Pembelajaran Geometri dan Pengukuran di SD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishGEOMERTY AND MEASUREMENT LEARNING IN ELEMENTARY SCHOOLS
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS52 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah dengan kajian cabang ilmu matematika geometri dan pengukuran pada tingkat sekolah dasar beserta kaidah-kaidah pembelajarannya untuk calon guru sekolah dasar beserta sumber belajar yang tepat untuk siswa

Learning Outcomes

1. Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran Geometri dan pengukuran berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan

2. Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi geometri dan pengukuran serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar

References

Permendikbud Nomor 24 tahun 2016

Buku Guru dan Buku Siswa Edisi Revisi 2017


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah dengan kajian cabang ilmu matematika geometri dan pengukuran pada tingkat sekolah dasar beserta kaidah-kaidah pembelajarannya untuk calon guru sekolah dasar beserta sumber belajar yang tepat untuk siswa

Learning Outcomes

1. Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran Geometri dan pengukuran berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan

2. Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi geometri dan pengukuran serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar

References

Permendikbud Nomor 24 tahun 2016

Buku Guru dan Buku Siswa Edisi Revisi 2017


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah dengan kajian cabang ilmu matematika geometri dan pengukuran pada tingkat sekolah dasar beserta kaidah-kaidah pembelajarannya untuk calon guru sekolah dasar beserta sumber belajar yang tepat untuk siswa

Learning Outcomes

1. Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran Geometri dan pengukuran berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan

2. Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi geometri dan pengukuran serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar

References

Permendikbud Nomor 24 tahun 2016

Buku Guru dan Buku Siswa Edisi Revisi 2017


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah dengan kajian cabang ilmu matematika geometri dan pengukuran pada tingkat sekolah dasar beserta kaidah-kaidah pembelajarannya untuk calon guru sekolah dasar beserta sumber belajar yang tepat untuk siswa

Learning Outcomes

1. Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran Geometri dan pengukuran berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan

2. Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi geometri dan pengukuran serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar

References

Permendikbud Nomor 24 tahun 2016

Buku Guru dan Buku Siswa Edisi Revisi 2017


Details ...
Course Descriptions

Menentukan satuan ukuran baku yang tepat untuk mengukur panjang, berat, kecepatan, volume, keliling dan luas daerah, Bangun datar sesuai kurikulum SD, Bangun ruang sesuai kurikulum SD, kongruensi dan kesebangunan, simetri, jaring-jaring bangun ruang dan Geometri tranformasi

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  2. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  3. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar 

Keterampilan Khusus

  1. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
  2. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumBer belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar.

 

 

 

References

  1. Husen Windayana. 2008. Geometri dan Pengukuran. Bandung: UPI PRESS
  2. Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS
  3. Muchtar Abdul  Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT
  4. Siti Kamsiyati. 2013. Pembelajaran Matematika 2. Surakarta: UNS Press.
  5. Edwards Jr.,C.H. & Penny, D.E.(1982. Calculus and analityc geometry. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall
  6. Leithold.(1987) The calculus With Analityc Gepmetry. Harper & Row, Publishers. New York.
  7. Rawuh,Drs. Ilmu Ukur Analitika Datar Jilid 1 dan Jilid 2


Details ...
Course Descriptions

Menentukan satuan ukuran baku yang tepat untuk mengukur panjang, berat, kecepatan, volume, keliling dan luas daerah, Bangun datar sesuai kurikulum SD, Bangun ruang sesuai kurikulum SD, kongruensi dan kesebangunan, simetri, jaring-jaring bangun ruang dan Geometri tranformasi

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  2. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  3. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar 

Keterampilan Khusus

  1. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
  2. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumBer belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar.

 

 

 

References

  1. Husen Windayana. 2008. Geometri dan Pengukuran. Bandung: UPI PRESS
  2. Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS
  3. Muchtar Abdul  Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT
  4. Siti Kamsiyati. 2013. Pembelajaran Matematika 2. Surakarta: UNS Press.
  5. Edwards Jr.,C.H. & Penny, D.E.(1982. Calculus and analityc geometry. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall
  6. Leithold.(1987) The calculus With Analityc Gepmetry. Harper & Row, Publishers. New York.
  7. Rawuh,Drs. Ilmu Ukur Analitika Datar Jilid 1 dan Jilid 2


Details ...
Course Descriptions

Menentukan satuan ukuran baku yang tepat untuk mengukur panjang, berat, kecepatan, volume, keliling dan luas daerah, Bangun datar sesuai kurikulum SD, Bangun ruang sesuai kurikulum SD, kongruensi dan kesebangunan, simetri, jaring-jaring bangun ruang dan Geometri tranformasi

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  2. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  3. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar 

Keterampilan Khusus

  1. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
  2. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumBer belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar.

 

 

 

References

  1. Husen Windayana. 2008. Geometri dan Pengukuran. Bandung: UPI PRESS
  2. Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS
  3. Muchtar Abdul  Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT
  4. Siti Kamsiyati. 2013. Pembelajaran Matematika 2. Surakarta: UNS Press.
  5. Edwards Jr.,C.H. & Penny, D.E.(1982. Calculus and analityc geometry. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall
  6. Leithold.(1987) The calculus With Analityc Gepmetry. Harper & Row, Publishers. New York.
  7. Rawuh,Drs. Ilmu Ukur Analitika Datar Jilid 1 dan Jilid 2


Details ...
Course Descriptions

Menentukan satuan ukuran baku yang tepat untuk mengukur panjang, berat, kecepatan, volume, keliling dan luas daerah, Bangun datar sesuai kurikulum SD, Bangun ruang sesuai kurikulum SD, kongruensi dan kesebangunan, simetri, jaring-jaring bangun ruang dan Geometri tranformasi

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  2. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  3. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar 

Keterampilan Khusus

  1. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
  2. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumBer belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar.

 

 

 

References

  1. Husen Windayana. 2008. Geometri dan Pengukuran. Bandung: UPI PRESS
  2. Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS
  3. Muchtar Abdul  Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT
  4. Siti Kamsiyati. 2013. Pembelajaran Matematika 2. Surakarta: UNS Press.
  5. Edwards Jr.,C.H. & Penny, D.E.(1982. Calculus and analityc geometry. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall
  6. Leithold.(1987) The calculus With Analityc Gepmetry. Harper & Row, Publishers. New York.
  7. Rawuh,Drs. Ilmu Ukur Analitika Datar Jilid 1 dan Jilid 2


Details ...
Course Descriptions

Menentukan satuan ukuran baku yang tepat untuk mengukur panjang, berat, kecepatan, volume, keliling dan luas daerah, Bangun datar sesuai kurikulum SD, Bangun ruang sesuai kurikulum SD, kongruensi dan kesebangunan, simetri, jaring-jaring bangun ruang dan Geometri tranformasi

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  2. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  3. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar 

Keterampilan Khusus

  1. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
  2. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumBer belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar.

 

 

 

References

  1. Husen Windayana. 2008. Geometri dan Pengukuran. Bandung: UPI PRESS
  2. Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS
  3. Muchtar Abdul  Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT
  4. Siti Kamsiyati. 2013. Pembelajaran Matematika 2. Surakarta: UNS Press.
  5. Edwards Jr.,C.H. & Penny, D.E.(1982. Calculus and analityc geometry. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall
  6. Leithold.(1987) The calculus With Analityc Gepmetry. Harper & Row, Publishers. New York.
  7. Rawuh,Drs. Ilmu Ukur Analitika Datar Jilid 1 dan Jilid 2


Details ...
Course Descriptions

Menentukan satuan ukuran baku yang tepat untuk mengukur panjang, berat, kecepatan, volume, keliling dan luas daerah, Bangun datar sesuai
kurikulum SD, Bangun ruang sesuai kurikulum SD, kongruensi dan kesebangunan, simetri, jaring-jaring bangun ruang dan Geometri tranformasi

Learning Outcomes

Sikap
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran
secara mandiri.
Penguasaan Pengetahuan
Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar

Keterampilan Khusus
Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumBer belajar, khususnya pada
lima bidang studi utama di sekolah dasar.

 

References

Husen Windayana. 2008. Geometri dan Pengukuran. Bandung: UPI PRESS
Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS
Muchtar Abdul Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT
Siti Kamsiyati. 2013. Pembelajaran Matematika 2. Surakarta: UNS Press.
Edwards Jr.,C.H. & Penny, D.E.(1982. Calculus and analityc geometry. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall
Leithold.(1987) The calculus With Analityc Gepmetry. Harper & Row, Publishers. New York.
Rawuh,Drs. Ilmu Ukur Analitika Datar Jilid 1 dan Jilid 2


Details ...
Course Descriptions

Menentukan satuan ukuran baku yang tepat untuk mengukur panjang, berat, kecepatan, volume, keliling dan luas daerah, Bangun datar sesuai
kurikulum SD, Bangun ruang sesuai kurikulum SD, kongruensi dan kesebangunan, simetri, jaring-jaring bangun ruang dan Geometri tranformasi

Learning Outcomes

Sikap
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran
secara mandiri.
Penguasaan Pengetahuan
Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar

Keterampilan Khusus
Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumBer belajar, khususnya pada
lima bidang studi utama di sekolah dasar.

 

References

Husen Windayana. 2008. Geometri dan Pengukuran. Bandung: UPI PRESS
Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS
Muchtar Abdul Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT
Siti Kamsiyati. 2013. Pembelajaran Matematika 2. Surakarta: UNS Press.
Edwards Jr.,C.H. & Penny, D.E.(1982. Calculus and analityc geometry. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall
Leithold.(1987) The calculus With Analityc Gepmetry. Harper & Row, Publishers. New York.
Rawuh,Drs. Ilmu Ukur Analitika Datar Jilid 1 dan Jilid 2


Details ...
Course Descriptions

Menentukan satuan ukuran baku yang tepat untuk mengukur panjang, berat, kecepatan, volume, keliling dan luas daerah, Bangun datar sesuai
kurikulum SD, Bangun ruang sesuai kurikulum SD, kongruensi dan kesebangunan, simetri, jaring-jaring bangun ruang dan Geometri tranformasi

Learning Outcomes

Sikap
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran
secara mandiri.
Penguasaan Pengetahuan
Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar

Keterampilan Khusus
Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumBer belajar, khususnya pada
lima bidang studi utama di sekolah dasar.

 

References

Husen Windayana. 2008. Geometri dan Pengukuran. Bandung: UPI PRESS
Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS
Muchtar Abdul Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT
Siti Kamsiyati. 2013. Pembelajaran Matematika 2. Surakarta: UNS Press.
Edwards Jr.,C.H. & Penny, D.E.(1982. Calculus and analityc geometry. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall
Leithold.(1987) The calculus With Analityc Gepmetry. Harper & Row, Publishers. New York.
Rawuh,Drs. Ilmu Ukur Analitika Datar Jilid 1 dan Jilid 2


Details ...