Courser in English | PGRI PRINCIPLES |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 2 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal dan loyal terhadap perjuangan PGRI.
Learning Outcomes- Menumbuhkan sikap disiplin, kompetitif, dan professional
- Menumbuhkan pribadi yang tanggap terhadap sesama dan lingkungannya
- Menumbuhkan pribadi yang tangguh, ulet, dan tidak mudah putus asa
- Menumbuhkan pribadi yang takwa, taat, dan toleran
- Menumbuhkan pribadi jujur dan memiliki integritas serta jiwa, semangat, dan nilai-nilai 45 yang meliputi: nilai rela berkorban, nasionalisme, dan persatuan
- Menumbuhkan jiwa kebersamaan, kekeluargaan, dan kerjasama
Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
2•M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
3•Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
4•Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
5•Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta
6. AD/ART PGRI
7. UU No. 20 Th 2003 TTG. SISDIKNAS
8. UU No. 14 TH 2005 TTG GURU DAN DOSEN
9. PP No. 78 TH 2008 TTG GURU
10. UU KETENAGAKERJAAN
11. RENSTRA KEMENDIKNAS 2010 - 2014
12. UU No. 32 TH 2004 TTG PEMERINTAHAN DAERAH
13. PP No. 38 TH 2007
14. UU No. 23 TH 2013
Details ...
Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal dan loyal terhadap perjuangan PGRI.
Learning Outcomes- Menumbuhkan sikap disiplin, kompetitif, dan professional
- Menumbuhkan pribadi yang tanggap terhadap sesama dan lingkungannya
- Menumbuhkan pribadi yang tangguh, ulet, dan tidak mudah putus asa
- Menumbuhkan pribadi yang takwa, taat, dan toleran
- Menumbuhkan pribadi jujur dan memiliki integritas serta jiwa, semangat, dan nilai-nilai 45 yang meliputi: nilai rela berkorban, nasionalisme, dan persatuan
- Menumbuhkan jiwa kebersamaan, kekeluargaan, dan kerjasama
Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
2•M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
3•Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
4•Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
5•Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta
6. AD/ART PGRI
7. UU No. 20 Th 2003 TTG. SISDIKNAS
8. UU No. 14 TH 2005 TTG GURU DAN DOSEN
9. PP No. 78 TH 2008 TTG GURU
10. UU KETENAGAKERJAAN
11. RENSTRA KEMENDIKNAS 2010 - 2014
12. UU No. 32 TH 2004 TTG PEMERINTAHAN DAERAH
13. PP No. 38 TH 2007
14. UU No. 23 TH 2013
Details ...