Courser in English | CIVICS EDUCATION |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 2 SKS |
RPS | 19 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah PKn mempelajarai Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian, Identitas Nasional, Negara dan Konstitusi, Hubungan Negara dengan Warga negara, Demokrasi Indoneia, Negara Hukum dan HAM, wawasan Nusantara, dan Geopolitik Indonesia, Ketahanan Nasional Indonesia, Integrasi Nasional, Politik Strategi Nasional
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami Masalah Kontekstual PKn, mengembangkan sikap dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air, menampilkan perilaku yang mendukung demokrasi yang berkedaulatan, menampilkan perilaku yang mendukung kesadranan hukum dan keragaman
ReferencesKhaelan Ms, 2008. Pendidikan Kewarganegaraan, Paradigma, Yogyakarta
Abdul Aziz Wahb dan Sapriya, 2011 Y}Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan, Alfabeta, Bandung
UUD NRI 1845
UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikn Nasional
UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM
UU No. 12 tahun 2006 tentang Kewarganegaraan
Details ...
Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan indonesia, pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami pembelajaran, penilaian, pada mata kuliah PKn
References
1. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
2. Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma.
3. Ahmad, Maskur.2003. Pendidikan Kewaganegaraan Dalam Metode Praktis. Palembang
4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
5. Budimansyah, D. & Suryadi, K. (2008).Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural.Bandung : Program Studi
PendidikanKewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008).Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung : Civicus Edisi Juni.
8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta
Details ...
Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan indonesia,
pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara
Mahasiswa mampu memahami pembelajaran, penilaian, pada mata kuliah PKn
References1. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
2. Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma.
3. Ahmad, Maskur.2003. Pendidikan Kewaganegaraan Dalam Metode Praktis. Palembang
4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
5. Budimansyah, D. & Suryadi, K. (2008).Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural.Bandung : Program Studi
PendidikanKewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008).Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung : Civicus Edisi Juni.
8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta
Details ...
Mata kuliah PKn mempelajari tentang tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, identitas nasional, kewarganegaraan indonesia,
pelaksanaan ketatanegaraan RI, HAM, ketahanan nasional, wawasan nusantara, otonomi daerah, sistem keamanan sosial dan bela negara
Mahasiswa mampu memahami pembelajaran, penilaian, pada mata kuliah PKn
References1. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
2. Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma.
3. Ahmad, Maskur.2003. Pendidikan Kewaganegaraan Dalam Metode Praktis. Palembang
4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
5. Budimansyah, D. & Suryadi, K. (2008).Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural.Bandung : Program Studi
PendidikanKewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008).Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung : Civicus Edisi Juni.
8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta
Details ...
Mata Kuliah ini bermaksud untuk membekali kepribadian mahasiswa agar dapat berpikir secara komprehensif integral, memiliki wawasan pengetahuan yang luas, dapat hidup berdemokrasi, berbudi pekerti yang luhur, sadar akan hak dan kewajibannya sebagai warganegara Indonesia serta memiliki rasa tanggung jawab yang besar akan kemajuan Negara dan bangsa Indonesia dimasa depan
Learning Outcomes- Mengantarkan pererta didik memiliki wawasan kesadaran bernegara untuk bela negara dan memiliki pola pikir, pola sikap dan prilaku untuk cinta tanah air Indonesia.
- Menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa dan bernegara sehingga terbentuk daya tangkal sebagai ketahanan nasional.
- Menumbuhkembangkan peserta didik untuk mempunyai pola sikap dan pola pikir yang komprehensif, integral pada aspek kehidupan nasional.
Abdurasyit, Priyatna.; 1983. Orbit Geostasioner sebagai Wilayah Kepentingan Nasional Guna Kelangsungan Hidup Indonesia, Lamhannas
Amal, Ichlasul., dkk; 1995. Sumbangan Ilmu Sosial terhadap Konsepsi Ketahanan Nasional, Gajah Mada, University Press
Budiardjo, Miriam.; 1998. Dasar-dasar Ilmu Politik, Gramedia, Jakarta
Budiarto, M.SH; 1980. Wawasan Nusantara dalam Peraturan Perundang-undangan Negara R.I, Shalia Indonesia
Cassesse, Antonio; 1994. HAM di Dunia yang berubah, Yayasan Obor, Jakarta
Collins, John M; 1978. Grand Strategy, Principle and Practices, US Naval Institute Annapolis
Dasaputro, ST. Munadjat; 1978. Wawasan Nusantara (dalam ilmu politik dan hukum), Buku I Alumni Bandung
Departemen Luar Negeri, 1976. Wawasan Nusantara dan Hukum Laaut Indonesia, Badan Penelitian dan Pengembangan Masalah Luar Negeri
Effendi, N.K.; 1991. Polstranas (Suatu Pengantar Pengkajian Mendukung Implementasi Wasantara – Tannas), Lemhannas
Kaelan, 2004. Pendidikan Pancasila, Penerbit “Paradigma” Yogyakarta
Kaelan, 2007. Pendidikan Kewarganegaraan, Penerbit “Paradigma” Yogyakarta
Kusnardi & Ibrahim, Harmaili, 1980. Pengantar Hukum Tata Negara Indonesia. Diterbitkan oleh: Pusaat Studi Hukum Tata Negara – Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan CV. “Sinar Bakti”
Sumarsono (Lemhannas), 2001. Pendidikan Kewarganegaraan, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Lopa, Baharuddin; 1985. Implementasi Wawasan Nusantara, Ujung Pandang Intisari
Margenthau, Hans J; 1990. Politik Antar Bangsa, Yayasan Obor Ind., Jakarta
Noor Syam, M. 2010. Filsafat Pancasila Sebagai Sistem Ideologi, Disampaikan pada: Focus Group Discussion (FGD), Empat Pilar Kehidupan Berbangsa (Pancasila,UUD 1945,NKRI,Bhineka Tunggal Ika). Diselenggarakan oleh Pimpinan MPR-RI dan Universitas Brawijaya
Sagir, Soeharsono. 1982. Kesempatan Kerja, Ketahanan Nasional dan Pembangunan Manusia seutuhnya, Alumni
Soewarso, 1981. Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional dan Keamanan Nasional, Cetakan I
Sudarsono, 2010. Implementasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bernegara, Disampaikan pada: Focus Group Discussion (FGD), Empat Pilar Kehidupan Berbangsa (Pancasila,UUD 1945,NKRI,Bhineka Tunggal Ika). Diselenggarakan oleh Pimpinan MPR-RI dan Universitas Brawijaya
UU No. 23/1996 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup
UU No. 22/1999 tentang Pemerintahan Daerah
UU No. 39/1999 tentang Hak Asasi Manusia (HAM)
UU No. 62/1958 tentang Kewarganegaraan
UUD 1945 yang sudah diamandemen
Winataputra, Udin.S, 2003. Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Sistemik Pendidikan Demokrasi. Disampaikan dalam Seminar Nasional, Jurusan PPKn-UM
Details ...
Mata Kuliah ini bermaksud untuk membekali kepribadian mahasiswa agar dapat berpikir secara komprehensif integral, memiliki wawasan pengetahuan yang luas, dapat hidup berdemokrasi, berbudi pekerti yang luhur, sadar akan hak dan kewajibannya sebagai warganegara Indonesia serta memiliki rasa tanggung jawab yang besar akan kemajuan Negara dan bangsa Indonesia dimasa depan
Learning Outcomes- Mengantarkan pererta didik memiliki wawasan kesadaran bernegara untuk bela negara dan memiliki pola pikir, pola sikap dan prilaku untuk cinta tanah air Indonesia.
- Menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa dan bernegara sehingga terbentuk daya tangkal sebagai ketahanan nasional.
- Menumbuhkembangkan peserta didik untuk mempunyai pola sikap dan pola pikir yang komprehensif, integral pada aspek kehidupan nasional.
Abdurasyit, Priyatna.; 1983. Orbit Geostasioner sebagai Wilayah Kepentingan Nasional Guna Kelangsungan Hidup Indonesia, Lamhannas
Amal, Ichlasul., dkk; 1995. Sumbangan Ilmu Sosial terhadap Konsepsi Ketahanan Nasional, Gajah Mada, University Press
Budiardjo, Miriam.; 1998. Dasar-dasar Ilmu Politik, Gramedia, Jakarta
Budiarto, M.SH; 1980. Wawasan Nusantara dalam Peraturan Perundang-undangan Negara R.I, Shalia Indonesia
Cassesse, Antonio; 1994. HAM di Dunia yang berubah, Yayasan Obor, Jakarta
Collins, John M; 1978. Grand Strategy, Principle and Practices, US Naval Institute Annapolis
Dasaputro, ST. Munadjat; 1978. Wawasan Nusantara (dalam ilmu politik dan hukum), Buku I Alumni Bandung
Departemen Luar Negeri, 1976. Wawasan Nusantara dan Hukum Laaut Indonesia, Badan Penelitian dan Pengembangan Masalah Luar Negeri
Effendi, N.K.; 1991. Polstranas (Suatu Pengantar Pengkajian Mendukung Implementasi Wasantara – Tannas), Lemhannas
Kaelan, 2004. Pendidikan Pancasila, Penerbit “Paradigma” Yogyakarta
Kaelan, 2007. Pendidikan Kewarganegaraan, Penerbit “Paradigma” Yogyakarta
Kusnardi & Ibrahim, Harmaili, 1980. Pengantar Hukum Tata Negara Indonesia. Diterbitkan oleh: Pusaat Studi Hukum Tata Negara – Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan CV. “Sinar Bakti”
Sumarsono (Lemhannas), 2001. Pendidikan Kewarganegaraan, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Lopa, Baharuddin; 1985. Implementasi Wawasan Nusantara, Ujung Pandang Intisari
Margenthau, Hans J; 1990. Politik Antar Bangsa, Yayasan Obor Ind., Jakarta
Noor Syam, M. 2010. Filsafat Pancasila Sebagai Sistem Ideologi, Disampaikan pada: Focus Group Discussion (FGD), Empat Pilar Kehidupan Berbangsa (Pancasila,UUD 1945,NKRI,Bhineka Tunggal Ika). Diselenggarakan oleh Pimpinan MPR-RI dan Universitas Brawijaya
Sagir, Soeharsono. 1982. Kesempatan Kerja, Ketahanan Nasional dan Pembangunan Manusia seutuhnya, Alumni
Soewarso, 1981. Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional dan Keamanan Nasional, Cetakan I
Sudarsono, 2010. Implementasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bernegara, Disampaikan pada: Focus Group Discussion (FGD), Empat Pilar Kehidupan Berbangsa (Pancasila,UUD 1945,NKRI,Bhineka Tunggal Ika). Diselenggarakan oleh Pimpinan MPR-RI dan Universitas Brawijaya
UU No. 23/1996 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup
UU No. 22/1999 tentang Pemerintahan Daerah
UU No. 39/1999 tentang Hak Asasi Manusia (HAM)
UU No. 62/1958 tentang Kewarganegaraan
UUD 1945 yang sudah diamandemen
Winataputra, Udin.S, 2003. Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Sistemik Pendidikan Demokrasi. Disampaikan dalam Seminar Nasional, Jurusan PPKn-UM
Details ...
Mata Kuliah ini bermaksud untuk membekali kepribadian mahasiswa agar dapat berpikir secara komprehensif integral, memiliki wawasan pengetahuan yang luas, dapat hidup berdemokrasi, berbudi pekerti yang luhur, sadar akan hak dan kewajibannya sebagai warganegara Indonesia serta memiliki rasa tanggung jawab yang besar akan kemajuan Negara dan bangsa Indonesia dimasa depan
Learning Outcomes- Mengantarkan pererta didik memiliki wawasan kesadaran bernegara untuk bela negara dan memiliki pola pikir, pola sikap dan prilaku untuk cinta tanah air Indonesia.
- Menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa dan bernegara sehingga terbentuk daya tangkal sebagai ketahanan nasional.
- Menumbuhkembangkan peserta didik untuk mempunyai pola sikap dan pola pikir yang komprehensif, integral pada aspek kehidupan nasional.
Abdurasyit, Priyatna.; 1983. Orbit Geostasioner sebagai Wilayah Kepentingan Nasional Guna Kelangsungan Hidup Indonesia, Lamhannas
Amal, Ichlasul., dkk; 1995. Sumbangan Ilmu Sosial terhadap Konsepsi Ketahanan Nasional, Gajah Mada, University Press
Budiardjo, Miriam.; 1998. Dasar-dasar Ilmu Politik, Gramedia, Jakarta
Budiarto, M.SH; 1980. Wawasan Nusantara dalam Peraturan Perundang-undangan Negara R.I, Shalia Indonesia
Cassesse, Antonio; 1994. HAM di Dunia yang berubah, Yayasan Obor, Jakarta
Collins, John M; 1978. Grand Strategy, Principle and Practices, US Naval Institute Annapolis
Dasaputro, ST. Munadjat; 1978. Wawasan Nusantara (dalam ilmu politik dan hukum), Buku I Alumni Bandung
Departemen Luar Negeri, 1976. Wawasan Nusantara dan Hukum Laaut Indonesia, Badan Penelitian dan Pengembangan Masalah Luar Negeri
Effendi, N.K.; 1991. Polstranas (Suatu Pengantar Pengkajian Mendukung Implementasi Wasantara – Tannas), Lemhannas
Kaelan, 2004. Pendidikan Pancasila, Penerbit “Paradigma” Yogyakarta
Kaelan, 2007. Pendidikan Kewarganegaraan, Penerbit “Paradigma” Yogyakarta
Kusnardi & Ibrahim, Harmaili, 1980. Pengantar Hukum Tata Negara Indonesia. Diterbitkan oleh: Pusaat Studi Hukum Tata Negara – Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan CV. “Sinar Bakti”
Sumarsono (Lemhannas), 2001. Pendidikan Kewarganegaraan, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Lopa, Baharuddin; 1985. Implementasi Wawasan Nusantara, Ujung Pandang Intisari
Margenthau, Hans J; 1990. Politik Antar Bangsa, Yayasan Obor Ind., Jakarta
Noor Syam, M. 2010. Filsafat Pancasila Sebagai Sistem Ideologi, Disampaikan pada: Focus Group Discussion (FGD), Empat Pilar Kehidupan Berbangsa (Pancasila,UUD 1945,NKRI,Bhineka Tunggal Ika). Diselenggarakan oleh Pimpinan MPR-RI dan Universitas Brawijaya
Sagir, Soeharsono. 1982. Kesempatan Kerja, Ketahanan Nasional dan Pembangunan Manusia seutuhnya, Alumni
Soewarso, 1981. Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional dan Keamanan Nasional, Cetakan I
Sudarsono, 2010. Implementasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bernegara, Disampaikan pada: Focus Group Discussion (FGD), Empat Pilar Kehidupan Berbangsa (Pancasila,UUD 1945,NKRI,Bhineka Tunggal Ika). Diselenggarakan oleh Pimpinan MPR-RI dan Universitas Brawijaya
UU No. 23/1996 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup
UU No. 22/1999 tentang Pemerintahan Daerah
UU No. 39/1999 tentang Hak Asasi Manusia (HAM)
UU No. 62/1958 tentang Kewarganegaraan
UUD 1945 yang sudah diamandemen
Winataputra, Udin.S, 2003. Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Sistemik Pendidikan Demokrasi. Disampaikan dalam Seminar Nasional, Jurusan PPKn-UM
Details ...
Mata Kuliah ini bermaksud untuk membekali kepribadian mahasiswa agar dapat berpikir secara komprehensif integral, memiliki wawasan pengetahuan yang luas, dapat hidup berdemokrasi, berbudi pekerti yang luhur, sadar akan hak dan kewajibannya sebagai warganegara Indonesia serta memiliki rasa tanggung jawab yang besar akan kemajuan Negara dan bangsa Indonesia dimasa depan
Learning Outcomes- Mengantarkan pererta didik memiliki wawasan kesadaran bernegara untuk bela negara dan memiliki pola pikir, pola sikap dan prilaku untuk cinta tanah air Indonesia.
- Menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa dan bernegara sehingga terbentuk daya tangkal sebagai ketahanan nasional.
- Menumbuhkembangkan peserta didik untuk mempunyai pola sikap dan pola pikir yang komprehensif, integral pada aspek kehidupan nasional.
Abdurasyit, Priyatna.; 1983. Orbit Geostasioner sebagai Wilayah Kepentingan Nasional Guna Kelangsungan Hidup Indonesia, Lamhannas
Amal, Ichlasul., dkk; 1995. Sumbangan Ilmu Sosial terhadap Konsepsi Ketahanan Nasional, Gajah Mada, University Press
Budiardjo, Miriam.; 1998. Dasar-dasar Ilmu Politik, Gramedia, Jakarta
Budiarto, M.SH; 1980. Wawasan Nusantara dalam Peraturan Perundang-undangan Negara R.I, Shalia Indonesia
Cassesse, Antonio; 1994. HAM di Dunia yang berubah, Yayasan Obor, Jakarta
Collins, John M; 1978. Grand Strategy, Principle and Practices, US Naval Institute Annapolis
Dasaputro, ST. Munadjat; 1978. Wawasan Nusantara (dalam ilmu politik dan hukum), Buku I Alumni Bandung
Departemen Luar Negeri, 1976. Wawasan Nusantara dan Hukum Laaut Indonesia, Badan Penelitian dan Pengembangan Masalah Luar Negeri
Effendi, N.K.; 1991. Polstranas (Suatu Pengantar Pengkajian Mendukung Implementasi Wasantara – Tannas), Lemhannas
Kaelan, 2004. Pendidikan Pancasila, Penerbit “Paradigma” Yogyakarta
Kaelan, 2007. Pendidikan Kewarganegaraan, Penerbit “Paradigma” Yogyakarta
Kusnardi & Ibrahim, Harmaili, 1980. Pengantar Hukum Tata Negara Indonesia. Diterbitkan oleh: Pusaat Studi Hukum Tata Negara – Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan CV. “Sinar Bakti”
Sumarsono (Lemhannas), 2001. Pendidikan Kewarganegaraan, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Lopa, Baharuddin; 1985. Implementasi Wawasan Nusantara, Ujung Pandang Intisari
Margenthau, Hans J; 1990. Politik Antar Bangsa, Yayasan Obor Ind., Jakarta
Noor Syam, M. 2010. Filsafat Pancasila Sebagai Sistem Ideologi, Disampaikan pada: Focus Group Discussion (FGD), Empat Pilar Kehidupan Berbangsa (Pancasila,UUD 1945,NKRI,Bhineka Tunggal Ika). Diselenggarakan oleh Pimpinan MPR-RI dan Universitas Brawijaya
Sagir, Soeharsono. 1982. Kesempatan Kerja, Ketahanan Nasional dan Pembangunan Manusia seutuhnya, Alumni
Soewarso, 1981. Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional dan Keamanan Nasional, Cetakan I
Sudarsono, 2010. Implementasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bernegara, Disampaikan pada: Focus Group Discussion (FGD), Empat Pilar Kehidupan Berbangsa (Pancasila,UUD 1945,NKRI,Bhineka Tunggal Ika). Diselenggarakan oleh Pimpinan MPR-RI dan Universitas Brawijaya
UU No. 23/1996 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup
UU No. 22/1999 tentang Pemerintahan Daerah
UU No. 39/1999 tentang Hak Asasi Manusia (HAM)
UU No. 62/1958 tentang Kewarganegaraan
UUD 1945 yang sudah diamandemen
Winataputra, Udin.S, 2003. Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Sistemik Pendidikan Demokrasi. Disampaikan dalam Seminar Nasional, Jurusan PPKn-UM
Details ...
Mata Kuliah ini bermaksud untuk membekali kepribadian mahasiswa agar dapat berpikir secara komprehensif integral, memiliki wawasan pengetahuan yang luas, dapat hidup berdemokrasi, berbudi pekerti yang luhur, sadar akan hak dan kewajibannya sebagai warganegara Indonesia serta memiliki rasa tanggung jawab yang besar akan kemajuan Negara dan bangsa Indonesia dimasa depan
Learning Outcomes- Mengantarkan pererta didik memiliki wawasan kesadaran bernegara untuk bela negara dan memiliki pola pikir, pola sikap dan prilaku untuk cinta tanah air Indonesia.
- Menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa dan bernegara sehingga terbentuk daya tangkal sebagai ketahanan nasional.
- Menumbuhkembangkan peserta didik untuk mempunyai pola sikap dan pola pikir yang komprehensif, integral pada aspek kehidupan nasional.
Abdurasyit, Priyatna.; 1983. Orbit Geostasioner sebagai Wilayah Kepentingan Nasional Guna Kelangsungan Hidup Indonesia, Lamhannas
Amal, Ichlasul., dkk; 1995. Sumbangan Ilmu Sosial terhadap Konsepsi Ketahanan Nasional, Gajah Mada, University Press
Budiardjo, Miriam.; 1998. Dasar-dasar Ilmu Politik, Gramedia, Jakarta
Budiarto, M.SH; 1980. Wawasan Nusantara dalam Peraturan Perundang-undangan Negara R.I, Shalia Indonesia
Cassesse, Antonio; 1994. HAM di Dunia yang berubah, Yayasan Obor, Jakarta
Collins, John M; 1978. Grand Strategy, Principle and Practices, US Naval Institute Annapolis
Dasaputro, ST. Munadjat; 1978. Wawasan Nusantara (dalam ilmu politik dan hukum), Buku I Alumni Bandung
Departemen Luar Negeri, 1976. Wawasan Nusantara dan Hukum Laaut Indonesia, Badan Penelitian dan Pengembangan Masalah Luar Negeri
Effendi, N.K.; 1991. Polstranas (Suatu Pengantar Pengkajian Mendukung Implementasi Wasantara – Tannas), Lemhannas
Kaelan, 2004. Pendidikan Pancasila, Penerbit “Paradigma” Yogyakarta
Kaelan, 2007. Pendidikan Kewarganegaraan, Penerbit “Paradigma” Yogyakarta
Kusnardi & Ibrahim, Harmaili, 1980. Pengantar Hukum Tata Negara Indonesia. Diterbitkan oleh: Pusaat Studi Hukum Tata Negara – Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan CV. “Sinar Bakti”
Sumarsono (Lemhannas), 2001. Pendidikan Kewarganegaraan, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Lopa, Baharuddin; 1985. Implementasi Wawasan Nusantara, Ujung Pandang Intisari
Margenthau, Hans J; 1990. Politik Antar Bangsa, Yayasan Obor Ind., Jakarta
Noor Syam, M. 2010. Filsafat Pancasila Sebagai Sistem Ideologi, Disampaikan pada: Focus Group Discussion (FGD), Empat Pilar Kehidupan Berbangsa (Pancasila,UUD 1945,NKRI,Bhineka Tunggal Ika). Diselenggarakan oleh Pimpinan MPR-RI dan Universitas Brawijaya
Sagir, Soeharsono. 1982. Kesempatan Kerja, Ketahanan Nasional dan Pembangunan Manusia seutuhnya, Alumni
Soewarso, 1981. Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional dan Keamanan Nasional, Cetakan I
Sudarsono, 2010. Implementasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bernegara, Disampaikan pada: Focus Group Discussion (FGD), Empat Pilar Kehidupan Berbangsa (Pancasila,UUD 1945,NKRI,Bhineka Tunggal Ika). Diselenggarakan oleh Pimpinan MPR-RI dan Universitas Brawijaya
UU No. 23/1996 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup
UU No. 22/1999 tentang Pemerintahan Daerah
UU No. 39/1999 tentang Hak Asasi Manusia (HAM)
UU No. 62/1958 tentang Kewarganegaraan
UUD 1945 yang sudah diamandemen
Winataputra, Udin.S, 2003. Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Sistemik Pendidikan Demokrasi. Disampaikan dalam Seminar Nasional, Jurusan PPKn-UM
Details ...