Praktik Pembelajaran BIPA, Curriculum : 2022


Courser in EnglishBIPA LEARNING PRACTICE
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

ata kuliah Praktik Pembelajaran BIPA dirancang untuk memberikan pengalaman langsung dalam mengajar Bahasa Indonesia kepada penutur asing. Mahasiswa akan mempelajari berbagai metode dan teknik pengajaran yang efektif, serta menerapkannya dalam situasi nyata. Melalui praktik mengajar, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan keterampilan pedagogis dan memahami tantangan yang dihadapi dalam pengajaran bahasa.

5. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Memahami konsep dasar pengajaran Bahasa Indonesia sebagai bahasa asing.

  2. Mengidentifikasi dan menerapkan berbagai metode dan strategi pengajaran yang sesuai untuk penutur asing.

  3. Merancang dan melaksanakan rencana pembelajaran yang efektif.

  4. Mengelola kelas dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.

  5. Mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran secara kritis.

 

Learning Outcomes

5. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Memahami konsep dasar pengajaran Bahasa Indonesia sebagai bahasa asing.

  2. Mengidentifikasi dan menerapkan berbagai metode dan strategi pengajaran yang sesuai untuk penutur asing.

  3. Merancang dan melaksanakan rencana pembelajaran yang efektif.

  4. Mengelola kelas dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.

  5. Mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran secara kritis.

References

  • Harmer, J. (2015). The Practice of English Language Teaching. Pearson Education.

  • Brown, H. D. (2007). Principles of Language Learning and Teaching. Pearson Longman.

  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Pengajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing.

 


Details ...
Course Descriptions

ata kuliah Praktik Pembelajaran BIPA dirancang untuk memberikan pengalaman langsung dalam mengajar Bahasa Indonesia kepada penutur asing. Mahasiswa akan mempelajari berbagai metode dan teknik pengajaran yang efektif, serta menerapkannya dalam situasi nyata. Melalui praktik mengajar, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan keterampilan pedagogis dan memahami tantangan yang dihadapi dalam pengajaran bahasa.

5. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Memahami konsep dasar pengajaran Bahasa Indonesia sebagai bahasa asing.

  2. Mengidentifikasi dan menerapkan berbagai metode dan strategi pengajaran yang sesuai untuk penutur asing.

  3. Merancang dan melaksanakan rencana pembelajaran yang efektif.

  4. Mengelola kelas dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.

  5. Mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran secara kritis.

 

Learning Outcomes

5. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Memahami konsep dasar pengajaran Bahasa Indonesia sebagai bahasa asing.

  2. Mengidentifikasi dan menerapkan berbagai metode dan strategi pengajaran yang sesuai untuk penutur asing.

  3. Merancang dan melaksanakan rencana pembelajaran yang efektif.

  4. Mengelola kelas dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.

  5. Mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran secara kritis.

References

  • Harmer, J. (2015). The Practice of English Language Teaching. Pearson Education.

  • Brown, H. D. (2007). Principles of Language Learning and Teaching. Pearson Longman.

  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Pengajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing.

 


Details ...