Courser in English | EVALUATION OF PHYSICS LEARNING PROCESS AND RESULTS |
Program | Pendidikan Fisika |
SKS | 3 SKS |
RPS | 4 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mempelajari evaluasi proses dan hasil pembelajaran yang meliputi kedudukan evaluasi dalam pembelajaran fisika, tes hasil belajar, persyaratan tes sebagai alat ukur hasil belajar, pelaksanaan dan pemanfaatan hasil tes, serta evaluasi proses pembelajaran. Metode perkuliahan ini didukung dengan kegiatan menyusun instrumen tes dan non tes.
Learning OutcomesMampu menguasai prinsip dan tehnik evaluasi dan mampu melakukan penilaian proses dan hasil belajar siswa secara mandiri dengan penuh tanggung jawab dan memanfaatkan hasilnya untuk memperbaiki pembelajaran.
References- Prof. Dr. Suharsimi Arikunto, DASAR-DASAR EVALUASI PENDIDIKAN (Edisirevisi), BumiAksara, Jakarta
- Prof. H.M. Sukardi, MS, Ph.D, EVALUASI PENDIDIKAN (Prinsip&Operasionalnya), BumiAksara, Jakarta
- Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd, ASSESSMENET PEMBELAJARAN, BumiAksara, Jakarta
- Nana Sudjana, PENILAIAN HASIL PROSES BELAJAR MENGAJAR, RosdaKarya, Bandung
- Drs. ZainalArifin, M.Pd, EVALUASI PEMBELAJARAN, RosdaKarya, Bandung
- Drs. NgalimPurwanto, PRINSIP-PRINSIP DAN TEKNIK EVALUASI PENGAJARAN, RosdaKarya, Bandung
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari evaluasi proses dan hasil pembelajaran yang meliputi kedudukan evaluasi dalam pembelajaran fisika, tes hasil belajar, persyaratan tes sebagai alat ukur hasil belajar, pelaksanaan dan pemanfaatan hasil tes, serta evaluasi proses pembelajaran. Metode perkuliahan ini didukung dengan kegiatan menyusun instrumen tes dan non tes.
Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri. Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan penilaian pembelajarankonsep teoritis dan prinsip-prinsip pokok: fisika terapan
Keterampilan Khusus: Mampu menilai proses dan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi dan metode penilaian serta mengevaluasi dan memanfaatkan hasilnya untuk memperbaiki pembelajaran (reflective teacher). Keterampilan Umum: Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Prof. Dr. Suharsimi Arikunto, DASAR-DASAR EVALUASI PENDIDIKAN (Edisirevisi), BumiAksara, Jakarta
- Prof. H.M. Sukardi, MS, Ph.D, EVALUASI PENDIDIKAN (Prinsip&Operasionalnya), BumiAksara, Jakarta
- Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd, ASSESSMENET PEMBELAJARAN, BumiAksara, Jakarta
- Nana Sudjana, PENILAIAN HASIL PROSES BELAJAR MENGAJAR, RosdaKarya, Bandung
- Drs. ZainalArifin, M.Pd, EVALUASI PEMBELAJARAN, RosdaKarya, Bandung
- Drs. NgalimPurwanto, PRINSIP-PRINSIP DAN TEKNIK EVALUASI PENGAJARAN, RosdaKarya, Bandung
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari evaluasi proses dan hasil pembelajaran yang meliputi kedudukan evaluasi dalam pembelajaran fisika, tes hasil belajar, persyaratan tes sebagai alat ukur hasil belajar, pelaksanaan dan pemanfaatan hasil tes, serta evaluasi proses pembelajaran. Metode perkuliahan ini didukung dengan kegiatan menyusun instrumen tes dan non tes.
Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri. Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan penilaian pembelajarankonsep teoritis dan prinsip-prinsip pokok: fisika terapan
Keterampilan Khusus: Mampu menilai proses dan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi dan metode penilaian serta mengevaluasi dan memanfaatkan hasilnya untuk memperbaiki pembelajaran (reflective teacher). Keterampilan Umum: Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Prof. Dr. Suharsimi Arikunto, DASAR-DASAR EVALUASI PENDIDIKAN (Edisirevisi), BumiAksara, Jakarta
- Prof. H.M. Sukardi, MS, Ph.D, EVALUASI PENDIDIKAN (Prinsip&Operasionalnya), BumiAksara, Jakarta
- Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd, ASSESSMENET PEMBELAJARAN, BumiAksara, Jakarta
- Nana Sudjana, PENILAIAN HASIL PROSES BELAJAR MENGAJAR, RosdaKarya, Bandung
- Drs. ZainalArifin, M.Pd, EVALUASI PEMBELAJARAN, RosdaKarya, Bandung
- Drs. NgalimPurwanto, PRINSIP-PRINSIP DAN TEKNIK EVALUASI PENGAJARAN, RosdaKarya, Bandung
Details ...
Memahami dan mengkaji pengertian dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, Persyaratan Evaluasi, taksonomi pembelajaran, menganalisis bentuk-bentuk alat penilaian, validitas, reliabilitas, analisis butir soal, penilaian autentik sebagai implementasi kurikulum 2013 serta pemanfaatn evaluasi dan refleksi pelaksanaan evaluasi. Secara afektif mata kuliah ini untuk membiasakan nilai-nilai karakter, kritis, logis, kreatif dan percaya diri serta saling menghargai dan kerja sama
Learning Outcomes
Sikap |
: |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri |
Pengetahuan |
: |
Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan penilaian pembelajarankonsep teoritis dan prinsip-prinsip pokok: fisika terapan |
Keterampilan Khusus |
: |
Mampu menilai proses dan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi dan metode penilaian serta mengevaluasi dan memanfaatkan hasilnya untuk memperbaiki pembelajaran (reflective teacher) |
Keterampilan Umum |
: |
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. |
Suharsimi Arikunto. 2013. Evaluasi hasil dan proses belajar. Jakarta: Bumi Aksara
Nunnally, JC. 1978. Psycometric theory, New Jaersey Mc Graw hill Book Company
Purwanto, M. Ngalim. 2015. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Rosdakarya: Jakarta.
Sukardi. 2014. Evaluasi Pendidikan (Prinsip dan Operasionalnya). Yogyakarta: Bumi Aksara.
Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...