Courser in English | ENGLISH LANGUAGE |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 12 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa PGSD tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa PGSD sebagai calon sarjana berbasis pendidikan guru sekolah dasar. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi sebagai guru SD, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam olah raga, kesehatan dan rekreasi, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning Outcomesa. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang tercakup dalam aspek –aspek ketrampilan Listening, Speaking, Reading, dan Writing secara terpadu dengan penekanan utama pada ketrampilan membaca dan memahami bacaan dengan cepat, dan ketrampilan berbicara sebagai aspek ketrampilan terpenting untuk mencapai tujuan mata kuliah Bahasa Inggris di lingkungan UPGRIS, khususnya untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa PGSD dalam hubungannya dengan komunitas internasional dan sekaligus sebagai alat untuk memperoleh dan meningkatkan ilmu pengetahuan.
b. Mengantar mahasiswa kepada peningkatan kemampuan membaca istilah ilmiah/tulisan atau buku-buku yang ditulis dalam bahasa Inggris, khususnya yang berkaitan dengan Pendidikan Sekolah Dasar
Referencesutama
1. Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas.
2. Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar
3. Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan.
4. Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
pendukung
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa PGSD tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa PGSD sebagai calon sarjana berbasis pendidikan guru sekolah dasar. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi sebagai guru SD, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam olah raga, kesehatan dan rekreasi, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning Outcomes
a. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang tercakup dalam aspek –aspek ketrampilan Listening, Speaking, Reading, dan Writing secara terpadu dengan penekanan utama pada ketrampilan membaca dan memahami bacaan dengan cepat, dan ketrampilan berbicara sebagai aspek ketrampilan terpenting untuk mencapai tujuan mata kuliah Bahasa Inggris di lingkungan UPGRIS, khususnya untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa PGSD dalam hubungannya dengan komunitas internasional dan sekaligus sebagai alat untuk memperoleh dan meningkatkan ilmu pengetahuan.
b. Mengantar mahasiswa kepada peningkatan kemampuan membaca istilah ilmiah/tulisan atau buku-buku yang ditulis dalam bahasa Inggris, khususnya yang berkaitan dengan Pendidikan Sekolah Dasar
References
Referensi:
utama
1. Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas.
2. Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar
3. Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan.
4. Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
pendukung
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa sebagai calon sarjana berbasis perguruan tinggi. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam profesi yang bersangkutan, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning Outcomesa. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang tercakup dalam aspek –aspek ketrampilan Listening, Speaking, Reading, dan Writing secara terpadu dengan penekanan utama pada ketrampilan membaca dan memahami bacaan dengan cepat, dan ketrampilan berbicara sebagai aspek ketrampilan terpenting untuk mencapai tujuan mata kuliah Bahasa Inggris di lingkungan UPGRIS, khususnya untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dalam hubungannya dengan komunitas internasional dan sekaligus sebagai alat untuk memperoleh dan meningkatkan ilmu pengetahuan.
b. Mengantar mahasiswa kepada peningkatan kemampuan membaca istilah ilmiah/tulisan atau buku-buku yang ditulis dalam bahasa Inggris, khususnya yang berkaitan dengan bidang ilmunya
Referencesutama
1. Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas.
2. Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar
3. Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan.
4. Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
pendukung
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood
Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence
Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills.
Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of
English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar.
Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American
Book Company, New York.
Details ...
Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang mengajarkan dan memfasilitasi anak unuk mampu menjadi pengajar bahasa inggris di Dekolah Dasar. Materinya meliputi dialog sederhana, tata bahasa, dan penguasaan kosa kata.
Learning Outcomes
Sikap : Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila dengan penguasaan Bahasa Inggris. |
Keterampilan Umum : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus : Terampil berbahasa Inggris dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
|
SUMBER BELAJAR:
Bassnett, Susan. 2002. Translation Studies (Third Edition). London: Routledge.
Beatty, Ken. 2004. Read and Think: Reading Strategy Course. Hong Kong: Longman Asia.
Blanchard, Karen and Chistine Root. 2003. Ready to Write. New York: Pearson Education, Inc.
Fahrurrozi. 2003. Teknik Praktis Terjemah: Cara Mudah dan Praktis mempelajari Teknik Terjemah. Yogyakarta: Teknomedia.
Johan, Ghani. 2006. An English Course. Yogyakarta: UNY Press.
Larson, Mildred L. 1998. Meaning Based Translation: A Guide to Cross-Language Equivalence (Second Edition). New York: University Press of America.
Mikulecky, Beatrice S. and Linda Jeffries. 2004. More Reading Power. Hong Kong: Longman Asia.
Nadar, F.X. 2007. Paham dan Terampil Menerjemahkan. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.
Nida, Eugene. A. dan Charles R. Taber. 1982. The Theory and Practice of Translation. Leiden: E. J. Brill.
Suharto. 2007. Academic Writing: Rapid Route to Writing Skills. Yogyakarta: UNY Press.
Suryawinata, Zuchridin dan Sugeng Hariyanto. 2003. Translation: Bahasan Teori dan Penuntun Praktis Menejemahkan. Penerbit Kanisius: Yogyakarta.
Thill, John V. and Courtland L. Bovee. 1990. Excellence in Business Communication (Third Edition). New York: Practice-Hall International, Inc.
Wegmann, Brenda, et.al. 1996. A reading Skills Book. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
Details ...
Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang mengajarkan dan memfasilitasi anak unuk mampu menjadi pengajar bahasa inggris di Dekolah Dasar. Materinya meliputi dialog sederhana, tata bahasa, dan penguasaan kosa kata.
Learning Outcomes
Sikap : Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila dengan penguasaan Bahasa Inggris. |
Keterampilan Umum : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus : Terampil berbahasa Inggris dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
|
SUMBER BELAJAR:
Bassnett, Susan. 2002. Translation Studies (Third Edition). London: Routledge.
Beatty, Ken. 2004. Read and Think: Reading Strategy Course. Hong Kong: Longman Asia.
Blanchard, Karen and Chistine Root. 2003. Ready to Write. New York: Pearson Education, Inc.
Fahrurrozi. 2003. Teknik Praktis Terjemah: Cara Mudah dan Praktis mempelajari Teknik Terjemah. Yogyakarta: Teknomedia.
Johan, Ghani. 2006. An English Course. Yogyakarta: UNY Press.
Larson, Mildred L. 1998. Meaning Based Translation: A Guide to Cross-Language Equivalence (Second Edition). New York: University Press of America.
Mikulecky, Beatrice S. and Linda Jeffries. 2004. More Reading Power. Hong Kong: Longman Asia.
Nadar, F.X. 2007. Paham dan Terampil Menerjemahkan. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.
Nida, Eugene. A. dan Charles R. Taber. 1982. The Theory and Practice of Translation. Leiden: E. J. Brill.
Suharto. 2007. Academic Writing: Rapid Route to Writing Skills. Yogyakarta: UNY Press.
Suryawinata, Zuchridin dan Sugeng Hariyanto. 2003. Translation: Bahasan Teori dan Penuntun Praktis Menejemahkan. Penerbit Kanisius: Yogyakarta.
Thill, John V. and Courtland L. Bovee. 1990. Excellence in Business Communication (Third Edition). New York: Practice-Hall International, Inc.
Wegmann, Brenda, et.al. 1996. A reading Skills Book. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
Details ...
Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang mengajarkan dan memfasilitasi anak unuk mampu menjadi pengajar bahasa inggris di Dekolah Dasar. Materinya meliputi dialog sederhana, tata bahasa, dan penguasaan kosa kata.
Learning Outcomes
Sikap : Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila dengan penguasaan Bahasa Inggris. |
Keterampilan Umum : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus : Terampil berbahasa Inggris dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
|
SUMBER BELAJAR:
Bassnett, Susan. 2002. Translation Studies (Third Edition). London: Routledge.
Beatty, Ken. 2004. Read and Think: Reading Strategy Course. Hong Kong: Longman Asia.
Blanchard, Karen and Chistine Root. 2003. Ready to Write. New York: Pearson Education, Inc.
Fahrurrozi. 2003. Teknik Praktis Terjemah: Cara Mudah dan Praktis mempelajari Teknik Terjemah. Yogyakarta: Teknomedia.
Johan, Ghani. 2006. An English Course. Yogyakarta: UNY Press.
Larson, Mildred L. 1998. Meaning Based Translation: A Guide to Cross-Language Equivalence (Second Edition). New York: University Press of America.
Mikulecky, Beatrice S. and Linda Jeffries. 2004. More Reading Power. Hong Kong: Longman Asia.
Nadar, F.X. 2007. Paham dan Terampil Menerjemahkan. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.
Nida, Eugene. A. dan Charles R. Taber. 1982. The Theory and Practice of Translation. Leiden: E. J. Brill.
Suharto. 2007. Academic Writing: Rapid Route to Writing Skills. Yogyakarta: UNY Press.
Suryawinata, Zuchridin dan Sugeng Hariyanto. 2003. Translation: Bahasan Teori dan Penuntun Praktis Menejemahkan. Penerbit Kanisius: Yogyakarta.
Thill, John V. and Courtland L. Bovee. 1990. Excellence in Business Communication (Third Edition). New York: Practice-Hall International, Inc.
Wegmann, Brenda, et.al. 1996. A reading Skills Book. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
Details ...
untuk membantu meningkatkan kemampuan bahasa inggris para mahasiswa, maka mata kuliah bahasa inggris ini didesain dengan menyesuaikan tujuan tersebut. untuk mengejawantahkan ke dalam materi, tujuan tersebut bisa dicapai dengan prosedur penyajian mata kuliah ke dalam dua bagian: tenses dan reading.
Learning Outcomes1. mahasiswa mampu memahami berbagai tenses dalam bahasa inggris.
2. mahasiswa mampu menyusun kalimat bahasa inggris dengan baik dan benar. 3. mahasiswa mampu membuat artikel ilmiah berbahsa inggris.
4. mahasiswa mampu memahami berbagai macam artikel ilmiah dalam bahasa inggris.
Idi Supono. 2007. BBC English Grammar; Tata Bahasa Inggris Lengkap. Jakarta: WahyuMedia
Details ...
untuk membantu meningkatkan kemampuan bahasa inggris para mahasiswa, maka mata kuliah bahasa inggris ini didesain dengan menyesuaikan tujuan tersebut. untuk mengejawantahkan ke dalam materi, tujuan tersebut bisa dicapai dengan prosedur penyajian mata kuliah ke dalam dua bagian: tenses dan reading.
Learning Outcomes1. mahasiswa mampu memahami berbagai tenses dalam bahasa inggris.
2. mahasiswa mampu menyusun kalimat bahasa inggris dengan baik dan benar. 3. mahasiswa mampu membuat artikel ilmiah berbahsa inggris.
4. mahasiswa mampu memahami berbagai macam artikel ilmiah dalam bahasa inggris.
Idi Supono. 2007. BBC English Grammar; Tata Bahasa Inggris Lengkap. Jakarta: WahyuMedia
Details ...
untuk membantu meningkatkan kemampuan bahasa inggris para mahasiswa, maka mata kuliah bahasa inggris ini didesain dengan menyesuaikan tujuan tersebut. untuk mengejawantahkan ke dalam materi, tujuan tersebut bisa dicapai dengan prosedur penyajian mata kuliah ke dalam dua bagian: tenses dan reading.
Learning Outcomes1. mahasiswa mampu memahami berbagai tenses dalam bahasa inggris.
2. mahasiswa mampu menyusun kalimat bahasa inggris dengan baik dan benar. 3. mahasiswa mampu membuat artikel ilmiah berbahsa inggris.
4. mahasiswa mampu memahami berbagai macam artikel ilmiah dalam bahasa inggris.
Idi Supono. 2007. BBC English Grammar; Tata Bahasa Inggris Lengkap. Jakarta: WahyuMedia
Details ...
untuk membantu meningkatkan kemampuan bahasa inggris para mahasiswa, maka mata kuliah bahasa inggris ini didesain dengan menyesuaikan tujuan tersebut. untuk mengejawantahkan ke dalam materi, tujuan tersebut bisa dicapai dengan prosedur penyajian mata kuliah ke dalam dua bagian: tenses dan reading.
Learning Outcomes1. mahasiswa mampu memahami berbagai tenses dalam bahasa inggris.
2. mahasiswa mampu menyusun kalimat bahasa inggris dengan baik dan benar. 3. mahasiswa mampu membuat artikel ilmiah berbahsa inggris.
4. mahasiswa mampu memahami berbagai macam artikel ilmiah dalam bahasa inggris.
Idi Supono. 2007. BBC English Grammar; Tata Bahasa Inggris Lengkap. Jakarta: WahyuMedia
Details ...
untuk membantu meningkatkan kemampuan bahasa inggris para mahasiswa, maka mata kuliah bahasa inggris ini didesain dengan menyesuaikan tujuan tersebut. untuk mengejawantahkan ke dalam materi, tujuan tersebut bisa dicapai dengan prosedur penyajian mata kuliah ke dalam dua bagian: tenses dan reading.
Learning Outcomes1. mahasiswa mampu memahami berbagai tenses dalam bahasa inggris.
2. mahasiswa mampu menyusun kalimat bahasa inggris dengan baik dan benar. 3. mahasiswa mampu membuat artikel ilmiah berbahsa inggris.
4. mahasiswa mampu memahami berbagai macam artikel ilmiah dalam bahasa inggris.
Idi Supono. 2007. BBC English Grammar; Tata Bahasa Inggris Lengkap. Jakarta: WahyuMedia
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa PGSD tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa PGSD sebagai calon sarjana berbasis pendidikan guru sekolah dasar. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi sebagai guru SD, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam olah raga, kesehatan dan rekreasi, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning Outcomesa. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang tercakup dalam aspek –aspek ketrampilan Listening, Speaking, Reading, dan Writing secara terpadu dengan penekanan utama pada ketrampilan membaca dan memahami bacaan dengan cepat, dan ketrampilan berbicara sebagai aspek ketrampilan terpenting untuk mencapai tujuan mata kuliah Bahasa Inggris di lingkungan UPGRIS, khususnya untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa PGSD dalam hubungannya dengan komunitas internasional dan sekaligus sebagai alat untuk memperoleh dan meningkatkan ilmu pengetahuan.
b. Mengantar mahasiswa kepada peningkatan kemampuan membaca istilah ilmiah/tulisan atau buku-buku yang ditulis dalam bahasa Inggris, khususnya yang berkaitan dengan Pendidikan Sekolah Dasar
Referencesutama
1. Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas.
2. Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar
3. Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan.
4. Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
pendukung
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...