12. Umar Tirtarahardja dan S.L. La Sulo, Pengantar Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 2008
  13. Undang-undang No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional serta peraturan terkait lainnya.
  14. Waini Rasyidin, pedagogik teoritis dan praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
  15. Zahara Idris dan Lisma Jamal. Pengantar pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia,


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini secara konstruktif memberikan pengalaman belajar, mengkondisikan untuk melakukan pengkajian dan tindakan terbimbing dalam upaya pemilikan wawasan dasar kependidikan yang dapat dijadikan titik pijak dalam melaksanakan aktifitas pendidikan. Ruang lingkup matakuliah ini meliputi:  konsep pendidikan, konsep ilmu pendidikan, keterkaitan manusia dengan pendidikan, landasan, azas dan prinsip-prinsip pendidikan, perjalanan sejarah pendidikan di indonesia, serta permasalahan pendidikan dalam praktek pendidikan.

Learning Outcomes

  1. Mendeskripsikan konsep pendidikan, dalam kaitannya dengan pengembangan manusia; 
  2. Memiliki penalaran yang sistematis dalam konteks pendidikan sebagai suatu ilmu;
  3. Menghasilkan kajian ilmiah tentang penerapan landasan dan asas pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan;
  4. Memiliki pemahaman praksis dasar dalam pelaksanakan pendidikan;
  5. Memetakan berbagai permasalahan pelaksanaan pendidikan dikaitkan dengan konsep, teori, landasan dan prinsip-prinsip pendidikan;
  6. Merumuskan gagasan strategi pemecahan masalah terhadap masalah-masalah yang terjadi dalam implementasi konsep, teori, landasan dan prinsip-prinsip pendidikan.
  7. Merumuskan perjalanan sejarah pendidikan di indonesia dalam konteks pendidikan kekinian.

References

  1. B. Suryosubroto. Beberapa Aspek Dasar-Dasar Kependidikan. Rineka Cipta, Jakarta, 2010
  2. Hamdani, Dasar-Dasar Kependidikan, Pustaka Setia, Bandung, 2011
  3. Husnan Bey Fananie. Pedoman Pendidikan Modern, Tinta Medina, 2011
  4. M. Fuad Ihsan.   Dasar-Dasar Kependidikan.  Rineka Cipta, 2011
  5. M. Suardi,Pengantar Pendidikan Teori dan Aplikasi, PT Indeks, Jakarta, 2012
  6. M. Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung, 2007
  7. Redja Mudyahardjo, Pengantar Pendidikan. Sebuah Studi awal tentang dasar-dasar pendidikan. Grafindo, Jakarta, 2014.
  8. Sudarwan Danim. Pengantar Kependidikan, Alfabeta, Bandung, 2010
  9. Sutirta dan Samsudin Asep 2015. Landasan Kependidikan, Bandung: Refika Aditama
  10. Tatang S. Ilmu Pendidikan, Pustaka Setia, Bandung 2012
  11. Thalib Kasan, Dasar-Dasar Pendidikan, Studia Pres, Jakarta, 2009
  12. Umar Tirtarahardja dan S.L. La Sulo, Pengantar Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 2008
  13. Undang-undang No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional serta peraturan terkait lainnya.
  14. Waini Rasyidin, pedagogik teoritis dan praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
  15. Zahara Idris dan Lisma Jamal. Pengantar pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia,


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini secara konstruktif memberikan pengalaman belajar, mengkondisikan untuk melakukan pengkajian dan tindakan terbimbing dalam upaya pemilikan wawasan dasar kependidikan yang dapat dijadikan titik pijak dalam melaksanakan aktifitas pendidikan. Ruang lingkup matakuliah ini meliputi:  konsep pendidikan, konsep ilmu pendidikan, keterkaitan manusia dengan pendidikan, landasan, azas dan prinsip-prinsip pendidikan, perjalanan sejarah pendidikan di indonesia, serta permasalahan pendidikan dalam praktek pendidikan.

Learning Outcomes

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami, menjelaskan, membedakan, memberikan contoh, menganalisis serta, mengkritisi konsep pendidikan, dan mengkaitkannya dengan realitas pendidikan sehari-hari.

References

  1. B. Suryosubroto. Beberapa Aspek Dasar-Dasar Kependidikan. Rineka Cipta, Jakarta, 2010
  2. Hamdani, Dasar-Dasar Kependidikan, Pustaka Setia, Bandung, 2011
  3. Husnan Bey Fananie. Pedoman Pendidikan Modern, Tinta Medina, 2011
  4. M. Fuad Ihsan.   Dasar-Dasar Kependidikan.  Rineka Cipta, 2011
  5. M. Suardi,Pengantar Pendidikan Teori dan Aplikasi, PT Indeks, Jakarta, 2012
  6. M. Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung, 2007
  7. Redja Mudyahardjo, Pengantar Pendidikan. Sebuah Studi awal tentang dasar-dasar pendidikan. Grafindo, Jakarta, 2014.
  8. Sudarwan Danim. Pengantar Kependidikan, Alfabeta, Bandung, 2010
  9. Sutirta dan Samsudin Asep 2015. Landasan Kependidikan, Bandung: Refika Aditama
  10. Tatang S. Ilmu Pendidikan, Pustaka Setia, Bandung 2012
  11. Thalib Kasan, Dasar-Dasar Pendidikan, Studia Pres, Jakarta, 2009
  12. Umar Tirtarahardja dan S.L. La Sulo, Pengantar Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 2008
  13. Undang-undang No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional serta peraturan terkait lainnya.
  14. Waini Rasyidin, pedagogik teoritis dan praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
  15. Zahara Idris dan Lisma Jamal. Pengantar pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia,


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini secara konstruktif memberikan pengalaman belajar, mengkondisikan untuk melakukan pengkajian dan tindakan terbimbing dalam upaya pemilikan wawasan dasar kependidikan yang dapat dijadikan titik pijak dalam melaksanakan aktifitas pendidikan. Ruang lingkup matakuliah ini meliputi:  konsep pendidikan, konsep ilmu pendidikan, keterkaitan manusia dengan pendidikan, landasan, azas dan prinsip-prinsip pendidikan, perjalanan sejarah pendidikan di indonesia, serta permasalahan pendidikan dalam praktek pendidikan.

Learning Outcomes

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami, menjelaskan, membedakan, memberikan contoh, menganalisis serta, mengkritisi konsep pendidikan, dan mengkaitkannya dengan realitas pendidikan sehari-hari.

References

  1. B. Suryosubroto. Beberapa Aspek Dasar-Dasar Kependidikan. Rineka Cipta, Jakarta, 2010
  2. Hamdani, Dasar-Dasar Kependidikan, Pustaka Setia, Bandung, 2011
  3. Husnan Bey Fananie. Pedoman Pendidikan Modern, Tinta Medina, 2011
  4. M. Fuad Ihsan.   Dasar-Dasar Kependidikan.  Rineka Cipta, 2011
  5. M. Suardi,Pengantar Pendidikan Teori dan Aplikasi, PT Indeks, Jakarta, 2012
  6. M. Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung, 2007
  7. Redja Mudyahardjo, Pengantar Pendidikan. Sebuah Studi awal tentang dasar-dasar pendidikan. Grafindo, Jakarta, 2014.
  8. Sudarwan Danim. Pengantar Kependidikan, Alfabeta, Bandung, 2010
  9. Sutirta dan Samsudin Asep 2015. Landasan Kependidikan, Bandung: Refika Aditama
  10. Tatang S. Ilmu Pendidikan, Pustaka Setia, Bandung 2012
  11. Thalib Kasan, Dasar-Dasar Pendidikan, Studia Pres, Jakarta, 2009
  12. Umar Tirtarahardja dan S.L. La Sulo, Pengantar Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 2008
  13. Undang-undang No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional serta peraturan terkait lainnya.
  14. Waini Rasyidin, pedagogik teoritis dan praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
  15. Zahara Idris dan Lisma Jamal. Pengantar pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia,


Details ...