Geometri dan Pengukuran SD, Curriculum : 2020


Courser in EnglishGEOMETRY AND MEASUREMENT
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS19 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang geometri dan pengukuran sebagai bekal mengajarkan matematika di SD, meliputi: Sistem Aksiomatis; Garis (kedudukan garis) dan Sudut, Unsur-unsur dan sifat bangun datar dan bangun ruang (panjang, keliling, luas, volume, berat, sudut, waktu, suhu, kecepatan, debit); Simetri; Pengubinan; Sistem koordinat; transformasi geometri;

Learning Outcomes

Sikap 1.  Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha  Esa dan mampu menunjukkan sikap  religius. 
  2.  Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. 
  3.  Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. 
  4.  Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta  tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. 
  5.  Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal  orang lain. 
  6.  Taat  hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. 
  7.  Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. 
  8.  Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan 
  9.  Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS.
   
Pengetahuan
  1.   Menguasai pengetahuan bidang studi  di sekolah dasar meliputi  Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK. 
Keterampilan UMUM
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif  dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) 
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 
Keterampilan Khusus
  1.   Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi  di sekolah dasar meliputi  Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran. 
  2. Mampu menerapkan dan menggunakan konsep geometri dan pengukuran
3. Mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan geometri dan pengkuran
4. Mampu membuktikan teorema-teorema sederhana

References

1. Lang, S & Murrow, G.1983. Geometry Second edition. New York: Springer

2. Zulkarnain. 2019. Konsep Dasar Materi Geometri. Pontianak: IAIN Pontianak Press

3. Sukirman. 2017. Matematika untuk Guru dan Calon guru Pendidikan Dasar. Yogyakarta: UNY Press


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang geometri dan pengukuran sebagai bekal mengajarkan matematika di SD, meliputi: Sistem Aksiomatis; Garis (kedudukan garis) dan Sudut, Unsur-unsur dan sifat bangun datar dan bangun ruang (panjang, keliling, luas, volume, berat, sudut, waktu, suhu, kecepatan, debit); Simetri; Pengubinan; Sistem koordinat; transformasi geometri;

Learning Outcomes

Sikap 1.  Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha  Esa dan mampu menunjukkan sikap  religius. 
  2.  Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. 
  3.  Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. 
  4.  Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta  tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. 
  5.  Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal  orang lain. 
  6.  Taat  hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. 
  7.  Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. 
  8.  Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan 
  9.  Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS.
   
Pengetahuan
  1.   Menguasai pengetahuan bidang studi  di sekolah dasar meliputi  Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK. 
Keterampilan UMUM
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif  dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) 
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 
Keterampilan Khusus
  1.   Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi  di sekolah dasar meliputi  Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran. 
  2. Mampu menerapkan dan menggunakan konsep geometri dan pengukuran
3. Mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan geometri dan pengkuran
4. Mampu membuktikan teorema-teorema sederhana

References

1. Lang, S & Murrow, G.1983. Geometry Second edition. New York: Springer

2. Zulkarnain. 2019. Konsep Dasar Materi Geometri. Pontianak: IAIN Pontianak Press

3. Sukirman. 2017. Matematika untuk Guru dan Calon guru Pendidikan Dasar. Yogyakarta: UNY Press


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang geometri dan pengukuran sebagai bekal mengajarkan matematika di SD, meliputi: Sistem Aksiomatis; Garis (kedudukan garis) dan Sudut, Unsur-unsur dan sifat bangun datar dan bangun ruang (panjang, keliling, luas, volume, berat, sudut, waktu, suhu, kecepatan, debit); Simetri; Pengubinan; Sistem koordinat; transformasi geometri;

Learning Outcomes

Sikap 1.  Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha  Esa dan mampu menunjukkan sikap  religius. 
  2.  Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. 
  3.  Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. 
  4.  Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta  tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. 
  5.  Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal  orang lain. 
  6.  Taat  hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. 
  7.  Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. 
  8.  Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan 
  9.  Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS.
   
Pengetahuan
  1.   Menguasai pengetahuan bidang studi  di sekolah dasar meliputi  Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK. 
Keterampilan UMUM
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif  dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) 
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 
Keterampilan Khusus
  1.   Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi  di sekolah dasar meliputi  Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran. 
  2. Mampu menerapkan dan menggunakan konsep geometri dan pengukuran
3. Mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan geometri dan pengkuran
4. Mampu membuktikan teorema-teorema sederhana

References

1. Lang, S & Murrow, G.1983. Geometry Second edition. New York: Springer

2. Zulkarnain. 2019. Konsep Dasar Materi Geometri. Pontianak: IAIN Pontianak Press

3. Sukirman. 2017. Matematika untuk Guru dan Calon guru Pendidikan Dasar. Yogyakarta: UNY Press


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang geometri dan pengukuran sebagai bekal mengajarkan matematika di SD, meliputi: Sistem Aksiomatis; Garis (kedudukan garis) dan Sudut, Unsur-unsur dan sifat bangun datar dan bangun ruang (panjang, keliling, luas, volume, berat, sudut, waktu, suhu, kecepatan, debit); Simetri; Pengubinan; Sistem koordinat; transformasi geometri;

Learning Outcomes

Sikap 1.  Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha  Esa dan mampu menunjukkan sikap  religius. 
  2.  Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. 
  3.  Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. 
  4.  Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta  tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. 
  5.  Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal  orang lain. 
  6.  Taat  hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. 
  7.  Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. 
  8.  Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan 
  9.  Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS.
   
Pengetahuan
  1.   Menguasai pengetahuan bidang studi  di sekolah dasar meliputi  Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK. 
Keterampilan UMUM
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif  dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) 
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 
Keterampilan Khusus
  1.   Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi  di sekolah dasar meliputi  Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran. 
  2. Mampu menerapkan dan menggunakan konsep geometri dan pengukuran
3. Mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan geometri dan pengkuran
4. Mampu membuktikan teorema-teorema sederhana

References

1. Lang, S & Murrow, G.1983. Geometry Second edition. New York: Springer

2. Zulkarnain. 2019. Konsep Dasar Materi Geometri. Pontianak: IAIN Pontianak Press

3. Sukirman. 2017. Matematika untuk Guru dan Calon guru Pendidikan Dasar. Yogyakarta: UNY Press


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang geometri dan pengukuran sebagai bekal mengajarkan matematika di SD, meliputi: Sistem Aksiomatis; Garis (kedudukan garis) dan Sudut, Unsur-unsur dan sifat bangun datar dan bangun ruang (panjang, keliling, luas, volume, berat, sudut, waktu, suhu, kecepatan, debit); Simetri; Pengubinan; Sistem koordinat; transformasi geometri;

Learning Outcomes

Sikap 1.  Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha  Esa dan mampu menunjukkan sikap  religius. 
  2.  Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. 
  3.  Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. 
  4.  Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta  tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. 
  5.  Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal  orang lain. 
  6.  Taat  hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. 
  7.  Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. 
  8.  Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan 
  9.  Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS.
   
Pengetahuan
  1.   Menguasai pengetahuan bidang studi  di sekolah dasar meliputi  Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK. 
Keterampilan UMUM
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif  dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) 
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 
Keterampilan Khusus
  1.   Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi  di sekolah dasar meliputi  Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran. 
  2. Mampu menerapkan dan menggunakan konsep geometri dan pengukuran
3. Mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan geometri dan pengkuran
4. Mampu membuktikan teorema-teorema sederhana

References

1. Lang, S & Murrow, G.1983. Geometry Second edition. New York: Springer

2. Zulkarnain. 2019. Konsep Dasar Materi Geometri. Pontianak: IAIN Pontianak Press

3. Sukirman. 2017. Matematika untuk Guru dan Calon guru Pendidikan Dasar. Yogyakarta: UNY Press


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang geometri dan pengukuran sebagai bekal mengajarkan matematika di SD, meliputi: Sistem Aksiomatis; Garis (kedudukan garis) dan Sudut, Unsur-unsur dan sifat bangun datar dan bangun ruang (panjang, keliling, luas, volume, berat, sudut, waktu, suhu, kecepatan, debit); Simetri; Pengubinan; Sistem koordinat; transformasi geometri;

Learning Outcomes

Sikap 1.  Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha  Esa dan mampu menunjukkan sikap  religius. 
  2.  Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. 
  3.  Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. 
  4.  Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta  tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. 
  5.  Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal  orang lain. 
  6.  Taat  hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. 
  7.  Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. 
  8.  Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan 
  9.  Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS.
   
Pengetahuan
  1.   Menguasai pengetahuan bidang studi  di sekolah dasar meliputi  Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK. 
Keterampilan UMUM
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif  dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) 
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 
Keterampilan Khusus
  1.   Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi  di sekolah dasar meliputi  Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran. 
  2. Mampu menerapkan dan menggunakan konsep geometri dan pengukuran
3. Mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan geometri dan pengkuran
4. Mampu membuktikan teorema-teorema sederhana

References

1. Lang, S & Murrow, G.1983. Geometry Second edition. New York: Springer

2. Zulkarnain. 2019. Konsep Dasar Materi Geometri. Pontianak: IAIN Pontianak Press

3. Sukirman. 2017. Matematika untuk Guru dan Calon guru Pendidikan Dasar. Yogyakarta: UNY Press


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang geometri dan pengukuran sebagai bekal mengajarkan matematika di SD, meliputi: Sistem Aksiomatis; Garis (kedudukan garis) dan Sudut, Unsur-unsur dan sifat bangun datar dan bangun ruang (panjang, keliling, luas, volume, berat, sudut, waktu, suhu, kecepatan, debit); Simetri; Pengubinan; Sistem koordinat; transformasi geometri;

Learning Outcomes

Sikap 1.  Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha  Esa dan mampu menunjukkan sikap  religius. 
  2.  Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. 
  3.  Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. 
  4.  Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta  tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. 
  5.  Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal  orang lain. 
  6.  Taat  hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. 
  7.  Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. 
  8.  Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan 
  9.  Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS.
   
Pengetahuan
  1.   Menguasai pengetahuan bidang studi  di sekolah dasar meliputi  Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK. 
Keterampilan UMUM
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif  dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) 
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 
Keterampilan Khusus
  1.   Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi  di sekolah dasar meliputi  Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran. 
  2. Mampu menerapkan dan menggunakan konsep geometri dan pengukuran
3. Mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan geometri dan pengkuran
4. Mampu membuktikan teorema-teorema sederhana

References

1. Lang, S & Murrow, G.1983. Geometry Second edition. New York: Springer

2. Zulkarnain. 2019. Konsep Dasar Materi Geometri. Pontianak: IAIN Pontianak Press

3. Sukirman. 2017. Matematika untuk Guru dan Calon guru Pendidikan Dasar. Yogyakarta: UNY Press


Details ...