Courser in English | ECONOMICS TEACHING EVALUATION |
Program | Pendidikan Ekonomi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 6 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Evaluasi merupakan proses menentukan kriteria standar, melakukan pengukuran dan penilaian serta mengambil keputusan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Mata kuliah evaluasi pembelajaran memberikan pengetahuan, sikap dan keterampilan atas proses tersebut. Melalui mata kuliah ini, dihaparkan mahasiswa dapat mengklasifikasikan tujuan pembelajaran, merancang instrumen pengukuran dan penilaian serta dapat melakukan evaluasi baik secara formatif maupun evaluasi sumatif.
Learning OutcomesSikap :
Objektifdalam proses asesmen.
Keterampilan umum (sesuai kesepakatan prodi) :
Setelah menyelesaikan program perkuliahan, mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan dalam, (1) merencanakan, (2) menguji kualitas, (3) menggunakan instrumen, serta (4) mengembangkan instrumen penilaian dalam proses evaluasi formatif dan sumatif dalam pembelajaran ekonomi
Keterampilan khusus :
Membuat desain IPTEKS dalam menyelesaikan masalah prosedural terkait dengan proses evaluasi pembelajaran.
Pengetahuan:
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tentang evalusai pembelajaran secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam merencanakan pembelajaran secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
DF. Setiawan. 2018. Prosedur Evaluasi dalam Pembelajaran.Yogyakarta: DEEPUBLISH
Details ...
Evaluasi merupakan proses menentukan kriteria standar, melakukan pengukuran dan penilaian serta mengambil keputusan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Mata kuliah evaluasi pembelajaran memberikan pengetahuan, sikap dan keterampilan atas proses tersebut. Melalui mata kuliah ini, dihaparkan mahasiswa dapat mengklasifikasikan tujuan pembelajaran, merancang instrumen pengukuran dan penilaian serta dapat melakukan evaluasi baik secara formatif maupun evaluasi sumatif.
Learning OutcomesSikap :
Objektifdalam proses asesmen.
Keterampilan umum (sesuai kesepakatan prodi) :
Setelah menyelesaikan program perkuliahan, mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan dalam, (1) merencanakan, (2) menguji kualitas, (3) menggunakan instrumen, serta (4) mengembangkan instrumen penilaian dalam proses evaluasi formatif dan sumatif dalam pembelajaran ekonomi
Keterampilan khusus :
Membuat desain IPTEKS dalam menyelesaikan masalah prosedural terkait dengan proses evaluasi pembelajaran.
Pengetahuan:
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tentang evalusai pembelajaran secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam merencanakan pembelajaran secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
DF. Setiawan. 2018. Prosedur Evaluasi dalam Pembelajaran.Yogyakarta: DEEPUBLISH
Details ...
Evaluasi merupakan proses menentukan kriteria standar, melakukan pengukuran dan penilaian serta mengambil keputusan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Mata kuliah evaluasi pembelajaran memberikan pengetahuan, sikap dan keterampilan atas proses tersebut. Melalui mata kuliah ini, dihaparkan mahasiswa dapat mengklasifikasikan tujuan pembelajaran, merancang instrumen pengukuran dan penilaian serta dapat melakukan evaluasi baik secara formatif maupun evaluasi sumatif.
Learning OutcomesSikap :
Objektifdalam proses asesmen.
Keterampilan umum (sesuai kesepakatan prodi) :
Setelah menyelesaikan program perkuliahan, mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan dalam, (1) merencanakan, (2) menguji kualitas, (3) menggunakan instrumen, serta (4) mengembangkan instrumen penilaian dalam proses evaluasi formatif dan sumatif dalam pembelajaran ekonomi
Keterampilan khusus :
Membuat desain IPTEKS dalam menyelesaikan masalah prosedural terkait dengan proses evaluasi pembelajaran.
Pengetahuan:
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tentang evalusai pembelajaran secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam merencanakan pembelajaran secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
DF. Setiawan. 2018. Prosedur Evaluasi dalam Pembelajaran.Yogyakarta: DEEPUBLISH
Details ...
Evaluasi pembelajaran merupakan sebuah mata kuliah yang memberikan pengetahuan mengenai prosedur evaluasi termasuk didalamnya adalah pengembangan instrumen, pengukuran kompetensi dan penilaian kinerja siswa. Melalui pengetahuan tersebut mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam merencanakan melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan program perkuliahan, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam
1. Penanggung jawab kelas (PJ) melakukan otorisasi kontrak kuliah
2. Menempatkan tujuan pembelajaran dalam tabel muatan perilaku
3. Mengingat 6 dimensi berpikir dan dimensi pengetahuan menurut taksonomi Bloom revisi
4. Menganalisis berbagai contoh kasus dalam dimensi proses berpikir dalam taksonomi Bloom revisi
5. Mengenal tujuan pembelajaran pada ranah afektif dan karakteristik skema psikomotorik
6. Memahami karakteristik target pembelajaran
7. Menerapkan prosedur perhitungan analisis butir soal dan penetapan KKM
8. Hasil ujian tengah semester
9. Menciptakan tujuan pembelajaran ranah kognitif
10. Menciptakan sebuah modul
11. Menciptakan kisi-kisi ujian
12. Mengembangkan bentuk soal objektif dan non objektif
13. Mengevaluasi validitas dan reliabilitas butir soal
14. Mengevaluasi daya pembeda butir soal
15. Mendemonstrasikan prosedur pengisian berita acara, daftar hadir dan daftar nilai
16. Ujian akhir semester
ReferencesAnakgonggo. (2015, September 1). Latihan olahraga memanah gratis di jakarta timur. Retrieved Juli 5, 2017, from anakgonggo.com: http://anakgonggo.com/latihan-olahraga-memanah-gratis-di-jakarta-timur/
Arikunto, S. (2007). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi, Cetakan ke 7. Jakarta: Bumi Aksara.
Bixler, B. (2011, - -). Instructional Goals and Objectives. Retrieved Juli 10, 2017, from http://www.personal.psu.edu: http://www.personal.psu.edu/bxb11/Objectives/GoalsAndObjectives_print.html
Center, M. (2012, Agustus 30). 5 Steps to Creating Successful Common Core Scales for Student Learning. Retrieved Juni 28, 2017, from http://www.marzanocenter.com: http://www.marzanocenter.com/blog/article/5-steps-to-creating-successful-common-core-scales-for-student-learning/
Council for Economic Education. (2010). Voluntary National Content Standards in Economics 2nd Edition. New York: Council for Economic Education.
Dance, D. (2016, 1 15). Benchmarking in Education: Definition & Limitation. Retrieved 7 14, 2017, from http://study.com: http://study.com/academy/lesson/benchmarking-in-education-definition-limitation.html
Gronlund, N. E., & Brookhart, S. M. (2009). Writing Instructional Objectives, 8th Edition. New York: Pearson.
Harrow, A. J. ( 1972). A Taxonomy of Psychomotor Domain: A Guide for Developing Behavioral Objectives. New York: David McKay.
IOWA Department of Education. (2017, - -). Standards, Benchmarks and Grade Level Indicators. Retrieved 07 14, 2017, from https://www.educateiowa.gov: https://www.educateiowa.gov/pk-12/no-child-left-behind/standards-benchmarks-grade-level-indicators
Kapfer, M. B. (1971). Behavioral objectives in curriculum development. Selected readings and bibliography. New Jersey: Educational Technology Publications. Englewood Cliffs.
Krathwohl, D. R., & Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of educational objectives; the classification of educational goals. New York: Longmans, Green.
Krathwohl, D. R., Bloom, B. S., & Masia, B. B. (1964). Taxonomy of Educational Objectives Handbook II: Affective Domain. New York: David McKay Company.
Krathwohl, D., Anderson, L. W., Airasian, P., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P., et al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
Lee, M., Daly, R., Roth, L., Rudmann, J., & Borron, B. (2002). Spring 2002. Academic Literacy: A Statement of Competencies Expected of Students Entering California's Public Colleges and Universities. California: Intersegmental Committee of The Academic Senates (ICAS).
Mager, R. F. (1998). Preparing Instructional Objectives: A Critical Tool in the Development of Effective Instruction. Atlanta: Atlantic Books.
Marzano, R. J., Pickering, D., & McTighe, J. (1993). Assessing Student Outcomes. Performance Assessment Using the Dimensions of Learning Mode. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development. McREL Institute.
Presiden Republik Indonesia . (2013). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
Slavin, R. E. (2005). Educational Psychology Theory and Practice (8th Edition). New York: Allyn & Bacon.
Tirtarahardja, U. (2005). Pengantar Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.
Details ...
Evaluasi pembelajaran merupakan sebuah mata kuliah yang memberikan pengetahuan mengenai prosedur evaluasi termasuk didalamnya adalah pengembangan instrumen, pengukuran kompetensi dan penilaian kinerja siswa. Melalui pengetahuan tersebut mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam merencanakan melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan program perkuliahan, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam
1. Penanggung jawab kelas (PJ) melakukan otorisasi kontrak kuliah
2. Menempatkan tujuan pembelajaran dalam tabel muatan perilaku
3. Mengingat 6 dimensi berpikir dan dimensi pengetahuan menurut taksonomi Bloom revisi
4. Menganalisis berbagai contoh kasus dalam dimensi proses berpikir dalam taksonomi Bloom revisi
5. Mengenal tujuan pembelajaran pada ranah afektif dan karakteristik skema psikomotorik
6. Memahami karakteristik target pembelajaran
7. Menerapkan prosedur perhitungan analisis butir soal dan penetapan KKM
8. Hasil ujian tengah semester
9. Menciptakan tujuan pembelajaran ranah kognitif
10. Menciptakan sebuah modul
11. Menciptakan kisi-kisi ujian
12. Mengembangkan bentuk soal objektif dan non objektif
13. Mengevaluasi validitas dan reliabilitas butir soal
14. Mengevaluasi daya pembeda butir soal
15. Mendemonstrasikan prosedur pengisian berita acara, daftar hadir dan daftar nilai
16. Ujian akhir semester
ReferencesAnakgonggo. (2015, September 1). Latihan olahraga memanah gratis di jakarta timur. Retrieved Juli 5, 2017, from anakgonggo.com: http://anakgonggo.com/latihan-olahraga-memanah-gratis-di-jakarta-timur/
Arikunto, S. (2007). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi, Cetakan ke 7. Jakarta: Bumi Aksara.
Bixler, B. (2011, - -). Instructional Goals and Objectives. Retrieved Juli 10, 2017, from http://www.personal.psu.edu: http://www.personal.psu.edu/bxb11/Objectives/GoalsAndObjectives_print.html
Center, M. (2012, Agustus 30). 5 Steps to Creating Successful Common Core Scales for Student Learning. Retrieved Juni 28, 2017, from http://www.marzanocenter.com: http://www.marzanocenter.com/blog/article/5-steps-to-creating-successful-common-core-scales-for-student-learning/
Council for Economic Education. (2010). Voluntary National Content Standards in Economics 2nd Edition. New York: Council for Economic Education.
Dance, D. (2016, 1 15). Benchmarking in Education: Definition & Limitation. Retrieved 7 14, 2017, from http://study.com: http://study.com/academy/lesson/benchmarking-in-education-definition-limitation.html
Gronlund, N. E., & Brookhart, S. M. (2009). Writing Instructional Objectives, 8th Edition. New York: Pearson.
Harrow, A. J. ( 1972). A Taxonomy of Psychomotor Domain: A Guide for Developing Behavioral Objectives. New York: David McKay.
IOWA Department of Education. (2017, - -). Standards, Benchmarks and Grade Level Indicators. Retrieved 07 14, 2017, from https://www.educateiowa.gov: https://www.educateiowa.gov/pk-12/no-child-left-behind/standards-benchmarks-grade-level-indicators
Kapfer, M. B. (1971). Behavioral objectives in curriculum development. Selected readings and bibliography. New Jersey: Educational Technology Publications. Englewood Cliffs.
Krathwohl, D. R., & Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of educational objectives; the classification of educational goals. New York: Longmans, Green.
Krathwohl, D. R., Bloom, B. S., & Masia, B. B. (1964). Taxonomy of Educational Objectives Handbook II: Affective Domain. New York: David McKay Company.
Krathwohl, D., Anderson, L. W., Airasian, P., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P., et al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
Lee, M., Daly, R., Roth, L., Rudmann, J., & Borron, B. (2002). Spring 2002. Academic Literacy: A Statement of Competencies Expected of Students Entering California's Public Colleges and Universities. California: Intersegmental Committee of The Academic Senates (ICAS).
Mager, R. F. (1998). Preparing Instructional Objectives: A Critical Tool in the Development of Effective Instruction. Atlanta: Atlantic Books.
Marzano, R. J., Pickering, D., & McTighe, J. (1993). Assessing Student Outcomes. Performance Assessment Using the Dimensions of Learning Mode. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development. McREL Institute.
Presiden Republik Indonesia . (2013). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
Slavin, R. E. (2005). Educational Psychology Theory and Practice (8th Edition). New York: Allyn & Bacon.
Tirtarahardja, U. (2005). Pengantar Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.
Details ...
Evaluasi pembelajaran merupakan sebuah mata kuliah yang memberikan pengetahuan mengenai prosedur evaluasi termasuk didalamnya adalah pengembangan instrumen, pengukuran kompetensi dan penilaian kinerja siswa. Melalui pengetahuan tersebut mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam merencanakan melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan program perkuliahan, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam
1. Penanggung jawab kelas (PJ) melakukan otorisasi kontrak kuliah
2. Menempatkan tujuan pembelajaran dalam tabel muatan perilaku
3. Mengingat 6 dimensi berpikir dan dimensi pengetahuan menurut taksonomi Bloom revisi
4. Menganalisis berbagai contoh kasus dalam dimensi proses berpikir dalam taksonomi Bloom revisi
5. Mengenal tujuan pembelajaran pada ranah afektif dan karakteristik skema psikomotorik
6. Memahami karakteristik target pembelajaran
7. Menerapkan prosedur perhitungan analisis butir soal dan penetapan KKM
8. Hasil ujian tengah semester
9. Menciptakan tujuan pembelajaran ranah kognitif
10. Menciptakan sebuah modul
11. Menciptakan kisi-kisi ujian
12. Mengembangkan bentuk soal objektif dan non objektif
13. Mengevaluasi validitas dan reliabilitas butir soal
14. Mengevaluasi daya pembeda butir soal
15. Mendemonstrasikan prosedur pengisian berita acara, daftar hadir dan daftar nilai
16. Ujian akhir semester
ReferencesAnakgonggo. (2015, September 1). Latihan olahraga memanah gratis di jakarta timur. Retrieved Juli 5, 2017, from anakgonggo.com: http://anakgonggo.com/latihan-olahraga-memanah-gratis-di-jakarta-timur/
Arikunto, S. (2007). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi, Cetakan ke 7. Jakarta: Bumi Aksara.
Bixler, B. (2011, - -). Instructional Goals and Objectives. Retrieved Juli 10, 2017, from http://www.personal.psu.edu: http://www.personal.psu.edu/bxb11/Objectives/GoalsAndObjectives_print.html
Center, M. (2012, Agustus 30). 5 Steps to Creating Successful Common Core Scales for Student Learning. Retrieved Juni 28, 2017, from http://www.marzanocenter.com: http://www.marzanocenter.com/blog/article/5-steps-to-creating-successful-common-core-scales-for-student-learning/
Council for Economic Education. (2010). Voluntary National Content Standards in Economics 2nd Edition. New York: Council for Economic Education.
Dance, D. (2016, 1 15). Benchmarking in Education: Definition & Limitation. Retrieved 7 14, 2017, from http://study.com: http://study.com/academy/lesson/benchmarking-in-education-definition-limitation.html
Gronlund, N. E., & Brookhart, S. M. (2009). Writing Instructional Objectives, 8th Edition. New York: Pearson.
Harrow, A. J. ( 1972). A Taxonomy of Psychomotor Domain: A Guide for Developing Behavioral Objectives. New York: David McKay.
IOWA Department of Education. (2017, - -). Standards, Benchmarks and Grade Level Indicators. Retrieved 07 14, 2017, from https://www.educateiowa.gov: https://www.educateiowa.gov/pk-12/no-child-left-behind/standards-benchmarks-grade-level-indicators
Kapfer, M. B. (1971). Behavioral objectives in curriculum development. Selected readings and bibliography. New Jersey: Educational Technology Publications. Englewood Cliffs.
Krathwohl, D. R., & Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of educational objectives; the classification of educational goals. New York: Longmans, Green.
Krathwohl, D. R., Bloom, B. S., & Masia, B. B. (1964). Taxonomy of Educational Objectives Handbook II: Affective Domain. New York: David McKay Company.
Krathwohl, D., Anderson, L. W., Airasian, P., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P., et al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
Lee, M., Daly, R., Roth, L., Rudmann, J., & Borron, B. (2002). Spring 2002. Academic Literacy: A Statement of Competencies Expected of Students Entering California's Public Colleges and Universities. California: Intersegmental Committee of The Academic Senates (ICAS).
Mager, R. F. (1998). Preparing Instructional Objectives: A Critical Tool in the Development of Effective Instruction. Atlanta: Atlantic Books.
Marzano, R. J., Pickering, D., & McTighe, J. (1993). Assessing Student Outcomes. Performance Assessment Using the Dimensions of Learning Mode. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development. McREL Institute.
Presiden Republik Indonesia . (2013). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
Slavin, R. E. (2005). Educational Psychology Theory and Practice (8th Edition). New York: Allyn & Bacon.
Tirtarahardja, U. (2005). Pengantar Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.
Details ...