Magang I, Curriculum : 2015


Courser in EnglishSCHOOL INTERNSHIP I
ProgramPendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
SKS2 SKS
RPS23 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini terdiri dari 2 tahap: magang di sekolah dan diskusi hasil magang di kampus dalam perkuliahan. Tujuan dari mata kuliah ini adalah Mahasiswa memiliki landasan jatidiri pendidik yang kuat dan kompetensi akademik kependidikan yang mantap. Kegiatan Magang meliputi  pengamatan langsung kultur sekolah; pengelolaan kurikulum, struktur organisasi dan tata kerja, budaya sekolah dan best practice di sekolah magang;pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik; pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas; dan refleksi hasil pengamatan proses pembelajaran melalui presentasi dan diskusi hasil pengamatan dalam perkuliahan di kelas.

Learning Outcomes

Mahasiswa dengan   rasa   tanggung   jawab,   jujur,   demokratis dan percaya diri, mantap menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga dapat menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui pemecahan masalah secara individu maupun kelompok dan mampu menyampaikan gagasan-gagasan kritis dan inovatif  berdasarkan etika akademik.

References

Buku Pedoman Magang I Kependidikan,Pusat Kurikulum, PBM, dan PPL. Lembaga Pengembangan Profesi. Universitas PGRI Semarang 2018


Details ...
Course Descriptions

Magang I merupakan mata kuliah yang harus ditempuh mahasiswa untuk melanjutkan kegiatan magang selanjutnya.

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan mampu untuk melakukan kegiatan observasi dan melaporkan hasil magang I.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi bekal mahasiswa calon guru agar menjadi pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga dapat menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh.

Learning Outcomes

  1. pengamatan langsung kultur sekolah;
  2. pengamatan langsung budaya akademik di sekolah;
  3. pengamatan langsung best practices di sekolah
  4. pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas; dan
  5. refleksi hasil pengamatan di sekolah.

References

      1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
      2. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
      3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
      4. Peraturan Presiden no 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
      5. Permendikbud Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
      6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
      7. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
      8. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah
      9. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah
      10. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah
      11. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan
      12. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.


Details ...
Course Descriptions

Landasan Pendidikan, Etika Profesi Kependidikan, dan Perkembangan Peserta Didik

Matakuliah ini berbobot 2 SKS dan wajib lulus. Mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk memiliki landasan jati diri dan memantapkan kompetensi pedagogik, kepribadian, serta sosial melalui wawancara dan pengamatan langsung kultur sekolah, pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik, refleksi hasil pengamatan.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang landasan jati diri dan kompetensi pedagogik, kepribadian, serta sosial melalui wawancara dan pengamatan langsung kultur sekolah, pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik, serta refleksi hasil pengamatan.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini berbobot 2 SKS dan wajib lulus. Mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk memiliki landasan jati diri dan memantapkan kompetensi pedagogik, kepribadian, serta sosial melalui wawancara dan pengamatan langsung kultur sekolah, pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik, refleksi hasil pengamatan.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang landasan jati diri dan kompetensi pedagogik, kepribadian, serta sosial melalui wawancara dan pengamatan langsung kultur sekolah, pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik, serta refleksi hasil pengamatan.

References

Pedoman magang 1 Universitas PGRI Semarang


Details ...
Course Descriptions

Magang 1 merupakan mata kuliah wajib Progdi PJKR. Mempunyai bobot sks sebanyak 2 sks dan proses perkuliahan difokuskan dalam observasi ke sekolah-sekolah yang dituju.

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini berbobot 2 SKS dan wajib lulus. Mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk memiliki landasan jati diri dan memantapkan kompetensi pedagogik, kepribadian, serta sosial melalui wawancara dan pengamatan langsung kultur sekolah, pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik, refleksi hasil pengamatanMatakuliah ini berbobot 2 SKS dan wajib lulus. Mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk memiliki landasan jati diri dan memantapkan kompetensi pedagogik, kepribadian, serta sosial melalui wawancara dan pengamatan langsung kultur sekolah, pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik, refleksi hasil pengamatan

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang landasan jati diri dan kompetensi pedagogik, kepribadian, serta sosial melalui wawancara dan pengamatan langsung kultur sekolah, pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik, serta refleksi hasil pengamatan.

References

Permendiknas no 16 th 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru


Details ...
Course Descriptions

Landasan Pendidikan, Etika Profesi Kependidikan, dan Perkembangan Peserta Didik

Matakuliah ini berbobot 2 SKS dan wajib lulus. Mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk memiliki landasan jati diri dan memantapkan kompetensi pedagogik, kepribadian, serta sosial melalui wawancara dan pengamatan langsung kultur sekolah, pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik, refleksi hasil pengamatan.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang landasan jati diri dan kompetensi pedagogik, kepribadian, serta sosial melalui wawancara dan pengamatan langsung kultur sekolah, pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik, serta refleksi hasil pengamatan.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini terdiri dari 2 tahap: magang di sekolah dan diskusi hasil magang di kampus dalam perkuliahan. Tujuan dari mata kuliah ini adalah
Mahasiswa memiliki landasan jatidiri pendidik yang kuat dan kompetensi akademik kependidikan yang mantap. Kegiatan Magang meliputi
pengamatan langsung kultur sekolah; pengelolaan kurikulum, struktur organisasi dan tata kerja, budaya sekolah dan best practice di sekolah
magang;pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik; pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas; dan refleksi hasil
pengamatan proses pembelajaran melalui presentasi dan diskusi hasil pengamatan dalam perkuliahan di kelas.
 

Learning Outcomes

Mahasiswa dengan rasa tanggung jawab, jujur, demokratis dan percaya diri, mantap menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan,
sikap dan keterampilan sehingga dapat menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh
melalui pemecahan masalah secara individu maupun kelompok dan mampu menyampaikan gagasan-gagasan kritis dan inovatif berdasarkan etika
akademik.
 

References

Pusat Kurikulum, PBM dan PPL.2018.Pedoman Magang 1 Kependidikan.Universitas PGRI Semarang; Semarang.
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini terdiri dari 2 tahap: magang di sekolah dan diskusi hasil magang di kampus dalam perkuliahan. Tujuan dari mata kuliah ini adalah
Mahasiswa memiliki landasan jatidiri pendidik yang kuat dan kompetensi akademik kependidikan yang mantap. Kegiatan Magang meliputi
pengamatan langsung kultur sekolah; pengelolaan kurikulum, struktur organisasi dan tata kerja, budaya sekolah dan best practice di sekolah
magang;pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik; pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas; dan refleksi hasil
pengamatan proses pembelajaran melalui presentasi dan diskusi hasil pengamatan dalam perkuliahan di kelas.
 

Learning Outcomes

Mahasiswa dengan rasa tanggung jawab, jujur, demokratis dan percaya diri, mantap menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan,
sikap dan keterampilan sehingga dapat menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh
melalui pemecahan masalah secara individu maupun kelompok dan mampu menyampaikan gagasan-gagasan kritis dan inovatif berdasarkan etika
akademik.
 

References

Pusat Kurikulum, PBM dan PPL.2018.Pedoman Magang 1 Kependidikan.Universitas PGRI Semarang; Semarang.
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini terdiri dari 2 tahap: magang di sekolah dan diskusi hasil magang di kampus dalam perkuliahan. Tujuan dari mata kuliah ini adalah
Mahasiswa memiliki landasan jatidiri pendidik yang kuat dan kompetensi akademik kependidikan yang mantap. Kegiatan Magang meliputi
pengamatan langsung kultur sekolah; pengelolaan kurikulum, struktur organisasi dan tata kerja, budaya sekolah dan best practice di sekolah
magang;pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik; pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas; dan refleksi hasil
pengamatan proses pembelajaran melalui presentasi dan diskusi hasil pengamatan dalam perkuliahan di kelas.
 

Learning Outcomes

Mahasiswa dengan rasa tanggung jawab, jujur, demokratis dan percaya diri, mantap menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan,
sikap dan keterampilan sehingga dapat menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh
melalui pemecahan masalah secara individu maupun kelompok dan mampu menyampaikan gagasan-gagasan kritis dan inovatif berdasarkan etika
akademik.
 

References

Pusat Kurikulum, PBM dan PPL.2018.Pedoman Magang 1 Kependidikan.Universitas PGRI Semarang; Semarang.
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini terdiri dari 2 tahap: magang di sekolah dan diskusi hasil magang di kampus dalam perkuliahan. Tujuan dari mata kuliah ini adalah
Mahasiswa memiliki landasan jatidiri pendidik yang kuat dan kompetensi akademik kependidikan yang mantap. Kegiatan Magang meliputi
pengamatan langsung kultur sekolah; pengelolaan kurikulum, struktur organisasi dan tata kerja, budaya sekolah dan best practice di sekolah
magang;pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik; pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas; dan refleksi hasil
pengamatan proses pembelajaran melalui presentasi dan diskusi hasil pengamatan dalam perkuliahan di kelas.
 

Learning Outcomes

Mahasiswa dengan rasa tanggung jawab, jujur, demokratis dan percaya diri, mantap menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan,
sikap dan keterampilan sehingga dapat menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh
melalui pemecahan masalah secara individu maupun kelompok dan mampu menyampaikan gagasan-gagasan kritis dan inovatif berdasarkan etika
akademik.
 

References

Pusat Kurikulum, PBM dan PPL.2018.Pedoman Magang 1 Kependidikan.Universitas PGRI Semarang; Semarang.
 


Details ...