Pendidikan Luar Kelas, Curriculum : 2015


Courser in EnglishOUTDOORS EDUCATION
ProgramPendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
SKS2 SKS
RPS12 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Pembelajaran di alam terbuka dengan memperhatikan alam sebagai media, menghargai alam dengan keramahan dalam menggunakannya, baik di lakukan secara individu dan kelompok, di mulai dengan cara yang paling sederhana dan mudah menuju ke lebih komplek, untuk melatih 8 nilai- nilai konservasi dan11 karakter konservasi

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai tentang Pendidikan Luar Kelas

References

-


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran di alam terbuka dengan memperhatikan alam sebagai media, menghargai alam dengan keramahan dalam menggunakannya, baik di lakukan secara individu dan kelompok, di mulai dengan cara yang paling sederhana dan mudah menuju ke lebih komplek, untuk melatih 8 nilai- nilai konservasi dan11 karakter konservasi

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai tentang Pendidikan Luar Kelas

References

-


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran di alam terbuka dengan memperhatikan alam sebagai media, menghargai alam dengan keramahan dalam menggunakannya, baik di lakukan secara individu dan kelompok, di mulai dengan cara yang paling sederhana dan mudah menuju ke lebih komplek, untuk melatih 8 nilai- nilai konservasi dan11 karakter konservasi

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai tentang Pendidikan Luar Kelas

References

-


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran di alam terbuka dengan memperhatikan alam sebagai media, menghargai alam dengan keramahan dalam menggunakannya, baik di lakukan secara individu dan kelompok, di mulai dengan cara yang paling sederhana dan mudah menuju ke lebih komplek, untuk melatih 8 nilai- nilai konservasi dan11 karakter konservasi

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai tentang Pendidikan Luar Kelas

References

-


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran di alam terbuka dengan memperhatikan alam sebagai media, menghargai alam dengan keramahan dalam menggunakannya, baik di lakukan secara individu dan kelompok, di mulai dengan cara yang paling sederhana dan mudah menuju ke lebih komplek, untuk melatih 8 nilai- nilai konservasi dan11 karakter konservasi

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai tentang Pendidikan Luar Kelas

References

-


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran di alam terbuka dengan memperhatikan alam sebagai media, menghargai alam dengan keramahan dalam menggunakannya, baik di lakukan secara individu dan kelompok, di mulai dengan cara yang paling sederhana dan mudah menuju ke lebih komplek, untuk melatih 8 nilai- nilai konservasi dan11 karakter konservasi

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai tentang Pendidikan Luar Kelas

References

-


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran di alam terbuka dengan memperhatikan alam sebagai media, menghargai alam dengan keramahan dalam menggunakannya, baik di lakukan secara individu dan kelompok, di mulai dengan cara yang paling sederhana dan mudah menuju ke lebih komplek, untuk melatih 8 nilai- nilai konservasi dan11 karakter konservasi

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai tentang Pendidikan Luar Kelas

References

-


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran di alam terbuka dengan memperhatikan alam sebagai media, menghargai alam dengan keramahan dalam menggunakannya, baik di lakukan secara individu dan kelompok, di mulai dengan cara yang paling sederhana dan mudah menuju ke lebih komplek, untuk melatih 8 nilai- nilai konservasi dan11 karakter konservasi

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai tentang Pendidikan Luar Kelas

References

-


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran di alam terbuka dengan memperhatikan alam sebagai media, menghargai alam dengan keramahan dalam menggunakannya, baik di lakukan secara individu dan kelompok, di mulai dengan cara yang paling sederhana dan mudah menujuj ke lebih komplek, untuk melatih 8 nilai- nilai konservasi dan 11 karakter konservasi

Learning Outcomes

Sikap:

a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;

d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

f. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

g. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

h. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

i. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

j. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

Pengetahuan :

a. Menguasai konsep teoritis pedagogi yang sesuai dengan lingkup tugasnya

b. Memahami potensi, karakteristik dan pengembangan karir peserta didik

c. Menguasai konsep teoritis dan konsep sains bidang pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang berorientasi pada pembelajaran di sekolah

d. Menguasai konsep teoritis perencanaan, pelaksanaan, pembimbingan, evaluasi dan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan

e. Mengusai konsep dan prinsip berbagai pendekatan, model, strategi, metode, dan teknik pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan

f. Menguasai konsep teoritis pengembangan bahan ajar dan media pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berbasis TIK

g. Menguasai konsep teoritis penggunaan sarana dan prasarana praktek pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan

h. Menguasai perkembangan sains, teknologi terbaru dalam bidang pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dan teknologi informasi

Keterampilan Umum :

a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif, dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

b. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

c. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,

d. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan

mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

e. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

f. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik, di dalam maupun di luar lembagannya;

g. Mampu bertanggung jawab atas percapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawab;

h. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung

jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

i. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk

menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

Keterampilan Khusus :

a. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan pendekatan pmbelajaran siswa aktif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis iptek, dan memanfaatkan potensi lingkungan setempat sesuai standar proses dan mutu yang ditetapkan

b. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mampu mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif

c. Mampu memanfaatkan teknologi informasi baik secara mandiri maupun bekerjasama untuk

pembelajaran

d. Mampu mengkaji dan menggembangkan berbagai metode pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang telah tersedia secara inovatif

e. Mampu melakukan penelitian yang mencakup identifikasi, formulasi, dan analisis masalah bidang pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan

f. Mampu memberikan pembinaan dan pelatihan olahraga dengan menggunakan pendekatan inovatif dan teknologi mutakhir yang berwawasan budaya dan nilai-nilai sportifitas

g. Mampu mengelola penyelenggaraan even olahraga, bisnis dan hiburan olahraga serta mengembangkan industri keolahragaan

References

https://www.websitependidikan.com/2016/07/manfaat-pembelajaran-di-luar-kelas.html


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran di alam terbuka dengan memperhatikan alam sebagai media, menghargai alam dengan keramahan dalam menggunakannya, baik di lakukan secara individu dan kelompok, di mulai dengan cara yang paling sederhana dan mudah menujuj ke lebih komplek, untuk melatih 8 nilai- nilai konservasi dan 11 karakter konservasi

Learning Outcomes

Sikap:

a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;

d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

f. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

g. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

h. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

i. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

j. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

Pengetahuan :

a. Menguasai konsep teoritis pedagogi yang sesuai dengan lingkup tugasnya

b. Memahami potensi, karakteristik dan pengembangan karir peserta didik

c. Menguasai konsep teoritis dan konsep sains bidang pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang berorientasi pada pembelajaran di sekolah

d. Menguasai konsep teoritis perencanaan, pelaksanaan, pembimbingan, evaluasi dan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan

e. Mengusai konsep dan prinsip berbagai pendekatan, model, strategi, metode, dan teknik pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan

f. Menguasai konsep teoritis pengembangan bahan ajar dan media pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berbasis TIK

g. Menguasai konsep teoritis penggunaan sarana dan prasarana praktek pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan

h. Menguasai perkembangan sains, teknologi terbaru dalam bidang pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dan teknologi informasi

Keterampilan Umum :

a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif, dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

b. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

c. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,

d. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan

mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

e. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

f. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik, di dalam maupun di luar lembagannya;

g. Mampu bertanggung jawab atas percapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawab;

h. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung

jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

i. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk

menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

Keterampilan Khusus :

a. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan pendekatan pmbelajaran siswa aktif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis iptek, dan memanfaatkan potensi lingkungan setempat sesuai standar proses dan mutu yang ditetapkan

b. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mampu mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif

c. Mampu memanfaatkan teknologi informasi baik secara mandiri maupun bekerjasama untuk

pembelajaran

d. Mampu mengkaji dan menggembangkan berbagai metode pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang telah tersedia secara inovatif

e. Mampu melakukan penelitian yang mencakup identifikasi, formulasi, dan analisis masalah bidang pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan

f. Mampu memberikan pembinaan dan pelatihan olahraga dengan menggunakan pendekatan inovatif dan teknologi mutakhir yang berwawasan budaya dan nilai-nilai sportifitas

g. Mampu mengelola penyelenggaraan even olahraga, bisnis dan hiburan olahraga serta mengembangkan industri keolahragaan

References

https://www.websitependidikan.com/2016/07/manfaat-pembelajaran-di-luar-kelas.html


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran di alam terbuka dengan memperhatikan alam sebagai media, menghargai alam dengan keramahan dalam menggunakannya, baik di lakukan secara individu dan kelompok, di mulai dengan cara yang paling sederhana dan mudah menujuj ke lebih komplek, untuk melatih 8 nilai- nilai konservasi dan 11 karakter konservasi

Learning Outcomes

Sikap:

a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;

d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

f. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

g. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

h. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

i. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

j. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

Pengetahuan :

a. Menguasai konsep teoritis pedagogi yang sesuai dengan lingkup tugasnya

b. Memahami potensi, karakteristik dan pengembangan karir peserta didik

c. Menguasai konsep teoritis dan konsep sains bidang pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang berorientasi pada pembelajaran di sekolah

d. Menguasai konsep teoritis perencanaan, pelaksanaan, pembimbingan, evaluasi dan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan

e. Mengusai konsep dan prinsip berbagai pendekatan, model, strategi, metode, dan teknik pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan

f. Menguasai konsep teoritis pengembangan bahan ajar dan media pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berbasis TIK

g. Menguasai konsep teoritis penggunaan sarana dan prasarana praktek pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan

h. Menguasai perkembangan sains, teknologi terbaru dalam bidang pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dan teknologi informasi

Keterampilan Umum :

a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif, dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

b. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

c. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,

d. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan

mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

e. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

f. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik, di dalam maupun di luar lembagannya;

g. Mampu bertanggung jawab atas percapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawab;

h. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung

jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

i. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk

menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

Keterampilan Khusus :

a. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan pendekatan pmbelajaran siswa aktif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis iptek, dan memanfaatkan potensi lingkungan setempat sesuai standar proses dan mutu yang ditetapkan

b. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mampu mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif

c. Mampu memanfaatkan teknologi informasi baik secara mandiri maupun bekerjasama untuk

pembelajaran

d. Mampu mengkaji dan menggembangkan berbagai metode pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang telah tersedia secara inovatif

e. Mampu melakukan penelitian yang mencakup identifikasi, formulasi, dan analisis masalah bidang pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan

f. Mampu memberikan pembinaan dan pelatihan olahraga dengan menggunakan pendekatan inovatif dan teknologi mutakhir yang berwawasan budaya dan nilai-nilai sportifitas

g. Mampu mengelola penyelenggaraan even olahraga, bisnis dan hiburan olahraga serta mengembangkan industri keolahragaan

References

https://www.websitependidikan.com/2016/07/manfaat-pembelajaran-di-luar-kelas.html


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran di alam terbuka dengan memperhatikan alam sebagai media, menghargai alam dengan keramahan dalam menggunakannya, baik di lakukan secara individu dan kelompok, di mulai dengan cara yang paling sederhana dan mudah menujuj ke lebih komplek, untuk melatih 8 nilai- nilai konservasi dan 11 karakter konservasi

Learning Outcomes

Sikap:

a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;

d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

f. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

g. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

h. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

i. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

j. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

Pengetahuan :

a. Menguasai konsep teoritis pedagogi yang sesuai dengan lingkup tugasnya

b. Memahami potensi, karakteristik dan pengembangan karir peserta didik

c. Menguasai konsep teoritis dan konsep sains bidang pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang berorientasi pada pembelajaran di sekolah

d. Menguasai konsep teoritis perencanaan, pelaksanaan, pembimbingan, evaluasi dan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan

e. Mengusai konsep dan prinsip berbagai pendekatan, model, strategi, metode, dan teknik pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan

f. Menguasai konsep teoritis pengembangan bahan ajar dan media pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berbasis TIK

g. Menguasai konsep teoritis penggunaan sarana dan prasarana praktek pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan

h. Menguasai perkembangan sains, teknologi terbaru dalam bidang pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dan teknologi informasi

Keterampilan Umum :

a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif, dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

b. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

c. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,

d. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan

mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

e. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

f. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik, di dalam maupun di luar lembagannya;

g. Mampu bertanggung jawab atas percapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawab;

h. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung

jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

i. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk

menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

Keterampilan Khusus :

a. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan pendekatan pmbelajaran siswa aktif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis iptek, dan memanfaatkan potensi lingkungan setempat sesuai standar proses dan mutu yang ditetapkan

b. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mampu mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif

c. Mampu memanfaatkan teknologi informasi baik secara mandiri maupun bekerjasama untuk

pembelajaran

d. Mampu mengkaji dan menggembangkan berbagai metode pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang telah tersedia secara inovatif

e. Mampu melakukan penelitian yang mencakup identifikasi, formulasi, dan analisis masalah bidang pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan

f. Mampu memberikan pembinaan dan pelatihan olahraga dengan menggunakan pendekatan inovatif dan teknologi mutakhir yang berwawasan budaya dan nilai-nilai sportifitas

g. Mampu mengelola penyelenggaraan even olahraga, bisnis dan hiburan olahraga serta mengembangkan industri keolahragaan

References

https://www.websitependidikan.com/2016/07/manfaat-pembelajaran-di-luar-kelas.html


Details ...