Courser in English | Educational Foundation |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 2 SKS |
RPS | 24 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Pendidikan dan Kebudayaan, (2) Pendidikan sebagai Ilmu dan Landasan Ilmu Pendidikan, (3) Tujuan dan Harapan Pendidikan, (4) Subyek dan Obyek, Lingkungan dan Lembaga Pendidikan, (5) Alat dan Isi serta Metode Pendidikan, (6) Pendidikan sebagai Sistem, dan (7) Pendidikan dalam Praksis dan Masalah-masalahnya.
Learning OutcomesSikap dan Tata Nilai
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandirimenginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Penguasaan pengetahuan
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah
Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah
Daftar Buku Wajib:
Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron. 2016. Landasan Kependidikan. Semarang: UPGRIS.
Daftar Buku Anjuran
- Drijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
- Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia.
- Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis. Yogyakarta: FIP-IKIP.
- _______________. 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita.
- Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia.
- Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius.
- Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya.
- Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
- Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Saifullah H.A., Ali. 1977. Antara Filsafat dan Pendidikan: Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
- Soegeng Ysh. A.Y. 2013. Filsafat Pendidikan: Suatu Pengembangan. Semarang: IKIP PGRI Press.
- Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Press.
- Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Press.
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Pendidikan dan Kebudayaan, (2) Pendidikan sebagai Ilmu dan Landasan Ilmu Pendidikan, (3) Tujuan dan Harapan Pendidikan, (4) Subyek dan Obyek, Lingkungan dan Lembaga Pendidikan, (5) Alat dan Isi serta Metode Pendidikan, (6) Pendidikan sebagai Sistem, dan (7) Pendidikan dalam Praksis dan Masalah-masalahnya.
Learning OutcomesSikap dan Tata Nilai
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandirimenginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Penguasaan pengetahuan
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah
Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah
Daftar Buku Wajib:
Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron. 2016. Landasan Kependidikan. Semarang: UPGRIS.
Daftar Buku Anjuran
- Drijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
- Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia.
- Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis. Yogyakarta: FIP-IKIP.
- _______________. 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita.
- Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia.
- Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius.
- Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya.
- Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
- Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Saifullah H.A., Ali. 1977. Antara Filsafat dan Pendidikan: Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
- Soegeng Ysh. A.Y. 2013. Filsafat Pendidikan: Suatu Pengembangan. Semarang: IKIP PGRI Press.
- Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Press.
- Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Press.
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Pendidikan dan Kebudayaan, (2) Pendidikan sebagai Ilmu dan Landasan Ilmu Pendidikan, (3) Tujuan dan Harapan Pendidikan, (4) Subyek dan Obyek, Lingkungan dan Lembaga Pendidikan, (5) Alat dan Isi serta Metode Pendidikan, (6) Pendidikan sebagai Sistem, dan (7) Pendidikan dalam Praksis dan Masalah-masalahnya.
Learning Outcomes- Sikap:
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 2. Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah menengah;
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah menengah, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial;
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah menengah;
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah menengah. 3. Penguasaan Pengetahuan
- Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah menengah;
- Menyesuaikan karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah menengah, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial;
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah menengah;
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah menengah.
Wajib: Nurkolis. 2005. Manajemen Berbasis Sekolah. Teori, Model dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo. Sallis. E. 2006. Total Quality Management in Education, Manajemen Mutu Pendidikan. Terjemahan oleh Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurrozi. Yogyakarta: IRCiSoD. Soegito, A.T. 2011. Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah. Semarang: Unnes Press. ---------------. 2011. Total Quality Management (TQM) di Perguruan Tinggi. Semarang: Unnes Press.
Anjuran: Nasution. 2001. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia. Umaedi. 1999. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum. Vincent Gaspersz. 2001. Total Quality Management (Terjemahan). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. |
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Pendidikan dan Kebudayaan, (2) Pendidikan sebagai Ilmu dan Landasan Ilmu Pendidikan, (3) Tujuan dan Harapan Pendidikan, (4) Subyek dan Obyek, Lingkungan dan Lembaga Pendidikan, (5) Alat dan Isi serta Metode Pendidikan, (6) Pendidikan sebagai Sistem, dan (7) Pendidikan dalam Praksis dan Masalah-masalahnya.
Learning Outcomes- Sikap:
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 2. Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah menengah;
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah menengah, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial;
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah menengah;
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah menengah. 3. Penguasaan Pengetahuan
- Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah menengah;
- Menyesuaikan karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah menengah, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial;
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah menengah;
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah menengah.
Wajib: Nurkolis. 2005. Manajemen Berbasis Sekolah. Teori, Model dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo. Sallis. E. 2006. Total Quality Management in Education, Manajemen Mutu Pendidikan. Terjemahan oleh Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurrozi. Yogyakarta: IRCiSoD. Soegito, A.T. 2011. Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah. Semarang: Unnes Press. ---------------. 2011. Total Quality Management (TQM) di Perguruan Tinggi. Semarang: Unnes Press.
Anjuran: Nasution. 2001. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia. Umaedi. 1999. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum. Vincent Gaspersz. 2001. Total Quality Management (Terjemahan). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. |
Details ...
Mata Kuliah ini menyajikan bahasan tentang berbagai asumsi pendidikan. Materinya meliputi konsep landasan pendidikan, implikasi hakikat manusia terhadap pendidikan, pengertian pendidikan, pendidikan sebagai ilmu dan seni, landasan filosofis pendidikan, landasan psikologis pendidikan, landasan biologis pendidikan, landasan sosial budaya pendidikan, landasan historis pendidikan dan landasan yuridis pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan secara tertib dan sungguh-sungguh, mahasiswa diharapkan memiliki wawasan berbagai asumsi pendidikan baik yang bersifat filosofis, religius, ilmiah, seni dan yuridis serta mampu mengaplikasikannya dalam rangka praktek maupun studi pendidikan lebih lanjut.
References1. Arikunto, Suharsimi. (1991). Pengelolaan Kelas Dan Siswa, Sebuah Pendekatan Evaluatif, Bandung, Remaja Rosdakarya.
2. Afifudin, Administrasi Pendidikan, Insan Mandiri: Bandung, 2006.
3. _______, Sejarah Pendidikan Umum, Insan Mandiri: Bandung, 2007
4. _________, Manusia dan Pendidikan. Pustaka al-Husna: Jakarta, 1986.
5. Wagener, Frank C, The Organic Philosophy of Education, Greenwood Press,
6. Whitehead, The Aims of Education, The Mac Millan Company, 1929, Westport, Connnecticut, 1974 (reprinted)
7. Uus Ruswandi dkk, Landasan Pendidikan, Insan Mandiri Press
8. Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
9. Undang undang No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Details ...
Mata Kuliah ini menyajikan bahasan tentang berbagai asumsi pendidikan. Materinya meliputi konsep landasan pendidikan, implikasi hakikat manusia terhadap pendidikan, pengertian pendidikan, pendidikan sebagai ilmu dan seni, landasan filosofis pendidikan, landasan psikologis pendidikan, landasan biologis pendidikan, landasan sosial budaya pendidikan, landasan historis pendidikan dan landasan yuridis pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan secara tertib dan sungguh-sungguh, mahasiswa diharapkan memiliki wawasan berbagai asumsi pendidikan baik yang bersifat filosofis, religius, ilmiah, seni dan yuridis serta mampu mengaplikasikannya dalam rangka praktek maupun studi pendidikan lebih lanjut.
References1. Arikunto, Suharsimi. (1991). Pengelolaan Kelas Dan Siswa, Sebuah Pendekatan Evaluatif, Bandung, Remaja Rosdakarya.
2. Afifudin, Administrasi Pendidikan, Insan Mandiri: Bandung, 2006.
3. _______, Sejarah Pendidikan Umum, Insan Mandiri: Bandung, 2007
4. _________, Manusia dan Pendidikan. Pustaka al-Husna: Jakarta, 1986.
5. Wagener, Frank C, The Organic Philosophy of Education, Greenwood Press,
6. Whitehead, The Aims of Education, The Mac Millan Company, 1929, Westport, Connnecticut, 1974 (reprinted)
7. Uus Ruswandi dkk, Landasan Pendidikan, Insan Mandiri Press
8. Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
9. Undang undang No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Details ...
Mata Kuliah ini menyajikan bahasan tentang berbagai asumsi pendidikan. Materinya meliputi konsep landasan pendidikan, implikasi hakikat manusia terhadap pendidikan, pengertian pendidikan, pendidikan sebagai ilmu dan seni, landasan filosofis pendidikan, landasan psikologis pendidikan, landasan biologis pendidikan, landasan sosial budaya pendidikan, landasan historis pendidikan dan landasan yuridis pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan secara tertib dan sungguh-sungguh, mahasiswa diharapkan memiliki wawasan berbagai asumsi pendidikan baik yang bersifat filosofis, religius, ilmiah, seni dan yuridis serta mampu mengaplikasikannya dalam rangka praktek maupun studi pendidikan lebih lanjut.
References1. Arikunto, Suharsimi. (1991). Pengelolaan Kelas Dan Siswa, Sebuah Pendekatan Evaluatif, Bandung, Remaja Rosdakarya.
2. Afifudin, Administrasi Pendidikan, Insan Mandiri: Bandung, 2006.
3. _______, Sejarah Pendidikan Umum, Insan Mandiri: Bandung, 2007
4. _________, Manusia dan Pendidikan. Pustaka al-Husna: Jakarta, 1986.
5. Wagener, Frank C, The Organic Philosophy of Education, Greenwood Press,
6. Whitehead, The Aims of Education, The Mac Millan Company, 1929, Westport, Connnecticut, 1974 (reprinted)
7. Uus Ruswandi dkk, Landasan Pendidikan, Insan Mandiri Press
8. Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
9. Undang undang No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Details ...
Mata Kuliah ini menyajikan bahasan tentang berbagai asumsi pendidikan. Materinya meliputi konsep landasan pendidikan, implikasi hakikat manusia terhadap pendidikan, pengertian pendidikan, pendidikan sebagai ilmu dan seni, landasan filosofis pendidikan, landasan psikologis pendidikan, landasan biologis pendidikan, landasan sosial budaya pendidikan, landasan historis pendidikan dan landasan yuridis pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan secara tertib dan sungguh-sungguh, mahasiswa diharapkan memiliki wawasan berbagai asumsi pendidikan baik yang bersifat filosofis, religius, ilmiah, seni dan yuridis serta mampu mengaplikasikannya dalam rangka praktek maupun studi pendidikan lebih lanjut.
References1. Arikunto, Suharsimi. (1991). Pengelolaan Kelas Dan Siswa, Sebuah Pendekatan Evaluatif, Bandung, Remaja Rosdakarya.
2. Afifudin, Administrasi Pendidikan, Insan Mandiri: Bandung, 2006.
3. _______, Sejarah Pendidikan Umum, Insan Mandiri: Bandung, 2007
4. _________, Manusia dan Pendidikan. Pustaka al-Husna: Jakarta, 1986.
5. Wagener, Frank C, The Organic Philosophy of Education, Greenwood Press,
6. Whitehead, The Aims of Education, The Mac Millan Company, 1929, Westport, Connnecticut, 1974 (reprinted)
7. Uus Ruswandi dkk, Landasan Pendidikan, Insan Mandiri Press
8. Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
9. Undang undang No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Details ...
Mata Kuliah ini menyajikan bahasan tentang berbagai asumsi pendidikan. Materinya meliputi konsep landasan pendidikan, implikasi hakikat manusia terhadap pendidikan, pengertian pendidikan, pendidikan sebagai ilmu dan seni, landasan filosofis pendidikan, landasan psikologis pendidikan, landasan biologis pendidikan, landasan sosial budaya pendidikan, landasan historis pendidikan dan landasan yuridis pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan secara tertib dan sungguh-sungguh, mahasiswa diharapkan memiliki wawasan berbagai asumsi pendidikan baik yang bersifat filosofis, religius, ilmiah, seni dan yuridis serta mampu mengaplikasikannya dalam rangka praktek maupun studi pendidikan lebih lanjut.
References1. Arikunto, Suharsimi. (1991). Pengelolaan Kelas Dan Siswa, Sebuah Pendekatan Evaluatif, Bandung, Remaja Rosdakarya.
2. Afifudin, Administrasi Pendidikan, Insan Mandiri: Bandung, 2006.
3. _______, Sejarah Pendidikan Umum, Insan Mandiri: Bandung, 2007
4. _________, Manusia dan Pendidikan. Pustaka al-Husna: Jakarta, 1986.
5. Wagener, Frank C, The Organic Philosophy of Education, Greenwood Press,
6. Whitehead, The Aims of Education, The Mac Millan Company, 1929, Westport, Connnecticut, 1974 (reprinted)
7. Uus Ruswandi dkk, Landasan Pendidikan, Insan Mandiri Press
8. Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
9. Undang undang No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Details ...
Mata Kuliah ini menyajikan bahasan tentang berbagai asumsi pendidikan. Materinya meliputi konsep landasan pendidikan, implikasi hakikat manusia terhadap pendidikan, pengertian pendidikan, pendidikan sebagai ilmu dan seni, landasan filosofis pendidikan, landasan psikologis pendidikan, landasan biologis pendidikan, landasan sosial budaya pendidikan, landasan historis pendidikan dan landasan yuridis pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan secara tertib dan sungguh-sungguh, mahasiswa diharapkan memiliki wawasan berbagai asumsi pendidikan baik yang bersifat filosofis, religius, ilmiah, seni dan yuridis serta mampu mengaplikasikannya dalam rangka praktek maupun studi pendidikan lebih lanjut.
References1. Arikunto, Suharsimi. (1991). Pengelolaan Kelas Dan Siswa, Sebuah Pendekatan Evaluatif, Bandung, Remaja Rosdakarya.
2. Afifudin, Administrasi Pendidikan, Insan Mandiri: Bandung, 2006.
3. _______, Sejarah Pendidikan Umum, Insan Mandiri: Bandung, 2007
4. _________, Manusia dan Pendidikan. Pustaka al-Husna: Jakarta, 1986.
5. Wagener, Frank C, The Organic Philosophy of Education, Greenwood Press,
6. Whitehead, The Aims of Education, The Mac Millan Company, 1929, Westport, Connnecticut, 1974 (reprinted)
7. Uus Ruswandi dkk, Landasan Pendidikan, Insan Mandiri Press
8. Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
9. Undang undang No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Details ...