Statistik Inferensial, Curriculum : 2016


Courser in EnglishINFERENTIAL STATISTICS
ProgramManajemen
SKS3 SKS
RPS26 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk Mata Kuliah Statistik Inferensial terdapat beberapa materi yang disampaikan dalam modul ini, yaitu penyajian data, ukuran gelaja pusat, ukuran disperse, ukuran letak dan peramalan (forecasting) serta statistik inferensial yang meliputi statistik non parametrik dan parametrik. Masing-masing menguraikan tahapan-tahapan atau langkah-langkah yang harus dilakukan dalam analisis data deskriptif dan statistik inferensial untuk tujuan pengujian hipotesis. 

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan dan selanjutnya mengimplementasikan berbagai karakteristik yang terkait dengan aspek individual, kelompok, dan organisasi. Dan mahasiswa juga akan memahami perkembangan dan tantangan-tantangan terkait dengan strategi MSDM untuk nantinya mampu mengantisipasi dan menghindari berbagai kendala yang akan menghambat keefektifan organisasional

 

References

Dayan, Anto (1989), Pangantar Metode Statistik Jilid 1, Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial, Jakarta.

Djarwanto, Ps (1996), Mengenal Beberapa Uji Statistik dalam Penelitian, Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Hasan, Iqbal (2003), Pokok-Pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif), Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Saragih, Ferdinand D dan Umanto Eko (2007), Pengantar Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi, Departemen Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesi, Jakarta.

Setiawan, E (2005), Statistik I, Penerbit Yayasan Widya Manggala Indonesia, Semarang

Slamet (1993), Analisis Kuantitatif untuk Data Sosial, Dabara Publisher, Solo.

Sudjana (1996), Metoda Statistika, Penerbit Tarsito, Bandung.

Sugiyono (2005), Statistik untuk Penelitian, CV. Alfabeta, Bandung.

Supranto, J (1987), Statistik Teori dan Aplikasi, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Winarsunu, Tulus (2004), Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan, UMM Press, Malang.


Details ...
Course Descriptions

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk Mata Kuliah Statistik Inferensial terdapat beberapa materi yang disampaikan dalam modul ini, yaitu penyajian data, ukuran gelaja pusat, ukuran disperse, ukuran letak dan peramalan (forecasting) serta statistik inferensial yang meliputi statistik non parametrik dan parametrik. Masing-masing menguraikan tahapan-tahapan atau langkah-langkah yang harus dilakukan dalam analisis data deskriptif dan statistik inferensial untuk tujuan pengujian hipotesis. 

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan dan selanjutnya mengimplementasikan berbagai karakteristik yang terkait dengan aspek individual, kelompok, dan organisasi. Dan mahasiswa juga akan memahami perkembangan dan tantangan-tantangan terkait dengan strategi MSDM untuk nantinya mampu mengantisipasi dan menghindari berbagai kendala yang akan menghambat keefektifan organisasional

 

References

Dayan, Anto (1989), Pangantar Metode Statistik Jilid 1, Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial, Jakarta.

Djarwanto, Ps (1996), Mengenal Beberapa Uji Statistik dalam Penelitian, Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Hasan, Iqbal (2003), Pokok-Pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif), Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Saragih, Ferdinand D dan Umanto Eko (2007), Pengantar Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi, Departemen Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesi, Jakarta.

Setiawan, E (2005), Statistik I, Penerbit Yayasan Widya Manggala Indonesia, Semarang

Slamet (1993), Analisis Kuantitatif untuk Data Sosial, Dabara Publisher, Solo.

Sudjana (1996), Metoda Statistika, Penerbit Tarsito, Bandung.

Sugiyono (2005), Statistik untuk Penelitian, CV. Alfabeta, Bandung.

Supranto, J (1987), Statistik Teori dan Aplikasi, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Winarsunu, Tulus (2004), Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan, UMM Press, Malang.


Details ...
Course Descriptions

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk Mata Kuliah Statistik Inferensial terdapat beberapa materi yang disampaikan dalam modul ini, yaitu penyajian data, ukuran gelaja pusat, ukuran disperse, ukuran letak dan peramalan (forecasting) serta statistik inferensial yang meliputi statistik non parametrik dan parametrik. Masing-masing menguraikan tahapan-tahapan atau langkah-langkah yang harus dilakukan dalam analisis data deskriptif dan statistik inferensial untuk tujuan pengujian hipotesis. 

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan dan selanjutnya mengimplementasikan berbagai karakteristik yang terkait dengan aspek individual, kelompok, dan organisasi. Dan mahasiswa juga akan memahami perkembangan dan tantangan-tantangan terkait dengan strategi MSDM untuk nantinya mampu mengantisipasi dan menghindari berbagai kendala yang akan menghambat keefektifan organisasional

 

References

Dayan, Anto (1989), Pangantar Metode Statistik Jilid 1, Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial, Jakarta.

Djarwanto, Ps (1996), Mengenal Beberapa Uji Statistik dalam Penelitian, Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Hasan, Iqbal (2003), Pokok-Pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif), Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Saragih, Ferdinand D dan Umanto Eko (2007), Pengantar Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi, Departemen Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesi, Jakarta.

Setiawan, E (2005), Statistik I, Penerbit Yayasan Widya Manggala Indonesia, Semarang

Slamet (1993), Analisis Kuantitatif untuk Data Sosial, Dabara Publisher, Solo.

Sudjana (1996), Metoda Statistika, Penerbit Tarsito, Bandung.

Sugiyono (2005), Statistik untuk Penelitian, CV. Alfabeta, Bandung.

Supranto, J (1987), Statistik Teori dan Aplikasi, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Winarsunu, Tulus (2004), Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan, UMM Press, Malang.


Details ...
Course Descriptions

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk Mata Kuliah Statistik Inferensial terdapat beberapa materi yang disampaikan dalam modul ini, yaitu penyajian data, ukuran gelaja pusat, ukuran disperse, ukuran letak dan peramalan (forecasting) serta statistik inferensial yang meliputi statistik non parametrik dan parametrik. Masing-masing menguraikan tahapan-tahapan atau langkah-langkah yang harus dilakukan dalam analisis data deskriptif dan statistik inferensial untuk tujuan pengujian hipotesis. 

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan dan selanjutnya mengimplementasikan berbagai karakteristik yang terkait dengan aspek individual, kelompok, dan organisasi. Dan mahasiswa juga akan memahami perkembangan dan tantangan-tantangan terkait dengan strategi MSDM untuk nantinya mampu mengantisipasi dan menghindari berbagai kendala yang akan menghambat keefektifan organisasional

 

References

Dayan, Anto (1989), Pangantar Metode Statistik Jilid 1, Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial, Jakarta.

Djarwanto, Ps (1996), Mengenal Beberapa Uji Statistik dalam Penelitian, Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Hasan, Iqbal (2003), Pokok-Pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif), Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Saragih, Ferdinand D dan Umanto Eko (2007), Pengantar Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi, Departemen Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesi, Jakarta.

Setiawan, E (2005), Statistik I, Penerbit Yayasan Widya Manggala Indonesia, Semarang

Slamet (1993), Analisis Kuantitatif untuk Data Sosial, Dabara Publisher, Solo.

Sudjana (1996), Metoda Statistika, Penerbit Tarsito, Bandung.

Sugiyono (2005), Statistik untuk Penelitian, CV. Alfabeta, Bandung.

Supranto, J (1987), Statistik Teori dan Aplikasi, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Winarsunu, Tulus (2004), Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan, UMM Press, Malang.


Details ...
Course Descriptions

Statistika inferensial adalah metode yang digunakan untuk mengetahui populasi berdasarkan sampel dengan menganalisis dan mengiterpretasikan data menjadi sebuah kesimpulan. Mata kuliah ini mempelajari bagaimana mengumpulkan, mengolah, menyajikan, menganalisis data, dan membuat kesimpulan. Mata kuliah ini membahas konsep statistic dan statistika, teori peluang, distribusi probabilitas normal, distribusi sampel dan teori limit pusat, pengujian asumsi klasik, pengujian hipoteisi, pengujian hipotesis komparatif besar, pengujian komparatif sampel besar, pengujian hipotesis komparatif kecil, menguji hipotesis tentang proporsi, analisis varians, scheffe’s test, analisis korelasi, analisis regresi, analisis kovarian, analisis jalur, analisis faktor dan cluster analisis.

Learning Outcomes

Sikap 

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
  7. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  8. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  9. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan
  10. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

Keterampilan Umum 

  1. mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan statistik dan statistika, data statistik, membandingkan statistik deskriptif dan statistik inferensial dan mampu memilih teknik statistik
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan perananan konsep peluang (probabilita) dan sampling dalam membuat kesimpulan (inferensial) atas hipotesis penelitian.
  3. Mahasiswa mampu menghitung besar sampel, kesalahan sampling, dan mengestimasi titik dan interval parameter populasi.
  4. Mahasiswa mampu mengaplikasikan distribusi probabilitas dalam mencari solusi problema bisnis atau ekonomi khususnya dalam bisnis industri dan ekonomi kreatif
  5. Mahasiswa mampu melakukan pengujian asumsi klasik 
  6. Mahasiswa mampu menguji hipotesis satu sampel, dua sampel, atau beberapa sampel, pengujian hipotesis komparatif sampel kecil dan sampel besa
  7. Mahasiswa mampu menganalisis varians, Scheffe’s Test,analisis korelasi, analisis regresi, analisis kovarian, analisis jalur, analisis faktor dan cluster analisis

 

References

1. Gunawan, Imam, 2017, Pengantar Statistik Inferensial, Rajagrafindo Persada

2. J. Supranto. 2009. Statistik: Teori dan Aplikasi Jilid II. Erlangga, Jakarta (JS). 

3. Suharyadi dan Purwanto, 2010, Statistika: Untuk Ekonomi dan Keuangan Modern Jilid II, Salemba Empat, Jakarta. 


Details ...
Course Descriptions

Statistika inferensial adalah metode yang digunakan untuk mengetahui populasi berdasarkan sampel dengan menganalisis dan mengiterpretasikan data menjadi sebuah kesimpulan. Mata kuliah ini mempelajari bagaimana mengumpulkan, mengolah, menyajikan, menganalisis data, dan membuat kesimpulan. Mata kuliah ini membahas konsep statistic dan statistika, teori peluang, distribusi probabilitas normal, distribusi sampel dan teori limit pusat, pengujian asumsi klasik, pengujian hipoteisi, pengujian hipotesis komparatif besar, pengujian komparatif sampel besar, pengujian hipotesis komparatif kecil, menguji hipotesis tentang proporsi, analisis varians, scheffe’s test, analisis korelasi, analisis regresi, analisis kovarian, analisis jalur, analisis faktor dan cluster analisis.

Learning Outcomes

Sikap 

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
  7. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  8. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  9. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan
  10. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

Keterampilan Umum 

  1. mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan statistik dan statistika, data statistik, membandingkan statistik deskriptif dan statistik inferensial dan mampu memilih teknik statistik
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan perananan konsep peluang (probabilita) dan sampling dalam membuat kesimpulan (inferensial) atas hipotesis penelitian.
  3. Mahasiswa mampu menghitung besar sampel, kesalahan sampling, dan mengestimasi titik dan interval parameter populasi.
  4. Mahasiswa mampu mengaplikasikan distribusi probabilitas dalam mencari solusi problema bisnis atau ekonomi khususnya dalam bisnis industri dan ekonomi kreatif
  5. Mahasiswa mampu melakukan pengujian asumsi klasik 
  6. Mahasiswa mampu menguji hipotesis satu sampel, dua sampel, atau beberapa sampel, pengujian hipotesis komparatif sampel kecil dan sampel besa
  7. Mahasiswa mampu menganalisis varians, Scheffe’s Test,analisis korelasi, analisis regresi, analisis kovarian, analisis jalur, analisis faktor dan cluster analisis

 

References

1. Gunawan, Imam, 2017, Pengantar Statistik Inferensial, Rajagrafindo Persada

2. J. Supranto. 2009. Statistik: Teori dan Aplikasi Jilid II. Erlangga, Jakarta (JS). 

3. Suharyadi dan Purwanto, 2010, Statistika: Untuk Ekonomi dan Keuangan Modern Jilid II, Salemba Empat, Jakarta. 


Details ...
Course Descriptions

Statistika inferensial adalah metode yang digunakan untuk mengetahui populasi berdasarkan sampel dengan menganalisis dan mengiterpretasikan data menjadi sebuah kesimpulan. Mata kuliah ini mempelajari bagaimana mengumpulkan, mengolah, menyajikan, menganalisis data, dan membuat kesimpulan. Mata kuliah ini membahas konsep statistic dan statistika, teori peluang, distribusi probabilitas normal, distribusi sampel dan teori limit pusat, pengujian asumsi klasik, pengujian hipoteisi, pengujian hipotesis komparatif besar, pengujian komparatif sampel besar, pengujian hipotesis komparatif kecil, menguji hipotesis tentang proporsi, analisis varians, scheffe’s test, analisis korelasi, analisis regresi, analisis kovarian, analisis jalur, analisis faktor dan cluster analisis.

Learning Outcomes

Sikap 

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
  7. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  8. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  9. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan
  10. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

Keterampilan Umum 

  1. mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan statistik dan statistika, data statistik, membandingkan statistik deskriptif dan statistik inferensial dan mampu memilih teknik statistik
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan perananan konsep peluang (probabilita) dan sampling dalam membuat kesimpulan (inferensial) atas hipotesis penelitian.
  3. Mahasiswa mampu menghitung besar sampel, kesalahan sampling, dan mengestimasi titik dan interval parameter populasi.
  4. Mahasiswa mampu mengaplikasikan distribusi probabilitas dalam mencari solusi problema bisnis atau ekonomi khususnya dalam bisnis industri dan ekonomi kreatif
  5. Mahasiswa mampu melakukan pengujian asumsi klasik 
  6. Mahasiswa mampu menguji hipotesis satu sampel, dua sampel, atau beberapa sampel, pengujian hipotesis komparatif sampel kecil dan sampel besa
  7. Mahasiswa mampu menganalisis varians, Scheffe’s Test,analisis korelasi, analisis regresi, analisis kovarian, analisis jalur, analisis faktor dan cluster analisis

 

References

1. Gunawan, Imam, 2017, Pengantar Statistik Inferensial, Rajagrafindo Persada

2. J. Supranto. 2009. Statistik: Teori dan Aplikasi Jilid II. Erlangga, Jakarta (JS). 

3. Suharyadi dan Purwanto, 2010, Statistika: Untuk Ekonomi dan Keuangan Modern Jilid II, Salemba Empat, Jakarta. 


Details ...