| Courser in English | GEOMETRY AND MEASUREMENT |
| Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| SKS | 3 SKS |
| RPS | 19 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mengkaji tentang geometri dan pengukuran sebagai bekal mengajarkan matematika di SD, meliputi: Sistem Aksiomatis; Garis (kedudukan garis) dan Sudut, Unsur-unsur dan sifat bangun datar dan bangun ruang (panjang, keliling, luas, volume, berat, sudut, waktu, suhu, kecepatan, debit); Simetri; Pengubinan; Sistem koordinat; transformasi geometri;
Learning Outcomes| Sikap | 1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. |
| 2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. | |
| 3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. | |
| 4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. | |
| 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. | |
| 6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. | |
| 7. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. | |
| 8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan | |
| 9. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. | |
| Pengetahuan | |
| 1. Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK. | |
| Keterampilan UMUM | |
| 1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) | |
| 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. | |
| Keterampilan Khusus | |
| 1. Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran. | |
| 2. Mampu menerapkan dan menggunakan konsep geometri dan pengukuran 3. Mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan geometri dan pengkuran 4. Mampu membuktikan teorema-teorema sederhana |
|
1. Lang, S & Murrow, G.1983. Geometry Second edition. New York: Springer
2. Zulkarnain. 2019. Konsep Dasar Materi Geometri. Pontianak: IAIN Pontianak Press
3. Sukirman. 2017. Matematika untuk Guru dan Calon guru Pendidikan Dasar. Yogyakarta: UNY Press
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang geometri dan pengukuran sebagai bekal mengajarkan matematika di SD, meliputi: Sistem Aksiomatis; Garis (kedudukan garis) dan Sudut, Unsur-unsur dan sifat bangun datar dan bangun ruang (panjang, keliling, luas, volume, berat, sudut, waktu, suhu, kecepatan, debit); Simetri; Pengubinan; Sistem koordinat; transformasi geometri;
Learning Outcomes| Sikap | 1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. |
| 2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. | |
| 3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. | |
| 4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. | |
| 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. | |
| 6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. | |
| 7. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. | |
| 8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan | |
| 9. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. | |
| Pengetahuan | |
| 1. Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK. | |
| Keterampilan UMUM | |
| 1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) | |
| 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. | |
| Keterampilan Khusus | |
| 1. Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran. | |
| 2. Mampu menerapkan dan menggunakan konsep geometri dan pengukuran 3. Mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan geometri dan pengkuran 4. Mampu membuktikan teorema-teorema sederhana |
|
1. Lang, S & Murrow, G.1983. Geometry Second edition. New York: Springer
2. Zulkarnain. 2019. Konsep Dasar Materi Geometri. Pontianak: IAIN Pontianak Press
3. Sukirman. 2017. Matematika untuk Guru dan Calon guru Pendidikan Dasar. Yogyakarta: UNY Press
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang geometri dan pengukuran sebagai bekal mengajarkan matematika di SD, meliputi: Sistem Aksiomatis; Garis (kedudukan garis) dan Sudut, Unsur-unsur dan sifat bangun datar dan bangun ruang (panjang, keliling, luas, volume, berat, sudut, waktu, suhu, kecepatan, debit); Simetri; Pengubinan; Sistem koordinat; transformasi geometri;
Learning Outcomes| Sikap | 1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. |
| 2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. | |
| 3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. | |
| 4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. | |
| 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. | |
| 6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. | |
| 7. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. | |
| 8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan | |
| 9. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. | |
| Pengetahuan | |
| 1. Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK. | |
| Keterampilan UMUM | |
| 1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) | |
| 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. | |
| Keterampilan Khusus | |
| 1. Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran. | |
| 2. Mampu menerapkan dan menggunakan konsep geometri dan pengukuran 3. Mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan geometri dan pengkuran 4. Mampu membuktikan teorema-teorema sederhana |
|
1. Lang, S & Murrow, G.1983. Geometry Second edition. New York: Springer
2. Zulkarnain. 2019. Konsep Dasar Materi Geometri. Pontianak: IAIN Pontianak Press
3. Sukirman. 2017. Matematika untuk Guru dan Calon guru Pendidikan Dasar. Yogyakarta: UNY Press
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang geometri dan pengukuran sebagai bekal mengajarkan matematika di SD, meliputi: Sistem Aksiomatis; Garis (kedudukan garis) dan Sudut, Unsur-unsur dan sifat bangun datar dan bangun ruang (panjang, keliling, luas, volume, berat, sudut, waktu, suhu, kecepatan, debit); Simetri; Pengubinan; Sistem koordinat; transformasi geometri;
Learning Outcomes| Sikap | 1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. |
| 2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. | |
| 3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. | |
| 4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. | |
| 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. | |
| 6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. | |
| 7. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. | |
| 8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan | |
| 9. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. | |
| Pengetahuan | |
| 1. Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK. | |
| Keterampilan UMUM | |
| 1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) | |
| 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. | |
| Keterampilan Khusus | |
| 1. Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran. | |
| 2. Mampu menerapkan dan menggunakan konsep geometri dan pengukuran 3. Mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan geometri dan pengkuran 4. Mampu membuktikan teorema-teorema sederhana |
|
1. Lang, S & Murrow, G.1983. Geometry Second edition. New York: Springer
2. Zulkarnain. 2019. Konsep Dasar Materi Geometri. Pontianak: IAIN Pontianak Press
3. Sukirman. 2017. Matematika untuk Guru dan Calon guru Pendidikan Dasar. Yogyakarta: UNY Press
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang geometri dan pengukuran sebagai bekal mengajarkan matematika di SD, meliputi: Sistem Aksiomatis; Garis (kedudukan garis) dan Sudut, Unsur-unsur dan sifat bangun datar dan bangun ruang (panjang, keliling, luas, volume, berat, sudut, waktu, suhu, kecepatan, debit); Simetri; Pengubinan; Sistem koordinat; transformasi geometri;
Learning Outcomes| Sikap | 1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. |
| 2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. | |
| 3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. | |
| 4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. | |
| 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. | |
| 6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. | |
| 7. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. | |
| 8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan | |
| 9. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. | |
| Pengetahuan | |
| 1. Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK. | |
| Keterampilan UMUM | |
| 1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) | |
| 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. | |
| Keterampilan Khusus | |
| 1. Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran. | |
| 2. Mampu menerapkan dan menggunakan konsep geometri dan pengukuran 3. Mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan geometri dan pengkuran 4. Mampu membuktikan teorema-teorema sederhana |
|
1. Lang, S & Murrow, G.1983. Geometry Second edition. New York: Springer
2. Zulkarnain. 2019. Konsep Dasar Materi Geometri. Pontianak: IAIN Pontianak Press
3. Sukirman. 2017. Matematika untuk Guru dan Calon guru Pendidikan Dasar. Yogyakarta: UNY Press
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang geometri dan pengukuran sebagai bekal mengajarkan matematika di SD, meliputi: Sistem Aksiomatis; Garis (kedudukan garis) dan Sudut, Unsur-unsur dan sifat bangun datar dan bangun ruang (panjang, keliling, luas, volume, berat, sudut, waktu, suhu, kecepatan, debit); Simetri; Pengubinan; Sistem koordinat; transformasi geometri;
Learning Outcomes| Sikap | 1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. |
| 2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. | |
| 3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. | |
| 4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. | |
| 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. | |
| 6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. | |
| 7. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. | |
| 8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan | |
| 9. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. | |
| Pengetahuan | |
| 1. Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK. | |
| Keterampilan UMUM | |
| 1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) | |
| 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. | |
| Keterampilan Khusus | |
| 1. Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran. | |
| 2. Mampu menerapkan dan menggunakan konsep geometri dan pengukuran 3. Mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan geometri dan pengkuran 4. Mampu membuktikan teorema-teorema sederhana |
|
1. Lang, S & Murrow, G.1983. Geometry Second edition. New York: Springer
2. Zulkarnain. 2019. Konsep Dasar Materi Geometri. Pontianak: IAIN Pontianak Press
3. Sukirman. 2017. Matematika untuk Guru dan Calon guru Pendidikan Dasar. Yogyakarta: UNY Press
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang geometri dan pengukuran sebagai bekal mengajarkan matematika di SD, meliputi: Sistem Aksiomatis; Garis (kedudukan garis) dan Sudut, Unsur-unsur dan sifat bangun datar dan bangun ruang (panjang, keliling, luas, volume, berat, sudut, waktu, suhu, kecepatan, debit); Simetri; Pengubinan; Sistem koordinat; transformasi geometri;
Learning Outcomes| Sikap | 1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. |
| 2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. | |
| 3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. | |
| 4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. | |
| 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. | |
| 6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. | |
| 7. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. | |
| 8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan | |
| 9. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. | |
| Pengetahuan | |
| 1. Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK. | |
| Keterampilan UMUM | |
| 1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) | |
| 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. | |
| Keterampilan Khusus | |
| 1. Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran. | |
| 2. Mampu menerapkan dan menggunakan konsep geometri dan pengukuran 3. Mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan geometri dan pengkuran 4. Mampu membuktikan teorema-teorema sederhana |
|
1. Lang, S & Murrow, G.1983. Geometry Second edition. New York: Springer
2. Zulkarnain. 2019. Konsep Dasar Materi Geometri. Pontianak: IAIN Pontianak Press
3. Sukirman. 2017. Matematika untuk Guru dan Calon guru Pendidikan Dasar. Yogyakarta: UNY Press
Details ...
