Perencanaan Pembelajaran, Curriculum : 2021


Courser in EnglishLESSON PLANNING
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
SKS2 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah perencanaan pembelajaran merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester IV program studi SI PPSD dengan bobot 2 sks, untuk membekali mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran dalam bentuk silabus dan RPP/Modul Ajar. Topik bahasan dalam mata kuliah ini diawali penelaahan konsep dasar perencanaan pembelajaran, perkembangan kurikulum, komponen pembelajaran, teknik menentukan strategi, pendekatan, metode, materi ajar, sumber belajar, media pembelajaran, dan teknik penilaian kuliah. Topik kajian terakhir dari mata kuliah ini adalah praktik menyusun Silabus dan RPP/Modul Ajar.

Learning Outcomes

Menginterpretasi konsep teoritis hakikat perencanaan pembelajaran dalam pembelajaran Bahasa Jawa di sekolah dengan penuh tanggung jawab (P1, KU1, KK5, S9)

Menginterpretasi konsep pembelajaran berdasarkan landasan secara yuridis sesuai nilai, norma, dan etika akademik (P1, KU2, KK2, S8)

Menginterpretasi konsep teoritis komponen-komponen pembelajaran sesuai dengan perkembangan kurikulum dengan penuh tanggung jawab (P1, KU1, S9)

Menelaah komponen pembelajaran yang meliputi: tujuan, strategi, pendekatan, model, metode, materi/bahan ajar, sumber belajar, dan media pembelajaran untuk diterapkan dalam rancangan pembelajaran yang dilakukan dengan sikap tanggung jawab secara mandiri (P1, KU5, KK2, S9)

Mengembangkan instrument penilaian berdasarkan rumusan tujuan dalm pembelajaran  dengan nilai, norma, dan etika akademik (P1, KU5, KK1, S8)

Merancang pelaksanaan pembelajaran dalam bentuk silabus dan RPP secara mandiri dengan memperhatikan karakteristik peserta didik dan tujuan pembelajaran secara mandiri dan penuh tanggung jawab (P1, KU1, KK1, S9)

References

  1. Azhar, Arsyad. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers
  2. Hamzah, B. Uno. 2010. Perencanaan Pembelajaran.( Jakarta: Bumi Aksara).  
  3. Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Rosdakarya.
  4. Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung:PT Remaja Rosdakarya
  5. Kasful, Anwar Dan Hendra Harmi. 2011. Perencanaan Sistem Pembelajaran KTSP. Bandung: Alfabeta
  6. E. Mulyasa, Pengembangan dan Impelemtasi Kurikulum 2013.Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  7. Izzaty, Anisah. Inovasi dalam Bidang Kurikulum 2013 dan mutu Pendidikan.,dalam Http//Izzatyalmuhyi.blogspot.com (on line) diakses pada tanggal 10 november 2015
  8. Amiruddin. 2016. Perencanaan Pembelajaran..Yogyakarta:Parama Ilmu.
  9. Peraturan Gubernur No. 57 Tahun 2013 tentang Petunjuk pelaksnaan Peraturan Daerah Prov. Jateng No. 9 Tahun 2012 tentang bahasa, sastra, dan aksara Jawa.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah perencanaan pembelajaran merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester V program studi SI PPSD dengan bobot 2 sks, untuk membekali mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran dalam bentuk silabus dan RPP. Topik bahasan dalam mata kuliah ini diawali penelaahan konsep dasar perencanaan pembelajaran, perkembangan kurikulum, komponen pembelajaran, teknik menentukan strategi, pendekatan, metode, materi ajar, sumber belajar, media pembelajaran, dan teknik penilaian kuliah. Topik kajian terakhir dari mata kuliah ini adalah praktik menyusun Silabus dan RPP.

Learning Outcomes

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3)
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.(S6)
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8)
  4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9)
  5. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan  tersebut  secara  mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. (KU1)
  6. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (KU2)
  7. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. (KU5)
  8. Mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran Bahasa Jawa dengan memanfaatkan IPTEKS.(KK1)
  9. Mampu mengkaji dan menyelesaikan permasalahan pembelajaran Bahasa Jawa (KK2)

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan keterampilan pembelajaran, bahasa Jawa dan sastra Jawa. (P1)

References

  1. Majid, Abdul. 201 Perencanaan Pembelajaran. Bandung:PT Remaja Rosdakarya
  2. Izzaty, Anisah. Inovasi dalam Bidang Kurikulum 2013 dan mutu Pendidikan.,dalam Http//Izzatyalmuhyi.blogspot.com (on line) diakses pada tanggal 10 november 2015
  3. Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Rosdakarya.
  4. Azhar, Arsyad. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers
  5. Hamzah, B. Uno. 2010. Perencanaan Pembelajaran.( Jakarta: Bumi Aksara).
  6. Syah, Marimba Darwin. 2007. Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Gaung Persada Press.
  7. Panduan Pengembangan RPP. Jakarta: Depdiknas
  8. E. Mulyasa, 2007, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, cet.ke-2. E. Mulyasa, Pengembangan dan Impelemtasi Kurikulum 2013.Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  9. Hamid, Darmadi. 2010. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta.
  10. Amiruddin. 2016. Perencanaan Pembelajaran..Yogyakarta:Parama Ilmu.
  11. Kasful, Anwar Dan Hendra Harmi. 2011. Perencanaan Sistem Pembelajaran KTSP. Bandung: Alfabeta


Details ...