Courser in English | DEVELOPMENT OF BASIC SOCIAL SCIENCES |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 12 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosialPengembangan Konsep Dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS.Pengembangan Konsep Dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum.Pengembangan Konsep Dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) |
||
1 |
Menguasai dan mengembangkan pembelajaran pada tema bidang studi utama di sekolah dasar.
|
|
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) |
||
1 |
Menjelaskan hakikat dan karakteristik mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS |
|
2 |
Menjelaskan hakikat pendidikan IPS di SD |
|
3 |
Menganalisis prinsip pembelajaran IPS |
|
4 |
Menganalisis keterkaitan individu, kelompok, dan lembaga sosial |
|
5 |
Menganalisis keterkaitan konsep waktu dan perubahan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
6 |
Menganalisis keterkaitan dinamika kebudayaan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
7 |
Menguraikan penerapan konsep-konsep politik dalam pembelajaran IPS di SD |
|
8 |
Menguraikan perkembangan IPTEK dan Pengaruhnya dalam globalisasi |
|
9 |
Menguraikan infusi masalah kemiskinan dalam pembelajaran IPS di SD |
|
10 |
Menguraikan infusi masalah pengangguran dan kriminalitas dalam pembelajaran IPS di SD |
|
11 |
Menguraikan infusi masalah konflik SARA dalam pembelajaran IPS di SD |
|
12 |
Menguraikan infusi dampak positif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
13 |
Menguraikan infusi dampak negatif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
MATERI PEMBELAJARAN |
||
1 |
Hakikat dan karakteristik mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS |
|
2 |
Hakikat pendidikan IPS di SD |
|
3 |
Prinsip pembelajaran IPS |
|
4 |
Keterkaitan individu, kelompok, dan lembaga social |
|
5 |
Keterkaitan konsep waktu dan perubahan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
6 |
Keterkaitan dinamika kebudayaan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
7 |
Penerapan konsep-konsep politik dalam pembelajaran IPS di SD |
|
8 |
Perkembangan IPTEK dan Pengaruhnya dalam globalisasi |
|
9 |
Infusi masalah kemiskinan dalam pembelajaran IPS di SD |
|
10 |
Infusi masalah pengangguran dan kriminalitas dalam pembelajaran IPS di SD |
|
11 |
Infusi masalah konflik SARA dalam pembelajaran IPS di SD |
|
12 |
Infusi dampak positif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
13 |
Infusi dampak negatif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
PUSTAKA UTAMA |
|
1 |
Iin Purnamasari, Qoriati Mushafanah. 2019. Pengembangan Konsep Dasar IPS Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama |
PUSTAKA PENDUKUNG |
|
1 |
Anderson, Lee. 1979. Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies |
2 |
Giddens, Anthony. 1999. Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity Press
|
3 |
Salim, Agus. 2002. Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
|
4 |
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
|
5 |
Warma A. M. 2007. Pendidikan IPS. Jakarta
|
Details ...
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosialPengembangan Konsep Dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS.Pengembangan Konsep Dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum.Pengembangan Konsep Dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) |
||
1 |
Menguasai dan mengembangkan pembelajaran pada tema bidang studi utama di sekolah dasar.
|
|
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) |
||
1 |
Menjelaskan hakikat dan karakteristik mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS |
|
2 |
Menjelaskan hakikat pendidikan IPS di SD |
|
3 |
Menganalisis prinsip pembelajaran IPS |
|
4 |
Menganalisis keterkaitan individu, kelompok, dan lembaga sosial |
|
5 |
Menganalisis keterkaitan konsep waktu dan perubahan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
6 |
Menganalisis keterkaitan dinamika kebudayaan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
7 |
Menguraikan penerapan konsep-konsep politik dalam pembelajaran IPS di SD |
|
8 |
Menguraikan perkembangan IPTEK dan Pengaruhnya dalam globalisasi |
|
9 |
Menguraikan infusi masalah kemiskinan dalam pembelajaran IPS di SD |
|
10 |
Menguraikan infusi masalah pengangguran dan kriminalitas dalam pembelajaran IPS di SD |
|
11 |
Menguraikan infusi masalah konflik SARA dalam pembelajaran IPS di SD |
|
12 |
Menguraikan infusi dampak positif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
13 |
Menguraikan infusi dampak negatif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
MATERI PEMBELAJARAN |
||
1 |
Hakikat dan karakteristik mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS |
|
2 |
Hakikat pendidikan IPS di SD |
|
3 |
Prinsip pembelajaran IPS |
|
4 |
Keterkaitan individu, kelompok, dan lembaga social |
|
5 |
Keterkaitan konsep waktu dan perubahan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
6 |
Keterkaitan dinamika kebudayaan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
7 |
Penerapan konsep-konsep politik dalam pembelajaran IPS di SD |
|
8 |
Perkembangan IPTEK dan Pengaruhnya dalam globalisasi |
|
9 |
Infusi masalah kemiskinan dalam pembelajaran IPS di SD |
|
10 |
Infusi masalah pengangguran dan kriminalitas dalam pembelajaran IPS di SD |
|
11 |
Infusi masalah konflik SARA dalam pembelajaran IPS di SD |
|
12 |
Infusi dampak positif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
13 |
Infusi dampak negatif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
PUSTAKA UTAMA |
|
1 |
Iin Purnamasari, Qoriati Mushafanah. 2019. Pengembangan Konsep Dasar IPS Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama |
PUSTAKA PENDUKUNG |
|
1 |
Anderson, Lee. 1979. Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies |
2 |
Giddens, Anthony. 1999. Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity Press
|
3 |
Salim, Agus. 2002. Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
|
4 |
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
|
5 |
Warma A. M. 2007. Pendidikan IPS. Jakarta
|
Details ...
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosialPengembangan Konsep Dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS.Pengembangan Konsep Dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum.Pengembangan Konsep Dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) |
||
1 |
Menguasai dan mengembangkan pembelajaran pada tema bidang studi utama di sekolah dasar.
|
|
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) |
||
1 |
Menjelaskan hakikat dan karakteristik mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS |
|
2 |
Menjelaskan hakikat pendidikan IPS di SD |
|
3 |
Menganalisis prinsip pembelajaran IPS |
|
4 |
Menganalisis keterkaitan individu, kelompok, dan lembaga sosial |
|
5 |
Menganalisis keterkaitan konsep waktu dan perubahan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
6 |
Menganalisis keterkaitan dinamika kebudayaan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
7 |
Menguraikan penerapan konsep-konsep politik dalam pembelajaran IPS di SD |
|
8 |
Menguraikan perkembangan IPTEK dan Pengaruhnya dalam globalisasi |
|
9 |
Menguraikan infusi masalah kemiskinan dalam pembelajaran IPS di SD |
|
10 |
Menguraikan infusi masalah pengangguran dan kriminalitas dalam pembelajaran IPS di SD |
|
11 |
Menguraikan infusi masalah konflik SARA dalam pembelajaran IPS di SD |
|
12 |
Menguraikan infusi dampak positif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
13 |
Menguraikan infusi dampak negatif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
MATERI PEMBELAJARAN |
||
1 |
Hakikat dan karakteristik mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS |
|
2 |
Hakikat pendidikan IPS di SD |
|
3 |
Prinsip pembelajaran IPS |
|
4 |
Keterkaitan individu, kelompok, dan lembaga social |
|
5 |
Keterkaitan konsep waktu dan perubahan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
6 |
Keterkaitan dinamika kebudayaan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
7 |
Penerapan konsep-konsep politik dalam pembelajaran IPS di SD |
|
8 |
Perkembangan IPTEK dan Pengaruhnya dalam globalisasi |
|
9 |
Infusi masalah kemiskinan dalam pembelajaran IPS di SD |
|
10 |
Infusi masalah pengangguran dan kriminalitas dalam pembelajaran IPS di SD |
|
11 |
Infusi masalah konflik SARA dalam pembelajaran IPS di SD |
|
12 |
Infusi dampak positif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
13 |
Infusi dampak negatif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
PUSTAKA UTAMA |
|
1 |
Iin Purnamasari, Qoriati Mushafanah. 2019. Pengembangan Konsep Dasar IPS Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama |
PUSTAKA PENDUKUNG |
|
1 |
Anderson, Lee. 1979. Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies |
2 |
Giddens, Anthony. 1999. Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity Press
|
3 |
Salim, Agus. 2002. Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
|
4 |
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
|
5 |
Warma A. M. 2007. Pendidikan IPS. Jakarta
|
Details ...
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosialPengembangan Konsep Dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS.Pengembangan Konsep Dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum.Pengembangan Konsep Dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) |
||
1 |
Menguasai dan mengembangkan pembelajaran pada tema bidang studi utama di sekolah dasar.
|
|
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) |
||
1 |
Menjelaskan hakikat dan karakteristik mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS |
|
2 |
Menjelaskan hakikat pendidikan IPS di SD |
|
3 |
Menganalisis prinsip pembelajaran IPS |
|
4 |
Menganalisis keterkaitan individu, kelompok, dan lembaga sosial |
|
5 |
Menganalisis keterkaitan konsep waktu dan perubahan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
6 |
Menganalisis keterkaitan dinamika kebudayaan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
7 |
Menguraikan penerapan konsep-konsep politik dalam pembelajaran IPS di SD |
|
8 |
Menguraikan perkembangan IPTEK dan Pengaruhnya dalam globalisasi |
|
9 |
Menguraikan infusi masalah kemiskinan dalam pembelajaran IPS di SD |
|
10 |
Menguraikan infusi masalah pengangguran dan kriminalitas dalam pembelajaran IPS di SD |
|
11 |
Menguraikan infusi masalah konflik SARA dalam pembelajaran IPS di SD |
|
12 |
Menguraikan infusi dampak positif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
13 |
Menguraikan infusi dampak negatif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
MATERI PEMBELAJARAN |
||
1 |
Hakikat dan karakteristik mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS |
|
2 |
Hakikat pendidikan IPS di SD |
|
3 |
Prinsip pembelajaran IPS |
|
4 |
Keterkaitan individu, kelompok, dan lembaga social |
|
5 |
Keterkaitan konsep waktu dan perubahan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
6 |
Keterkaitan dinamika kebudayaan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
7 |
Penerapan konsep-konsep politik dalam pembelajaran IPS di SD |
|
8 |
Perkembangan IPTEK dan Pengaruhnya dalam globalisasi |
|
9 |
Infusi masalah kemiskinan dalam pembelajaran IPS di SD |
|
10 |
Infusi masalah pengangguran dan kriminalitas dalam pembelajaran IPS di SD |
|
11 |
Infusi masalah konflik SARA dalam pembelajaran IPS di SD |
|
12 |
Infusi dampak positif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
13 |
Infusi dampak negatif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
PUSTAKA UTAMA |
|
1 |
Iin Purnamasari, Qoriati Mushafanah. 2019. Pengembangan Konsep Dasar IPS Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama |
PUSTAKA PENDUKUNG |
|
1 |
Anderson, Lee. 1979. Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies |
2 |
Giddens, Anthony. 1999. Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity Press
|
3 |
Salim, Agus. 2002. Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
|
4 |
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
|
5 |
Warma A. M. 2007. Pendidikan IPS. Jakarta
|
Details ...
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosialPengembangan Konsep Dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS.Pengembangan Konsep Dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum.Pengembangan Konsep Dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) |
||
1 |
Menguasai dan mengembangkan pembelajaran pada tema bidang studi utama di sekolah dasar.
|
|
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) |
||
1 |
Menjelaskan hakikat dan karakteristik mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS |
|
2 |
Menjelaskan hakikat pendidikan IPS di SD |
|
3 |
Menganalisis prinsip pembelajaran IPS |
|
4 |
Menganalisis keterkaitan individu, kelompok, dan lembaga sosial |
|
5 |
Menganalisis keterkaitan konsep waktu dan perubahan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
6 |
Menganalisis keterkaitan dinamika kebudayaan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
7 |
Menguraikan penerapan konsep-konsep politik dalam pembelajaran IPS di SD |
|
8 |
Menguraikan perkembangan IPTEK dan Pengaruhnya dalam globalisasi |
|
9 |
Menguraikan infusi masalah kemiskinan dalam pembelajaran IPS di SD |
|
10 |
Menguraikan infusi masalah pengangguran dan kriminalitas dalam pembelajaran IPS di SD |
|
11 |
Menguraikan infusi masalah konflik SARA dalam pembelajaran IPS di SD |
|
12 |
Menguraikan infusi dampak positif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
13 |
Menguraikan infusi dampak negatif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
MATERI PEMBELAJARAN |
||
1 |
Hakikat dan karakteristik mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS |
|
2 |
Hakikat pendidikan IPS di SD |
|
3 |
Prinsip pembelajaran IPS |
|
4 |
Keterkaitan individu, kelompok, dan lembaga social |
|
5 |
Keterkaitan konsep waktu dan perubahan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
6 |
Keterkaitan dinamika kebudayaan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
7 |
Penerapan konsep-konsep politik dalam pembelajaran IPS di SD |
|
8 |
Perkembangan IPTEK dan Pengaruhnya dalam globalisasi |
|
9 |
Infusi masalah kemiskinan dalam pembelajaran IPS di SD |
|
10 |
Infusi masalah pengangguran dan kriminalitas dalam pembelajaran IPS di SD |
|
11 |
Infusi masalah konflik SARA dalam pembelajaran IPS di SD |
|
12 |
Infusi dampak positif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
13 |
Infusi dampak negatif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
PUSTAKA UTAMA |
|
1 |
Iin Purnamasari, Qoriati Mushafanah. 2019. Pengembangan Konsep Dasar IPS Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama |
PUSTAKA PENDUKUNG |
|
1 |
Anderson, Lee. 1979. Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies |
2 |
Giddens, Anthony. 1999. Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity Press
|
3 |
Salim, Agus. 2002. Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
|
4 |
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
|
5 |
Warma A. M. 2007. Pendidikan IPS. Jakarta
|
Details ...
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosialPengembangan Konsep Dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS.Pengembangan Konsep Dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum.Pengembangan Konsep Dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) |
||
1 |
Menguasai dan mengembangkan pembelajaran pada tema bidang studi utama di sekolah dasar.
|
|
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) |
||
1 |
Menjelaskan hakikat dan karakteristik mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS |
|
2 |
Menjelaskan hakikat pendidikan IPS di SD |
|
3 |
Menganalisis prinsip pembelajaran IPS |
|
4 |
Menganalisis keterkaitan individu, kelompok, dan lembaga sosial |
|
5 |
Menganalisis keterkaitan konsep waktu dan perubahan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
6 |
Menganalisis keterkaitan dinamika kebudayaan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
7 |
Menguraikan penerapan konsep-konsep politik dalam pembelajaran IPS di SD |
|
8 |
Menguraikan perkembangan IPTEK dan Pengaruhnya dalam globalisasi |
|
9 |
Menguraikan infusi masalah kemiskinan dalam pembelajaran IPS di SD |
|
10 |
Menguraikan infusi masalah pengangguran dan kriminalitas dalam pembelajaran IPS di SD |
|
11 |
Menguraikan infusi masalah konflik SARA dalam pembelajaran IPS di SD |
|
12 |
Menguraikan infusi dampak positif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
13 |
Menguraikan infusi dampak negatif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
MATERI PEMBELAJARAN |
||
1 |
Hakikat dan karakteristik mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS |
|
2 |
Hakikat pendidikan IPS di SD |
|
3 |
Prinsip pembelajaran IPS |
|
4 |
Keterkaitan individu, kelompok, dan lembaga social |
|
5 |
Keterkaitan konsep waktu dan perubahan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
6 |
Keterkaitan dinamika kebudayaan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
7 |
Penerapan konsep-konsep politik dalam pembelajaran IPS di SD |
|
8 |
Perkembangan IPTEK dan Pengaruhnya dalam globalisasi |
|
9 |
Infusi masalah kemiskinan dalam pembelajaran IPS di SD |
|
10 |
Infusi masalah pengangguran dan kriminalitas dalam pembelajaran IPS di SD |
|
11 |
Infusi masalah konflik SARA dalam pembelajaran IPS di SD |
|
12 |
Infusi dampak positif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
13 |
Infusi dampak negatif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
PUSTAKA UTAMA |
|
1 |
Iin Purnamasari, Qoriati Mushafanah. 2019. Pengembangan Konsep Dasar IPS Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama |
PUSTAKA PENDUKUNG |
|
1 |
Anderson, Lee. 1979. Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies |
2 |
Giddens, Anthony. 1999. Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity Press
|
3 |
Salim, Agus. 2002. Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
|
4 |
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
|
5 |
Warma A. M. 2007. Pendidikan IPS. Jakarta
|
Details ...
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosialPengembangan Konsep Dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS.Pengembangan Konsep Dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum.Pengembangan Konsep Dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) |
||
1 |
Menguasai dan mengembangkan pembelajaran pada tema bidang studi utama di sekolah dasar.
|
|
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) |
||
1 |
Menjelaskan hakikat dan karakteristik mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS |
|
2 |
Menjelaskan hakikat pendidikan IPS di SD |
|
3 |
Menganalisis prinsip pembelajaran IPS |
|
4 |
Menganalisis keterkaitan individu, kelompok, dan lembaga sosial |
|
5 |
Menganalisis keterkaitan konsep waktu dan perubahan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
6 |
Menganalisis keterkaitan dinamika kebudayaan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
7 |
Menguraikan penerapan konsep-konsep politik dalam pembelajaran IPS di SD |
|
8 |
Menguraikan perkembangan IPTEK dan Pengaruhnya dalam globalisasi |
|
9 |
Menguraikan infusi masalah kemiskinan dalam pembelajaran IPS di SD |
|
10 |
Menguraikan infusi masalah pengangguran dan kriminalitas dalam pembelajaran IPS di SD |
|
11 |
Menguraikan infusi masalah konflik SARA dalam pembelajaran IPS di SD |
|
12 |
Menguraikan infusi dampak positif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
13 |
Menguraikan infusi dampak negatif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
MATERI PEMBELAJARAN |
||
1 |
Hakikat dan karakteristik mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS |
|
2 |
Hakikat pendidikan IPS di SD |
|
3 |
Prinsip pembelajaran IPS |
|
4 |
Keterkaitan individu, kelompok, dan lembaga social |
|
5 |
Keterkaitan konsep waktu dan perubahan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
6 |
Keterkaitan dinamika kebudayaan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
7 |
Penerapan konsep-konsep politik dalam pembelajaran IPS di SD |
|
8 |
Perkembangan IPTEK dan Pengaruhnya dalam globalisasi |
|
9 |
Infusi masalah kemiskinan dalam pembelajaran IPS di SD |
|
10 |
Infusi masalah pengangguran dan kriminalitas dalam pembelajaran IPS di SD |
|
11 |
Infusi masalah konflik SARA dalam pembelajaran IPS di SD |
|
12 |
Infusi dampak positif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
13 |
Infusi dampak negatif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
PUSTAKA UTAMA |
|
1 |
Iin Purnamasari, Qoriati Mushafanah. 2019. Pengembangan Konsep Dasar IPS Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama |
PUSTAKA PENDUKUNG |
|
1 |
Anderson, Lee. 1979. Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies |
2 |
Giddens, Anthony. 1999. Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity Press
|
3 |
Salim, Agus. 2002. Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
|
4 |
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
|
5 |
Warma A. M. 2007. Pendidikan IPS. Jakarta
|
Details ...
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosialPengembangan Konsep Dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS.Pengembangan Konsep Dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum.Pengembangan Konsep Dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) |
||
1 |
Menguasai dan mengembangkan pembelajaran pada tema bidang studi utama di sekolah dasar.
|
|
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) |
||
1 |
Menjelaskan hakikat dan karakteristik mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS |
|
2 |
Menjelaskan hakikat pendidikan IPS di SD |
|
3 |
Menganalisis prinsip pembelajaran IPS |
|
4 |
Menganalisis keterkaitan individu, kelompok, dan lembaga sosial |
|
5 |
Menganalisis keterkaitan konsep waktu dan perubahan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
6 |
Menganalisis keterkaitan dinamika kebudayaan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
7 |
Menguraikan penerapan konsep-konsep politik dalam pembelajaran IPS di SD |
|
8 |
Menguraikan perkembangan IPTEK dan Pengaruhnya dalam globalisasi |
|
9 |
Menguraikan infusi masalah kemiskinan dalam pembelajaran IPS di SD |
|
10 |
Menguraikan infusi masalah pengangguran dan kriminalitas dalam pembelajaran IPS di SD |
|
11 |
Menguraikan infusi masalah konflik SARA dalam pembelajaran IPS di SD |
|
12 |
Menguraikan infusi dampak positif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
13 |
Menguraikan infusi dampak negatif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
MATERI PEMBELAJARAN |
||
1 |
Hakikat dan karakteristik mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS |
|
2 |
Hakikat pendidikan IPS di SD |
|
3 |
Prinsip pembelajaran IPS |
|
4 |
Keterkaitan individu, kelompok, dan lembaga social |
|
5 |
Keterkaitan konsep waktu dan perubahan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
6 |
Keterkaitan dinamika kebudayaan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
7 |
Penerapan konsep-konsep politik dalam pembelajaran IPS di SD |
|
8 |
Perkembangan IPTEK dan Pengaruhnya dalam globalisasi |
|
9 |
Infusi masalah kemiskinan dalam pembelajaran IPS di SD |
|
10 |
Infusi masalah pengangguran dan kriminalitas dalam pembelajaran IPS di SD |
|
11 |
Infusi masalah konflik SARA dalam pembelajaran IPS di SD |
|
12 |
Infusi dampak positif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
13 |
Infusi dampak negatif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
PUSTAKA UTAMA |
|
1 |
Iin Purnamasari, Qoriati Mushafanah. 2019. Pengembangan Konsep Dasar IPS Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama |
PUSTAKA PENDUKUNG |
|
1 |
Anderson, Lee. 1979. Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies |
2 |
Giddens, Anthony. 1999. Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity Press
|
3 |
Salim, Agus. 2002. Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
|
4 |
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
|
5 |
Warma A. M. 2007. Pendidikan IPS. Jakarta
|
Details ...
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosialPengembangan Konsep Dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS.Pengembangan Konsep Dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum.Pengembangan Konsep Dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) |
||
1 |
Menguasai dan mengembangkan pembelajaran pada tema bidang studi utama di sekolah dasar.
|
|
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) |
||
1 |
Menjelaskan hakikat dan karakteristik mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS |
|
2 |
Menjelaskan hakikat pendidikan IPS di SD |
|
3 |
Menganalisis prinsip pembelajaran IPS |
|
4 |
Menganalisis keterkaitan individu, kelompok, dan lembaga sosial |
|
5 |
Menganalisis keterkaitan konsep waktu dan perubahan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
6 |
Menganalisis keterkaitan dinamika kebudayaan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
7 |
Menguraikan penerapan konsep-konsep politik dalam pembelajaran IPS di SD |
|
8 |
Menguraikan perkembangan IPTEK dan Pengaruhnya dalam globalisasi |
|
9 |
Menguraikan infusi masalah kemiskinan dalam pembelajaran IPS di SD |
|
10 |
Menguraikan infusi masalah pengangguran dan kriminalitas dalam pembelajaran IPS di SD |
|
11 |
Menguraikan infusi masalah konflik SARA dalam pembelajaran IPS di SD |
|
12 |
Menguraikan infusi dampak positif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
13 |
Menguraikan infusi dampak negatif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
MATERI PEMBELAJARAN |
||
1 |
Hakikat dan karakteristik mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS |
|
2 |
Hakikat pendidikan IPS di SD |
|
3 |
Prinsip pembelajaran IPS |
|
4 |
Keterkaitan individu, kelompok, dan lembaga social |
|
5 |
Keterkaitan konsep waktu dan perubahan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
6 |
Keterkaitan dinamika kebudayaan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
7 |
Penerapan konsep-konsep politik dalam pembelajaran IPS di SD |
|
8 |
Perkembangan IPTEK dan Pengaruhnya dalam globalisasi |
|
9 |
Infusi masalah kemiskinan dalam pembelajaran IPS di SD |
|
10 |
Infusi masalah pengangguran dan kriminalitas dalam pembelajaran IPS di SD |
|
11 |
Infusi masalah konflik SARA dalam pembelajaran IPS di SD |
|
12 |
Infusi dampak positif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
13 |
Infusi dampak negatif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
PUSTAKA UTAMA |
|
1 |
Iin Purnamasari, Qoriati Mushafanah. 2019. Pengembangan Konsep Dasar IPS Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama |
PUSTAKA PENDUKUNG |
|
1 |
Anderson, Lee. 1979. Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies |
2 |
Giddens, Anthony. 1999. Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity Press
|
3 |
Salim, Agus. 2002. Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
|
4 |
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
|
5 |
Warma A. M. 2007. Pendidikan IPS. Jakarta
|
Details ...
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosialPengembangan Konsep Dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS.Pengembangan Konsep Dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum.Pengembangan Konsep Dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) |
||
1 |
Menguasai dan mengembangkan pembelajaran pada tema bidang studi utama di sekolah dasar.
|
|
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) |
||
1 |
Menjelaskan hakikat dan karakteristik mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS |
|
2 |
Menjelaskan hakikat pendidikan IPS di SD |
|
3 |
Menganalisis prinsip pembelajaran IPS |
|
4 |
Menganalisis keterkaitan individu, kelompok, dan lembaga sosial |
|
5 |
Menganalisis keterkaitan konsep waktu dan perubahan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
6 |
Menganalisis keterkaitan dinamika kebudayaan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
7 |
Menguraikan penerapan konsep-konsep politik dalam pembelajaran IPS di SD |
|
8 |
Menguraikan perkembangan IPTEK dan Pengaruhnya dalam globalisasi |
|
9 |
Menguraikan infusi masalah kemiskinan dalam pembelajaran IPS di SD |
|
10 |
Menguraikan infusi masalah pengangguran dan kriminalitas dalam pembelajaran IPS di SD |
|
11 |
Menguraikan infusi masalah konflik SARA dalam pembelajaran IPS di SD |
|
12 |
Menguraikan infusi dampak positif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
13 |
Menguraikan infusi dampak negatif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
MATERI PEMBELAJARAN |
||
1 |
Hakikat dan karakteristik mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS |
|
2 |
Hakikat pendidikan IPS di SD |
|
3 |
Prinsip pembelajaran IPS |
|
4 |
Keterkaitan individu, kelompok, dan lembaga social |
|
5 |
Keterkaitan konsep waktu dan perubahan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
6 |
Keterkaitan dinamika kebudayaan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
7 |
Penerapan konsep-konsep politik dalam pembelajaran IPS di SD |
|
8 |
Perkembangan IPTEK dan Pengaruhnya dalam globalisasi |
|
9 |
Infusi masalah kemiskinan dalam pembelajaran IPS di SD |
|
10 |
Infusi masalah pengangguran dan kriminalitas dalam pembelajaran IPS di SD |
|
11 |
Infusi masalah konflik SARA dalam pembelajaran IPS di SD |
|
12 |
Infusi dampak positif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
13 |
Infusi dampak negatif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
PUSTAKA UTAMA |
|
1 |
Iin Purnamasari, Qoriati Mushafanah. 2019. Pengembangan Konsep Dasar IPS Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama |
PUSTAKA PENDUKUNG |
|
1 |
Anderson, Lee. 1979. Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies |
2 |
Giddens, Anthony. 1999. Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity Press
|
3 |
Salim, Agus. 2002. Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
|
4 |
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
|
5 |
Warma A. M. 2007. Pendidikan IPS. Jakarta
|
Details ...
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosialPengembangan Konsep Dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS.Pengembangan Konsep Dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum.Pengembangan Konsep Dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) |
||
1 |
Menguasai dan mengembangkan pembelajaran pada tema bidang studi utama di sekolah dasar.
|
|
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) |
||
1 |
Menjelaskan hakikat dan karakteristik mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS |
|
2 |
Menjelaskan hakikat pendidikan IPS di SD |
|
3 |
Menganalisis prinsip pembelajaran IPS |
|
4 |
Menganalisis keterkaitan individu, kelompok, dan lembaga sosial |
|
5 |
Menganalisis keterkaitan konsep waktu dan perubahan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
6 |
Menganalisis keterkaitan dinamika kebudayaan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
7 |
Menguraikan penerapan konsep-konsep politik dalam pembelajaran IPS di SD |
|
8 |
Menguraikan perkembangan IPTEK dan Pengaruhnya dalam globalisasi |
|
9 |
Menguraikan infusi masalah kemiskinan dalam pembelajaran IPS di SD |
|
10 |
Menguraikan infusi masalah pengangguran dan kriminalitas dalam pembelajaran IPS di SD |
|
11 |
Menguraikan infusi masalah konflik SARA dalam pembelajaran IPS di SD |
|
12 |
Menguraikan infusi dampak positif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
13 |
Menguraikan infusi dampak negatif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
MATERI PEMBELAJARAN |
||
1 |
Hakikat dan karakteristik mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS |
|
2 |
Hakikat pendidikan IPS di SD |
|
3 |
Prinsip pembelajaran IPS |
|
4 |
Keterkaitan individu, kelompok, dan lembaga social |
|
5 |
Keterkaitan konsep waktu dan perubahan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
6 |
Keterkaitan dinamika kebudayaan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
7 |
Penerapan konsep-konsep politik dalam pembelajaran IPS di SD |
|
8 |
Perkembangan IPTEK dan Pengaruhnya dalam globalisasi |
|
9 |
Infusi masalah kemiskinan dalam pembelajaran IPS di SD |
|
10 |
Infusi masalah pengangguran dan kriminalitas dalam pembelajaran IPS di SD |
|
11 |
Infusi masalah konflik SARA dalam pembelajaran IPS di SD |
|
12 |
Infusi dampak positif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
13 |
Infusi dampak negatif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
PUSTAKA UTAMA |
|
1 |
Iin Purnamasari, Qoriati Mushafanah. 2019. Pengembangan Konsep Dasar IPS Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama |
PUSTAKA PENDUKUNG |
|
1 |
Anderson, Lee. 1979. Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies |
2 |
Giddens, Anthony. 1999. Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity Press
|
3 |
Salim, Agus. 2002. Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
|
4 |
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
|
5 |
Warma A. M. 2007. Pendidikan IPS. Jakarta
|
Details ...
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosialPengembangan Konsep Dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS.Pengembangan Konsep Dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum.Pengembangan Konsep Dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) |
||
1 |
Menguasai dan mengembangkan pembelajaran pada tema bidang studi utama di sekolah dasar.
|
|
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) |
||
1 |
Menjelaskan hakikat dan karakteristik mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS |
|
2 |
Menjelaskan hakikat pendidikan IPS di SD |
|
3 |
Menganalisis prinsip pembelajaran IPS |
|
4 |
Menganalisis keterkaitan individu, kelompok, dan lembaga sosial |
|
5 |
Menganalisis keterkaitan konsep waktu dan perubahan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
6 |
Menganalisis keterkaitan dinamika kebudayaan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
7 |
Menguraikan penerapan konsep-konsep politik dalam pembelajaran IPS di SD |
|
8 |
Menguraikan perkembangan IPTEK dan Pengaruhnya dalam globalisasi |
|
9 |
Menguraikan infusi masalah kemiskinan dalam pembelajaran IPS di SD |
|
10 |
Menguraikan infusi masalah pengangguran dan kriminalitas dalam pembelajaran IPS di SD |
|
11 |
Menguraikan infusi masalah konflik SARA dalam pembelajaran IPS di SD |
|
12 |
Menguraikan infusi dampak positif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
13 |
Menguraikan infusi dampak negatif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
MATERI PEMBELAJARAN |
||
1 |
Hakikat dan karakteristik mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS |
|
2 |
Hakikat pendidikan IPS di SD |
|
3 |
Prinsip pembelajaran IPS |
|
4 |
Keterkaitan individu, kelompok, dan lembaga social |
|
5 |
Keterkaitan konsep waktu dan perubahan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
6 |
Keterkaitan dinamika kebudayaan dalam prespektif sejarah dan antropologi untuk pembelajaran IPS di SD |
|
7 |
Penerapan konsep-konsep politik dalam pembelajaran IPS di SD |
|
8 |
Perkembangan IPTEK dan Pengaruhnya dalam globalisasi |
|
9 |
Infusi masalah kemiskinan dalam pembelajaran IPS di SD |
|
10 |
Infusi masalah pengangguran dan kriminalitas dalam pembelajaran IPS di SD |
|
11 |
Infusi masalah konflik SARA dalam pembelajaran IPS di SD |
|
12 |
Infusi dampak positif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
|
13 |
Infusi dampak negatif globalisasi dalam pembelajaran IPS di SD |
PUSTAKA UTAMA |
|
1 |
Iin Purnamasari, Qoriati Mushafanah. 2019. Pengembangan Konsep Dasar IPS Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama |
PUSTAKA PENDUKUNG |
|
1 |
Anderson, Lee. 1979. Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies |
2 |
Giddens, Anthony. 1999. Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity Press
|
3 |
Salim, Agus. 2002. Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
|
4 |
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
|
5 |
Warma A. M. 2007. Pendidikan IPS. Jakarta
|
Details ...