Courser in English | Physical/ Psychomotor Development Method |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 3 SKS |
RPS | 3 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mendeskripsikan konsep dan keterampilan pengembangan fisik motorik anak usia dini, yang meliputi; konsep perkembangan dan pengembangan fisik motorik, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik AUD, model pengembangan fisik/motorik, metode pembelajaran yang mendukung pengembangan fisik/motorik, penanganan kesulitan belajar motorik dan terapi bermain, identifikasi/analisis sarana-prasarana pengembangan motorik, ragam kegiatan dan permainan anak usia dini, dan penilaian perkembangan fisik/motorik di lembaga PAUD.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat :
- Memiliki pemahaman konseptual tentang perkembangan fisik-motorik anak usia dini (AUD)
- Memiliki pemahaman konseptual tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik sebelum lahir (dalam kandungan) dan setelah lahir
- Memiliki keterampilan mengembangkan fisik-motorik anak usia dini
- Memiliki keterampilan mengevaluasi perkembangan fisik-motorik anak usia dini dalam kegiatan pembelajaran
Gallahue & Ozmun. (1998). Understanding Motor Development. Mc. Graw-Hill
Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dit. PPTK KPT, Ditjend. Dikti, Depdiknas
Husen, Ali, dkk. (2002). Model Pengembangan Motorik Anak Balita. Jakarta: Direktorat Olah Raga Masyarakat
Iskandar, Beni. (2001). Metode Pengembangan Kemampuan Motorik. Bandung: P3G Tertulis Dikdasmen Depdiknas
Details ...
Mata kuliah ini mendeskripsikan konsep dan keterampilan pengembangan fisik motorik anak usia dini, yang meliputi; konsep perkembangan dan pengembangan fisik motorik, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik AUD, model pengembangan fisik/motorik, metode pembelajaran yang mendukung pengembangan fisik/motorik, penanganan kesulitan belajar motorik dan terapi bermain, identifikasi/analisis sarana-prasarana pengembangan motorik, ragam kegiatan dan permainan anak usia dini, dan penilaian perkembangan fisik/motorik di lembaga PAUD.
Learning OutcomesMata kuliah ini mendeskripsikan konsep dan keterampilan pengembangan fisik motorik anak usia dini, yang meliputi; konsep perkembangan dan pengembangan fisik motorik, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik AUD, model pengembangan fisik/motorik, metode pembelajaran yang mendukung pengembangan fisik/motorik, penanganan kesulitan belajar motorik dan terapi bermain, identifikasi/analisis sarana-prasarana pengembangan motorik, ragam kegiatan dan permainan anak usia dini, dan penilaian perkembangan fisik/motorik di lembaga PAUD.
ReferencesGallahue & Ozmun. (1998). Understanding Motor Development. Mc. Graw-Hill
Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dit. PPTK KPT, Ditjend. Dikti, Depdiknas
Husen, Ali, dkk. (2002). Model Pengembangan Motorik Anak Balita. Jakarta: Direktorat Olah Raga Masyarakat
Iskandar, Beni. (2001). Metode Pengembangan Kemampuan Motorik. Bandung: P3G Tertulis Dikdasmen Depdiknas
Details ...
Mata kuliah ini mendeskripsikan konsep dan keterampilan pengembangan fisik motorik anak usia dini, yang meliputi; konsep perkembangan dan pengembangan fisik motorik, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik AUD, model pengembangan fisik/motorik, metode pembelajaran yang mendukung pengembangan fisik/motorik, penanganan kesulitan belajar motorik dan terapi bermain, identifikasi/analisis sarana-prasarana pengembangan motorik, ragam kegiatan dan permainan anak usia dini, dan penilaian perkembangan fisik/motorik di lembaga PAUD.
Learning OutcomesMata kuliah ini mendeskripsikan konsep dan keterampilan pengembangan fisik motorik anak usia dini, yang meliputi; konsep perkembangan dan pengembangan fisik motorik, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik AUD, model pengembangan fisik/motorik, metode pembelajaran yang mendukung pengembangan fisik/motorik, penanganan kesulitan belajar motorik dan terapi bermain, identifikasi/analisis sarana-prasarana pengembangan motorik, ragam kegiatan dan permainan anak usia dini, dan penilaian perkembangan fisik/motorik di lembaga PAUD.
ReferencesGallahue & Ozmun. (1998). Understanding Motor Development. Mc. Graw-Hill
Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dit. PPTK KPT, Ditjend. Dikti, Depdiknas
Husen, Ali, dkk. (2002). Model Pengembangan Motorik Anak Balita. Jakarta: Direktorat Olah Raga Masyarakat
Iskandar, Beni. (2001). Metode Pengembangan Kemampuan Motorik. Bandung: P3G Tertulis Dikdasmen Depdiknas
Details ...