Courser in English | TEACHING LEARNING STRATEGY OF PANCASILA & CIVICS EDUCATION |
Program | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah ini berisi tentang:
1. Strategi belajar mengajar/SBM
a. SBM secara umum,
b. SBM Pendidikan Afektif dalam pembelajaran PPKn
2. Teori-teori belajar
3.Konsep CBSA
4.Pendekatan Pembelajaran
a. Pendekatan Scientific
b. Pendekatan Pembelajaran PPKn
5. Sistem Among
6. Model/Metode/Teknik Pembelajaran (terutama: Project Based Learning, problem Based learning, Inquiry)
7. Interaksi Belajar Mengajar
Learning OutcomesI. Sikap
* Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika (humanisme)
* Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (desiplin)
*Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri ( tanggung jawab, profesional)
II. Ketrampilan
Umum:
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang PPKn;
Khusus:
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran PPKn
III. Pengetahuan
Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan dapat memahami teori-teori belajar, strategi, pendekatan, model/metode, dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran PPKn SMP/SMA/SMK berdasarkan Kurikulum yang sedang berlaku
References
Solihatin, Etin. 2012/2015. Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.
Rustopo, Sutrisno. 1993. Strategi Belajar Mengajar (Bagian I), Kumpulan Bahan Kuliah,. Semarang: IKIP Semarang.
Kemdikbud, 2015. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMA/SMK Mata Pelajaran PPKn
PERMENDIKBUD RI No 58 Tahun 2014
PERMENDIKBUD RI No 59 Tahun 2014
PERMENDIKBUD RI No 60 Tahun 2014
PERMENDIKBUD RI No 103 Tahun 2014
PERMENDIKBUD RI No 104 Tahun 2014
Details ...
Mata Kuliah ini berisi tentang:
1.Teori-teori Belajar dalam PPKn
2. Strategi belajar mengajar/SBM
a. SBM secara umum,
b. SBM Pendidikan Afektif dalam pembelajaran PPKn
3.Konsep CBSA
4.Pendekatan Pembelajaran
a. Pendekatan Scientific
b. Pendekatan Pembelajaran PPKn
5. Sistem Among
6. Model/Metode/Teknik Pembelajaran (terutama: Project Based Learning, problem Based learning, Inquiry)
7. Interaksi Belajar Mengajar
Learning OutcomesI. Sikap
* Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika (humanisme)
* Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (desiplin)
*Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri ( tanggung jawab, profesional)
II. Ketrampilan
Umum:
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang PPKn;
Khusus:
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran PPKn
III. Pengetahuan
Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan dapat memahami teori belajar, strategi, pendekatan, model/metode, dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran PPKn SMP/SMA/SMK berdasarkan Kurikulum yang sedang berlaku
References
Solihatin, Etin. 2012/2015. Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.
Rustopo, Sutrisno. 1993. Strategi Belajar Mengajar (Bagian I), Kumpulan Bahan Kuliah,. Semarang: IKIP Semarang.
Kemdikbud, 2015. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMA/SMK Mata Pelajaran PPKn
PERMENDIKBUD RI No 58 Tahun 2014
PERMENDIKBUD RI No 59 Tahun 2014
PERMENDIKBUD RI No 60 Tahun 2014
PERMENDIKBUD RI No 103 Tahun 2014
PERMENDIKBUD RI No 104 Tahun 2014
Details ...