Metodologi Pengembangan Fisik/Motorik, Curriculum : 2010


Courser in EnglishPhysical/ Psychomotor Development Method
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS3 SKS
RPS3 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

 

Mata kuliah ini mendeskripsikan konsep dan keterampilan pengembangan fisik motorik anak usia dini, yang meliputi; konsep perkembangan dan pengembangan fisik motorik, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik AUD, model pengembangan fisik/motorik, metode pembelajaran yang mendukung pengembangan fisik/motorik, penanganan kesulitan belajar motorik dan terapi bermain, identifikasi/analisis sarana-prasarana pengembangan motorik, ragam kegiatan dan permainan anak usia dini, dan penilaian perkembangan fisik/motorik di lembaga PAUD.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat :

  1. Memiliki pemahaman konseptual tentang perkembangan fisik-motorik anak usia dini (AUD)
  2. Memiliki pemahaman konseptual tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik sebelum lahir (dalam kandungan) dan setelah lahir
  3. Memiliki keterampilan mengembangkan fisik-motorik anak usia dini
  4. Memiliki keterampilan mengevaluasi perkembangan fisik-motorik anak usia dini dalam kegiatan pembelajaran

References

Gallahue & Ozmun. (1998). Understanding Motor Development. Mc. Graw-Hill

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dit. PPTK KPT, Ditjend. Dikti, Depdiknas

Husen, Ali, dkk. (2002). Model Pengembangan Motorik Anak Balita. Jakarta: Direktorat Olah Raga Masyarakat

Iskandar, Beni. (2001). Metode Pengembangan Kemampuan Motorik. Bandung: P3G Tertulis Dikdasmen Depdiknas


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mendeskripsikan konsep dan keterampilan pengembangan fisik motorik anak usia dini, yang meliputi; konsep perkembangan dan pengembangan fisik motorik, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik AUD, model pengembangan fisik/motorik, metode pembelajaran yang mendukung pengembangan fisik/motorik, penanganan kesulitan belajar motorik dan terapi bermain, identifikasi/analisis sarana-prasarana pengembangan motorik, ragam kegiatan dan permainan anak usia dini, dan penilaian perkembangan fisik/motorik di lembaga PAUD.

Learning Outcomes

Mata kuliah ini mendeskripsikan konsep dan keterampilan pengembangan fisik motorik anak usia dini, yang meliputi; konsep perkembangan dan pengembangan fisik motorik, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik AUD, model pengembangan fisik/motorik, metode pembelajaran yang mendukung pengembangan fisik/motorik, penanganan kesulitan belajar motorik dan terapi bermain, identifikasi/analisis sarana-prasarana pengembangan motorik, ragam kegiatan dan permainan anak usia dini, dan penilaian perkembangan fisik/motorik di lembaga PAUD.

References

Gallahue & Ozmun. (1998). Understanding Motor Development. Mc. Graw-Hill

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dit. PPTK KPT, Ditjend. Dikti, Depdiknas

Husen, Ali, dkk. (2002). Model Pengembangan Motorik Anak Balita. Jakarta: Direktorat Olah Raga Masyarakat

Iskandar, Beni. (2001). Metode Pengembangan Kemampuan Motorik. Bandung: P3G Tertulis Dikdasmen Depdiknas


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mendeskripsikan konsep dan keterampilan pengembangan fisik motorik anak usia dini, yang meliputi; konsep perkembangan dan pengembangan fisik motorik, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik AUD, model pengembangan fisik/motorik, metode pembelajaran yang mendukung pengembangan fisik/motorik, penanganan kesulitan belajar motorik dan terapi bermain, identifikasi/analisis sarana-prasarana pengembangan motorik, ragam kegiatan dan permainan anak usia dini, dan penilaian perkembangan fisik/motorik di lembaga PAUD.

Learning Outcomes

Mata kuliah ini mendeskripsikan konsep dan keterampilan pengembangan fisik motorik anak usia dini, yang meliputi; konsep perkembangan dan pengembangan fisik motorik, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik AUD, model pengembangan fisik/motorik, metode pembelajaran yang mendukung pengembangan fisik/motorik, penanganan kesulitan belajar motorik dan terapi bermain, identifikasi/analisis sarana-prasarana pengembangan motorik, ragam kegiatan dan permainan anak usia dini, dan penilaian perkembangan fisik/motorik di lembaga PAUD.

References

Gallahue & Ozmun. (1998). Understanding Motor Development. Mc. Graw-Hill

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dit. PPTK KPT, Ditjend. Dikti, Depdiknas

Husen, Ali, dkk. (2002). Model Pengembangan Motorik Anak Balita. Jakarta: Direktorat Olah Raga Masyarakat

Iskandar, Beni. (2001). Metode Pengembangan Kemampuan Motorik. Bandung: P3G Tertulis Dikdasmen Depdiknas


Details ...