Courser in English | Learning Psychology |
Program | Pendidikan Fisika |
SKS | 2 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa pendidikan. Materi perkuliahan terdiri dari : Pengertian psikologibelajar dan psikologi pendidikan, Hakikat Belajar, Ruang Lingkup Kegiatan Belajar, Teori Belajar dan implementasinya, Proses Belajar dan Prinsip-prinsip Belajar, Implikasi dan Implementasi Psikologi Belajar-Mengajar . Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan pemecahan masalah. Beberapa informasi yang dijadikan bahan pertimbangaen keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini adalah kehadiran, partisipasi selama perkuliahan, tugas, makalah, UTS dan UAS.
Learning Outcomes
1. Pengetahuan |
: |
Menguasai pemikiran logis, kritis, sistematis dan terbarukan pada psikologi belajar, meliputi: Menguasai Pengertian Psikologi Belajar, Hakikat Kegiatan Belajar, Ruang Lingkup Kegiatan Belajar, Teori-teori Belajar, Proses Belajar dan Mengajar serta Implementasi Psikologi Belajar dalam Proses Belajar Mengajar |
2. Keterampilan |
: |
Mampu mengkaji pemikiran logis kritis, sistematis, dan terbarukan dari keilmuan psikologi belajar melalui inkuiri untuk kepentingan pembelajaran dan pengembangan diri. |
3. Sikap |
: |
|
Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo, 2013, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta
Khodijah, Nyayu, 2014, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press
Subini, Nini, dkk, 2012, Psikologi Belajar, Yogyakarta: Mentari Pustaka
Tim Pengembangan MKDK IKIP Semarang, 1990, Psikologi Belajar, Semarang: IKIP Semarang Press
Winkel. W.S, 2012, Psikologi Pengajaran, Yogyakarta: Media Abadi
Details ...
Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa pendidikan. Materi perkuliahan terdiri dari : Pengertian psikologibelajar dan psikologi pendidikan, Hakikat Belajar, Ruang Lingkup Kegiatan Belajar, Teori Belajar dan implementasinya, Proses Belajar dan Prinsip-prinsip Belajar, Implikasi dan Implementasi Psikologi Belajar-Mengajar . Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan pemecahan masalah. Beberapa informasi yang dijadikan bahan pertimbangaen keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini adalah kehadiran, partisipasi selama perkuliahan, tugas, makalah, UTS dan UAS.
Learning Outcomes
1. Pengetahuan |
: |
Menguasai pemikiran logis, kritis, sistematis dan terbarukan pada psikologi belajar, meliputi: Menguasai Pengertian Psikologi Belajar, Hakikat Kegiatan Belajar, Ruang Lingkup Kegiatan Belajar, Teori-teori Belajar, Proses Belajar dan Mengajar serta Implementasi Psikologi Belajar dalam Proses Belajar Mengajar |
2. Keterampilan |
: |
Mampu mengkaji pemikiran logis kritis, sistematis, dan terbarukan dari keilmuan psikologi belajar melalui inkuiri untuk kepentingan pembelajaran dan pengembangan diri. |
3. Sikap |
: |
|
Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo, 2013, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta
Khodijah, Nyayu, 2014, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press
Subini, Nini, dkk, 2012, Psikologi Belajar, Yogyakarta: Mentari Pustaka
Tim Pengembangan MKDK IKIP Semarang, 1990, Psikologi Belajar, Semarang: IKIP Semarang Press
Winkel. W.S, 2012, Psikologi Pengajaran, Yogyakarta: Media Abadi
Details ...