Courser in English | EDUCATIONAL MANAGEMENT |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 11 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Manajemen Pendidikan adalah salah satu dari mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa pada Program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Mata kuliah manajemen pendidikan merupakan mata kuliah pendukung utama guna mengantarkan mahasiswa memantapkan: kemampuan, kepribadian dan berperilaku sesuai dengan profesinya sebagai pendidik dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni sesuai dengan tuntunan jaman. Misi mata kuliah manajemen pendidikan di perguruan tinggi membantu menumbuh kembangkan: daya kritis, daya kreatif, apresiasi dan kepekaan mahasiswa terhadap nilai-nilai pendidikan demi memantapkan kepribadiannya sebagai bekal hidup dalam mengembangkan pendidikan sebagai pendidik yang mampu mengatur dalam memajukan dan mengembangkan pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai, dan mampu mengimplementasikan teori, konsep, dan prinsip manajemen pendidikan dalam aktivitas pendidikan atau pembelajaran guna mencapai tujuan pendidikan atau pembelajaran secara efektif dan efisien.
ReferencesBush, Tony & Coleman, Marianne. 2008. Manajemen Strategis: Kepamimpinan Pendidikan. Diterjemahkan oleh: Fahrurrozi. Jogiakarta: IRCiSod
Muhroji,H. & Fathoni, Ahmad. 2006. Manajemen Pendidikan. Surakarta: Program Akta Mengajar, FKIP-UMS.
Mulyana, E. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nata, Abuddin. 2003. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: Prenada Media.
Rohiat. 2008. Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik. Bandung: PT Refika Aditama.
Sagala, Syaiful. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah & Masyarakat: Manajemen Memenangkan Persaingan Mutu. Jakarta: PT Nimas Multima.
Soetopo, Hendyat. 2004. Manajemen Pendidikan: Manajemen Proses, Manajemen Substansi, Manajemen Konflik. Malang: Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Tilaar, H,A.R. 2003. Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Pendidikan Masa Depan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Details ...
Mata kuliah Manajemen Pendidikan adalah salah satu dari mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa pada Program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Mata kuliah manajemen pendidikan merupakan mata kuliah pendukung utama guna mengantarkan mahasiswa memantapkan: kemampuan, kepribadian dan berperilaku sesuai dengan profesinya sebagai pendidik dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni sesuai dengan tuntunan jaman. Misi mata kuliah manajemen pendidikan di perguruan tinggi membantu menumbuh kembangkan: daya kritis, daya kreatif, apresiasi dan kepekaan mahasiswa terhadap nilai-nilai pendidikan demi memantapkan kepribadiannya sebagai bekal hidup dalam mengembangkan pendidikan sebagai pendidik yang mampu mengatur dalam memajukan dan mengembangkan pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai, dan mampu mengimplementasikan teori, konsep, dan prinsip manajemen pendidikan dalam aktivitas pendidikan atau pembelajaran guna mencapai tujuan pendidikan atau pembelajaran secara efektif dan efisien.
ReferencesBush, Tony & Coleman, Marianne. 2008. Manajemen Strategis: Kepamimpinan Pendidikan. Diterjemahkan oleh: Fahrurrozi. Jogiakarta: IRCiSod
Muhroji,H. & Fathoni, Ahmad. 2006. Manajemen Pendidikan. Surakarta: Program Akta Mengajar, FKIP-UMS.
Mulyana, E. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nata, Abuddin. 2003. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: Prenada Media.
Rohiat. 2008. Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik. Bandung: PT Refika Aditama.
Sagala, Syaiful. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah & Masyarakat: Manajemen Memenangkan Persaingan Mutu. Jakarta: PT Nimas Multima.
Soetopo, Hendyat. 2004. Manajemen Pendidikan: Manajemen Proses, Manajemen Substansi, Manajemen Konflik. Malang: Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Tilaar, H,A.R. 2003. Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Pendidikan Masa Depan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Details ...
Mata kuliah Manajemen Pendidikan adalah salah satu dari mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa pada Program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Mata kuliah manajemen pendidikan merupakan mata kuliah pendukung utama guna mengantarkan mahasiswa memantapkan: kemampuan, kepribadian dan berperilaku sesuai dengan profesinya sebagai pendidik dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni sesuai dengan tuntunan jaman. Misi mata kuliah manajemen pendidikan di perguruan tinggi membantu menumbuh kembangkan: daya kritis, daya kreatif, apresiasi dan kepekaan mahasiswa terhadap nilai-nilai pendidikan demi memantapkan kepribadiannya sebagai bekal hidup dalam mengembangkan pendidikan sebagai pendidik yang mampu mengatur dalam memajukan dan mengembangkan pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai, dan mampu mengimplementasikan teori, konsep, dan prinsip manajemen pendidikan dalam aktivitas pendidikan atau pembelajaran guna mencapai tujuan pendidikan atau pembelajaran secara efektif dan efisien.
ReferencesBush, Tony & Coleman, Marianne. 2008. Manajemen Strategis: Kepamimpinan Pendidikan. Diterjemahkan oleh: Fahrurrozi. Jogiakarta: IRCiSod
Muhroji,H. & Fathoni, Ahmad. 2006. Manajemen Pendidikan. Surakarta: Program Akta Mengajar, FKIP-UMS.
Mulyana, E. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nata, Abuddin. 2003. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: Prenada Media.
Rohiat. 2008. Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik. Bandung: PT Refika Aditama.
Sagala, Syaiful. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah & Masyarakat: Manajemen Memenangkan Persaingan Mutu. Jakarta: PT Nimas Multima.
Soetopo, Hendyat. 2004. Manajemen Pendidikan: Manajemen Proses, Manajemen Substansi, Manajemen Konflik. Malang: Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Tilaar, H,A.R. 2003. Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Pendidikan Masa Depan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Details ...
Mata kuliah Manajemen Pendidikan adalah salah satu dari mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa pada Program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Mata kuliah manajemen pendidikan merupakan mata kuliah pendukung utama guna mengantarkan mahasiswa memantapkan: kemampuan, kepribadian dan berperilaku sesuai dengan profesinya sebagai pendidik dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni sesuai dengan tuntunan jaman. Misi mata kuliah manajemen pendidikan di perguruan tinggi membantu menumbuh kembangkan: daya kritis, daya kreatif, apresiasi dan kepekaan mahasiswa terhadap nilai-nilai pendidikan demi memantapkan kepribadiannya sebagai bekal hidup dalam mengembangkan pendidikan sebagai pendidik yang mampu mengatur dalam memajukan dan mengembangkan pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai, dan mampu mengimplementasikan teori, konsep, dan prinsip manajemen pendidikan dalam aktivitas pendidikan atau pembelajaran guna mencapai tujuan pendidikan atau pembelajaran secara efektif dan efisien.
ReferencesBush, Tony & Coleman, Marianne. 2008. Manajemen Strategis: Kepamimpinan Pendidikan. Diterjemahkan oleh: Fahrurrozi. Jogiakarta: IRCiSod
Muhroji,H. & Fathoni, Ahmad. 2006. Manajemen Pendidikan. Surakarta: Program Akta Mengajar, FKIP-UMS.
Mulyana, E. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nata, Abuddin. 2003. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: Prenada Media.
Rohiat. 2008. Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik. Bandung: PT Refika Aditama.
Sagala, Syaiful. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah & Masyarakat: Manajemen Memenangkan Persaingan Mutu. Jakarta: PT Nimas Multima.
Soetopo, Hendyat. 2004. Manajemen Pendidikan: Manajemen Proses, Manajemen Substansi, Manajemen Konflik. Malang: Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Tilaar, H,A.R. 2003. Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Pendidikan Masa Depan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Details ...
Mahasiswa dapat membahas konsep dasar, peranan dan ruang lingkup manajemen pendidikan, mengkaji tentang pengelolaan terhadap bidang manajemen pendidikan, yang mencakup: peserta didik, kurikulum, tenaga kependidikan, fasilitas pendidikan, pembiayaan pendidikan, ketatalaksanaan lembaga pendidikan dan hubungan lembaga pendidikan dengan masyarakat, serta kepemimpinan pendidikan dan supervisi pendidikan.
Learning OutcomesCapaian Pembel. Mt. Kuliah :
Setelah selesai mengikuti perkuliahan Manajemen Pendidikan ini mahasiswa program S-1 PGSD dapat menguasai secara teoritis dan praktis mengenai manajemen pendidikan yang dapat mendorong keberhasilan pembelajaran
Capaian Pembelajaran Sikap
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD
- Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. 2015. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta
B. Suryosubroto. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Husaini Usman. 2004. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY.
Suwardi. 2010. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: JP Books
Details ...
Mahasiswa dapat membahas konsep dasar, peranan dan ruang lingkup manajemen pendidikan, mengkaji tentang pengelolaan terhadap bidang manajemen pendidikan, yang mencakup: peserta didik, kurikulum, tenaga kependidikan, fasilitas pendidikan, pembiayaan pendidikan, ketatalaksanaan lembaga pendidikan dan hubungan lembaga pendidikan dengan masyarakat, serta kepemimpinan pendidikan dan supervisi pendidikan
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Mata Kuliah :
Setelah selesai mengikuti perkuliahan Manajemen Pendidikan ini mahasiswa program S-1 PGSD dapat menguasai secara teoritis dan praktis mengenai manajemen pendidikan yang dapat mendorong keberhasilan pembelajaran
Capaian Pembelajaran Sikap :
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD :
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD :
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD :
- Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. 2015. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta
B. Suryosubroto. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Husaini Usman. 2004. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY.
Suwardi. 2010. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: JP Books
Details ...
Kuliah Manajemen Pendidikan adalah mata kuliah yang menekankan pada pengelolaan pendidikan secara mikro di Sekolah Dasar dengan melibatkan aspek filosofi pendidikan dan budaya di Indonesia.
Learning OutcomesMemahami pelbagai sudut pandang, sisi pandang, jarak pandang dan resolusi pandang terhadap wacana dan fenomena manajemen pendidikan
ReferencesKi Hajar Dewantara, 1977. Pendidikan (jilid 1). Majelis Persatuan Taman Siswa.
Ki Hajar Dewantara, 1977.Kebudajaan(jilid2). Majelis Persatuan Taman Siswa.
Details ...
Kuliah Manajemen Pendidikan adalah mata kuliah yang menekankan pada pengelolaan pendidikan secara mikro di Sekolah Dasar dengan melibatkan aspek filosofi pendidikan dan budaya di Indonesia.
Learning OutcomesMemahami pelbagai sudut pandang, sisi pandang, jarak pandang dan resolusi pandang terhadap wacana dan fenomena manajemen pendidikan
ReferencesKi Hajar Dewantara, 1977. Pendidikan (jilid 1). Majelis Persatuan Taman Siswa.
Ki Hajar Dewantara, 1977.Kebudajaan(jilid2). Majelis Persatuan Taman Siswa.
Details ...
Kuliah Manajemen Pendidikan adalah mata kuliah yang menekankan pada pengelolaan pendidikan secara mikro di Sekolah Dasar dengan melibatkan aspek filosofi pendidikan dan budaya di Indonesia.
Learning OutcomesMemahami pelbagai sudut pandang, sisi pandang, jarak pandang dan resolusi pandang terhadap wacana dan fenomena manajemen pendidikan
ReferencesKi Hajar Dewantara, 1977. Pendidikan (jilid 1). Majelis Persatuan Taman Siswa.
Ki Hajar Dewantara, 1977.Kebudajaan(jilid2). Majelis Persatuan Taman Siswa.
Details ...
Kuliah Manajemen Pendidikan adalah mata kuliah yang menekankan pada pengelolaan pendidikan secara mikro di Sekolah Dasar dengan melibatkan aspek filosofi pendidikan dan budaya di Indonesia.
Learning OutcomesMemahami pelbagai sudut pandang, sisi pandang, jarak pandang dan resolusi pandang terhadap wacana dan fenomena manajemen pendidikan
ReferencesKi Hajar Dewantara, 1977. Pendidikan (jilid 1). Majelis Persatuan Taman Siswa.
Ki Hajar Dewantara, 1977.Kebudajaan(jilid2). Majelis Persatuan Taman Siswa.
Details ...
Kuliah Manajemen Pendidikan adalah mata kuliah yang menekankan pada pengelolaan pendidikan secara mikro di Sekolah Dasar dengan melibatkan aspek filosofi pendidikan dan budaya di Indonesia.
Learning OutcomesMemahami pelbagai sudut pandang, sisi pandang, jarak pandang dan resolusi pandang terhadap wacana dan fenomena manajemen pendidikan
ReferencesKi Hajar Dewantara, 1977. Pendidikan (jilid 1). Majelis Persatuan Taman Siswa.
Ki Hajar Dewantara, 1977.Kebudajaan(jilid2). Majelis Persatuan Taman Siswa.
Details ...