Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Curriculum : 2015


Courser in EnglishSCHOOL LIBRARY MANAGEMENT
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS12 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Pengelolaan Perpustakaan Sekolah merupakan mata kuliah yang ada pada program studi PGSD dan sifatnya sebagai mata kuliah pilihan bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan tentang pengertian perpustakaan sekolah, pengelolaan perpustakaan sekolah meliputi pengadaan bahan pustaka, klasifikasi, katalogisasi, pengaturan tempat, pelayanan dan sumber pendanaan perpustakaan sekolah.

Learning Outcomes

CPMK1

Mendeskripsikan pengertian dan manfaat Perpustakaan sekolah (KK1, P1)

CPMK2

Memahami pengertiann,dasar hukum dan tujuan perpustakaan sekolah (KK1, P1)

CPMK3

Memahami sejarah perpustakaan Indonesia dan Dunia (KK1, P1)

CPMK4

Memahami Administrasi dan Organisasi Perpustakaan (KK1, P1)

CPMK5

Memahami Perencanaan Perpustakaan (KK1, P1)

CPMK6

Mempraktikan prosedur klasifikasi perpustakaan (KK1, P1)

CPMK7

Mendeskripsi dan membuat Katalogisasi (KK1, P1)

CPMK8

Mensimulasikan pelayanan perpustakaan (KK1, P1)

CPMK9

Memelihara dan merawat bahan perpustakaan (KK1, P1)

References

  • Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara  
  • Yusuf, Pawit. M. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana
  • Darmono. 2004. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
  • Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Obor Indonesia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pengelolaan Perpustakaan Sekolah merupakan mata kuliah yang ada pada program studi PGSD dan sifatnya sebagai mata kuliah pilihan bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan tentang pengertian perpustakaan sekolah, pengelolaan perpustakaan sekolah meliputi pengadaan bahan pustaka, klasifikasi, katalogisasi, pengaturan tempat, pelayanan dan sumber pendanaan perpustakaan sekolah.

Learning Outcomes

CPMK1

Mendeskripsikan pengertian dan manfaat Perpustakaan sekolah (KK1, P1)

CPMK2

Memahami pengertiann,dasar hukum dan tujuan perpustakaan sekolah (KK1, P1)

CPMK3

Memahami sejarah perpustakaan Indonesia dan Dunia (KK1, P1)

CPMK4

Memahami Administrasi dan Organisasi Perpustakaan (KK1, P1)

CPMK5

Memahami Perencanaan Perpustakaan (KK1, P1)

CPMK6

Mempraktikan prosedur klasifikasi perpustakaan (KK1, P1)

CPMK7

Mendeskripsi dan membuat Katalogisasi (KK1, P1)

CPMK8

Mensimulasikan pelayanan perpustakaan (KK1, P1)

CPMK9

Memelihara dan merawat bahan perpustakaan (KK1, P1)

References

  • Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara  
  • Yusuf, Pawit. M. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana
  • Darmono. 2004. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
  • Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Obor Indonesia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pengelolaan Perpustakaan Sekolah merupakan mata kuliah yang ada pada program studi PGSD dan sifatnya sebagai mata kuliah pilihan bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan tentang pengertian perpustakaan sekolah, pengelolaan perpustakaan sekolah meliputi pengadaan bahan pustaka, klasifikasi, katalogisasi, pengaturan tempat, pelayanan dan sumber pendanaan perpustakaan sekolah.

Learning Outcomes

CPMK1

Mendeskripsikan pengertian dan manfaat Perpustakaan sekolah (KK1, P1)

CPMK2

Memahami pengertiann,dasar hukum dan tujuan perpustakaan sekolah (KK1, P1)

CPMK3

Memahami sejarah perpustakaan Indonesia dan Dunia (KK1, P1)

CPMK4

Memahami Administrasi dan Organisasi Perpustakaan (KK1, P1)

CPMK5

Memahami Perencanaan Perpustakaan (KK1, P1)

CPMK6

Mempraktikan prosedur klasifikasi perpustakaan (KK1, P1)

CPMK7

Mendeskripsi dan membuat Katalogisasi (KK1, P1)

CPMK8

Mensimulasikan pelayanan perpustakaan (KK1, P1)

CPMK9

Memelihara dan merawat bahan perpustakaan (KK1, P1)

References

  • Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara  
  • Yusuf, Pawit. M. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana
  • Darmono. 2004. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
  • Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Obor Indonesia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan tentang perpustakaan yang ada di sekolah, mulai dari pengertian, pengelolaan, pengadaan bahan pustaka, klarifikasi, katalogisasi, pelayanan sampai dengan administrasi dan organisasi perpustakaan yang ada di sekolah.

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam..

 

 

Keterampilan Umum

  1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan  tersebut  secara  mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

 

Keterampilan Khusus

Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;

 

Pengetahuan

  1. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
  2. Menguasai prosedur  penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional;

References

  • Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara  
  • Yusuf, Pawit. M. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana
  • Darmono. 2004. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
  • Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Obor Indonesia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan tentang perpustakaan yang ada di sekolah, mulai dari pengertian, pengelolaan, pengadaan bahan pustaka, klarifikasi, katalogisasi, pelayanan sampai dengan administrasi dan organisasi perpustakaan yang ada di sekolah.

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam..

 

 

Keterampilan Umum

  1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan  tersebut  secara  mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

 

Keterampilan Khusus

Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;

 

Pengetahuan

  1. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
  2. Menguasai prosedur  penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional;

References

  • Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara  
  • Yusuf, Pawit. M. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana
  • Darmono. 2004. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
  • Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Obor Indonesia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan tentang perpustakaan yang ada di sekolah, mulai dari pengertian, pengelolaan, pengadaan bahan pustaka, klarifikasi, katalogisasi, pelayanan sampai dengan administrasi dan organisasi perpustakaan yang ada di sekolah.

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam..

 

 

Keterampilan Umum

  1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan  tersebut  secara  mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

 

Keterampilan Khusus

Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;

 

Pengetahuan

  1. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
  2. Menguasai prosedur  penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional;

References

  • Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara  
  • Yusuf, Pawit. M. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana
  • Darmono. 2004. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
  • Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Obor Indonesia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan tentang perpustakaan yang ada di sekolah, mulai dari pengertian, pengelolaan, pengadaan bahan pustaka, klarifikasi, katalogisasi, pelayanan sampai dengan administrasi dan organisasi perpustakaan yang ada di sekolah.

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam..

 

 

Keterampilan Umum

  1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan  tersebut  secara  mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

 

Keterampilan Khusus

Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;

 

Pengetahuan

  1. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
  2. Menguasai prosedur  penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional;

References

  • Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara  
  • Yusuf, Pawit. M. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana
  • Darmono. 2004. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
  • Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Obor Indonesia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan tentang perpustakaan yang ada di sekolah, mulai dari pengertian, pengelolaan, pengadaan bahan pustaka, klarifikasi, katalogisasi, pelayanan sampai dengan administrasi dan organisasi perpustakaan yang ada di sekolah.

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam..

 

 

Keterampilan Umum

  1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan  tersebut  secara  mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

 

Keterampilan Khusus

Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;

 

Pengetahuan

  1. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
  2. Menguasai prosedur  penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional;

References

  • Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara  
  • Yusuf, Pawit. M. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana
  • Darmono. 2004. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
  • Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Obor Indonesia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan tentang perpustakaan yang ada di sekolah, mulai dari pengertian, pengelolaan, pengadaan bahan pustaka, klarifikasi, katalogisasi, pelayanan sampai dengan administrasi dan organisasi perpustakaan yang ada di sekolah.

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam..

 

 

Keterampilan Umum

  1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan  tersebut  secara  mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

 

Keterampilan Khusus

Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;

 

Pengetahuan

  1. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
  2. Menguasai prosedur  penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional;

References

  • Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara  
  • Yusuf, Pawit. M. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana
  • Darmono. 2004. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
  • Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Obor Indonesia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan tentang pengertian perpustakaan sekolah, pengelolaan perpustakaan sekolah meliputi pengadaan bahan pustaka, klasifikasi, katalogisasi, pengaturan tempat, pelayanan dan sumber pendanaan perpustakaan sekolah.

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam..

 

 

Keterampilan Umum

  1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan  tersebut  secara  mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

 

Keterampilan Khusus

Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;

 

Pengetahuan

  1. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
  2. Menguasai prosedur  penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional;

References

  • Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara  

Yusuf, Pawit. M. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana

  • Darmono. 2004. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Obor Indonesia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan tentang pengertian perpustakaan sekolah, pengelolaan perpustakaan sekolah meliputi pengadaan bahan pustaka, klasifikasi, katalogisasi, pengaturan tempat, pelayanan dan sumber pendanaan perpustakaan sekolah.

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam..

 

 

Keterampilan Umum

  1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan  tersebut  secara  mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

 

Keterampilan Khusus

Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;

 

Pengetahuan

  1. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
  2. Menguasai prosedur  penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional;

References

  • Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara  

Yusuf, Pawit. M. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana

  • Darmono. 2004. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Obor Indonesia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan tentang pengertian perpustakaan sekolah, pengelolaan perpustakaan sekolah meliputi pengadaan bahan pustaka, klasifikasi, katalogisasi, pengaturan tempat, pelayanan dan sumber pendanaan perpustakaan sekolah.

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam..

 

 

Keterampilan Umum

  1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan  tersebut  secara  mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

 

Keterampilan Khusus

Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;

 

Pengetahuan

  1. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
  2. Menguasai prosedur  penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional;

References

  • Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara  

Yusuf, Pawit. M. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana

  • Darmono. 2004. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Obor Indonesia


Details ...