Courser in English | SCHOOL LIBRARY MANAGEMENT |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 12 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Pengelolaan Perpustakaan Sekolah merupakan mata kuliah yang ada pada program studi PGSD dan sifatnya sebagai mata kuliah pilihan bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan tentang pengertian perpustakaan sekolah, pengelolaan perpustakaan sekolah meliputi pengadaan bahan pustaka, klasifikasi, katalogisasi, pengaturan tempat, pelayanan dan sumber pendanaan perpustakaan sekolah.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mendeskripsikan pengertian dan manfaat Perpustakaan sekolah (KK1, P1) |
CPMK2 |
Memahami pengertiann,dasar hukum dan tujuan perpustakaan sekolah (KK1, P1) |
CPMK3 |
Memahami sejarah perpustakaan Indonesia dan Dunia (KK1, P1) |
CPMK4 |
Memahami Administrasi dan Organisasi Perpustakaan (KK1, P1) |
CPMK5 |
Memahami Perencanaan Perpustakaan (KK1, P1) |
CPMK6 |
Mempraktikan prosedur klasifikasi perpustakaan (KK1, P1) |
CPMK7 |
Mendeskripsi dan membuat Katalogisasi (KK1, P1) |
CPMK8 |
Mensimulasikan pelayanan perpustakaan (KK1, P1) |
CPMK9 |
Memelihara dan merawat bahan perpustakaan (KK1, P1) |
- Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
- Yusuf, Pawit. M. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana
- Darmono. 2004. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
- Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Obor Indonesia
Details ...
Mata kuliah Pengelolaan Perpustakaan Sekolah merupakan mata kuliah yang ada pada program studi PGSD dan sifatnya sebagai mata kuliah pilihan bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan tentang pengertian perpustakaan sekolah, pengelolaan perpustakaan sekolah meliputi pengadaan bahan pustaka, klasifikasi, katalogisasi, pengaturan tempat, pelayanan dan sumber pendanaan perpustakaan sekolah.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mendeskripsikan pengertian dan manfaat Perpustakaan sekolah (KK1, P1) |
CPMK2 |
Memahami pengertiann,dasar hukum dan tujuan perpustakaan sekolah (KK1, P1) |
CPMK3 |
Memahami sejarah perpustakaan Indonesia dan Dunia (KK1, P1) |
CPMK4 |
Memahami Administrasi dan Organisasi Perpustakaan (KK1, P1) |
CPMK5 |
Memahami Perencanaan Perpustakaan (KK1, P1) |
CPMK6 |
Mempraktikan prosedur klasifikasi perpustakaan (KK1, P1) |
CPMK7 |
Mendeskripsi dan membuat Katalogisasi (KK1, P1) |
CPMK8 |
Mensimulasikan pelayanan perpustakaan (KK1, P1) |
CPMK9 |
Memelihara dan merawat bahan perpustakaan (KK1, P1) |
- Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
- Yusuf, Pawit. M. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana
- Darmono. 2004. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
- Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Obor Indonesia
Details ...
Mata kuliah Pengelolaan Perpustakaan Sekolah merupakan mata kuliah yang ada pada program studi PGSD dan sifatnya sebagai mata kuliah pilihan bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan tentang pengertian perpustakaan sekolah, pengelolaan perpustakaan sekolah meliputi pengadaan bahan pustaka, klasifikasi, katalogisasi, pengaturan tempat, pelayanan dan sumber pendanaan perpustakaan sekolah.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mendeskripsikan pengertian dan manfaat Perpustakaan sekolah (KK1, P1) |
CPMK2 |
Memahami pengertiann,dasar hukum dan tujuan perpustakaan sekolah (KK1, P1) |
CPMK3 |
Memahami sejarah perpustakaan Indonesia dan Dunia (KK1, P1) |
CPMK4 |
Memahami Administrasi dan Organisasi Perpustakaan (KK1, P1) |
CPMK5 |
Memahami Perencanaan Perpustakaan (KK1, P1) |
CPMK6 |
Mempraktikan prosedur klasifikasi perpustakaan (KK1, P1) |
CPMK7 |
Mendeskripsi dan membuat Katalogisasi (KK1, P1) |
CPMK8 |
Mensimulasikan pelayanan perpustakaan (KK1, P1) |
CPMK9 |
Memelihara dan merawat bahan perpustakaan (KK1, P1) |
- Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
- Yusuf, Pawit. M. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana
- Darmono. 2004. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
- Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Obor Indonesia
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan tentang perpustakaan yang ada di sekolah, mulai dari pengertian, pengelolaan, pengadaan bahan pustaka, klarifikasi, katalogisasi, pelayanan sampai dengan administrasi dan organisasi perpustakaan yang ada di sekolah.
Learning OutcomesSikap
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam..
Keterampilan Umum
- Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
Keterampilan Khusus
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
Pengetahuan
- Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
- Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional;
- Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
- Yusuf, Pawit. M. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana
- Darmono. 2004. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
- Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Obor Indonesia
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan tentang perpustakaan yang ada di sekolah, mulai dari pengertian, pengelolaan, pengadaan bahan pustaka, klarifikasi, katalogisasi, pelayanan sampai dengan administrasi dan organisasi perpustakaan yang ada di sekolah.
Learning OutcomesSikap
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam..
Keterampilan Umum
- Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
Keterampilan Khusus
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
Pengetahuan
- Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
- Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional;
- Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
- Yusuf, Pawit. M. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana
- Darmono. 2004. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
- Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Obor Indonesia
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan tentang perpustakaan yang ada di sekolah, mulai dari pengertian, pengelolaan, pengadaan bahan pustaka, klarifikasi, katalogisasi, pelayanan sampai dengan administrasi dan organisasi perpustakaan yang ada di sekolah.
Learning OutcomesSikap
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam..
Keterampilan Umum
- Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
Keterampilan Khusus
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
Pengetahuan
- Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
- Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional;
- Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
- Yusuf, Pawit. M. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana
- Darmono. 2004. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
- Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Obor Indonesia
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan tentang perpustakaan yang ada di sekolah, mulai dari pengertian, pengelolaan, pengadaan bahan pustaka, klarifikasi, katalogisasi, pelayanan sampai dengan administrasi dan organisasi perpustakaan yang ada di sekolah.
Learning OutcomesSikap
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam..
Keterampilan Umum
- Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
Keterampilan Khusus
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
Pengetahuan
- Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
- Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional;
- Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
- Yusuf, Pawit. M. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana
- Darmono. 2004. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
- Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Obor Indonesia
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan tentang perpustakaan yang ada di sekolah, mulai dari pengertian, pengelolaan, pengadaan bahan pustaka, klarifikasi, katalogisasi, pelayanan sampai dengan administrasi dan organisasi perpustakaan yang ada di sekolah.
Learning OutcomesSikap
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam..
Keterampilan Umum
- Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
Keterampilan Khusus
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
Pengetahuan
- Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
- Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional;
- Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
- Yusuf, Pawit. M. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana
- Darmono. 2004. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
- Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Obor Indonesia
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan tentang perpustakaan yang ada di sekolah, mulai dari pengertian, pengelolaan, pengadaan bahan pustaka, klarifikasi, katalogisasi, pelayanan sampai dengan administrasi dan organisasi perpustakaan yang ada di sekolah.
Learning OutcomesSikap
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam..
Keterampilan Umum
- Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
Keterampilan Khusus
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
Pengetahuan
- Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
- Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional;
- Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
- Yusuf, Pawit. M. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana
- Darmono. 2004. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
- Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Obor Indonesia
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan tentang pengertian perpustakaan sekolah, pengelolaan perpustakaan sekolah meliputi pengadaan bahan pustaka, klasifikasi, katalogisasi, pengaturan tempat, pelayanan dan sumber pendanaan perpustakaan sekolah.
Learning OutcomesSikap
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam..
Keterampilan Umum
- Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
Keterampilan Khusus
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
Pengetahuan
- Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
- Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional;
- Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Yusuf, Pawit. M. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana
- Darmono. 2004. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Obor Indonesia
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan tentang pengertian perpustakaan sekolah, pengelolaan perpustakaan sekolah meliputi pengadaan bahan pustaka, klasifikasi, katalogisasi, pengaturan tempat, pelayanan dan sumber pendanaan perpustakaan sekolah.
Learning OutcomesSikap
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam..
Keterampilan Umum
- Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
Keterampilan Khusus
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
Pengetahuan
- Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
- Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional;
- Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Yusuf, Pawit. M. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana
- Darmono. 2004. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Obor Indonesia
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan tentang pengertian perpustakaan sekolah, pengelolaan perpustakaan sekolah meliputi pengadaan bahan pustaka, klasifikasi, katalogisasi, pengaturan tempat, pelayanan dan sumber pendanaan perpustakaan sekolah.
Learning OutcomesSikap
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam..
Keterampilan Umum
- Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
Keterampilan Khusus
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
Pengetahuan
- Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
- Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional;
- Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Yusuf, Pawit. M. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana
- Darmono. 2004. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Obor Indonesia
Details ...