Courser in English | EDUCATIONAL PROFESSION ETIQUE |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 3 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembanagan sikap profesional seorang calon guru. Sikap profesioanal dapat dibangun melaui pengembanagan hakikat etika profesional; sikap profesional guru; peran dan kedudukan guru dalam pendidikan sekolah; permasalahan dan kedudukan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pemelajaran; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidika
Learning OutcomesS8 Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik,
S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri,
KU2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur,
KK8 Mampu melakukan pendampingan terhadap peserta didik dalam lingkup pembelajaran,
P1 Menguasai konsep teoretis pembelajaran paedagogik.
ReferencesAlma, Buchari, dkk. 2008. Guru Profesional. Bandung: Alfabeta
Arifin dan Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogyakarta: Ar Ruzz Media.
............................. 2012. Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
.............................. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media,
Asmani, J.M. 2009. Tujuh Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Book
Danin, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia
Danim, Sudarwan. 2011. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabet Soetjipto dan Kosasi, R. 2009.Profesi Keguruan.Jakarta: Rineka Cipta
............................ 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi. Bandung: Alfabeta.
Djamarah dan Saiful. 2005. Guru dan anak Didik Dalam Interaksi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Mahsunah, Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.
Muhammad, A dan Ilyas, A. 2007. Bahan Ajar Profesi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang
Mulyono, 2008. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya Perundangan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013
Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Saud, S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
Sehertian, A.P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta. Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
Uno, B. Hamzah. 2007. Profsi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Uzer, U.M. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset
Details ...