Pendidikan Kewarganegaraan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishCIVICS EDUCATION
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS5 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memahami pembelajaran, penilaian, pada mata kuliah Pendidikan

Kewarganegaraan

 

References

1.

Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

2.

Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma.

3.

Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang

4.

Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

5.

Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program

 

Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI

6.

Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.

7.

Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.

8.

Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.

9.

Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memahami pembelajaran, penilaian, pada mata kuliah Pendidikan

Kewarganegaraan

 

References

1.

Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

2.

Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma.

3.

Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang

4.

Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

5.

Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program

 

Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI

6.

Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.

7.

Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.

8.

Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.

9.

Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini bermaksud untuk membekali kepribadian mahasiswa agar dapat berpikir secara komprehensif integral, memiliki wawasan pengetahuan yang luas, dapat hidup berdemokrasi, berbudi pekerti yang luhur, sadar akan hak dan kewajibannya sebagai warganegara Indonesia serta memiliki rasa tanggung jawab yang besar akan kemajuan Negara dan bangsa Indonesia dimasa depan

Learning Outcomes

  1. Mengantarkan pererta didik memiliki wawasan kesadaran bernegara untuk bela negara dan memiliki pola pikir, pola sikap dan prilaku untuk cinta tanah air Indonesia.
  2. Menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa dan bernegara sehingga terbentuk daya tangkal sebagai ketahanan nasional.
  3. Menumbuhkembangkan peserta didik untuk mempunyai pola sikap dan pola pikir yang komprehensif, integral pada aspek kehidupan nasional.

References

Abdurasyit, Priyatna.; 1983. Orbit Geostasioner sebagai Wilayah Kepentingan Nasional Guna Kelangsungan Hidup Indonesia, Lamhannas

Amal, Ichlasul., dkk; 1995. Sumbangan Ilmu Sosial terhadap Konsepsi Ketahanan Nasional, Gajah Mada, University Press

Budiardjo, Miriam.; 1998. Dasar-dasar Ilmu Politik, Gramedia, Jakarta

Budiarto, M.SH; 1980. Wawasan Nusantara dalam Peraturan Perundang-undangan Negara R.I, Shalia Indonesia

Cassesse, Antonio; 1994. HAM di Dunia yang berubah, Yayasan Obor, Jakarta

Collins, John M; 1978. Grand Strategy, Principle and Practices, US Naval Institute Annapolis

Dasaputro, ST. Munadjat; 1978. Wawasan Nusantara (dalam ilmu politik dan hukum), Buku I Alumni Bandung

Departemen Luar Negeri, 1976. Wawasan Nusantara dan Hukum Laaut Indonesia, Badan Penelitian dan Pengembangan Masalah Luar Negeri

Effendi, N.K.; 1991. Polstranas (Suatu Pengantar Pengkajian Mendukung Implementasi Wasantara – Tannas), Lemhannas

Kaelan, 2004. Pendidikan Pancasila, Penerbit “Paradigma” Yogyakarta

Kaelan, 2007. Pendidikan Kewarganegaraan, Penerbit “Paradigma” Yogyakarta

Kusnardi & Ibrahim, Harmaili, 1980. Pengantar Hukum Tata Negara Indonesia. Diterbitkan oleh: Pusaat Studi Hukum Tata Negara – Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan CV. “Sinar Bakti”

Sumarsono (Lemhannas), 2001. Pendidikan Kewarganegaraan, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Lopa, Baharuddin; 1985. Implementasi Wawasan Nusantara, Ujung Pandang Intisari

Margenthau, Hans J; 1990. Politik Antar Bangsa, Yayasan Obor Ind., Jakarta

Noor Syam, M. 2010. Filsafat Pancasila Sebagai Sistem Ideologi, Disampaikan pada: Focus Group Discussion (FGD), Empat Pilar Kehidupan Berbangsa (Pancasila,UUD 1945,NKRI,Bhineka Tunggal Ika). Diselenggarakan oleh Pimpinan MPR-RI dan Universitas Brawijaya

Sagir, Soeharsono. 1982. Kesempatan Kerja, Ketahanan Nasional dan Pembangunan Manusia seutuhnya, Alumni

Soewarso, 1981. Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional dan Keamanan Nasional, Cetakan I

Sudarsono, 2010. Implementasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bernegara, Disampaikan pada: Focus Group Discussion (FGD), Empat Pilar Kehidupan Berbangsa (Pancasila,UUD 1945,NKRI,Bhineka Tunggal Ika). Diselenggarakan oleh Pimpinan MPR-RI dan Universitas Brawijaya

UU No. 23/1996 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup

UU No. 22/1999 tentang Pemerintahan Daerah

UU No. 39/1999 tentang Hak Asasi Manusia (HAM)

UU No. 62/1958 tentang Kewarganegaraan

UUD 1945 yang sudah diamandemen

Winataputra, Udin.S, 2003. Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Sistemik Pendidikan Demokrasi. Disampaikan dalam Seminar Nasional, Jurusan PPKn-UM


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini bermaksud untuk membekali kepribadian mahasiswa agar dapat berpikir secara komprehensif integral, memiliki wawasan pengetahuan yang luas, dapat hidup berdemokrasi, berbudi pekerti yang luhur, sadar akan hak dan kewajibannya sebagai warganegara Indonesia serta memiliki rasa tanggung jawab yang besar akan kemajuan Negara dan bangsa Indonesia dimasa depan

Learning Outcomes

  1. Mengantarkan pererta didik memiliki wawasan kesadaran bernegara untuk bela negara dan memiliki pola pikir, pola sikap dan prilaku untuk cinta tanah air Indonesia.
  2. Menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa dan bernegara sehingga terbentuk daya tangkal sebagai ketahanan nasional.
  3. Menumbuhkembangkan peserta didik untuk mempunyai pola sikap dan pola pikir yang komprehensif, integral pada aspek kehidupan nasional.

References

Abdurasyit, Priyatna.; 1983. Orbit Geostasioner sebagai Wilayah Kepentingan Nasional Guna Kelangsungan Hidup Indonesia, Lamhannas

Amal, Ichlasul., dkk; 1995. Sumbangan Ilmu Sosial terhadap Konsepsi Ketahanan Nasional, Gajah Mada, University Press

Budiardjo, Miriam.; 1998. Dasar-dasar Ilmu Politik, Gramedia, Jakarta

Budiarto, M.SH; 1980. Wawasan Nusantara dalam Peraturan Perundang-undangan Negara R.I, Shalia Indonesia

Cassesse, Antonio; 1994. HAM di Dunia yang berubah, Yayasan Obor, Jakarta

Collins, John M; 1978. Grand Strategy, Principle and Practices, US Naval Institute Annapolis

Dasaputro, ST. Munadjat; 1978. Wawasan Nusantara (dalam ilmu politik dan hukum), Buku I Alumni Bandung

Departemen Luar Negeri, 1976. Wawasan Nusantara dan Hukum Laaut Indonesia, Badan Penelitian dan Pengembangan Masalah Luar Negeri

Effendi, N.K.; 1991. Polstranas (Suatu Pengantar Pengkajian Mendukung Implementasi Wasantara – Tannas), Lemhannas

Kaelan, 2004. Pendidikan Pancasila, Penerbit “Paradigma” Yogyakarta

Kaelan, 2007. Pendidikan Kewarganegaraan, Penerbit “Paradigma” Yogyakarta

Kusnardi & Ibrahim, Harmaili, 1980. Pengantar Hukum Tata Negara Indonesia. Diterbitkan oleh: Pusaat Studi Hukum Tata Negara – Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan CV. “Sinar Bakti”

Sumarsono (Lemhannas), 2001. Pendidikan Kewarganegaraan, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Lopa, Baharuddin; 1985. Implementasi Wawasan Nusantara, Ujung Pandang Intisari

Margenthau, Hans J; 1990. Politik Antar Bangsa, Yayasan Obor Ind., Jakarta

Noor Syam, M. 2010. Filsafat Pancasila Sebagai Sistem Ideologi, Disampaikan pada: Focus Group Discussion (FGD), Empat Pilar Kehidupan Berbangsa (Pancasila,UUD 1945,NKRI,Bhineka Tunggal Ika). Diselenggarakan oleh Pimpinan MPR-RI dan Universitas Brawijaya

Sagir, Soeharsono. 1982. Kesempatan Kerja, Ketahanan Nasional dan Pembangunan Manusia seutuhnya, Alumni

Soewarso, 1981. Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional dan Keamanan Nasional, Cetakan I

Sudarsono, 2010. Implementasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bernegara, Disampaikan pada: Focus Group Discussion (FGD), Empat Pilar Kehidupan Berbangsa (Pancasila,UUD 1945,NKRI,Bhineka Tunggal Ika). Diselenggarakan oleh Pimpinan MPR-RI dan Universitas Brawijaya

UU No. 23/1996 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup

UU No. 22/1999 tentang Pemerintahan Daerah

UU No. 39/1999 tentang Hak Asasi Manusia (HAM)

UU No. 62/1958 tentang Kewarganegaraan

UUD 1945 yang sudah diamandemen

Winataputra, Udin.S, 2003. Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Sistemik Pendidikan Demokrasi. Disampaikan dalam Seminar Nasional, Jurusan PPKn-UM


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini bermaksud untuk membekali kepribadian mahasiswa agar dapat berpikir secara komprehensif integral, memiliki wawasan pengetahuan yang luas, dapat hidup berdemokrasi, berbudi pekerti yang luhur, sadar akan hak dan kewajibannya sebagai warganegara Indonesia serta memiliki rasa tanggung jawab yang besar akan kemajuan Negara dan bangsa Indonesia dimasa depan

Learning Outcomes

  1. Mengantarkan pererta didik memiliki wawasan kesadaran bernegara untuk bela negara dan memiliki pola pikir, pola sikap dan prilaku untuk cinta tanah air Indonesia.
  2. Menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa dan bernegara sehingga terbentuk daya tangkal sebagai ketahanan nasional.
  3. Menumbuhkembangkan peserta didik untuk mempunyai pola sikap dan pola pikir yang komprehensif, integral pada aspek kehidupan nasional.

References

Abdurasyit, Priyatna.; 1983. Orbit Geostasioner sebagai Wilayah Kepentingan Nasional Guna Kelangsungan Hidup Indonesia, Lamhannas

Amal, Ichlasul., dkk; 1995. Sumbangan Ilmu Sosial terhadap Konsepsi Ketahanan Nasional, Gajah Mada, University Press

Budiardjo, Miriam.; 1998. Dasar-dasar Ilmu Politik, Gramedia, Jakarta

Budiarto, M.SH; 1980. Wawasan Nusantara dalam Peraturan Perundang-undangan Negara R.I, Shalia Indonesia

Cassesse, Antonio; 1994. HAM di Dunia yang berubah, Yayasan Obor, Jakarta

Collins, John M; 1978. Grand Strategy, Principle and Practices, US Naval Institute Annapolis

Dasaputro, ST. Munadjat; 1978. Wawasan Nusantara (dalam ilmu politik dan hukum), Buku I Alumni Bandung

Departemen Luar Negeri, 1976. Wawasan Nusantara dan Hukum Laaut Indonesia, Badan Penelitian dan Pengembangan Masalah Luar Negeri

Effendi, N.K.; 1991. Polstranas (Suatu Pengantar Pengkajian Mendukung Implementasi Wasantara – Tannas), Lemhannas

Kaelan, 2004. Pendidikan Pancasila, Penerbit “Paradigma” Yogyakarta

Kaelan, 2007. Pendidikan Kewarganegaraan, Penerbit “Paradigma” Yogyakarta

Kusnardi & Ibrahim, Harmaili, 1980. Pengantar Hukum Tata Negara Indonesia. Diterbitkan oleh: Pusaat Studi Hukum Tata Negara – Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan CV. “Sinar Bakti”

Sumarsono (Lemhannas), 2001. Pendidikan Kewarganegaraan, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Lopa, Baharuddin; 1985. Implementasi Wawasan Nusantara, Ujung Pandang Intisari

Margenthau, Hans J; 1990. Politik Antar Bangsa, Yayasan Obor Ind., Jakarta

Noor Syam, M. 2010. Filsafat Pancasila Sebagai Sistem Ideologi, Disampaikan pada: Focus Group Discussion (FGD), Empat Pilar Kehidupan Berbangsa (Pancasila,UUD 1945,NKRI,Bhineka Tunggal Ika). Diselenggarakan oleh Pimpinan MPR-RI dan Universitas Brawijaya

Sagir, Soeharsono. 1982. Kesempatan Kerja, Ketahanan Nasional dan Pembangunan Manusia seutuhnya, Alumni

Soewarso, 1981. Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional dan Keamanan Nasional, Cetakan I

Sudarsono, 2010. Implementasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bernegara, Disampaikan pada: Focus Group Discussion (FGD), Empat Pilar Kehidupan Berbangsa (Pancasila,UUD 1945,NKRI,Bhineka Tunggal Ika). Diselenggarakan oleh Pimpinan MPR-RI dan Universitas Brawijaya

UU No. 23/1996 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup

UU No. 22/1999 tentang Pemerintahan Daerah

UU No. 39/1999 tentang Hak Asasi Manusia (HAM)

UU No. 62/1958 tentang Kewarganegaraan

UUD 1945 yang sudah diamandemen

Winataputra, Udin.S, 2003. Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Sistemik Pendidikan Demokrasi. Disampaikan dalam Seminar Nasional, Jurusan PPKn-UM


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini bermaksud untuk membekali kepribadian mahasiswa agar dapat berpikir secara komprehensif integral, memiliki wawasan pengetahuan yang luas, dapat hidup berdemokrasi, berbudi pekerti yang luhur, sadar akan hak dan kewajibannya sebagai warganegara Indonesia serta memiliki rasa tanggung jawab yang besar akan kemajuan Negara dan bangsa Indonesia dimasa depan

Learning Outcomes

  1. Mengantarkan pererta didik memiliki wawasan kesadaran bernegara untuk bela negara dan memiliki pola pikir, pola sikap dan prilaku untuk cinta tanah air Indonesia.
  2. Menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa dan bernegara sehingga terbentuk daya tangkal sebagai ketahanan nasional.
  3. Menumbuhkembangkan peserta didik untuk mempunyai pola sikap dan pola pikir yang komprehensif, integral pada aspek kehidupan nasional.

References

Abdurasyit, Priyatna.; 1983. Orbit Geostasioner sebagai Wilayah Kepentingan Nasional Guna Kelangsungan Hidup Indonesia, Lamhannas

Amal, Ichlasul., dkk; 1995. Sumbangan Ilmu Sosial terhadap Konsepsi Ketahanan Nasional, Gajah Mada, University Press

Budiardjo, Miriam.; 1998. Dasar-dasar Ilmu Politik, Gramedia, Jakarta

Budiarto, M.SH; 1980. Wawasan Nusantara dalam Peraturan Perundang-undangan Negara R.I, Shalia Indonesia

Cassesse, Antonio; 1994. HAM di Dunia yang berubah, Yayasan Obor, Jakarta

Collins, John M; 1978. Grand Strategy, Principle and Practices, US Naval Institute Annapolis

Dasaputro, ST. Munadjat; 1978. Wawasan Nusantara (dalam ilmu politik dan hukum), Buku I Alumni Bandung

Departemen Luar Negeri, 1976. Wawasan Nusantara dan Hukum Laaut Indonesia, Badan Penelitian dan Pengembangan Masalah Luar Negeri

Effendi, N.K.; 1991. Polstranas (Suatu Pengantar Pengkajian Mendukung Implementasi Wasantara – Tannas), Lemhannas

Kaelan, 2004. Pendidikan Pancasila, Penerbit “Paradigma” Yogyakarta

Kaelan, 2007. Pendidikan Kewarganegaraan, Penerbit “Paradigma” Yogyakarta

Kusnardi & Ibrahim, Harmaili, 1980. Pengantar Hukum Tata Negara Indonesia. Diterbitkan oleh: Pusaat Studi Hukum Tata Negara – Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan CV. “Sinar Bakti”

Sumarsono (Lemhannas), 2001. Pendidikan Kewarganegaraan, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Lopa, Baharuddin; 1985. Implementasi Wawasan Nusantara, Ujung Pandang Intisari

Margenthau, Hans J; 1990. Politik Antar Bangsa, Yayasan Obor Ind., Jakarta

Noor Syam, M. 2010. Filsafat Pancasila Sebagai Sistem Ideologi, Disampaikan pada: Focus Group Discussion (FGD), Empat Pilar Kehidupan Berbangsa (Pancasila,UUD 1945,NKRI,Bhineka Tunggal Ika). Diselenggarakan oleh Pimpinan MPR-RI dan Universitas Brawijaya

Sagir, Soeharsono. 1982. Kesempatan Kerja, Ketahanan Nasional dan Pembangunan Manusia seutuhnya, Alumni

Soewarso, 1981. Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional dan Keamanan Nasional, Cetakan I

Sudarsono, 2010. Implementasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bernegara, Disampaikan pada: Focus Group Discussion (FGD), Empat Pilar Kehidupan Berbangsa (Pancasila,UUD 1945,NKRI,Bhineka Tunggal Ika). Diselenggarakan oleh Pimpinan MPR-RI dan Universitas Brawijaya

UU No. 23/1996 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup

UU No. 22/1999 tentang Pemerintahan Daerah

UU No. 39/1999 tentang Hak Asasi Manusia (HAM)

UU No. 62/1958 tentang Kewarganegaraan

UUD 1945 yang sudah diamandemen

Winataputra, Udin.S, 2003. Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Sistemik Pendidikan Demokrasi. Disampaikan dalam Seminar Nasional, Jurusan PPKn-UM


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini bermaksud untuk membekali kepribadian mahasiswa agar dapat berpikir secara komprehensif integral, memiliki wawasan pengetahuan yang luas, dapat hidup berdemokrasi, berbudi pekerti yang luhur, sadar akan hak dan kewajibannya sebagai warganegara Indonesia serta memiliki rasa tanggung jawab yang besar akan kemajuan Negara dan bangsa Indonesia dimasa depan

Learning Outcomes

  1. Mengantarkan pererta didik memiliki wawasan kesadaran bernegara untuk bela negara dan memiliki pola pikir, pola sikap dan prilaku untuk cinta tanah air Indonesia.
  2. Menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa dan bernegara sehingga terbentuk daya tangkal sebagai ketahanan nasional.
  3. Menumbuhkembangkan peserta didik untuk mempunyai pola sikap dan pola pikir yang komprehensif, integral pada aspek kehidupan nasional.

References

Abdurasyit, Priyatna.; 1983. Orbit Geostasioner sebagai Wilayah Kepentingan Nasional Guna Kelangsungan Hidup Indonesia, Lamhannas

Amal, Ichlasul., dkk; 1995. Sumbangan Ilmu Sosial terhadap Konsepsi Ketahanan Nasional, Gajah Mada, University Press

Budiardjo, Miriam.; 1998. Dasar-dasar Ilmu Politik, Gramedia, Jakarta

Budiarto, M.SH; 1980. Wawasan Nusantara dalam Peraturan Perundang-undangan Negara R.I, Shalia Indonesia

Cassesse, Antonio; 1994. HAM di Dunia yang berubah, Yayasan Obor, Jakarta

Collins, John M; 1978. Grand Strategy, Principle and Practices, US Naval Institute Annapolis

Dasaputro, ST. Munadjat; 1978. Wawasan Nusantara (dalam ilmu politik dan hukum), Buku I Alumni Bandung

Departemen Luar Negeri, 1976. Wawasan Nusantara dan Hukum Laaut Indonesia, Badan Penelitian dan Pengembangan Masalah Luar Negeri

Effendi, N.K.; 1991. Polstranas (Suatu Pengantar Pengkajian Mendukung Implementasi Wasantara – Tannas), Lemhannas

Kaelan, 2004. Pendidikan Pancasila, Penerbit “Paradigma” Yogyakarta

Kaelan, 2007. Pendidikan Kewarganegaraan, Penerbit “Paradigma” Yogyakarta

Kusnardi & Ibrahim, Harmaili, 1980. Pengantar Hukum Tata Negara Indonesia. Diterbitkan oleh: Pusaat Studi Hukum Tata Negara – Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan CV. “Sinar Bakti”

Sumarsono (Lemhannas), 2001. Pendidikan Kewarganegaraan, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Lopa, Baharuddin; 1985. Implementasi Wawasan Nusantara, Ujung Pandang Intisari

Margenthau, Hans J; 1990. Politik Antar Bangsa, Yayasan Obor Ind., Jakarta

Noor Syam, M. 2010. Filsafat Pancasila Sebagai Sistem Ideologi, Disampaikan pada: Focus Group Discussion (FGD), Empat Pilar Kehidupan Berbangsa (Pancasila,UUD 1945,NKRI,Bhineka Tunggal Ika). Diselenggarakan oleh Pimpinan MPR-RI dan Universitas Brawijaya

Sagir, Soeharsono. 1982. Kesempatan Kerja, Ketahanan Nasional dan Pembangunan Manusia seutuhnya, Alumni

Soewarso, 1981. Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional dan Keamanan Nasional, Cetakan I

Sudarsono, 2010. Implementasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bernegara, Disampaikan pada: Focus Group Discussion (FGD), Empat Pilar Kehidupan Berbangsa (Pancasila,UUD 1945,NKRI,Bhineka Tunggal Ika). Diselenggarakan oleh Pimpinan MPR-RI dan Universitas Brawijaya

UU No. 23/1996 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup

UU No. 22/1999 tentang Pemerintahan Daerah

UU No. 39/1999 tentang Hak Asasi Manusia (HAM)

UU No. 62/1958 tentang Kewarganegaraan

UUD 1945 yang sudah diamandemen

Winataputra, Udin.S, 2003. Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Sistemik Pendidikan Demokrasi. Disampaikan dalam Seminar Nasional, Jurusan PPKn-UM


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini bermaksud untuk membekali kepribadian mahasiswa agar dapat berpikir secara komprehensif integral, memiliki wawasan pengetahuan yang luas, dapat hidup berdemokrasi, berbudi pekerti yang luhur, sadar akan hak dan kewajibannya sebagai warganegara Indonesia serta memiliki rasa tanggung jawab yang besar akan kemajuan Negara dan bangsa Indonesia dimasa depan

Learning Outcomes

  1. Mengantarkan pererta didik memiliki wawasan kesadaran bernegara untuk bela negara dan memiliki pola pikir, pola sikap dan prilaku untuk cinta tanah air Indonesia.
  2. Menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa dan bernegara sehingga terbentuk daya tangkal sebagai ketahanan nasional.
  3. Menumbuhkembangkan peserta didik untuk mempunyai pola sikap dan pola pikir yang komprehensif, integral pada aspek kehidupan nasional.

References

Abdurasyit, Priyatna.; 1983. Orbit Geostasioner sebagai Wilayah Kepentingan Nasional Guna Kelangsungan Hidup Indonesia, Lamhannas

Amal, Ichlasul., dkk; 1995. Sumbangan Ilmu Sosial terhadap Konsepsi Ketahanan Nasional, Gajah Mada, University Press

Budiardjo, Miriam.; 1998. Dasar-dasar Ilmu Politik, Gramedia, Jakarta

Budiarto, M.SH; 1980. Wawasan Nusantara dalam Peraturan Perundang-undangan Negara R.I, Shalia Indonesia

Cassesse, Antonio; 1994. HAM di Dunia yang berubah, Yayasan Obor, Jakarta

Collins, John M; 1978. Grand Strategy, Principle and Practices, US Naval Institute Annapolis

Dasaputro, ST. Munadjat; 1978. Wawasan Nusantara (dalam ilmu politik dan hukum), Buku I Alumni Bandung

Departemen Luar Negeri, 1976. Wawasan Nusantara dan Hukum Laaut Indonesia, Badan Penelitian dan Pengembangan Masalah Luar Negeri

Effendi, N.K.; 1991. Polstranas (Suatu Pengantar Pengkajian Mendukung Implementasi Wasantara – Tannas), Lemhannas

Kaelan, 2004. Pendidikan Pancasila, Penerbit “Paradigma” Yogyakarta

Kaelan, 2007. Pendidikan Kewarganegaraan, Penerbit “Paradigma” Yogyakarta

Kusnardi & Ibrahim, Harmaili, 1980. Pengantar Hukum Tata Negara Indonesia. Diterbitkan oleh: Pusaat Studi Hukum Tata Negara – Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan CV. “Sinar Bakti”

Sumarsono (Lemhannas), 2001. Pendidikan Kewarganegaraan, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Lopa, Baharuddin; 1985. Implementasi Wawasan Nusantara, Ujung Pandang Intisari

Margenthau, Hans J; 1990. Politik Antar Bangsa, Yayasan Obor Ind., Jakarta

Noor Syam, M. 2010. Filsafat Pancasila Sebagai Sistem Ideologi, Disampaikan pada: Focus Group Discussion (FGD), Empat Pilar Kehidupan Berbangsa (Pancasila,UUD 1945,NKRI,Bhineka Tunggal Ika). Diselenggarakan oleh Pimpinan MPR-RI dan Universitas Brawijaya

Sagir, Soeharsono. 1982. Kesempatan Kerja, Ketahanan Nasional dan Pembangunan Manusia seutuhnya, Alumni

Soewarso, 1981. Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional dan Keamanan Nasional, Cetakan I

Sudarsono, 2010. Implementasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bernegara, Disampaikan pada: Focus Group Discussion (FGD), Empat Pilar Kehidupan Berbangsa (Pancasila,UUD 1945,NKRI,Bhineka Tunggal Ika). Diselenggarakan oleh Pimpinan MPR-RI dan Universitas Brawijaya

UU No. 23/1996 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup

UU No. 22/1999 tentang Pemerintahan Daerah

UU No. 39/1999 tentang Hak Asasi Manusia (HAM)

UU No. 62/1958 tentang Kewarganegaraan

UUD 1945 yang sudah diamandemen

Winataputra, Udin.S, 2003. Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Sistemik Pendidikan Demokrasi. Disampaikan dalam Seminar Nasional, Jurusan PPKn-UM


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini bermaksud untuk membekali kepribadian mahasiswa agar dapat berpikir secara komprehensif integral, memiliki wawasan pengetahuan yang luas, dapat hidup berdemokrasi, berbudi pekerti yang luhur, sadar akan hak dan kewajibannya sebagai warganegara Indonesia serta memiliki rasa tanggung jawab yang besar akan kemajuan Negara dan bangsa Indonesia dimasa depan

Learning Outcomes

  1. Mengantarkan pererta didik memiliki wawasan kesadaran bernegara untuk bela negara dan memiliki pola pikir, pola sikap dan prilaku untuk cinta tanah air Indonesia.
  2. Menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa dan bernegara sehingga terbentuk daya tangkal sebagai ketahanan nasional.
  3. Menumbuhkembangkan peserta didik untuk mempunyai pola sikap dan pola pikir yang komprehensif, integral pada aspek kehidupan nasional.

References

Abdurasyit, Priyatna.; 1983. Orbit Geostasioner sebagai Wilayah Kepentingan Nasional Guna Kelangsungan Hidup Indonesia, Lamhannas

Amal, Ichlasul., dkk; 1995. Sumbangan Ilmu Sosial terhadap Konsepsi Ketahanan Nasional, Gajah Mada, University Press

Budiardjo, Miriam.; 1998. Dasar-dasar Ilmu Politik, Gramedia, Jakarta

Budiarto, M.SH; 1980. Wawasan Nusantara dalam Peraturan Perundang-undangan Negara R.I, Shalia Indonesia

Cassesse, Antonio; 1994. HAM di Dunia yang berubah, Yayasan Obor, Jakarta

Collins, John M; 1978. Grand Strategy, Principle and Practices, US Naval Institute Annapolis

Dasaputro, ST. Munadjat; 1978. Wawasan Nusantara (dalam ilmu politik dan hukum), Buku I Alumni Bandung

Departemen Luar Negeri, 1976. Wawasan Nusantara dan Hukum Laaut Indonesia, Badan Penelitian dan Pengembangan Masalah Luar Negeri

Effendi, N.K.; 1991. Polstranas (Suatu Pengantar Pengkajian Mendukung Implementasi Wasantara – Tannas), Lemhannas

Kaelan, 2004. Pendidikan Pancasila, Penerbit “Paradigma” Yogyakarta

Kaelan, 2007. Pendidikan Kewarganegaraan, Penerbit “Paradigma” Yogyakarta

Kusnardi & Ibrahim, Harmaili, 1980. Pengantar Hukum Tata Negara Indonesia. Diterbitkan oleh: Pusaat Studi Hukum Tata Negara – Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan CV. “Sinar Bakti”

Sumarsono (Lemhannas), 2001. Pendidikan Kewarganegaraan, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Lopa, Baharuddin; 1985. Implementasi Wawasan Nusantara, Ujung Pandang Intisari

Margenthau, Hans J; 1990. Politik Antar Bangsa, Yayasan Obor Ind., Jakarta

Noor Syam, M. 2010. Filsafat Pancasila Sebagai Sistem Ideologi, Disampaikan pada: Focus Group Discussion (FGD), Empat Pilar Kehidupan Berbangsa (Pancasila,UUD 1945,NKRI,Bhineka Tunggal Ika). Diselenggarakan oleh Pimpinan MPR-RI dan Universitas Brawijaya

Sagir, Soeharsono. 1982. Kesempatan Kerja, Ketahanan Nasional dan Pembangunan Manusia seutuhnya, Alumni

Soewarso, 1981. Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional dan Keamanan Nasional, Cetakan I

Sudarsono, 2010. Implementasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bernegara, Disampaikan pada: Focus Group Discussion (FGD), Empat Pilar Kehidupan Berbangsa (Pancasila,UUD 1945,NKRI,Bhineka Tunggal Ika). Diselenggarakan oleh Pimpinan MPR-RI dan Universitas Brawijaya

UU No. 23/1996 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup

UU No. 22/1999 tentang Pemerintahan Daerah

UU No. 39/1999 tentang Hak Asasi Manusia (HAM)

UU No. 62/1958 tentang Kewarganegaraan

UUD 1945 yang sudah diamandemen

Winataputra, Udin.S, 2003. Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Sistemik Pendidikan Demokrasi. Disampaikan dalam Seminar Nasional, Jurusan PPKn-UM


Details ...