Manajemen Bisnis Online, Curriculum : 2022


Courser in EnglishONLINE BUSINESS MANAGEMENT
ProgramPendidikan Ekonomi
SKS2 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang konsep dasar dan strategi dalam mengelola bisnis secara online, mulai dari perencanaan hingga implementasi. Pembelajaran mencakup aspek pemasaran digital, e-commerce, manajemen operasional online, serta aspek hukum yang terkait dengan bisnis digital.

Learning Outcomes

  • Mahasiswa dapat memahami konsep dasar manajemen bisnis online.
  • Mahasiswa dapat menganalisis dan merancang strategi pemasaran digital.
  • Mahasiswa mampu mengelola platform e-commerce secara efektif.
  • Mahasiswa dapat memahami aspek hukum dalam bisnis online.
  • Mahasiswa dapat merencanakan dan mengelola operasional bisnis online

References

  1. Chaffey, D. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. Pearson.
  2. Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2021). E-commerce: Business, Technology, Society. Pearson.
  3. Ryan, D. (2016). Understanding Digital Marketing. Kogan Page.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini mendiskusikan berbagai hal proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan serta evaluasi bisnis online menggunakan media sosial dan marketplace

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan mampu memahami, membuat, menganalisis dan mengevaluasi, bisnis digital & e-commerce, Business Objectives, Target Audience, Social Analysis, permasalahan sistem operasi media sosial, jaringan sosial, blogs dan forum, Geosocial, Live Video, Ratings, and Reviews, perencanaan bisnis online di sosial media & marketplace, menganalisis kinerja start-up online, mengevaluasi hasil start-up online action, dan menyusun laporan dari hasil evaluasi start-up online action

References

Belew, S., & Elad, J. (2017). Starting an Online Business All-in-One For Dummies®, 5th Edition Published. John Wiley & Sons, Inc.

Chaffey, D. (2015). Digital Business and E-Commerce Management. Pearson education Limited. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/B978-008044910-4.00148-6

Quesenberry, K. A. (2018). Social media strategy : marketing, advertising, and public relations in the consumer revolution. Lanham : Rowman & Littlefield.

Roberts, L. M., & Zahay, D. (2013). Internet Marketing: Intergrating Online and Offline Strategies.

Riyanto, Nugraha, Adi Sari, Wahyuhastuti (2023). Laporan Pengabdian Upaya Peningkatan Pendapatan Melalui Literasi Keuangan Dan Pemasaran Online Bagi Umkm Kelurahan Krobokan Kota Semarang. LPPM UPGRIS


Details ...