Courser in English | QUALITATIVE RESEARCH METHODOLOGY |
Program | Manajemen |
SKS | 2 SKS |
RPS | 35 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini menyajikan pengertian, paradigma dan ciri penelitian dengan pendekatan kualitatif; proses penelitian dengan menjabarkan langkah-langkah, teknik pengumpulan data hingga latihan latihan menyusun sebuah proposal penelitian kualitatif hingga menyiapkan pedoman observasi dan wawancara; cara melakukan analisis data serta pemaknaan atau interpretasi data .
Learning OutcomesSIKAP: 1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila 2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri PENGETAHUAN: 1. Menguasai penelitian kualitatif secara mendalam 2. Menguasai penelitian kualitatif untuk melakukan penelitian bidang ekonomi dan bisnis secara mendalam KETERAMPILAN UMUM: 1. Mampu menyusun deskripsi sainstifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi 2. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data 3. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi 4. Mampu memanfaatkan IPTEK dalam bidang keahliannya dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah KETERAMPILAN KHUSUS: 1. Mampu menyelesaikan masalah melalui penelitian bidang ekonomis dan bisnis dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif 2. Mampu melakukan kajian dan menyusun instrumern evaluasi dalam pembelajaran dan penelitian bidang ekonomi dan bisnis dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif
References- Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Methods in Education (6th ed.). Madison Avenue, NY: Routledge, Taylor and Francis Group.
- Creswell, J. W. (2015). Riset Pendidikan: Perencanaan. Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif (5th ed.). (H. P. Soetjipto, & S. M. Soetjipto, Trans.) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Heppner, P. P., Wampold, B. E., & Kivlighan, D. M. (2008). Research Design in Counseling (3rd ed.). Belmont, CA: Thomson, Brooks/Cole.
- Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). USA: SAGE Publication.
- Sheperis, C. J., Young, J. S., & Daniels, M. H. (2010). Counseling Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson.
- Sugiyono. (2013). Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- W. Alex Edmonds, T. D. (2013). An Applied Reference Guide to Research Designs: Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. Thousand Oaks, CA: Sage Publications, Inc.
- Yin, R. K. (2011). Qualitative Research From Start to Finish. Spring Street, NY: The Guilford Press
Details ...
Mata kuliah ini menyajikan pengertian, paradigma dan ciri penelitian dengan pendekatan kualitatif; proses penelitian dengan menjabarkan langkah-langkah, teknik pengumpulan data hingga latihan latihan menyusun sebuah proposal penelitian kualitatif hingga menyiapkan pedoman observasi dan wawancara; cara melakukan analisis data serta pemaknaan atau interpretasi data .
Learning OutcomesSIKAP: 1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila 2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri PENGETAHUAN: 1. Menguasai penelitian kualitatif secara mendalam 2. Menguasai penelitian kualitatif untuk melakukan penelitian bidang ekonomi dan bisnis secara mendalam KETERAMPILAN UMUM: 1. Mampu menyusun deskripsi sainstifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi 2. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data 3. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi 4. Mampu memanfaatkan IPTEK dalam bidang keahliannya dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah KETERAMPILAN KHUSUS: 1. Mampu menyelesaikan masalah melalui penelitian bidang ekonomis dan bisnis dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif 2. Mampu melakukan kajian dan menyusun instrumern evaluasi dalam pembelajaran dan penelitian bidang ekonomi dan bisnis dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif
References- Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Methods in Education (6th ed.). Madison Avenue, NY: Routledge, Taylor and Francis Group.
- Creswell, J. W. (2015). Riset Pendidikan: Perencanaan. Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif (5th ed.). (H. P. Soetjipto, & S. M. Soetjipto, Trans.) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Heppner, P. P., Wampold, B. E., & Kivlighan, D. M. (2008). Research Design in Counseling (3rd ed.). Belmont, CA: Thomson, Brooks/Cole.
- Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). USA: SAGE Publication.
- Sheperis, C. J., Young, J. S., & Daniels, M. H. (2010). Counseling Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson.
- Sugiyono. (2013). Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- W. Alex Edmonds, T. D. (2013). An Applied Reference Guide to Research Designs: Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. Thousand Oaks, CA: Sage Publications, Inc.
- Yin, R. K. (2011). Qualitative Research From Start to Finish. Spring Street, NY: The Guilford Press
Details ...
Mata kuliah ini menyajikan pengertian, paradigma dan ciri penelitian dengan pendekatan kualitatif; proses penelitian dengan menjabarkan langkah-langkah, teknik pengumpulan data hingga latihan latihan menyusun sebuah proposal penelitian kualitatif hingga menyiapkan pedoman observasi dan wawancara; cara melakukan analisis data serta pemaknaan atau interpretasi data .
Learning OutcomesSIKAP: 1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila 2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri PENGETAHUAN: 1. Menguasai penelitian kualitatif secara mendalam 2. Menguasai penelitian kualitatif untuk melakukan penelitian bidang ekonomi dan bisnis secara mendalam KETERAMPILAN UMUM: 1. Mampu menyusun deskripsi sainstifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi 2. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data 3. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi 4. Mampu memanfaatkan IPTEK dalam bidang keahliannya dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah KETERAMPILAN KHUSUS: 1. Mampu menyelesaikan masalah melalui penelitian bidang ekonomis dan bisnis dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif 2. Mampu melakukan kajian dan menyusun instrumern evaluasi dalam pembelajaran dan penelitian bidang ekonomi dan bisnis dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif
References- Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Methods in Education (6th ed.). Madison Avenue, NY: Routledge, Taylor and Francis Group.
- Creswell, J. W. (2015). Riset Pendidikan: Perencanaan. Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif (5th ed.). (H. P. Soetjipto, & S. M. Soetjipto, Trans.) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Heppner, P. P., Wampold, B. E., & Kivlighan, D. M. (2008). Research Design in Counseling (3rd ed.). Belmont, CA: Thomson, Brooks/Cole.
- Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). USA: SAGE Publication.
- Sheperis, C. J., Young, J. S., & Daniels, M. H. (2010). Counseling Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson.
- Sugiyono. (2013). Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- W. Alex Edmonds, T. D. (2013). An Applied Reference Guide to Research Designs: Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. Thousand Oaks, CA: Sage Publications, Inc.
- Yin, R. K. (2011). Qualitative Research From Start to Finish. Spring Street, NY: The Guilford Press
Details ...